Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Avenged Sevenfold ~ Dear God

Sebuah lagu cinta dari band beraliran Metalcore memang biasanya selalu digemari oleh para pendengarnya layaknya lagu ini. Yap, Dear God merupakan lagu yang romantis dari band Avenged Sevenfold, yang berkisah tentang seorang Pria (penulis lagu) yang mau tak mau harus rela meninggalkan kekasihnya (karena suatu hal). Oleh sebab itu, dalam perjalananya meninggalkan kekasihnya itu, ia berdoa kepada Tuhan agar menjaga kekasihnya, karena ia sangat mencintainya. Jadi, ini bukan sebuah lagu patah hati menurut saya, lagu ini lebih spesifikan ke rasa rindu yang penulis lagu alami pada kekasihnya.

Rumor yang berkembang sih, lagu ini adalah tentang rasa rindu yang M. Shadows (vokalis) alami pada kekasihnya, saat ia harus meninggalkanya untuk melakukan Tour konser Avenged Sevenfold yang sampai berbulan-bulan. Rumor tersebut diperkuat oleh video klipnya sendiri, yang seolah menceritakan vokalisnya yang berada dalam perjalanan menggunakan bus menuju ke tempat konser.

Kurang yakin? Oke, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
A lonely road crossed another cold state line
Jalanan yang sepi melintasi batas negara bagian yang dingin
Miles away from those I love, purpose hard to find
Ber mil-mil jauhnya dari mereka yang kucintai, terasa sulit tuk temukan tujuan
While I recall all the words you spoke to me
Sementara aku (terus) mengingat semua kata yang kau ucapkan padaku
Can't help but wish that I was there
Sangat ingin kuberada di sana
Back where I'd love to be, oh yeah
Kembali ke tempat yang kusukai, oh yeah
Verse1, “A lonely road crossed another cold state line/Miles away from those I love, purpose hard to find” berkaitan dengan kesibukan Avenged Sevenfold yang harus melakukan berbagai tour/konser pada saat itu, di beberapa negara bagian di Amerika sana.jadi dalam periode tour yang berbulan-bulan tersebut, penulis lagu seolah merindukan orang yang ia cintai di rumah. Ia juga berkeinginan di benaknya, untuk segera pulang menemui orang yang ia cintai tersebut. Perlu di catat, bahwa di lirik ini, tak ada secara spesifik pun ia mengatakan “mantan”

Chorus:
Dear God the only thing I ask of you is
Ya Tuhan, satu-satunya hal yang kupinta darimu adalah
to hold her when I'm not around,
Jagalah dirinya saat aku tak (di sisinya)
when I'm much too far away
Saat aku sangat jauh darinya
We all need that person who can be true to you
Kami semua membutuhkan orang yang bisa jujur kepada-Mu (tuhan)
But I left her when I found her
Namun aku (malah) meninggalkannya ketika aku menemukannya
And now I wish I'd stayed
Dan kini aku berharap tetap di sana
'Cause I'm lonely and I'm tired
Karna aku kesepian dan aku lelah
I'm missing you again, oh no
Aku merindukanmu lagi, oh no
Once again
Sekali lagi
Chorus/ref melanjutkan kisah di verse 1 tentang kerinduanya terhadap orang yang ia sayangi. Namun bagaimana lagi, penulis lagu takkan mungkin pulang karena ia juga menjaga profesionalitasnya tentunya. Oleh sebab itu, si penulis lagu meminta kepada Tuhan untuk menjaga orang yang ia sayangi. Bahwa penulis lagu berdoa dengan tulus, dan penulis lagu berharap doanya diijabah.

Lirik “But I left her when I found her” memperjelas bahwa orang/wanita yang penulis lagu sayangi itu baru saja ia kenal (baru menemukan). Jadi ketika mereka lagi merasakan tahapan awal cinta, si penulis lagu malah harus pergi karena kerjaan tour konsernya. Jadi ya bisa ditebak, penulis lag uterus-terusan merindukanya. Lirik ini tuh, bagai tentara sama istrinya yang baru ijab kobul, langsung ditinggal tugas.. he he he…

Verse 2:
There's nothing here for me on this barren road
Tidak ada apa pun di sini, di jalan tandus ini
There's no one here while the city sleeps
Tak ada orang lagi di sini saat kota mulai terlelap
And all the shops are closed
Dan semua toko tutup
Can't help but think of the times I've had with you
Terkenang saat-saat yang kujalani bersamamu
Pictures and some memories will have to help me through, oh yeah
Gambar dan kenangan akan membantuku lewati masa sulit ini, oh yeah
Verse 2, mengacu pada tour yang Avenged Sevenfold lakukan di berbagai negara bagian amerika. Terutama di negara bagian New Mexico, Nevada, negara bagian ini agak terpencil dan gersang. Dalam kegersangan dan kesepian itu pula lah yang membuat penulis lagu kembali mengingat orang yang ia sayangi. Ia merasa, sangat sulit untuk dapat melewati semua itu.

Verse 3:
Some search never finding a way
(Kadang) beberapa pencarian memang tak menemukan hasil
Before long they waste away
Sebagianya lagi menjadi sia-sia
I found you, something told me to stay
Lalu aku menemukanmu, sesuatu yang membuatku menetap
I gave in, to selfish ways
Aku menyerah dengan caraku sendiri
And how I miss someone to hold
Dan betapa aku merindukan seseorang untuk kudekap
when hope begins to fade
Saat beberapa harapan mulai redup
Verse 3, adalah tentang perjuangan penulis lagu yang mati-matian naklukin orang yang ia cintai. Eh.. ketika sudah jadian, malah wanita tersebut ditinggal tour konser. Jadi penulis lagu ya merasa sedih, dan rindu,

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya, lagu Dear God berkisah tentang penulis lagu yang mau tak mau harus rela meninggalkan kekasihnya (karena harus mengikuti tour Avenged Sevenfold dibeberapa negara). Oleh sebab itu, dalam perjalananya meninggalkan kekasihnya itu, ia berdoa kepada Tuhan agar menjaga kekasihnya, karena ia sangat mencintainya. Dalam lirik lagunya juga dijelaskan bahwa dalam periode tour yang berbulan-bulan tersebut, penulis lagu seolah harus merasakan berbagai hal sulit sehingga ia terus merindukan orang yang ia cintai Lirik “But I left her when I found her” dalam lirik lagu juga menjelaskan secara gamblang, bahwa penulis lagu dan orang yang ia sayangi itu baru saja saling mengenal dan jatuh cinta. Jadi ketika mereka lagi merasakan tahapan awal cinta, si penulis lagu malah harus pergi karena kerjaan tour konsernya. Sedih..

Simpelnya, lagu ini tuh, bagai nyeritain tentara sama istrinya yang baru ijab kobul, langsung ditinggal tugas, atau bagai seorang mahasiswa yang ninggalin pacarnya karena ia harus study ke luar kota, jadi lagunya pas sekali di dengerin dalam momen perjalanan ketika kamu meninggalkan doi. Kok jadi mirip sama lagu stasiun balapanya didi kempot ya? He he he… becanda 😊








*Penulis lirik lagu Dear God adalah Jimmy “The Rev” Sullivan, Zacky Vengeance & M. Shadows. Lagu ini rilis tahun 2007. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Avenged Sevenfold ~ Dear God"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel