Pencarian

Makna Dibalik Lagu Billie Eilish ~ Bad Guy: Cewek juga bisa melawan!!


"Bad guy" adalah lagu bercada, bisa dikatakan lagu lucu, karena semua baris lirik lagunya menceritakan tentang kisah Billie Elish yang mengejek cowok selingkuhanya. Dalam lagu digambarkan bahwa cowok tersebut sangat kasar kepada Billie, namun billie berusaha melawan semua tindakan cowoknya tersebut dengan tingkah-tingkah konyol yang bisa membuat cowoknya lebih sakit hati.

Jadi yang dimaksud “Bad Guy” disini bukanlah cowonya, melainkan Billie. karena Billie seolah bisa bersikap lebih kejam, bisa lebih menyakiti hati kekasihnya. Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1
White shirt now red, my bloody nose
Kemeja putihku memerah, karna hidungku berdarah
Sleepin', you're on your tippy toes
Tidurlah, karna ujung jari kakimu berdarah
Creepin' around like no one knows
Merangkaklah seolah tak ada yang tahu
Think you're so criminal
Kupikir kau adalah orang jahat
Bruises on both my knees for you
Kedua lututku memar demi dirimu
Don't say thank you or please
Jangan katakan terima kasih atau memohon
I do what I want, when I'm wanting to
Kulakukan apa yang ku mau, ketika aku menginginkanya
My soul? So cynical
Jiwaku? Sangat sinis
Lirik "White shirt now red" kemungkinan menggambarkan penganiayaan yang dilakukan cowoknya kepada Billie. Lirik ini juga bisa bermakna bahwa hidupnya dulu indah (bagai kemeja putih), namun sekarang hidupjnya jadi menyakitkan karena harus pacarana dengan cowonya (bagai lirik hidung berdarah). Bilie kemudian memandang bahwa cowonya tersebut layaknya penjahat criminal karna mungkin selalu menganiayanya. Padahal billie sudah selalu memohon pada cowoknya, selalu bgerlutut hingga kakinya memar. Namun cowonya seolah tak peduli.
Karena perlakuan cowonya yang buruk ini, Jiwa Billie akhirnya sinis dan seolah ingin balas dendam terhadap cowonya.

Chorus:
So you're a tough guy
Jadi kau pria yang tangguh
Like it really rough guy
Layaknya Pria yang sangat kasar
Just can't get enough guy
Pria yang tak pernah merasa puas
Chest always so puffed guy
Pria yang selalu membusungkan dada

I'm that bad type
Sementara aku tipe wanita jahat
Make your mama sad type
Yang bisa membuat ibumu sedih
Make your girlfriend mad tight
yang bisa membuat pacarmu marah
Might seduce your dad type
Yang bisa berselingkuh dengan ayahmu
I'm the bad guy
Aku adalah orang jahat
Duh
Duh
Dengan dendamnya Billie, dilirik ini ia seolah membandingkan kejaman mana, kejam dia apa kejam cowonya? Cowonya mungkin seorang yang kasar, yang gak pernah merasa puas, yang angkuh dengan membusungkan dada.
Tapi Billie bisa lebih sadis di banding cowonya. Cowo mana yang ga sedih jika melihat pacarnya berselingkuh dengan ayahnya sendiri missal? Hadu, lirik ini membuatku pingin ketawa. Kelakuan konyol Billie tersebut, menurutku lebis sadis dari kelakuan cowonya. haha

Verse 2:
I like it when you take control
Aku suka saat kau memegang kendali
Even if you know that you don't
Bahkan jika kamu tahu bahwa kamu tak tahu
Own me, I'll let you play the role
Memilikiku, kan kubiarkan kau bermain peran
I'll be your animal
Aku kan jadi binatangmu
My mommy likes to sing along with me
Ibuku suka bernyanyi bersama denganku
But she won't sing this song
Tapi dia tak akan menyanyikan lagu ini
If she reads all the lyrics
Jika ia membaca semua liriknya
She'll pity the men I know
Dia akan mengasihani para pria yang kukenal
Karakter "orang jahat" yang diciptakan Billie untuk lagu ini tampak sombong, bangga dengan tindakan mereka, dan sedikit konyol. Lewat karakter tersebut, Billie hanya ingin membuktikan bahwa ia lebih jahat daripada cowoknya. Ia bisa melawan, membuat cowomnya lebih sakit walaupun tak menggunakan kekerasan fisik.

Post-Chorus:
I'm the bad guy, duh
Aku adalah orang jahat
I'm only good at bein' bad, bad
Aku pandai menjadi jahat
Jadi yang dimaksud “Bad Guy” disini bukanlah cowonya, melainkan Billie. karena Billie seolah bisa bersikap lebih kejam, bisa lebih menyakiti hati kekasihnya. dan parahnya lagi, Billie bangga menjadi jahat hahaha

Bridge:
I like when you get mad
Aku suka saat kau marah
I guess I'm pretty glad that you're alone
Kurasa aku senang kau sendirian
You said she's scared of me?
Katamu dia takut padaku?
I mean, I don't see what she sees
Maksudku, aku tidak melihat apa yang dia lihat
But maybe it's 'cause I'm wearing your cologne
Mungkin karena aku memakai parfummu
Pada akhir kisah lagu "Bad Guy", cowonya akhirnya marah karena kelakuan Billie yang telah menyakitinya. Melihat cowonya marah, billie malah bersikap senang. Karna mungkin ia sadar bahwa dendamnya telah terbalaskan.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa lagu "Bad guy" adalah lagu bercada, bisa dikatakan lagu lucu, karena semua baris lirik lagunya menceritakan tentang kisah Billie Elish yang mengejek cowok selingkuhanya. Dalam lagu digambarkan bahwa cowok tersebut sangat kasar kepada Billie, namun billie berusaha melawan semua tindakan cowoknya tersebut dengan tingkah-tingkah konyol yang bisa membuat cowoknya lebih sakit hati.

Bilie memandang bahwa cowonya tersebut layaknya penjahat criminal karna mungkin selalu menganiayanya dan membuat hidungnya berdarah. Padahal billie sudah selalu memohon pada cowoknya, selalu berlutut hingga kakinya memar. Namun cowonya seolah tak peduli.
Karena perlakuan cowonya yang buruk ini, Jiwa Billie akhirnya sinis dan seolah ingin balas dendam terhadap cowonya. Dengan dendamnya Billie, di lagu ini ia seolah ingin membandingkan kejaman mana, kejam dia apa kejam cowonya? Cowonya mungkin seorang yang kasar, yang gak pernah merasa puas, yang angkuh dengan membusungkan dada.
Tapi Billie bisa lebih sadis di banding cowonya. Cowo mana yang ga sedih jika melihat pacarnya berselingkuh dengan ayahnya sendiri missal? Hahaha

Karakter "orang jahat" yang diciptakan Billie untuk lagu ini tampak sombong, bangga dengan tindakan mereka, dan sedikit konyol. Lewat karakter tersebut, Billie hanya ingin membuktikan bahwa ia lebih jahat daripada cowoknya. Ia bisa melawan, membuat cowomnya lebih sakit walaupun tak menggunakan kekerasan fisik. Yap cewe juga bisa melawan!

Yang dapat kita pelajari dari lagunya:
Lagu ini sangat menyentuh saya, terutama jika dikaitkan dengan kekerasan-kekerasan yang terjadi kepada wanita layaknya KDRT, atau yang lainya. Dalam kasus seperti KDRT, wanita biasanya suka mengalah dan diam saja saat seorang pria memukulinya. Oleh sebab itu, lagu ini seolah ingin mengubah persepsi wanita, untuk melawan cowok-cowok dengan prilaku kasar. Lagu ini seolah menyuruh para wanita untuk bersifat tangguh dalam menghadapi pria kasar, mungkin itulah poin yang saya tangkep dari lagu ini.






*Penulis lirik lagu Bad Guy adalah Billie Eilish & Finneas. Lagu ini rilis pada tahun 2019. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.


Billie Eilish ~ Bad Guy (Official Video)




0 Response to "Makna Dibalik Lagu Billie Eilish ~ Bad Guy: Cewek juga bisa melawan!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel