Coldplay - Miracles | Makna dan Arti Lirik Lagu

Makna lagu Miracles menceritakan tentang ajakan untuk memaafkan segala kesalahan orang lain yang pernah berbuat buruk pada kita. Lewat lagu ini, Coldp

Miracles merupakan salah satu lagu terbaik yang pernah diciptakan oleh Coldplay. Nada-nadananya yang menyejukkan hati serta liriknya yang cukup dalam, membuat lagu ini begitu dicintai oleh para penggemar. Lagu ini sebenarnya ditulis oleh Coldplay untuk menjadi soundtrack film Unbroken. Sebuah film yang mengangkat kisah nyata perjuangan seorang pilot tempur AS, pada perang dunia II. Berikut merupakan makna dan arti dari lirik lagu Miracles milik Coldplay.

Makna Lirik

Makna lagu Miracles menceritakan tentang ajakan untuk memaafkan segala kesalahan orang lain yang pernah berbuat buruk pada kita. Lewat lagu ini, Coldplay seolah ingin melabeli bahwa memaafkan kesalahan orang lain merupakan suatu keajaiban (miracles). Karena kenyataannya, memanglah cukup sulit rasanya, untuk bisa memaafkan segala kesalahan orang lain, yang telah melukai hati serta perasaan kita.

Namun kembali lagi, setiap orang pernah berbuat kesalahan. Dan masing-masing dari kita pernah meminta dan menerima maaf. Untuk itulah kita diajarkan untuk bisa selalu memaafkan kesalahan orang lain.

Lagu Miracles, ditulis dan direkam oleh Coldplay untuk soundtrack sebuah film yang berjudul Unbroken. Film ini menceritakan tentang kisah nyata seorang prajurit bernama Louis Zamperini. Seperti yang kita ketahui, Zamperini merupkan pilot angkatan bersenjata AS. Itulah sebabnya Coldplay selalu mengulang lirik (Oh, now I'm floating so high / Oh, kini aku melayang begitu tinggi).

Sayangnya, pesawat Zamperini jatuh, sehingga ia harus ditangkap oleh tentara Jepang, ketika perang dunia II sedang berlangsung. Zamperini kemudian dimasukan kedalam kamp penjara Jepang selama 2 tahun dan mengalami berbagai penyiksaan yang sadis, mengalami ketakutan setiap hari, mengalami depresi dan mengalami trauma yang begitu mendalam.

Ketika ia akhirnya dibebaskan, rasa trauma akan penyiksaan itu masih terngiang dikepalanya. Dan satu-satunya cara untuk mengobati rasa trauma itu, ia akhirnya kemudian belajar untuk selalu memaafkan. Zamperini selalu percaya bahwa dengan selalu memaafkan orang yang telah menyiksannya bukan hanya membuat mereka terlepas dari rasa bersalah, namun juga membuat dirinya semakin bersyukur karena ia masih diberi kelapangan hati untuk memaafkan orang lain. Itulah mengapa Coldplay dibagian lirik verse 2 menuliskan kata (I forget all about what hurts / Aku lupa semua yang menyakitkan).

Zamperini juga percaya bahwa pengampunan, belas kasih dan kasih sayang merupakan bentuk dari cinta terdalam dari sesama manusia.

Saat diwawancarai oleh majalah Genius.com Chris Martin (vokalis Coldplay) kemudian menyampaikan secara ringkas makna dari lirik lagunya;

"Menurutku, hal tersulit dalam hidup adalah memaafkan. Tapi percayalah bahwa kebencian dapat merusak diri kita sendiri. Jika kamu membenci seseorang, kamu sebenarnya tidak menyakiti orang yang kamu benci, tapi kamu menyakiti dirimu sendiri"

Arti Lirik

Arti kata Miracles adalah keajaiban. Kata ini merujuk pada istilah bahwa memaafkan kesalahan orang lain merupakan suatu keajaiban.

Verse 1:
From up above I heard
Dari atas sana kudengar
The angels sing to me these words
Para bidadari menyenandungkan kata untukku
And sometimes, in your eyes
Dan kadang didalam matamu
I see the beauty in the world
Kulihat keindahan di dunia

Chorus:
Oh, now I'm floating so high
Oh, kini aku melayang begitu tinggi
I blossom and die
Aku mekar dan mati
Send your storm
Kirimkan badaimu
And your lightning to strike, me between the eyes, eyes..
Dan petirmu tuk menyambar, diriku dipelupuk mata

Verse 2:
Sometimes the stars decide
Terkadang bintang-bintang memutuskan
To reflect in puddles in the dirt
Untuk bercermin di kubangan di lumpur
When I look in your eyes
Saat kutatap matamu
I forget all about what hurts
Aku lupa semua yang menyakitkan

Chorus:
Oh, now I'm floating so high
Oh, kini aku melayang begitu tinggi
I blossom and die
Aku mekar dan mati
Send your storm
Kirimkan badaimu
And your lightning to strike, me between the eyes, eyes..
Dan petirmu tuk menyambar, diriku dipelupuk mata
And cry
Dan menangis
(Believe in miracles)
(Percayalah pada keajaiban)

Outro:
Oh hey, I'm floating up above the world now
Oh hei, aku sekarang melayang tinggi di atas dunia!
Oh hey, I'm floating up above the world now
Oh hei, aku sekarang melayang tinggi di atas dunia!
Oh, yeah yeah yeah

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Miracles (Unbroken) Coldplay Chris Martin, Will Champion, Guy Berryman, Jonny Buckland - 15 Desember 2014 Parlophone Rock, Soft rock

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Miracles (Unbroken) milik Coldplay ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Oleh sebab itulah postingan di blog ini, masih jauh dari kata sempurna, maka jika kalian punya pemikiran lain dari lagu ini, mohon untuk menuliskan komentar dibawah.