Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Alan walker ~ Sing Me To Sleep: Untuk masa lalu yang belum bisa dilupakan

Banyak orang menginterpretasikan dan memaknai lagu alan walker itu dengan stigma yang serem-serem, dengan menghubungkan lagunya sama dajjal lah, hal mistis lah, segitiga bermuda lah dan entah apapun itu. Termasuk juga di lagu ini, yang kebanyakan orang menganggap bahwa lagu ini tentang keinginan seseorang untuk bunuh diri. Menurut saya, semua itu terasa gak masuk akal aja hehehe. Karena Menurut pendapat saya, lagu ini tu tentang cinta. Sumpah 😊

Menurut saya (setelah mencermati liriknya), Lagu Sing Me To Sleep seolah menceritakan tentang seseoranng (si penulis lagu) yang sedang putus cinta. Dan meskipun hubungan dengan kekasihnya tidak berhasil, ia seolah masih merindukannya, sehingga ia terus mengingat momen-momen bahagianya dengan kekasihnya tersebut sebagai penghantar tidurnya.

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.

Verse 1:
Wait a second, let me catch my breath
Tunggu sebentar, biarkan aku mengatur napas
Remind me how it feels to hear your voice
Ingatkan aku bagaimana rasanya mendengar suara mu
Your lips are movin', I can't hear a thing
Bibirmu bergerak, (namun) aku tidak bisa mendengar ucapanmu
Livin' life as if we had a choice
Jalani hidup seakan kita mempunyai pilihan
Anywhere, anytime
Di mana saja, kapan saja
I would do anything for you
Kan kulakukan apapun demi dirimu
Anything for you
Apa saja demi dirimu
Yesterday got away
Hari kemarin telah berlalu
Melodies stuck inside your head
Melodi yang tak lekang dari ingatan
A song in every breath
Senandung di setiap hembusan nafas
Verse 1 menceritakan kegalauan penulis lagu sebelum tidur. Hatinya seolah sesak, memikirkan orang yang ia cintai. Ia juga kemudian seolah terbayang-bayang akan kekasihnya, namanya terbayang-bayang, ya ga ada suaranya. Dan walaupun kekasihnya sepertinya telah meninggalkanya, ia seolah masih mencintai kekasihnya tersebut sehingga mau melakukan apapun demi kekasinya

Chorus:
Sing me to sleep now
Nyanyikan aku lagu penghantar tidur sekarang
Sing me to sleep
Nyanyikan aku lagu penghantar tidur
Oh, won't you sing me to sleep now?
Oh, maukah kau menyanyikan lagu penghantar tidur sekarang?
Sing me to sleep
Nyanyikan aku lagu penghantar tidur
Chorus/reff bernada sangat pilu. Karena mesikipun kekasih si penulis lagu tak mencintainya dan pergi meninggalkanya, penulis lagu seolah masih sangat mencintainya. Ia dalam lirik juga selalu membayangkan saat-saat indah yang ia amlami bersama kekasihnya, sehingga ia susah tidur. Andai saja kekasihnya menelfonya untuk mengucapkan selamat tidur, mungkin penulis lagu akan tidur nyenyak.

Lirik ini seolah gambaran, tentang bagaimana kita kadang memang sulit tertidur gara-gara galau memikirkan orang yang kita cintai

Verse 2:
Remember me now, time cannot erase
Ingatlah aku sekarang, waktu tak bisa menghapus
I can hear your whispers in my mind
Bisa kudengar bisikanmu di benakku
I've become what you cannot embrace
Aku telah menjadi sesuatu yang tak bisa kau rengkuh
Our memory will be my lullaby
Kenangan kita akan jadi lagu pengantar tidurku
Verse 2, menekankan bahwa mungkin saja kekasihnya bisa pergi meninggalkana, namun kenangan indah bersama kekasihnya tersebut tak pernah bisa terhapus. Ingatan indah tersebut seolah menjadi obat dari kegalauan penulis lagu karena merindukan kekasihnya.

Kesimpulan akhir:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, Saya pikir Sing me to sleep adalah lagu yang bercerita tentang seseorang yang sedangan putus cinta/patah hati dan belum bisa melupakan. Sepertinya ia tak rela ditinggalkan oleh kekasihnya secara sepihak, sehingga ia terus-terusan galau dan tak bisa tertidur karena memikirkan semua itu. Dan meskipun kekasinya mungkin telah menyakiti hatinya, ia seolah masih mencintai dan merindukanya. jadi Ia dalam lirik juga selalu membayangkan saat-saat indah yang ia alami bersama kekasihnya sebagai lagu penghantar tidur. Di lirik lagu juga ditekankan bahwa mungkin saja kekasihnya bisa pergi meninggalkana, namun kenangan indah bersama kekasihnya tersebut tak pernah bisa terhapus. Ingatan indah tersebut seolah menjadi obat dari kegalauan penulis lagu karena merindukan kekasihnya.

Yang dapat kita pelajari dari lagu ini:
Sing me to sleep seolah menyentuh para pendengarnya dengan liriknya yang pilu. Lagu ini seolah ditekankan pada orang-orang yang sulit menerima kenyataan putus cinta dengan orang yang mereka cintai. Lagu ini seolah memandang bahwa meskipun orang yang sangat kita cintai telah pergi meninggalkan kita, kita itu masih punya ingatan akan hal-hal indah bersama mereka sebagai obat kegalauan. Dan walaupun segala yang hadir dalam ingatan bukan lagi apa yang sedang terjadi, ingatan kadang juga bisa membasuh luka lama, karena ingatan indah itu tak lekang oleh waktu.









*Penulis lirik lagu Sing me to sleep adalah Alan Walker. Lagu ini rilis pada tahun 2016. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Alan walker ~ Sing Me To Sleep: Untuk masa lalu yang belum bisa dilupakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel