Pencarian

Makna Dibalik Lagu Guns N' Roses ~ Don't Cry: Sebuah kisah tentang hubungan cinta segitiga


Seperti yang dinyatakan oleh Axl Rose (vokalis Guns N' Roses) dalam sebuah wawancara, lagu “Don't Cry” sebenarnya bercerita tentang hubungan segitiga antara Axl, Izzy Stradlin (ex gitaris Gnr), dan seorang wanita yang mereka cintai. Oleh sebab itu, wanita tersebut akhirnya memutuskan untuk tidak memilih siapapun karena ingin menjaga perasaan Axl dan Izzy. Itulah yang menginspirasi Axl untuk menulis lagu “Don't Cry.”

Lagunya sendiri ditulis seolah dari kacamata wanita tersebut. Jadi secara sederhana lagu Don't Cry berkisah tentang seorang wanita yang meninggalkan pria yang ia cintai (Axl dan Izzy), karena wanita tersebut berpandangan bahwa tak mungkin ia mencintai dua orang pria tersebut dan terjebak dalam sebuah cinta segitiga. Dilagu ini wanita tersebut seolah berbicara dan menasihati dua orang pria yang ia cintai (khususnya pada Axl) untuk tidak bersedih dan menangis.

Oke untuk lebih lengkapnya lagi, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
Talk to me softly, there's something in your eyes
Bicaralah padaku dengan lembut, Ada sesuatu di matamu
Don't hang your head in sorrow and please don't cry
Jangan gantungkan pikiranmu dalam kesedihan, Dan tolong jangan menangis
I know how you feel inside, I've, I've been there before
Aku tahu bagaimana perasaanmu, Aku juga pernah merasakannya
Something is changing inside you and don't you know?
Ada sesuatu yang berubah di dalam dirimu dan Anda tidakkah kau menyadarinya?
Verse 1, khususnya di lirik “Talk to me softly, there's something in your eyes” bisa dimaknai sebagai sebuah penggambaran emosi Axl, sehingga wanita tersebut seolah menasihati Axl untuk tidak emosi dan berkata lebih pelan, karena wanita tersebut seolah tahu dari mata Alx sendiri, sebenarnya Alx itu adalah pria yang baik. Di lirik selanjutnya juga tergambar bahwa wanita tersebut menyuruh Axl untuk tidak bersedih ataupun menangis. Hal ini mungkin didasari pada cinta segitiga mereka yang membuat cinta ketiga orang tersebut berkisah tragis. Dan walau bagaimanapun, wanita tersebut sebenarnya masih mencintainya, walaupun ia harus terpaksa pergi karena tak mungkin menjalin hubungan segitiga.

Chorus:
Don't you cry tonight, I still love you, baby
Jangan kau menangis malam ini, Aku masih mencintaimu, sayang
And don't you cry tonight
Jangan kau menangis malam ini
Don't you cry tonight, there's a heaven above you, babe
Jangan kau menangis malam ini, Ada surga di atasmu, sayang
And don't you cry tonight
Dan Jangan kau menangis malam ini
Chorus/reff idenya masih sama tentang wanita tersebut yang menasihati Axl untuk tidak bersedih/menangis. Lirik ini sepertinya dibuat karena pada dasarnya sebuah cinta, apalagi cinta segitiga akan membuat Haiti menjadi sakit. cinta itu memang sebuah resiko, ada yang indah ada juga yang pahit. Dan walau bagaimanapun, wanita tersebut sebenarnya masih mencintainya, walaupun ia harus terpaksa pergi karena tak mungkin menjalin hubungan segitiga.

Verse 2:
Give me a whisper and give me a sigh
Beri aku bisikan dan Dan beri aku desahan
Give me a kiss before you tell me goodbye
Beri aku sebuah ciuman sebelum kau berkata selamat tinggal
Don't you take it so hard now and please don't take it so bad
Tak usah terlalu kau anggap sulit dan jangan kau terlalu bersedih
I'll still be thinking of you and the times we had, babe
Aku masih kan memikirkanmu dan saat-saat yang tlah kita lewati, sayang
Lirik verse 2, juga seolah menjadi buntut/konsekuensi dari perpisahan mereka. Wanita tersebut dalam lirik ini juga seolah ingin satu ciuman terakhir, dan melewati perpisahan yang manis (berpisah secara baik-baik). Dengan berpisah secara baik-baik, wanita tersebut seolah berharap bahwa semuanya akan baik-baik saja dan menjadi positif.

Verse 3
And please remember that I never lied, oh
Dan tolong ingat bahwa aku tidak pernah berbohong, oh
And please remember how I felt inside now, honey
Dan ingatlah bagaimana isi hatiku saat ini, sayang
You got to make it your own way but you'll be alright now, sugar
Kau harus melakukannya sendiri namun kau kan baik-baik saja, manis
You'll feel better tomorrow, come the morning light now, babe
Esok kau kan merasa lebih baik, eambutlah cahaya pagi, kasih
Verse 3, adalah komitmen si wanita itu. Bahwa sebenarnya ia tak bisa berbohong karena dalam hatinya masih ada cinta, namun ia harus berkomitmen untuk meninggalkan semua itu agar semuanya lebih baik. Agar tak menyakiti Axl maupu Izzi.

Kesimpulan:
Seterlah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirinya, lagu Don't Cry berkisah tentang seorang wanita yang terpaksa meninggalkan pria yang ia cintai (Axl “vokalis GNR dan Izzy “Ex gitaris GNR”). karena wanita tersebut berpandangan bahwa tak mungkin ia mencintai dua orang pria tersebut dan terjebak dalam sebuah cinta segitiga. Wanita tersebut dalam lagu ini seolah berkomitmen untuk meninggalkan mereka berdua agar tak menyakiti perasaan dua pria itu, walaupun hati wanita tersebut masih mencintai mereka. Dalam perpisahan tersebut, si wanita juga menasihati dua orang pria yang ia cintai (khususnya pada Axl) untuk tidak bersedih, menangis dan juga seolah mengingnkan perpisahan dengan bai-baik.

Hal yang dapat kita pelajari dari lagu ini
Lagu Don't Cry memiliki musik yang sangat bagus dan juga punya kedalaman lirik. Lirik lagu ini seolah dapat menjadi refrensi kita tentang sika apa yang harus diambil untuk menghadapi cinta segitiga yang diantaranya adalah;

Pertama, sebuah komitmen. Biasanya, seorang yang sudah terjebak dalam cinta segitiga akan kebingungan dalam memilih. Di satu sisi jika kita memilih A maka akan menyakiti si B Pun begitu sebaliknya. Di lagu ini “si wanita” seolah dengan tegas atau tidak plin-plan untuk tidak memilih vokalis ataupun gitaris GNR. Lagu ini seolah bisa menggambarkan bahwa untuk tidak memilih kedua pria tersebut adalah pilihan yang tepat karena tidak ada yang diuntungkan dalam kisah tersebut.

Kedua, berpisah secara baik-baik. Dalam lagu ini, akhirnya mereka berkomitmen untuk berpisah. Sebagai dampaknya Axl emosi dan sedih. Lagu ini seolah menerangkan bahwa disetiap perpisahan itu harus dilakukan secara baik-baik sehingga di lirik lagu tertulis “kecupa” yang menjadi tanda bahwa berpisah harus secara baik karena bertemunya juga dengan baik-baik.

Ketiga, tegarlah. Don't Cry atau dalam Bahasa indonesianya jangan menangis! Karena kita sebagaimanusia dalam menghadapi cinta itu haruslah tegar. Ingat baik-baik bahwa cinta itu adalah sebuah resiko, kadang kita merasa sennang, kadang kita merasa sedih dibuatnya. Judul dan Chorus/reff lagu selalu menekankan kita untuk tidak menangis dalam urusan percintaan.






*Penulis lirik lagu Don't Cry adalah Axl Rose. Lagu ini rilis pada tahun 1991. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Guns N' Roses ~ Don't Cry (Official Video)


0 Response to "Makna Dibalik Lagu Guns N' Roses ~ Don't Cry: Sebuah kisah tentang hubungan cinta segitiga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel