Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Coldplay ~ Miracles (Unbroken)


Lagu Miracles, ditulis dan direkam oleh Coldplay untuk soundtrack sebuah film yang berjudul Unbroken. Film ini menceritakan tentang kisah nyata seorang atlet Olympiade yang juga merupakan seorang prajurit bernama Louis "Louie" Zamperini. Dalam kisah filmnyanya, Zamperini secara ajaib selamat dari kecelakaan pesawat selama Perang Dunia II dan menghabiskan 47 hari melayang di atas rakit, sebelum ditangkap oleh Angkatan Laut Jepang.

Seperti kisah Zaperini, lagu miracles juga seolah ingin menyampaikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika kita percaya terhadap sebuah keajaiban. Oke untuk lebih jelasnya, kita maknai dan interpretasi saja keseluruhan liriknya.

Oke, untuk lebih jelasnya kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.

Verse 1:
From up above I heard
Dari atas sana kudengar
The angels sing to me these words
Para bidadari senandungkan untukku kata-kata ini
And sometimes in your eyes
Dan kadang di matamu
I see the beauty in the world
Kulihat keindahan di dunia
Verse 1 belum jelas makna liriknya. Namun menurut pendapat saya, lirik ini menggambarkan bagaimana sekaratnya zaperini. Ditengah situasi sulit tersebut ia membayangkan orang yang ia cintai dan membuatnya lebih baik. Jadi lirik ini seolah menggambarkan bahwa kita sebagai manusia masih bisa bahagia ditengah situasi sulit.

Chorus 1:
Oh, now I'm floating so high
Oh, kini aku melayang begitu tinggi
I blossom and die
Aku mekar dan mati
Send your storm and your lightning to strike
Kirimkan badaimu dan petirmu tuk menyambar
Me between the eyes (eyes)
Menyambarku di antara mata
Chorus 1, sepertinya menggambarkan tentang suatu yang sangat sulit, dan dalam situasi sulit tersebut kita harus berani menghadapinya.

Verse 2:
Sometimes the stars decide
Kadang bintang-bintang memutuskan
To reflect in puddles in the dirt
Untuk bercermin di kubangan di lumpur
When I look in your eyes
Saat kutatap matamu
I forget all about what hurts
Aku lupa semua yang menyakitkan
Verse 2, menekankan bahwa Bintang dianggap sebagai hal yang indah oleh penulis lagu. Sementara itu, lumpur dianggap jelek. Namun penulis lagu menganggap bahwa keindahan, dapat ditemukan di mana saja, bahkan kubangan lumpur pun bisa merefleksikan bintang sebagai suatu yang indah.

Chorus 2
Oh, now I'm floating so high
Oh, kini aku melayang begitu tinggi
I blossom and die
Aku mekar dan mati
Send your storm and your lightning to strike
Kirimkan badaimu dan petirmu tuk menyambar
Me between the eyes
Menyambarku di antara mata
And cry
Dan menangis

Believe in miracles
Percayalah pada keajaiban
Lirik “Believe in miracles” ditekankan pada kisah Louis Zamperini yang lolos ke Olimpiade pada usia 19 tahun, bertahan selama 47 hari dalam rakit, dan mengalamu dua tahun penyiksaan tantara jepang pada perang dunia 2. Namun kemudian memaafkan penyiksanya tersebut. Itu dalah sebuah mukzizat, jika kita puya harapan dan rasa percaya pastilah kita akan mendapatkan sebuah mukzizat.

Outro:
Oh hey, I'm floating up above the world now!
Oh hei, aku melayang tinggi di atas dunia!
Oh hey, I'm floating up above the world now!
Oh hei, aku melayang tinggi di atas dunia!
Oh yeah, yeah, yeah!
Lirik ini adalah sebuah gambaran kebahagiaan setelah zaperini melewati semua hal pahit yang ia alami. dia kembali ke rumah, dia disambut dengan banyak kebahagiaan dari keluarga dan teman-temannya dan mereka yang mencintainya. Bagai melayang tinggi diatas langit.

Kesimpulan:
Setelah kita maknai dan interpretasi saja keseluruhan liriknya, lagu Miracles seolah mengajak kita untuk percaya pada sebuah keajaiban, bahkan dalam suasana sesulit apapun. lagu ini membuat kita seolah merasa bisa melakukan apapun, bahkan jika hal tersebut tak mungkin. Yap, dengan Percaya dan berharap pada keajaiban tentunya. Karena harapan adalah sesuatu yang membuat kita semua manusia merasa lebih baik, bahkan ketika kita dihapakan masa-masa sulit, dihadapkan pada peluang yang tipis, atau pada sedikit kemungkinan. Percayalah semuanya itu layak diperjuangkan. Jadi lihat ke atas, segala sesuatu mungkin terjadi, dunia terbuka untuk kita semua yang selalu berharap akan datangnya sebuh keajaiban.





*Penulis lirik lagu Miracles adalah Chris Martin, Guy Berryman, Will Champion, Venor Yard, Marcos Tovar dan Johnny Buckland. Lagu ini rilis pada tahun 2014. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Coldplay ~ Miracles (Unbroken)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel