Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Alan Walker ~ Alone

Alan Walker dalam sebuah wawancara menjelaskan bahwa lagu Alone adalah tentang persatuan. Anders, salah seorang produsernya berkomentar bahwa lagu ini memiliki sedikit perasaan bahagia dan sedih di saat yang bersamaan.

Dengan kata lain, lagu Alone seolah bercerita tentang seseorang (penulis lagu) yang sedih karena harus berpisah dengan orang yang ia cintai. Oleh sebab itu, si penulis lagu selalu mengingat momen-momen kebersamaannya dengan orang yang ia cintai sehingga ia tak merasa sediri lagi dan terlepas dari kesedihanya. Tak bersama, tapi tetap bersatu, walau hanya lewat sebuah ingatan dan kenangan, itulah inti dari lagunya jika dimaknai secara sederhana.

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.

Verse 1:
Lost in your mind
Tersesat di benakmu
I wanna know
Aku ingin tahu
Am I losing my mind?
Apakah aku kehilangan akal?
Never let me go
Jangan pernah membiarkan ku pergi
Verse 1, menceritakan tentang kesedihan penulis lagu yang harus berpisah dengan orang yang ia sayangi. Walaupun ia meminta pada orang yang ia sayangi untuk tak meninggalkanya, sepertinya perpisahan tetap terjadi.

Chorus:
If this night is not forever
Jika malam ini tak abadi
At least we are together
Setidaknya kita bersama
I know I'm not alone
Aku tahu aku tak sendiri
I know I'm not alone
Aku tahu aku tak sendiri
Anywhere, whenever
Di mana pun, kapan pun
Apart, but still together
Terpisah, tapi tetap bersama
I know I'm not alone
Aku tahu aku tak sendiri
I know I'm not alone
Aku tahu aku tak sendiri
I know I'm not alone
Aku tahu aku tak sendiri
I know I'm not alone
Aku tahu aku tak sendiri
Chorus/reff menjelaskan secara lanjut tentang detik-detik menjelang perpisaha mereka. Lirik ini menganggap bahwa dunia itu tak pernah bisa abadi. Ada perpisahan juga ada pertemuan. Dan walaupun akhirnya mereka harus berpisah, penulis lagu seolah akan mengingat kekasihnya dimanapun ia berada agar tak merasa tak sendirian “Anywhere, whenever”
Lirik “Apart, but still together” mungkin adalah inti dari lagu ini. Walau berpisah, tapi tetap bersatu. Walau hanya lewat sebuah ingatan dan kenangan, mungkin begitulah pemaknaan simplenya

Verse 2:
Unconscious mind
(di) Alam bawah sadar
I'm wide awake
aku terjaga
Wanna feel one last time
Ingin merasakan untuk terakhir kalinya
Take my pain away
Singkirkan rasa sakitku
Verse 2, belum tahu maknanya apa

Outro:
I know I'm not alone
Aku tahu aku tak sendiri
I know I'm not alone
Aku tahu aku tak sendiri
I'm not alone, I'm not alone
Aku tak sendiri, aku tak sendiri
I'm not alone, I know I'm not alone
Aku tak sendiri, aku tahu aku tak sendiri
I'm not alone, I'm not alone
Aku tak sendiri, aku tak sendiri
I'm not alone, I know I'm not alone
Aku tak sendiri, aku tahu aku tak sendiri
Ingatan, momen-momen kebersamaannya dengan orang yang ia cintai, adalah alasan kuat kenapa penulis lagu tak “pernah merasa sendirian”

Kesimpulan makna lirik lagunya:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, jelas lah bahwa lagu Alone menceritakan tentang kesedihan penulis lagu yang harus berpisah dengan orang yang ia sayangi. Walaupun ia seolah tak rela orang yang ia cintai pergi dari hidupnya, dan meminta pada orang yang ia sayangi untuk tak meninggalkanya, sepertinya perpisahan tetap terjadi.

Dari kejadian tersebut, penulis lagu akhirnya sadar bahwa semua hal di dunia ini memang tak ada yang abadi. Ada pertemuan pasti juga ada perpisahan. Dan walaupun akhirnya mereka harus berpisah, penulis lagu seolah akan mengingat semua hal indah tentang kekasihnya dimanapun ia berada agar tak merasa sendirian.

Berpisah, tapi tetap bersatu. walau hanya lewat sebuah ingatan dan kenangan, itulah inti dari lagunya. Ya, Ingatan, momen-momen kebersamaannya dengan orang yang ia cintai, adalah alasan kuat kenapa penulis lagu tak “pernah merasa sendirian”

Interpretasi ini sesuai dengan yang Alan Walker maksud, bahwa lagu ini memang bermakna tentang persatuan, walaupun tak bisa bersama.

Bermakna lain dalam video klipnya.
Kalau kita menonton video klip lagunya, disitu diceritakan tentang sekumpulan orang yang mengakses komputer di kehidupanya masing-masing dan mereka bertemu di dunia maya. Layaknya di kehidupan nyata, sekumpulan orang tersebut melakukan berbagai aksi. Disitu digambarkan bahwa alan walker menempelkan tanda/stiker “walkers join” bisa jadi adalah representasi tentang aksi mereka di dunia maya, karena biasanya di dunia maya hacker juga sering menempelkan tanda di situs yang mereka retas.

Jadi jika ditilik dari vido klipnya, lagunya bisa jadi bermaknalain. Yaitu tentang bagaimana kita hidup dalam kecanggihan teknologi. Walaupun kita sendirian ada di rumah, kita bisa saja mekases facebook misal dan bertemu kawan-kawan kita di dunia maya kan, sehingga kita tak merasa sendiri. Walau kita jauh dari kekasih kita, kita tetap bisa bertemu juga lewat video call sehingga tak merasa sedirian. Dan sekalipun dunia ini membisu, kita tetap tak sendrian karena bisa nge chat dengan gebetan kita walau gebetan kita jauh diujung dunia sana.

Terpisah, namun tetap terhubung lewat kecanggian teklologi dan internet. Begitulah saya memaknai video klip lagu ini.








*Penulis lirik lagu Alone adalah Alan Walker, Gunnar Greve Pettersen, Mood Melodies, Jesper Borgen & Noonie Bao. Lagu ini rilis pada tahun 2016. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Alan Walker ~ Alone (Official Video)

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Alan Walker ~ Alone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel