Pencarian

Makna Dibalik Lagu The Cure ~ Boys Don't Cry: Karena menangis itu tak bisa menyelesaikan masalah


Sumber Gambar
“Boys Don't Cry” menceritakan tentang kisah seorang anak lelaki yang merasa menyesal karena tak bisa mempertahankan hubunganya dengan kekasihnya. Dan walau perasaanya sangat sedih akibat semua itu, ia harus menutupi kesedihanya dan menyembunyikan air matanya dihadapan kekasihnya karena ia tahu bahwa lelaki itu ga boleh menangis.

Hhhmm… sebuah lagu lama yang tak lekang oleh waktu. Lagu ini seolah ingin menekankan pada Laki-laki, khusunya laki-laki remaja yang baru mengenal cinta untuk tidak menangis hanya karena putus cinta. Sebagian lelaki memang harus seperti itu, jadi lelaki itu memang harus kuat, jangan cengeng, dan jangan lemah.

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.

Verse 1
I would say, I'm sorry
Aku akan berkata maaf
If I thought that it would change your mind
Jika kutahu semua itu bisa mengubah pikiranmu
But I know that this time
Tapi kutahu kali ini
I've said too much
Aku telah terlalu banyak berbicara
Been too unkind
Dan terlalu kejam
Lirik ini mengisahkan tentang seorang anak lelaki yang menyesal karena tak bisa mempertahankan hubungan percintaanya dengan kekasihnya. Sepertinya, Kekasihnya pergi meninggalkanya karena ulahnya sediri, karena ia tidak mau mengekui kesalahanya, terlalu banyak berbicara, dan bersikap acuh/kejam. Andai saja dulu ia meminta maaf pada kekasihnya, dan tak bersikap seperti itu, pasti kekasihnya taakan pergi dari hidupnya.

Chorus:
I try to laugh about it
Aku mencoba tertawa
Cover it all up with lies
Menyembunyikan semua itu dengan kebohongan
I try and laugh about it
Aku mencucoba dan tertawa tentang semua itu
Hiding the tears in my eyes
Menyembunyikan air mataku
'Cause boys don't cry
Karena lelaki tak boleh menangis
Boys don't cry
Lelaki tak boleh menangis
Dan walaupun ia kecewa dan bersedih hati karena kekasihnya meninggalkanya, ia harus menutupi kesedihanya dan menyembunyikan air matanya dengan senyuman palsu dihadapan kekasihnya. karena ia tahu bahwa lelaki itu ga boleh menangis, ia hanya tak mau terlihat lemah dihadapan kekasihnya.

Verse 2:
I would break down at your feet
Aku kan berlutut dikakimu
And beg forgiveness
Dan memohon maaf
Plead with you
Memohon padamu
But I know that It's too late
Namun kutahu semua itu telah terlambat
And now there's nothing I can do
Dan kini tak ada yang bisa kulakukan
Andai saja ia tahu bahwa dulu kekasihnya masih mencintainya, pasti ia akan berlutut di hadapan kekasihnya, namun yang namanya penyesalah ya hanyalah penyesalan, karena semua sudah terlambat.

Verse 3:
I would tell you that I loved you
Aku akan memberitahumu bahwa aku mencintaimu
If I thought that you would stay
Jika kutahu kau kan bertahan
But I know that it's no use
Tapi kutahu semua itu tak berguna
That you've already gone away
Karena kini kau telah pergi jauh
Ia terus berpendapat “andai saja dulu ia bisa mempertahankan hubunganya dengan kekasihnya” Lirik ini seolah membawa pesan bahwa yang terjadi biaralh terjadi, tak berguna juga jika harus teru disesali. karena kita memang tak bisa mengubah masalalu.

Bridge:
Misjudged your limits
Aku salah menilai batas sabarmu
Pushed you too far
Mendorongmu terlalu jauh
Took you for granted
Menyepelekanmu begitu saja
I thought that you needed me more
Aku pikir kau lebih membutuhkan ku
Karena jika di pikir-pikir lagi, ia memang terlalu banyak menyakiti kekasihnya di masalalu. ia mengabaikan kekasihnya, menyepelekanya dll.

Outro:
Now I would do most anything
Sekarang aku akan melakukan apapun
To get you back by my side
Agar kau kembali di sisiku
But I just keep on laughing
Tapi aku terus saja tertawa
Hiding the tears in my eyes
Menyembunyikan air mataku
'Cause boys don't cry
Karena lelaki tak boleh menangis
Jadi sekarang ia akan berusaha melakukan apapun untuk bisa menebus semua kesalahanya tersebut. Dan tentunya dengan tidak menangis, menangis tanpa sebuah tidakan juga tak bisa menyelesaikan masalah.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, lagu Boys Don't Cry secara keseluruhan mengisahkan tentang seorang anak lelaki yang menyesal karena tak bisa mempertahankan hubungan percintaanya dengan kekasihnya. Sepertinya, Kekasihnya pergi meninggalkanya karena ulahnya sediri, karena ia tidak mau mengekui kesalahanya, terlalu banyak berbicara, menyepelekan kekasihnya, dan bersikap acuh/kejam. Jadi dalam lagu anak lelaki tersebut selalu mengatakan “Andai saja dulu ia meminta maaf pada kekasihnya”, “andai saja dulu ia tak melakukan semua kesalahan tersebut pada kekasihnya”. Namun yang namanya penyesalah ya hanyalah penyesalan, karena semua sudah terlambat, tak berguna juga jika harus teru disesali. karena kita memang tak bisa mengubah masalalu.

Dan walau perasaanya sangat sedih akibat semua itu, ia harus menutupi kesedihanya dan menyembunyikan air matanya dihadapan kekasihnya. karena ia tahu bahwa lelaki itu ga boleh menangis, karena ia juga tahu bahwa menangis tanpa sebuah tidakan juga tak bisa menyelesaikan sebuah masalah.






*Penulis lirik lagu Boys Don't Cry  adalah The Cure. Lagu ini rilis pada tahun 1979. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.








0 Response to "Makna Dibalik Lagu The Cure ~ Boys Don't Cry: Karena menangis itu tak bisa menyelesaikan masalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel