Makna Dibalik Lagu: Queen ~ Don’t Stop Me Now

Don’t Stop Me Now bercerita tentang perasaan Freddy Mercury (penulis lagu) yang merasa bahagia dan ingin bersenang-senang dalam sebuah pesta. Menurutnya, suasana pesta tersebut membuatnya berada di punyak kenikmatan hidup sehingga ia...
"Don’t Stop Me Now" adalah salah satu lagu terbaik yang pernah diciptakan Queen. sebuah lagu yang menempati posisi 9 di tangga lagu Inggris dan dimasukkan dalam kompilasi "Greatest Hit Patinum." Seiring perkembangan waktu, lagu ini rupanya juga tak meredup popularitasnya.  hal tersebut dibuktikan dari banyaknya pendengar yang memutar lagu ini di Spotify, sehingga lagu ini menempati posisi ke 2 dalam tangga lagu Spotifi yang pernah diputar sepanjang masa. Belakangan, lagu ini juga dinobatkan sebagai lagu paling membahagiakan di dunia oelh para pakar musik.

Saya menyukai lagu ini, karena beat musiknya memang sangat menyenangkan, cocok diputar saat akhir pekan. Karena lagunya direkamnya sudah lama, kualitas musiknya agak kresek-kresek, saya sempat juga melupakan lagu ini. Hingga akhirnya saya melihat di youtube, lagu ini di cover oleh Katy Perry di salah satu konsernya, eh saya malah jadi keterusan mendengar Don’t Stop Me Now versi cover Katy Perry, he he he.

Secara sederhana Don’t Stop Me Now bercerita tentang perasaan Freddy Mercury (penulis lagu) yang merasa bahagia dan ingin bersenang-senang dalam sebuah pesta. Menurutnya, suasana pesta tersebut membuatnya berada di puncak kenikmatan hidup sehingga ia ingin terus merasakan nikmatnya dan tak ingin berhenti. Jadi tema lagunya sangat sederhan, berset di sebuah pestan dan bagaimana semua orang menikmatinya.

Oke untuk lebih jelasnya lagi, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Intro:
Tonight I'm gonna have myself a real good time
Malam ini aku akan bersenang-senang
I feel alive and the world I'll turn it inside out yeah
Aku sedang bahagia dan akan kubalikkan dunia
And floating around in ecstasy
Dan melayang dalam rasa sukacita
So don't stop me now don't stop me
Maka jangan hentikan aku sekarang
'Cause I'm having a good time having a good time
Karena aku sedang bersenang-senang
Intro, adalah awalan dimana Fredie ingin berangkat ke pesta, dimana ia berharap ia akan bersenang-senang didalamnya, dan tak ingin orang lain menghentikanya.

Verse 1:
I'm a shooting star leaping through the sky
Aku adalah bintang jatuh yang melesat di langit
Like a tiger defying the laws of gravity
Layaknya seekor harimau yang menentang hukum gravitasi
I'm a racing car passing by like Lady Godiva
Aku adalah mobil balap yang melintas layaknya Nyonya Godiva
I'm gonna go go go
Aku akan pergi
There's no stopping me
Tak ada yang (bisa) menghentikanku
Verse 1 menjelaskan perasaan gembiranya, sepertinya ini adalah hari tergembira fredie. Ia menggambarkan rasa bahagianya layaknya bintang jatu, harimau, atau mobil balap. Note: Lady Godiva itu adalah seorang pembalap kuda terkenal inggris jaman dahulu.

Pre-Chorus:
I'm burnin' through the sky, yeah
Aku terbakar di langit, yeah
Two hundred degrees, That's why they call me Mister Fahrenheit
Dua ratus derajat, Itulah sebabnya mereka menyebutku Tuan Fahrenheit
I'm trav'ling at the speed of light
Aku beredar dengan kecepatan cahaya
I wanna make a supersonic man out of you
Akan ingin mengeluarkan pria supersonic dalam darimu
Sepertinya, fredie adalah pria yang sangat PD jika tergambar di lirik ini, selain ingin bersenang-senang, ia juga mampu menyenangkan orang lain dalam pesta, layaknya Mr. farenheit yang menyenangkan banyak orang karena penemuan termometernya.

Chorus:
Don't stop me now I'm having such a good time
Jangan hentikan aku sekarang, aku sedang bersenang-senang
I'm having a ball
Aku memegang kendali
Don't stop me now
Jangan hentikan aku sekarang
If you wanna have a good time just give me a call
Jika kau ingin ikut bersenang-senang, hubungilah aku
Don't stop me now, 'Cause I'm having a good time
Jangan hentikan aku sekarang, Karena aku sedang bersenang-senang
Don't stop me now Yes I'm havin' a good time
Jangan hentikan aku Ya aku sedang bersenang-senang
I don't want to stop at all, yeah
Aku sama sekali tak ingin berhenti, yeah
Chorus/reff menjelaskan suasana pesta tersebut membuat Fredie berada di punyak kenikmatan hidup sehingga ia ingin terus merasakan nikmatnya dan tak ingin berhenti

Verse 2:
I'm a rocket ship on my way to Mars
Aku adalah pesawat roket dalam perjalanan ke Mars
On a collision course
Di jalur tabrakan
I am a satellite I'm out of control
Aku sebuah satelit, aku di luar kendali
I am a s*x machine ready to reload
Aku mesin s*ks yang siap diisi ulang
Like an atom bomb about to
Seperti bom atom atau semacamnya
Oh oh oh oh oh explode
Oh Oh oh oh oh meledak
Verse 2, ceritanya seolah berganti. Di lirik ini sepertinya cerita pestanya sudah habis atau pestanya sudah berakhir. Walaupun begitu, rupanya kesenangan Fredie tidak berhenti begitu saja, karena setelah pesta berakhir ia bersenang senang dengan wanita atau semacamnya gitu (karena fredie gay). Lirik ini seolah menggambarkan adegan syur gitu. Lirik Tabrakan antara badan satu ke badan lain, mesin s*ks, atau kata bom atom yang bisa dimaknai sebagai ejakulasi mungkin? Iya gak sih? Bayangin sendiri deh.. he he he 😊

Bridge:
Don't stop me don't stop me, Don't stop me hey hey hey
Jangan hentikan aku, Jangan hentikan aku hey hey hey
Don't stop me don't stop me, Don't stop me hey hey hey
Jangan hentikan aku, Jangan hentikan aku hey hey hey
Have a good time good time
(Aku) sedang bersenang-senang
Don't stop me don't stop me ah
Jangan hentikan aku
Dan Fredie tak ingin mengakhiri kenikmatan duniawi tersebut seperti layaknya lirik verse 1 dan 2.

Kesimpulan:
kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya, lagu Don’t Stop Me Now seolah mempunyai dua makna sekaligus. Pertama, tentang makna bagaimana Fredie berada di sebuah pesta dengan suasana yang membuatnya berada di punyak kenikmatan hidup sehingga ia ingin terus merasakan nikmatnya dan tak ingin berhenti layaknya tergambar di verse 1. Dan yang ke dua, adalah tentang bagaimana Fredie menikmati kesenangan badaniah gitu, sehingga ia ingin terus merasakan nikmatnya dan tak ingin berhenti layaknya tergambar di verse 2.

Perlu diperhatikan ini hanya pemaknaan pribadi saya saja lho, karena Fredie Mercury sebagai penulis lagu juga tak menjelaskan makna detil dari lagunya. Well, walo bagaimanapun musik lagunya memang sangat enak dan dicintai kebanyakan orang termasuk saya.






*Penulis lirik lagu Don’t Stop Me Now adalah Freddie Mercury ini rilis pada tahun 1979. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog