Pencarian

Makna Dibalik Lagu Taylor Swift ~ Begin Again: Move on, bangkit, dan mulailah dari awal lagi


"Begin Again" adalah lagu Taylor Swift, dengan penjualan digital yang tinggi, dengan pada debutnya lagu ini langsung memuncaki di nomor 7 di Billboard Hot 100, dan dinominasikan untuk Grammy sebagai Lagu Country Terbaik. Lagunya sangat lembut dengan petikan gitar ala country sehingga enak banget buat didengerin. Sebuah lagu yang selalu ada dalam playlistku.

Tak hanya memiliki musik yang enak, lirik lagunya sendiri terlihat begitu mendalam. Dalam wawancaranya mengenai lagu ini, Swift mengatakan tentang makna lagu ini “It’s actually a song about when you’ve gotten through a really bad relationship and you finally dust yourself off and go on that first date after a horrible break up.”
Dengan kata lain, secara sederhana lagu Begin Again bercerita tentang penulis lagu (Taylor Swift) yang merasakan tahapan awal jatuh cinta pada seorang lelaki. Perasaan jatuh cinta tersebut seolah bisa menjadi obat sakit hati yang dirasakan Swift kepada mantanya dulu. Manis banget kan?

Oke untuk lebih jelasnya kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.

Verse 1:
Took a deep breath in the mirror
Kutarik nafas dalam-dalam di depan cermin
He didn't like it when I wore high heels, but I do
Dia tak suka aku memakai sepatu hak tinggi, tapi aku suka
Turned the lock and put my headphones on
Kukunci pintu dan kupasang headphone
He always said he didn't get this song but I do, I do
Dia selalu bilang tak suka lagu ini, tapi aku suka
Walked in expecting you'd be late
Kuberjalan dan berharap kau kan terlambat
But you got here early
Tapi kau sampai lebih awal
And you stand and wait
Dan kau berdiri menunggu
And I walk to you
Dan aku berjalan menghampirimu
You pulled my chair out and helped me
Kau persiapkan kursiku dan membantuku
And you don't know how nice that is, But I do
Dan kau tak tahu betapa indahnya hal itu tapi aku tahu
Verse 1, Swift menanyikan “He didn't like it when I wore high heels, but I do” yang bisa dimaknai bahwa swift itu berbadan tinggi sehingga jika memakai high heels ia terlihat lebih tinggi lagi, dan kemungkinan pria yang ia sukai tersebut berbadan pendek jadi ia tak suka swift memakai hak tinggi.

Secara keseluruhan lirik ini menggambarkan perbedaan yang dialami antara Swift dan pria yang ia cintai (hanya dalam hal kecil yang menggelikan). Tapi Namanya juga jatuh cinta, semua itu bagi swift sangat manis.
 
Chorus:
And you throw your head back laughing like a little kid
Dan kau mengelakkan kepalamu sembari tertawa seperti anak kecil
I think it's strange that you think I'm funny 'cause he never did
Aku merasa aneh bahwa kau pikir aku lucu karena kau tak pernah berpikir begitu
I've been spending the last eight months thinking all love ever does
Aku menghabiskan delapan bulan terakhir memikirkan semua cinta
Is break and burn and end
Yang (kukira hanya bisa) melukai dan membakar dan berakhir
But on a Wednesday in a café I watched it begin again
Tapi pada hari Rabu di sebuah kafe kulihat cinta (ku) pun tumbuh lagi
Crorus/reff adalah tentang bagaimana pria yang swift cintai menertawakan dirinya karena melakukan hal aneh layaknya di verse 1, dan keseluruhan lirik. Hal lucu tersebut pun juga membuat swift tertawa geli, sebuah perasaan gembira yang tak pernah swift rasakan pada kisah cintanya dulu dengan mantanya yang berakhir tragis dan menyakitkan.

Dan lirik “But on a Wednesday in a café I watched it begin again” seolah adalah pengakuan swift jika ia menyadari bahwa ia menyukai pria tersebut, dan ingin membuka lembaran cinta baru dengan pria tersebut.
 
Verse 2:
You said you never met one girl
Kau bilang tak pernah berjumpa seorang gadis pun
Who has as many James Taylor records as you, But I do
Yang miliki karya James Taylor sebanyak punyamu, namun aku punya
We tell stories and you don't know why I'm coming off a little shy, but I do
Kita saling bercerita dan tak tahu kenapa aku jadi sedikit malu, namun aku tahu
Verse 2, adalah kekonyolan lain. Disini pria yang swift cintai berusaha menertawakanya karna menoleksi lagu James Taylor (seorang musisi County terkenal) yang biasanya disukai lagunya disukai lelaki. Lewat kelucuan tersebutlah mereka seolah berbicara dari hati ke hati.
 
Bridge:
And we walk down the block to my car
Dan kita menyusuri jalan itu menuju ke mobilku
And I almost brought him up
Dan aku hampir saja teringat padanya
But you start to talk about the movies
Tapi kau mulai bicara tentang film
That your family watches every single Christmas
Yang ditonton keluargamu setiap hari Natal
And I won't talk about that
Dan aku tak mau membicarakan itu
For the first time, what's past is past
Untuk pertama kalinya, masa lalu biarlah jadi masa lalu
Bridge seolah swift teringat kembali kisah masalalunya dengan mantanya, saat berjalan dengan pria yang ia cintai di suatu jalan. Mungkin jalan tersebut adalah jalan yang sama ketika swift jalan dengan mantanya tersebut. Namun ingatanya akan mantanya kembali memudar setelah pria yang ia cintai menceritakan tentang keluarganya yang menyukai suatu film. Di lirik ini seolah swift sangat nyaman dengan pria yang ia cintai tersebut dan untuk pertama kalinya ia merasa harus melupakan masalalunya yang buruk karena ia telah menemukan cinta baru.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, jelaslah bahwa Begin Again bercerita tentang penulis lagu (Taylor Swift) yang merasakan tahapan awal jatuh cinta pada seorang lelaki. Perasaan jatuh cinta tersebut seolah bisa menjadi obat sakit hati yang dirasakan Swift kepada mantanya dulu. Di lirik lagunya juga dijelaskan bahwa swift dan lelaki tersebut punya perbedaan dalam hal-hal kecil, Tapi Namanya juga jatuh cinta, semua itu bagi swift sangat manis. Pria tersebut sepertinya juga sangat lucu, ia selalu menertawakan swift karena melakukan hal aneh layaknya di keseluruhan lirik. Hal lucu tersebut pun juga membuat swift tertawa geli, sebuah perasaan gembira yang tak pernah swift rasakan pada kisah cintanya dulu dengan mantanya yang berakhir tragis dan menyakitkan. Perasaan gembira dengan pria tersebut juga seolah menjadikan swift yakin untuk melupakan kisah masalalunya.

Hal yang dapat kita pelajari dari lagu ini
Begin Again merupakan lagu yang sangat-sangat manis menurut saya, cocok buat kamu dengarkan ketika kamu lagi galau-galaunya patah hati dan berusaha bangkit. Lagu ini seolah mengajarkan pada kita tentang setiap orang pasti yang pastinya mempunyai kisah pahit dengan seorang mantan. Dan kebanyakan orang tersebut selalu terpuruk, sedih dan trauma untuk memulai hidup baru. Jadi lagu ini seolah menasehati bahwa kita bisa kok melupakan kisah masalalu percintaan yang pahit, dengan cara menemukan cinta baru yang lebih menggembirakan. Ingat, hidup itu terus berlanjut, jangan terus-terusan terpuruk, karena ada 7 milyar orang didunia ini sehingga jika kita putus satu cinta, masih banyak cinta lain yang menunggu kita. Hey muve on lah, bangkitlah dari kegalauan cinta, dan mulailah dari awal lagi 😊









*Penulis lirik lagu Begin Again adalah Taylor Swift. Lagu ini rilis pada tahun 2011. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Taylor Swift ~ Begin Again: Move on, bangkit, dan mulailah dari awal lagi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel