Pencarian

Makna Dibalik Lagu Billie Eilish ~ I love You: Karena berkata CINTA tanpa pernah mencintai, akan menyakiti hati seseorang

"I love you" adalah lagu Billie Eilish yang sangat-sangat dan sangat galau. Lagu ini bercerita tentang perjuangan dan perasaan dari hubungan percintaan yang sangat rumit. Kenapa kok rumit? Ya rumit, karena di lagu ini Billie menganggap bahwa kekasihnya selalu berkata “I love You” kepada Billie namun tindakan dan sikap dari kekasihnya tak mencerminkan kalau ia mincintai Billie. Sementara perasaan Billie kepada kekasihnya sangat-sangatlah besar, namun harus memendam perasaan tersebut karena ia ragu melihat tindakan dan sikap kekasihnya yang tak sesuai dengan perkataan.

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.

Verse 1
It's not true
Ini tidaklah benar
Tell me I’ve been lied to
Katakan bahwa aku tlah dibohongi
Crying isn't like you, ooh
Menangis, ini tak tampak sepertimu, ooh
.
What the hell did I do?
Apa yang telah ku lakukan?
Never been the type to
Apa (aku) tak pernah menjadi tipe (mu)
Let someone see right through, ooh
Biarlah orang yang melihat kebenarannya, ooh
Verse 1 adalah penggambaran Billie tentang kekasihnya. Billie menganggap bahwa kekasihnya telah membohonginya, kekasihnya bersikap munafik karena ucapan kekasihnya jauh berbeda dari tindakanya. Billie hanya tak tahu kenapa sikap kekasihnya semunafik itu. Jadi Billie seolah menanyakan apakah dia bukan tipe orang yang sempurna bagi kekasinya?

Chorus:
Maybe won't you take it back?
Mungkinkah kau bisa menariknya kembali?
Say you were tryna make me laugh
Katakanlah bahwa kau sedang mencoba membuatku tertawa
And nothing has to change today
Dan tidak ada yang berubah hari ini
You didn’t mean to say "I love you"
Kau tak bermaksud mengatakan “I love you”
"I love you" 
Mengatakan“I love you”
and I don't want to, ooh
dan aku tak menginginkanya, ooh
Chorus/reff kususnya dibagian “I love you and I don't want to” mendeskripsikan kepiluan yang dialami Billie, ia sangat-sangat mencintai kekasihnya, namun ia tak menginginkan kata “I love you” yang kekasihnya ucapkan karena Billie tahu bahwa ucapan cinta dari kekasihnya tak sesuai dengan kenyataan dan tindakan yang kekasihnya lakukan.

Verse 2:
Up all night on another red-eye
Sepanjang malam dengan mata memerah
I wish we never learned to fly
Aku berharap kita tak pernah belajar tuk bisa terbang
Maybe we should just try
Atau sebaiknya kita mencobanya?
To tell ourselves a good lie
Tuk katakan pada diri kita sendiri kebohongan yang sempurna
Didn't mean to make you cry
Tak bermaksud membuatmu menangis
Mengatakan bisa terbang namun pada kenyataanya tak bisa terbang adalah kebohongan. Mengatakan cinta namun dalam hati tak cinta juga adalah kebohongan. Lirik ini adalah metafora sempurna tentang bagaimana seseorang membohongi orang lain atau demi membohongi dirinya sendiri untuk mendapat kebahagiaan yang semu.  Lirik yang luar biasa.

Bridge:
The smile that you gave me
Senyum yang kau berikan padaku
Even when you felt like dying
Bahkan ketika kau merasa ingin mati
Karena Billie hanya ingin sebuah kejujuran. Jika ingin mati bilang saja ingin mati, jika terluka bilang saja terluka. Tersenyum padahal hati sedang terluka adalah kebohongan. Tersenyum padahal dalam hati ingin mati adalah suatu kebohongan. Semua kebohongan itu menyakiti hati Billie.

Outro:
We fall apart as it gets dark
Kita hancur saat hari mulai gelap
I'm in your arms in Central Park
Aku perpegang padamu di Central Park
There's nothing you could do or say
Dan tak ada yang bisa kau lakukan atau katakan
I can’t escape the way, I love you
Aku tak bisa menghindar, aku mencintaimu
I don’t want to, but I love you, ooh
Aku tak menginginkanya, tapi terus saja mencintaimu, ooh
Ooh, ooh
Ooh, ooh
Outro adalah akhir dari cerita cinta mereka. Kekasihnya tak bisa melakukan apapun untuk bisa mempertahankan hubungan mereka. Sementara Billie sanga-sangat mencinai kekasihnya, namun ia seolah berusaha membenci kekasihnya dan memendam semua rasa itu  karena ia tahu bahwa kekasihnya mungkin tak mecintainya.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya. lagu "I love you" bercerita tentang keluh kesah Billie Eilish yang menganggap bahwa kekasihnya selalu berbohong padanya dengan berkata “I love You” kepada Billie namun tindakan dan sikap dari kekasihnya tak mencerminkan kalau ia mincintai Billie. Sementara perasaan Billie kepada kekasihnya sangat-sangatlah besar, namun harus memendam perasaan tersebut karena ia ragu melihat tindakan dan sikap kekasihnya yang tak sesuai dengan perkataan. Dititik tersebutlah akhirnya hubungan mereka menjadi rumit dan berakhir.

Datanglah dengan tindakan, bukan dengan sekedar berucap dan mengumbar kata “cinta.” mungkin itu adalah poin utama yang ingin disampaikan pada lagu ini. karena berucap “cinta” tanpa sebuah tindakan itu sama saja bohong, berucap “cinta” namun didalam hati tak mencintai itu sama saja menyakiti hati seseorang. jadi jangan pernah menipu orang lain atau menipu diri sendiri dengan ucapan bohong dan bersikap munafik untuk bisa mendapat kebahagiaan yang semu, itu sangatlah menyakitkan. Jika tak cinta katakana saja tak cinta, jujur itu selalu berujung baik.

Hmmhhh…. Lagu yang sangat keren, sebuah lagu yang bisa buat kamu nagis semalaman jika menghayatinya. Jujur, aku nyesel baru kenal lagu-lagu Billie beberapa bulan ini, dan gak pernah berpikir kalo Billie bisa nyiptain lirik seindah pilu ini





*Penulis lirik lagu I love you adalah Billie Eilish & Finneas. Lagu ini rilis pada tahun 2019. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.


Billie Eilish ~ I love You (Official Video)

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Billie Eilish ~ I love You: Karena berkata CINTA tanpa pernah mencintai, akan menyakiti hati seseorang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel