Pencarian

Makna Dibalik Lagu Birdy ~ Not About Angels: Tentang cinta, perpisahan, dan takdir tuhan


“Not About Angels” nya Birdy, adalah lagu soundtrack utama dalam film The Fault in Our Stars. di mana plot filmnya menceritakan tentang seorang remaja laki-laki dan seorang remaja perempuan yang saling jatuh cinta dan merasa bahwa cinta tersebut sebagai cinta sejati. Cerita film sangat sedih, karena faktanya kedua sejoli tersebut mengidap penyakit kanker ditengah indahnya percintaan mereka.

Sehingga dapat dikatakan bahwa cinta mereka berdua bagai sebuah dilema besar, disuatu sisi mereka berdua ditakdirkan tuhan untuk bertemu dan menjalin cinta, di sisi lain mereka berdua ditakdirkan tuhan punya penyait kanker yang bisa kapan saja memisahkan mereka berdua.  Dititik tersebut lah, lagu ini kemudan sayup-sayup terdengar mengiringi cerita filmnya. Lagu ini seolah ingin menanyakan tentang bisakah seseorang mencintai dengan sungguh sungguh, mencintai dengan tulus, dan tak menyerah akah keyakinan cintanya, meskipun takdir tuhan bisa saja memisahkan mereka.

Bagi saya, lagu ini tak hanya bermakna tentang filmnya saja, lagu ini bisa dimaknai juga dalam kehidupan kita sehari-hari. Lagu ini seolah ingin mengajarkan pada kita untuk berjuang mempertahankan cinta pada orang yang kita sayangi, walaupun kita tak tahu takdir tuhan itu seperti apa, walaupun kita takt ahu orang yang ia sayangi itu jodoh kita atau bukan didalam kehidupan kita kedepanya.

Hhhmmhhh.. lagu yang benar-benar memilukan. Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan

Verse 1
We know full well there's just time...
Kita tahu bahwa semua ini hanyalah tentang waktu…
So is it wrong to dance this line?
Jadi, apakah salah jika harus melempar takdir?
If your heart was full of love
Jika hatimu penuh dengan cinta
Could you give it up?
Mungkinkah kau kan menyerah?
Verse 1, berbicara mengenai takdir dan ketetapan waktu yang telah digariskan tuhan dalam hidup manusia. Ada ungkapan bahwa suatu takdir itu merupakan suatu hal final dari tuhan. Jadi lirik ini, secara tersirat dapat dimaknai sebagai pertanyaan si penulis lagu pada seseorang untuk terus berjuang, untuk terus mempertahankan cinta yang ada di dalam hatinya kepada pasanganya. Meskipun takdir tuhan bisa saja memisahkannya dengan kekasihnya, meskipun dikehidupan kedepanya ia ditakdirkan tak berjodoh dengan kekasihnya. 

Jika terus berjuang mempertahankan cinta yang dalam hati, bisa saja takdir tuhan berubah kan? Karna ada juga ungkpan lain yang mengatakan bahwa tuhan bisa mengubah takdir manusia asalkan manusia tersebut berusaha.

Chorus:
Coz what about, what about angels...
Lalu bagaimana, bagaimana dengan para malaikat ...
They will come, they will go and make us special
Mereka kan datang, mereka kan pergi dan membuat kita jadi istimewa
Don't give me up
Jangan pernah menyerah
Don't give me up
Jangan pernah menyerah
Malaikat adalah mahluk yang diutus tuhan sebagai pembawa takdir baik dan takdir buruk kepada manusia. Jadi, ketika malaikat tersebut diutus untuk memisahkan cinta kita dengan pasangan kita misal, haruskah kita bersedih dan meratapinya? tidak kan?

Oleh sebab itu kenapa kita tak berjuang saja dan berdoa kepada tuhan agar takdir tersebut dirubah? Jangan pernah menyerah untuk mendoakan orang yang kita sayangi untuk tetap bersama kita, siapatahu dengan kita berjuang dan berdoa kepada tuhan, takdir kita bisa dirubah? Tak ada yang tahu.

Verse 2:
How unfair, it's just our luck
Betapa tidak adilnya, ini hanya tentang keberuntungan
Found something real that's out of touch
Temukan sesuatu yang nyata yang tak tersentuh
But if you'd searched the whole wide world
Jika kau tlah mencari ke seluruh penjuru dunia
Would you dare to let it go?
Apakah kau berani melepaskannya?
Ketika kita merasa telah menemukan seorang kekasih dan cinta sejati yang kita idam-idamkan, kadang takdir berkata lain karena kita tak bisa bersama orang tersebut. Missal orang tersebut pergi meninggalkan kita, atau ditikung oleh orang lain dan menjadikan nasib kita tak beruntung.

Jika kita tlah mencari ke seluruh dunia untuk menemukan seseorang cinta sejati, apakah kita akan terus mempertahankanya atau mengiklaskanya pergi begitu saja? Jika kita yakin akan cinta kita, sejauh apapun takdir orang tersebut pergi, kenapa kita tak memperjuangkanya saja? Dengan berjuang siapa tahu nasib kita berubah?

Outro:
It's not about not about angels, angels
Ini bukan tentang, bukan tentang para malaikat, malaikat
Lirik ini simple, namun berisi tentang semua kesimpulan keseluruhan lagu. Lirik ini seolah menganggap bahwa kita sebagai manusia tak perlu menyalahkan tuhan, tak perlu menyalakan malaikat jika takdir kita tak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Jika takdir kita buruk, kita harusnya memperjuangkan takdir buruk tersebut agar berubah jadi takdir baik. Karena tuhan tak akan \pernah mengubah takdir seseorang jika kita tak pernah berusaha untuk mengubahnya, jadi ini bukan tentang tuhan, bukan tentang malaikat, melainkan tentang usaha kita sendiri untuk mengubah takdir buruk kita.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, dapat disimpulkan bahwa lagu “Not About Angels” menarasikan tentang petuah dan ingin mengajarkan pada kita untuk berjuang mempertahankan cinta pada orang yang kita sayangi, walaupun kita tak takdir tuhan itu seperti apa, walaupun kita ga tau orang yang ia sayangi itu jodoh kita atau bukan didalam kehidupan kita kedepanya.

“Not About Angels” seolah memandang bahwa takdir itu adalah ketetapan tuhan yang tak bisa berubah dan ada kalanya juga kita ditakdirkan untuk tak bisa bersama orang yang kita cintai. Walaupun begitu, tuhan bisa kok merubah takdir manusia asalkan kita berusaha dan berdoa pada tuhan untuk mengubahnya. Jadi, kita sebagai manusia jangan buru-buru menyalahkan tuhan, tak perlu menyalakan malaikat jika takdir kita tak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Jika takdir kita buruk, kita harusnya memperjuangkan takdir buruk tersebut agar berubah jadi takdir baik.

“Karena tuhan tak akan \pernah mengubah takdir seseorang jika kita tak pernah berusaha untuk mengubahnya, itulah poin utamanya. jadi ini bukan tentang tuhan, bukan tentang malaikat, melainkan tentang usaha kita sendiri untuk mengubah takdir buruk kita.







*Penulis lirik lagu Not About Angels adalah Birdy & Richard Evans. Lagu ini rilis pada tahun 2014. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Birdy ~ Not About Angels: Tentang cinta, perpisahan, dan takdir tuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel