Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Lady Gaga ~ Shallow (Ft.Bradley Cooper), Karena cinta bukan suatu rasa yang dangkal


Lagu ini telah melalui perjalanan yang luar biasa selama musim penghargaan 2018. memborong Golden Globe untuk Lagu Asli Terbaik, dua Grammy (Penampilan Pop / Grup Terbaik dan lagu terbaik yang ditulis untuk media visual), dan Oscar untuk lagu asli terbaik menjadikan lagu ini sangat spesial. Yap, ini adalah salah satu lagu utama dari soundtrack Film “A Star is Born 2018,” dimana dengan hadirnya lagu ini memang benar-benar membuat suasana film menjadi hangat dan romantis. 

Plot fimnya sendiri mengisahkan tentang lelaki bernama Jack (diperankan Bradley Cooper), dengan keseharianya yang gemar meminum alkohol (peminum berat) dan punya sifat mudah gelisah, rapuh meskipun selalu bisa menciptakan nada-nada musik yang brilian sebagai musisi. Sampai akhirnya jack bertemu dengan sosok wanita bernama Ally ( diperankan oleh Lady Gaga). Ally/Lady gaga adalah pelayan di sebuah klub malam yang punya bakat bernyanyi terpendam. Dan bisa di tebak, mereka berdua akhirnya saling tertarik dan jatuh cinta.

Layaknya kisah filmnya, lagu ini bernada sangat romantis. Secara sederhana lagu Shallow mengisahkan tentang hubungan dua orang (kita maknai saja sebagai Bradley & Gaga) yang punya ketertarikan satu sama lain. Dalam ketertarikanya tersebut mereka seolah berdialog satu sama lain, saling mendengarkan satu sama lain, dan menemukan kesimpulan bahwa mereka ingin menjalani hubungan yang dalam, bukan hanya hubungan “dangkal” biasa yang kerap orang-orang lakukan. Jadi jelas lah, bahwa dari judulnya “Shallow” adalah metafora bahwa suatu hubungan percintaan itu harus dijalani dengan dalam/dengan serius, bukan dangkal. 

Oke untuk lebih lengkapnya, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan lirik lagunya. baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1, Bradley Cooper:
Tell me somethin' girl
Katakan padaku, sayang
Are you happy in this modern world?
Apakah kau bahagia di dunia modern ini?
Or do you need more?
Ataukah kau butuh sesuatu yang lebih?
Is there somethin' else you're searchin' for?
Adakah hal lain yang sedang kau cari?
Verse 1 dinyanyikan oleh Bradley Cooper. Lirik ini dapat dimaknai bahwa Bradley tertarik pada Gaga dan seolah ingin memulai hubungan. Lirik “Are you happy in this modern world?” menjelaskan bahwa hidup mereka sekarang ini dianggap masih biasa-biasa saja. nah, untuk membuat hidup mereka lebih berarti, ya mereka harus memulai hubungan percintaan yang indah.  

Refrain, Bradley Cooper:
I’m fallin’
Aku jatuh (cinta)
In all the good times
Di waktu yang baik
I find myself longing for change
Aku menemukan diriku yang mendambakan perubahan
And in the bad times, I fear myself
Dan disaat yang buruk, aku takut pada diriku
Refrain, menjelaskan bahwa Bradley seolah menemukan seseorang layaknya Gaga yang dapat mengubah hidupnya, ia jatuh cinta padanya. Lirik “And in the bad times, I fear myself“ dapat dimaknai bahwa hidup Bradley & gaga sangat berat dan ingin mengubah semua itu. (jika dilihat dari film, mereka memang melalui periode sulit dengan Bradley yang seorang pemabuk kecanduan alkohol sementara Gaga adalah pelayan klub malam)

Verse 2, Lady Gaga:
Tell me something boy
Katakan padaku, sayang
Aren't you tired tryin' to fill that void?
Tidakkah kau lelah mencoba mengisi kehampaan itu?
Or do you need more?
Ataukah kau butuh sesuatu yang lebih?
Ain't it hard keeping it so hardcore?
Tidakkah berat rasanya untuk tetap gegap gempita?
Verse 2 seolah adalah balasan dari pertanyaan Bradley di verse 1. Mereka berdua seolah berdialog pada lagu ini. Bak gayung yang bersambut, rupanya Gaga juga tertarik pada Bradley jika kia melihat liriknya. Menurut gaga, bahwa kehadiran Bradley dihidupmnya sudah cukup untuk mengisi kehampaan hatinya dan membuat hatinya bahagia. Menurut gaga semua ini sudah lebih dari cukup, jadi gaga seolah menanyakan kembali pada Bradley apa menurutmu semuanya juga sudah cukup?

Refrain, Lady Gaga:
I’m fallin’
Aku jatuh (cinta)
In all the good times
Di waktu yang baik
I find myself longing for change
Aku menemukan diriku yang mendambakan perubahan
And in the bad times, I fear myself
Dan disaat yang buruk, aku takut pada diriku
Refrain Gaga sama dengan refrain Bradley

Chorus, Lady Gaga & Bradley Cooper:
I'm off the deep end, watch as I dive in
Aku menuju kedalaman, lihatlah saat aku menyelam
I'll never meet the ground
Aku takkan pernah temui dasar
Crash through the surface, where they can't hurt us
Terhempas dari permukaan, dimana mereka tak bisa menyakiti kita
We're far from the shallow now
Kini kita jauh dari kedangkalan

In the shallow, shallow
Di kedangkalan, kedangkalan
In the shallow, shallow
Di kedangkalan, kedangkalan
In the shallow, shallow
Di kedangkalan, kedangkalan
We're far from the shallow now
Kini kita jauh dari kedangkalan
Chorus/reff adalahn intinya lagunya, ini seolah sebuah kesimpulan dialok mereka di verse sebelumnya. Mereka dalam lirik ini menganggap bahwa cinta itu sesuatu yang harus dijalani dengan serius dan dalam. Lirik ini juga menegaskan bahwa mereka tak menginginkan cinta yang dangkal dan main-main.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, lagu Shallow seolah menceritakan hubungan antara Bradley Cooper dan Lady Gaga yang dalam hidup mereka melalui semua masa sulit, hingga akhirnya mereka saling menemukan satu sama lain. Dalam fase ketertarikan tersebut, mereka berdua akhirnya berdialog satu sama lain, saling mendengarkan satu sama lain, dan menemukan kesimpulan bahwa mereka ingin menjalani hubungan yang dalam, bukan hanya hubungan “dangkal” biasa yang kerap orang-orang lakukan,

Shallow memberikan gambaran lebih akan cinta, terutama jika kita menghayati Film A Star is Born.Lagu ini seolah menerangkan pada kita bahwa cinta itu sesuatu yang suci dan membuat kita bahagia, jadi kita tak boleh main-main akan hal tersebut. Dengan kata lain sebuah hubungan itu jangan dijalankan dengan main-main atau karena alasan ingin bersenang-senang. Jalani hubungan cinta dengan serius dan tulus. Cinta yang dijalani secara serius sejak awal akan mendatangkan bahagia baik buatmu maupun si dia. Jadi karena alasan itulah, lagu ini juga seolah viral sebagai tema lagu pernikahan dimana sepasang kekasih ingin membawa hubungan tersebut ke arah yang lebih serius yakni pernikahan. Jadi, buat kamu yang sudah mau menikah, hapalkan saja lagu ini sebagai persiapan manggung. Sudah punya calon kan? Hihihi….






*Penulis lirik lagu Shallow adalah Lady Gaga. Lagu ini rilis pada tahun 2018. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Lady Gaga ~ Shallow (Official Video)

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Lady Gaga ~ Shallow (Ft.Bradley Cooper), Karena cinta bukan suatu rasa yang dangkal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel