Pencarian

Fakta, Lagu Lily Bukan Bercerita Tentang Dajjal! Makna Dibalik Lagu: Alan Walker ~ Lily Secara Harfiah


Untuk memaknai lagu ini secara harfiah, tentunya kita harus menjawab kontroversi diseputaran lagu ini dulu yang oleh kebanyakan orang dikait-kaitkan sebagai lagu yang bercerita tentang Dajjal. benarkah demikian? mari kita ulas secara lebih mendalam.

Benarkah lagu Lily mengandung unsur dajjal?
kepercayaan yang populer pada lagu ini adalah bahwa lagu ini mengisahkan tentang bagaimana dajjal mengajak manusia untuk berbuat sesat. Pertanyaan-pertanyaan tersebut juga seringkali ditanyakan pada saya. Well, itu adalah hal yang wajar karna setiap orang berhak berpendapat karena Alan Walker sebagai pencipta lagu sendiri tak menjelaskan secara terperinci mengenai makna lagunya.

Namun menurut saya, hanya sedikit bukti bahwa lirik lagunya berkaitan dengan hal mistis layaknya dajjal. Adapun lirik yang paling kuat diinterpretasikan berkaitan dengan dajjal adalah lirik bagian pre-chorus/reef yang mengisahkan lily diajak oleh seorang yang terdengar “seram”. Berikut merupakan beberapa sanggahan yang membuktikan bahwa lagu ini bukan tentang dajjal:

Pertama, lirik “There's creatures who are hiding in the dark” maksud mahluk yang berlindung di kegelapan disini, menurut saya hanyalah sebuah metafora tentang seseorang yang hidupnya dipenuhi hal negatif, layaknya anak nakal, yang dapat mempengaruhi lily yang polos dalam bergaul. lirik ini lah yang sebagian banyak ditelan mentah-mentah yang bisa diartikan sebagai monster, dajjal atau semacamnya oleh orang-orang. Jikapun diartikan sebagai dajjal, ketahuilah bahwa dajjal itu tidak datang dengan sembunyi sembunyi. Memang benar, bahwa Dajjal sekarang ini masih dibelenggu (bukan bersembunyi ya,, tapi dibelenggu oleh allah), namun jika sudah di izinkan allah untuk keluar, maka dajjal sudah tak sembungyi-sembunyi lagi. Dalam blog islami.co diterangkan secara gambang, bahwa dajjal itu akan keluar menemui manusia secara terang-terangan/langsung dan menyebar fitnah yang benar-benar mengerikan di akhir zaman kelak. Dajjal tidak sembunyi/berlindung di kegelapan, dia akan mengatakan pada semua orang secara terang-terangan bahwa dirinya adalah nabi Isa As, Dajjal akan mempengaruhi orang-orang yang lemah imannya dan orang-orang yang jatuh ke dalam kubangan syahwat dan syubhat. Jadi jika dikaitkan dengan lirik lagu ini yang seolah-olah mahluk dalam lirik bersembunyi, kreteria dajjal tidak termasuk.

Kedua, lirik “came creeping.” Kata Creeping dalam lirik lagu lily, jika dibahasa indonesiakan berarti “merayap” bukanlah ciri-ciri dari Dajjal seperti yang sudah disebutkan oleh Rasulullah. Dalam artikel blog islampos.com yang telah saya baca, disitu diterangkan bahwa Rasulullah mengatakan dalam hadisnya, Dajjal itu buta mata nya, dajjal itu jidatnya bertuliskan kata kafir, rambutnya keriting, dajjal tidak bisa masuk mekkah dan Madinah, dajjal itu seperti layaknya manusia ia berjalan dan tidak merayap. Rasulullah tak menyebutkan sama sekali jika Dajjal datang dengan “merayap” seperti yang dituliskan dalam lirik lagu. Jadi jelaslah bahwa lirik lagu lily yang dimaksud creeping itu bukan dajjal.

Ketiga, lirik “She went in the woods away” atau jika dibahasa indonesiakan lily pergi ke dalam hutan. Jika lirik ini di artikan dengan Dajjal, berarti lily bertemu dengan dajjal di hutan. Lirik ini benar-benar tidak nyambung karena Dajjal sebenarnya tinggal di bibir pantai di sebuah pulau. Ketahuilah bahwa satu-satunya orang yang pernah bertemu dajjal adalah Tamim ad Dari, seorang pria, sahabat Rasulullah. Dalam sebuah hadits sahih riwayat Imam Muslim diterangkan, bahwa tamim bertemu dajjal di sebuah pantai/ pulau, setelah ia terdampar karena kapalnya terombang ambing. Jadi jelas bahwa dajjal dibelenggu di sebuah pulau, bukan di sebuah hutan seperti lirik pada lagu lily.

Keempat, lirik “And walking on cold thin ice” atau jika dibahasa indonesiakan lily berjalan di atas es tipis yang dingin. Dalam sebuah hadis Rasulullah berkata “Ketahuilah! Ad-Dajjal berada di dekat samudera pada pulau di suatu tempat di timur (timur Madinah), di suatu tempat disana sabdanya. Di timur di suatu tempat (Di salah satu samudera itu). Jadi bahkan Rasulullah SAW tidak tahu dimana dia tempatnya, tapi ada di arah itu. Jadi dia dekat dengan Timur Tengah”

Berdasar keterangan nabi tersebut, banyak ulama yang menganggap bahwa tempat dajjal berada bisa saja pulau Socotra. Sebuah pulau tandus yang terletak di samudra hindia memang paling mendekati sebagai pulau yang telah diceritakan nabi. Jika menilik pada geografisnya, tak mungkin pulau Socotra di penuhi salju dan pecahan es tipis, seperti yang tergambar di lirik lagu lily.

Kelima, lirik “all the mountains or valley low.” Kata dalam lirik ini jika dibahasa indonesiakan sebagai gunung dan lembah. Dajjal tidak datang dari gunung, dajjal datangnya dari sebuah pulau ditengah laut. Jadi jelas lirik ini tidak mengindikasihkan tentang dajjal. Jikapun lirik ini dikaitkan tentang kemunculan “Ya’juj-Ma’juj” ketahuilah, bahwa Dajjal dan rombongan “Ya’juj-Ma’juj” itu berbeda cerita. Dikisahkan dari hadis, Rasulullah mengatakan bahwa Dajjal turun sebelum “Ya’juj-Ma’juj”, dan dajjal akhirnya dibunuh oleh Nabi Isa. Barulah pada periode berikunya “Ya’juj-Ma’juj” turun. Jadi cerita dajjal dan “Ya’juj-Ma’juj” adalah cerita yang berbeda.

ke enam, "Then she ran faster". dilirk ini di gambarkan bahwa Lily berhasil kabur dengan berlari menghindari sesosok misterius tersebut. jika dikaitkan dengan Dajjal lirik ini seolah tak nyambung. ketahuilan bahwa Rasulullah pernah bersabda bahwa orang yang bisa lepas dari jeratan dajjal adalah orang yang hatinya bersih dan megingat allah. ditambah lagi dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda "Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, niscaya dia akan terlindungi dari fitnah Dajjal. (HR. Muslim, Ahmad, Ibnu Hibban dan yang lainnya). jadi jelas di lirik ini lily kabur dengan hanya berlari tanpa berucap sepatah katapun, sehingga harusnya lily tak bisa kabur.

Ke tujuh, lirik "She knew she was hypnotized" atau bisa diartika lily terhipnotis. dijelaskan lebih lanjut, kandungan dari surat al-khafi akan membuat seseorang tak takjub akan kehebatan Dajjal, tak heran dengan kemampuan dajjal, karena ia paham bahwa allah lebih hebat dari dajjal. surat Al Akhfi terkandung ayat-ayat yang menakjubkan, yang dapat mengokohkan hati pembacanya. Sehingga dia tidak akan terfitnah oleh Dajjal, tidak akan heran dengan kemampuannya, dan tidak akan terpengaruh olehnya (Al-Qiyamah As-Shughro, hal. 258). sedangkan di dalam lagu, dijelaskan bahwa lily terhipnotis oleh kemampuan mahluk misterius tersebut dan bisa kabur pula dari cengkraman mahluk misterius itu. seharusnya orang yang telah terhipnotis dengan tipudaya dajjal, ia tak akan bisa kabur lagi, tapi lily kok bias kabur ya? heran

Dari kesemua bukti diatas, bisa disimpulkan bahwa lirik lagu Lily tidak sama sekali menggambarkan tentang dajjal atau semacamnya. Saya (secara pribadi) percaya dan berpikiran positif bahwa Alan Walker menciptakan lagu ini dengan tujuan yang positif kepada para pendengarnya.  Karena biasanya karya seni layaknya sebuah lagu lebih menekankan pada sisi positif, yang juga harus kita sikapi sebagai pendengar dengan nada positif pula kan? itu hanya pendapat pribadi saya saja hehehe.

Makna Lagu Lily Secara Harfiah:
Lagu “Lily” ingin menarasikan cerita tentang sebagian remaja layaknya gadis bernama Lily yang penasaran dengan gemerlapnya kehidupan dunia. Ia ingin menjelajah, dan hanya ingin lebih banyak tahu tentang kehidupan. Dalam upaya menjelajah dan mencari jati diri, seorang remaja memang acap kali melakukan apapun tanpa bisa membedakan mana hal baik dan mana hal buruk. Dan jika tidak hati-hati dalam menyikapinya, seorang remaja sering terjerumus dalam dunia yang memang lebih banyak berisi hal negatif dibanding hal positifnya.

Dalam lagu ini digambarkan seorang gadis bernama Lily yang begitu saja mempercayai makhluk “misterius” sehingga mahluk tersebut berusaha mengejarnya dan seolah ingin menjerumuskanya. Penggambaran tersebut bisa saja menekankan pada kita agar tak begitu saja mempercayai orang lain. Jadi, lagu ini seolah menyuruh kita untuk berhati-hati dalam bergaul, karena dunia itu penuh kepalsuan, penuh tipu daya, penuh hal negatif, yang juga di isi oleh orang-orang berlabel Fake di jidat mereka dan bisa saja orang-orang tersebut menjerumuskan hidup kita.

Saya kira, penjelasan diatas memang sejalur dengan apa yang Alan Walker katakan di billboard.com ya, lagu lily memang merupakan bagian dari album differen word yang mengambil tema tentang bagaimana sikap seseorang dalam menghadapi kehidupan dunia yang fana ini. 

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.

Verse 1
Lily was a little girl
Lily adalah seorang gadis kecil
Afraid of the big, wide world
Takut pada dunia yang besar dan luas
She grew up within her castle walls
Ia tumbuh di dalam tembok kastil/istana
Now and then she tried to run
Kini dan seterusnya ia mencoba lari
And then on the night with the setting sun
Dan kemudian pada malam hari saat matahari terbenam
She went in the woods away
Ia pergi kedalam hutan
So afraid, all alone
Sangat jauh, sendirian
Verse 1, penulis lagu ingin menarasikan sebuah cerita seorang gadis bernama lily. Seperti kebanyakan gadislain, lily ingin tahu luasnya dunia. Lirik “Afraid of the big, wide world” dapat dimaknai bahwa ia ingin mengetahui bagaimana kehidupan dunia, ia “takut” mengindkasikan bahwa ia penasaran dengan luasnya dunia dan penasaran bagaimana kehidupan dunia itu berjalan.

Namun untuk mengetahui semua isi dan kehidupan dunia, ia terbentur oleh sebuah “norma sosial”. Lirik “She grew up within her castle walls” bukan berarti ia dipenjara dalam kastil, lirik ini menurut saya lebih mengarah pada rasa penasaran lily terhadap dunia luar (dunia yang banyak sisi negativnya) namun lily terbentur oleh norma tadi (norma masyarakat, norma orang tua, norma dari guru). Seperti yang kita tahu norma social (biasanya berisi petuah atau nasihat yang baik) digunakan oleh mereka yang mencintai kita untuk mencegah penyimpangan sosial serta mengajak dan mengarahkan kita untuk berperilaku dan bersikap sesuai norma dan nilai yang berlaku. Namun Namanya juga remaja yang egonya sangat tinggi, semua remaja layaknya lily yang ingin tahu kehidupan dunia, sehingga para remaja seringkali memberotak dan melawan norma tersebut tanpa mereka sadari bahwa norma sosial itu adalah suatu hal yang baik.

Pre-Chorus
They warned her, don’t go there
Mereka memperingatkannya, jangan pergi ke sana
There's creatures who are hiding in the dark
Ada makhluk yang bersembunyi di kegelapan
Then something came creeping
Kemudian sesuatu datang merayap
It told her, don’t you worry just
Memberitahunya, jangan khawatir, hanya
Pre-Chorus menerangkan secara lanjut bahwa lirik “mereka” dapat dimaknai sebagai orangtua/guru/pacar/orang yang disayangi lily yang begitu kuat dalam memperingatkan lily. Lirik ini seolah memperingatkan lily untuk tak mempercayai gemerlapnya dunia yang lebih banyak sisi negatif daripada positifnya. Namun sebagai remaja yang penuh ego dan keingintahuan, lily tak menggubris semua nasihat itu.

Chorus:
Follow everywhere I go
Ikuti kemana pun aku pergi
Top of all the mountains or valley low
Atas gunung atau lembah yang rendah
Give you everything you’ve been dreaming of
Memberimu semua yang kamu impikan
Just let me in, ooh
Biarkan aku masuk, ooh
Everything you want in gold I'll be the magic story you've been told
Semua yang kamu inginkan akan menjadi kisah ajaib yang telah kamu ceritakan
And you’ll be safe under my control
Dan kamu akan aman di bawah kendaliku
Just let me in, ooh
Biarkan aku masuk, ooh
Just let me in, ooh
Biarkan aku masuk, ooh
Chorus/reff menggambarkan bahwa lily akhirnya bertemu dengan “mahluk misterius”. Lirik ini juga bukan diartikan sebagai monster atau semacamnya ya, lirik ini hanyalah sebagai sebuah metafora saja bahwa mahluk tersebut bisa saja diartikan “teman dari lily”. Kita tahu bahwa Memiliki teman yang baik dan setia kawan bisa menjadi hal terbaik dalam hidup. Namun, memilih teman tidak semudah yang dibayangkan. Teman bisa menjadi sumber malapetaka sekaligus kebahagiaan. Teman yang baik akan memberi lily saran yang tepat, sebaliknya teman jahat malah menjerumuskan lily untuk mengambil langkah yang salah.
Dan sepertinya, lirik ini seolah ingin menggambarkan bahwa lily salah dalam memilih teman. Di lirik ini dapat tergambar jelas bahwa teman tersebut menjanjikan berbagai hal yang menabjubkan pada lily. Sepertinya sebuah kesenangan duniawi dan prilaku negatif layaknya hiburan malam mungkin, atau mabuk-mabukan mungkin yang kesemuanya itu terlihat menyenangkan namun menyesatkan (hanya pendapat saya sebagai penulis blog). 

Verse 2:
She knew she was hypnotized
Dia tahu dia dihipnotis
And walking on cold thin ice
Dan berjalan di atas es tipis yang dingin
Then it broke, and she awoke again
Kemudian es itu pecah, dan dia bangkit lagi
Verse 2, menerangkan bahwa lily akhirnya sadar, bahwa dunia itu tak seperti apa yang diharapkanya. Dunia itu penuh kepalsuan yang diisi oleh orang-orang berlabel Fake di jidat mereka yang patut untuk tak kita percayai. Dunia itu penuh dengan hal negative dan hitam. 

Pre-Chorus 2:
Then she ran faster and
Lalu dia berlari lebih cepat dan
Start screaming, is there someone out there?
Mulai berteriak, apakah ada seseorang di luar sana?
Please help me
Tolong bantu aku
Come get me
Temui aku
Behind her, she can hear it say
Di belakangnya, dia bisa mendengarnya berkata
Dalam sadarnya tersebut, ia mulai mengingat orang-orang yang dulu menasihatinya (orangtua/guru/pacar/orang yang disayangi lily). namun lirik ini sepertnya ingin menggambarkan bahwa semua yang lily sadari sudah terlambat, karena lily sudah terlalu masuk pada dunia hitam yang penuh kata negatif. 

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya, jelas lah bahwa lagu “Lily” ingin menarasikan cerita tentang sebagian remaja layaknya gadis bernama Lily yang penasaran dengan gemerlapnya kehidupan dunia. Ia ingin menjelajah, dan hanya ingin lebih banyak tahu tentang kehidupan. Namun untuk mengetahui semua isi dan kehidupan dunia, ia terbentur oleh sebuah tembok “norma sosial”, Lily diperingatkan oleh (orangtua/guru/pacar/orang yang disayangi lily) untuk tak mempercayai gemerlapnya dunia yang lebih banyak sisi negatif dari pada positifnya. Namun sebagai remaja yang penuh ego dan keingintahuan, lily tak menggubris semua nasihat itu.

Lily yang membangkang akhirnya bertemu dengan seseorang yang merupakan representasi dari temannya (kita maknai saja begitu) yang mencoba memanipulasi. Di lirik lagu dapat tergambar jelas bahwa teman tersebut menjanjikan berbagai hal (kesenangan duniawi) yang menabjubkan pada lily. Hingga lily akhirnya sadar bahwa semua itu hanyalah sebuah tipuan. Ya, Lily akhirnya sadar bahwa dunia itu tak seperti apa yang diharapkanya. Dunia itu penuh kepalsuan yang diisi oleh orang-orang berlabel Fake di jidat mereka yang patut untuk tidak dipercayai. Dunia itu penuh dengan hal negative dan hitam yang membutakan kita.

Apa yang seharusnya kita pelajari dari lagu ini?
Bukan hanya punya musik yang menyenangkan dengan beat yang indah, Lily juga punya kedalaman lirik yang menarik. Secara keseluruhan lagu Lily mengajarkan kita untuk selalu hati-hati terhadap dunia yang menjanjikan kebahagiaan yang palsu, dimana manusia seringkali dibutakan oleh kenikmatan dunia. Sehingga menyebabkan mereka akan menghalalkan segala cara untuk mencapai kebahagiannya.

Lagu lily juga seolah ingin memperingatkan pada pendengarnya untuk mengindahkan nasihat orang tua dan nasihat orang-orang yang kita sayangin. Karena walau bagaimanapun, nasihat orangtua adalah suatu hal yang baik dan takkan pernah menjerumuskan kita. Dalam artian bawa walau kadang nasihat orangtua kita artikan sebagia suatu hal yang mengekang kita, selalu ingat bahwa nasihat baik dari orangtua itulah yang selalu harus kita jadikan sepagai pegangan norma sosial untuk menghadapi dunia yang penuh hal negatif. Lagu ini seolah menjabarkan bagaimana sebagian remaja saat ini kebanyakan terjerumus dalam dunia hitam akibat tidak mengidahkan nasihat orangtuanya.

Lebih lanjut, lagu Lily junga menekankan pada kita agar tak begitu saja mempercayai orang lain layangnya seorang teman. Kita semua menyadari bahwa memiliki teman yang baik dan setia kawan bisa menjadi hal terbaik dalam hidup. Namun, memilih teman tidak semudah yang dibayangkan. Teman bisa menjadi sumber malapetaka sekaligus kebahagiaan. Teman yang baik akan memberi kita saran yang tepat, sebaliknya teman jahat malah menjerumuskan langkah untuk mengambil langkah yang salah. Dalam sebagian lirik lagu Lily digambarkan bahwa Lily salah dalam memilih teman. Dalam lagu dapat tergambar jelas bahwa teman tersebut menjanjikan berbagai hal yang menabjubkan (kesenangan duniawi) pada lily. Dan tanpa Lily sadari semua rasa kesenangan tersebut adalah hal yang semu yang bisa menjerumuskan Lily dalam kehancuran hidupnya. Jadi, lagu ini seolah menyuruh kita untuk berhati-hati dalam bergaul, karena dunia itu penuh kepalsuan yang diisi oleh orang-orang berlabel Fake di jidat mereka yang patut untuk tak kita percayai!








*Penulis lirik lagu lily adalah Alan Walker. Lagu ini rilis tahun 2018. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

4 Responses to "Fakta, Lagu Lily Bukan Bercerita Tentang Dajjal! Makna Dibalik Lagu: Alan Walker ~ Lily Secara Harfiah"

  1. Hi... Terima kasih telah membahas lagu ini. Penjelasaanya detail sekali. Saya juga berpendapat seperti itu meski banyak sekali orang yang lebih percaya bahwa lagu "Lily" ini memiliki makna yang menakutkan. Kemungkinan mereka menerjemahkan lirik berdasarkan kalimat (teks) dan mengabaikan konteksnya hehe... :D
    Menurut saya "Lily" disini adalah representative dari seorang individu yang baru mengenal dunia, ada sisi orang - orang yang positive dan vise versa dan kebetulan si "Lily" ini bertemu dengan orang - orang dari dark side yang mana mempengaruhi dan mengiming-imingi "Lily" dengan sesuatu yang itu hanya omong kosong belaka (mendatangkan dampak negative ke diri sendiri). Tapi kembali lagi ke masing - masing pendengar yaa karena interpretasi lirik terlebih dalam bahasa asing (Inggris), tidak bisa dipatenkan/mengacu pada satu arti/interpretasi saja, karena itu bisa berubah bergantung opini dan interpretasi masing - masing sama halnya dengan translation (penerjemahan). Mengingat ini adalah sebuah lagu yang berisi lirik (puisi) dan termasuk salah satu literature (sastra), tentu makna sesungguhnya tidak bisa didapat hanya dengan mengartikan dari segi kalimatnya saja. CMIIW ^^

    ReplyDelete
  2. Btw, saya lihat tulisan kakak yg lain bagus sekali. Saya sering menginterpretasi lirik lagu-lagu berbahasa asing karena sering dapat tugas translation hehe mungkin saya boleh sharing dengan kakak? bila berkenan mohon kirim saya e-mail di lycanthefrost@gmail.com
    Tidak ada maksud apa apa saya hanya ingin belajar dan sharing. Terima kasih ^^

    ReplyDelete
  3. ijin share kak ya, mau saya jadikan pertimbangan artikel saya di youtube

    ReplyDelete
  4. Makasih udah dibahas bang ������

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel