Pencarian

Makna Dibalik Lagu Imagine Dragons ~ Not Today: Ingatlah bahwa tidak semua harapan bisa terwujud



Lagu ini merupakan lagu Imagine Dragons favorit saya. Lagunya enak didengar lewat alunan gitar dan pianonya. Lagu ini juga adalah single utama untuk soundtrack film “Me Before You” (2016). Tak heran jika liriknya juga sepertinya berhubungan dengan kisah filmnya, dimana dikisahkan seorang gadis bernama Louisa yang jatuh cinta pada seorang pria kaya dan sukses bernama Will Traynor yang difabel/lumpuh karena suatu kecelakaan.

Yap, Not Today adalah lagu yang mencerminkan penderitaan cinta yang diperlihatkan dalam film tersebut, dimana lirik lagunya mengisahkan tentang seseorang yang mengalami masa-masa sulit. Mereka kemudian diyakinkan bahwa segala sesuatu akan lebih mudah berkat cinta, tetapi judul lagu itu tampaknya menunjukkan bahwa harapan tersebut tak akan terjadi "hari ini." Dengan kata lain, lagu Not Today seolah berisi tentang semua harapan yang baik tentang cinta, namun kadang harapan juga tak berjalan sesuai dengan kenyataan yang ada.

Oke untuk lebih jelasnya, kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya bait demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1
There she goes in front of me
Dia datang di hadapan ku
Take my life and set me free again
Mengambil hidup ku dan membebaskan ku
We'll make a memory out of it
Kita kan buat kenangan dengan hal itu
Holy road is at my back
Jalan suci di belakangku
Don't look on, take me back again
Jangan menatapku, bawa diriku kembali
We'll make a memory out of it
Kita kan buat kenangan dengan hal itu
Verse 1, penulis lagu berusahan mengembangkan sebuah narasi tentang seorang wanita yang datang dalam kehidupanya. Kehadiran wanita tersebut sepertinya membuat dirinya bahagia. Sehingga penulis lagu selalu berharap dan berharap bisa punya cerita indah dengan wanita tersebut.

Pre-chorus:
We finally fall apart and we break each other's hearts
Akhirnya kita terpisah dan kita saling mematahkan hati
If we wanna live young love we better start today
Jika kita ingin cinta kita lebih baik, mulailah hari ini
Pre-chorus, penulis lagu seolah ingin menggambarkan bahwa cinta itu pada dasarnya sesuatu yang sulit. jadi, ketika cinta itu datang kita harus segera mengambilnya, kita harus memulainya dan jangan menyia-nyiakanya

Chorus:
It's gotta get easier, oh easier somehow
Ini harus lebih mudah, oh entah bagaimana
Cause I'm falling, I'm falling
Karena aku jatuh cinta, aku jatuh cinta
Oh easier and easier somehow
Oh mudah dan lebih mudah entah bagaimana
Oh I'm calling, I'm calling
Oh ku kupanggil, aku memanggil
And it isn't over unless it is over
Dan tak berakhir kecuali itu memang akhir
I don't wanna wait for that
Aku tak ingin menunggu untuk itu
It's gotta get easier and easier somehow
Ini harus lebih mudah, oh entah bagaimana
But not today
Walau tak hari ini
Not today
Tak hari ini
Chorus/reff adalah sebuah harapan-harapan dari penulis lagu. Ia sepertinya jatuh cinta pada wanita tersebut, dan terus berharap dan berhayal terlalu jauh tentang bagaimana cintanya menjadi mudah. Namun sepertinya harapanya tersebut sukar terwujud, lirik “Not today” seolah menjadi antithesis bahwa harapanya terbentur oleh kenyataan yang ada atau tidak sesuai dengan kenyataan.

Bridge:
So come with me
Maka datanglah bersamaku
You'll come with me ey
Kau kan datang bersamaku
So come with me
Maka datanglah bersamaku
You'll come with me
Kau kan datang bersamaku
But ot today
Namun tak hari ini
Not today
Tak hari ini
Not today
Tak hari ini
Not today
Tak hari ini
Bridge, menerangkan lebih lanjut jika penulis lagu mengharapkan wanita tersebut. Tapi harapan itu pupus karena karena harapanya tak terwujud, tidak hari ini. 

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, Not Today adalah sebuah lagu tentang bagaimana cinta memiliki kekuatan yang dapat mempengaruhi seseorang untuk berharap dan berharap akan keajaibanya, atau akan suatu hal yang indah terhadapnya. Namun, sebuah harapan juga belum tentu pula jadi kenyataan. Karena faktanya cinta itu sebuah resiko, ada yang indah dibuatnya, dan sebaliknya ada yang juga sakit dibuatnya.  

Jika kita lihat dari sisi film “Me Before You,” lagunya dapat dimaknai tentang bagaimana will mencintai Louisa. Will seolah berharap kisah cintanya akan indah, namun ia terbentur keadaan yang pahit karena kenyataanya ia hanya seorang pria yang lumpuh, dan ia seolah berfikir bahwa cintanya akan membebani hidup Loisa.

Sementara jika dimaknai dalam kehidupan kita, lagu ini seolah mengingatkan kita untuk tidak terlalu berhayal dan berharap terlalu berlebih jika kita mencintai seseorang. Karena harapan yang tinggi, hanya akan menyakiti kita jika harapan tersebut tidak terwujud. Karena pada kenyataanya tidak semua harapan bisa terwujud.





*Penulis lirik lagu Not Today  adalah Daniel Coulter, Reynolds Daniel, dan Wayne Sermon. Lagu ini rilis pada tahun 2017. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog



0 Response to "Makna Dibalik Lagu Imagine Dragons ~ Not Today: Ingatlah bahwa tidak semua harapan bisa terwujud"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel