Makna Dibalik Lagu Ed Sheeran ~ Beautiful People: Jadilah pribadi yang sederhana

Secara sederhana, lagu “Beautiful People” menceritakan tentang seseorang (kita maknai saja sebagai Ed Sheeran) yang menghadiri sebuah pesta nan mewah dengan orang-orang yang bertabur materi. Melihat semua kemewahan tersebut, Ed seolah...
Secara sederhana, lagu “Beautiful People” menceritakan tentang seseorang (kita maknai saja sebagai Ed Sheeran) yang menghadiri sebuah pesta nan mewah dengan orang-orang yang bertabur materi. Melihat semua kemewahan tersebut, Ed seolah merasa tak nyaman berada di pesta itu karena gaya hidup seperti itu bukanlah gambaran dari hidupnya yang selalu dipenuhi dengan kesederhanaan. Kata “Beautiful People” sendiri, sebenarnya adalah metafora dari Ed yang menggambarkan orang-orang di dalam pesta dengan gaya dan pakaian yang sangat mewah dan menawan.

Jika kita cermati, set lirik lagu ini sepertinya punya kemiripan dengan lagu “I Don't Care” yang rilis sebelum lagu ini. Yaitu tentang bagaimana Ed tak nyaman berada dalam sebuah pesta.

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.

Verse 1: Ed Sheeran
L.A. on a Saturday night in the summer
Kota Los Angeles pada Sabtu malam di musim panas
Sundown and they all come out
Matahari terbenam dan mereka semua keluar
Lamborginis and their rented Hummers
Mereka menyewa mobil Hummer dan Lamborgini
The party’s on, so they’re headin’ downtown
Pesta dimulai, jadi mereka menuju pusat kota
Everybody’s lookin’ for a come up
Setiap orang ingin datang kesana
And they wanna know what you’re about
Dan mereka ingin tahu semua tentang dirimu
Me in the middle with the one I’m lovin’
Aku di tengah-tengah degan seseorang yang aku cinta
We’re just tryna figure everything out
Kita hanya mencoba memikirkan semuanya
Verse 1, Ed Sheeran ingin menarasikan tentang bagaimana ia menghadiri sebuah pesta dengan kekasihnya di kota Kota Los Angeles. Kita tahu, faktanya kota Los Angeles menjadi kota paling keren di amerika bahkan di dunia, sehingga setiap orang ingin kesana untuk bersenang-senang/berpesta.

Pre-Chorus: Ed Sheeran
We don’t fit in well ’cause we are just ourselves
Kita merasa tak cocok di sini karena kita ingin jadi diri sendiri
I could use some help gettin’ out of this conversation, yeah
Aku meminta bantuan seseorang tuk keluar dari percakapan ini
You look stunning, dear, so don’t ask that question here
Kau terlihat mempesona, kasih, jadi jangan ajukan pertanyaan lagi
This is my only fear, that we become
Ini hanya ketakutan, yang (harus) kita hadapi
Pre-Chorus melanjutkan cerita, bahwa setelah di pikir-pikir Ed Sheeran seolah tak merasa nyaman ada di pesta tersebut. Oleh sebab itu, ia ingin keluar dari pestanya. Lirik “You look stunning dear” menerangkan bahwa satu-satunya hal yang membuat Ed Sheeran nyaman adalah karena ia bersama kekasihnya dalam melewati pesta.

Chorus: Ed Sheeran
Beautiful people
Orang yang menawan
Drop top, designer clothes
Menampilkan pakaian dari desainer terkenal
Front row at fashion shows
Berada di barisan paling depan pada peragaan busana
“What d’you do?” And “Who d’you know?”
“Apa yang kau lakukan?” Dan “bagaiaman kau mengenalnya?”
Inside the world of beautiful people
Di dalam dunia orang-orang menawan
Champagne and rolled-up notes
Minuman Champagne dan segulung catatan
Prenups and broken homes
Perjanjian pranikah dan hilangnya kasih sayang
Surrounded, but still alone
Dikelilingi, tapi masih sendiri
Let’s leave the party
Ayo kita tinggalkan pesta ini
Chorus adalah intinya, di sini Ed Sheeran seolah melihat bahwa orang-orang di dalam pesta punya gaya hidup yang menawan, berpakaian mewah, meminum minuman mewah, sebuah gaya hidup yang seolah bergelimpangan materi.

Namun, lirik”Prenups and broken homes” seolah menjadi antithesis dari lirik sebelumnya tengtang bagaimana orang-orang tersebut menikmati hidup. Ed dalam lirik ini seolah menerangkan bahwa tak selamanya gaya hidup mewah membuat orang senang. Hidup mewah itu seolah hanya kamuflase karena mereka ingin memilih pasangan saja harus punya perjanjian. Mereka mungkin juga di kelilingi harta berlimpah, namun dalam hatinya sebenarnya mereka merasa sendirian.

Post-Chorus: Ed Sheeran
That’s not who we are (We are, we are, we are)
Itu bukanlah kita (kita,kita,kita)
We are not beautiful
Kita tidaklah menawan
Yeah, that’s not who we are (We are, we are, we are)
Ya, itu bukanlah diri kita
We are not beautiful (Beautiful)
Kita tidaklah menawan
Dan semua gaya hidup mewah yang ditampilkan orang-orang dalam pesta tersebut membuat Ed berfikir bahwa ia tak pantas ada dalam pesta. Ia berpandangan bahwa gaya hidup orang tersebut berbeda dengan gaya hidupnya yang seserhana, apa adanya, namun membahagiakan.

Verse 2 Khalid:
L.A mmm, drove for hours last night and we made it nowhere
Kota Los Angeles, menyetir semalaman dan kita tak mencapainya
I see stars in your eyes when we're halfway there (all night)
Aku melihat bintang di matamu, saat kita berada di tengah perjalanan (disepanjang malam)
I'm not fazed by all them lights and flashin' cameras
Aku tak terganggu dengan semua lampu dan flash kamera
'Cause with my arms around you, there's no need to care
Karena saat menggandengmu, tak ada yang perlu dipedulikan
Verse 2, diyanyikan oleh Dj Khalid. Yang intinya adalah tentang bagaimana si penulis lagu tak merasa nyaman ada di sebuah pesta, ada di kota la yang memah, ada di hal-hal yang berbau mewah. Satu-satunya yang membuat ia nyaman adalah bahwa ia selalu ditemani kekasihnya kemanaun ia berada.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, pada dasarnya lagu Beautiful People menceritakan tentang si penulis lagu (Ed Sheeran) yang tidak nyaman berada didalam sebuah pesta nan mewah dengan orang-orang yang bertabur materi. Melihat semua kemewahan tersebut, Ed seolah merasa tak nyaman berada di pesta itu karena gaya hidup seperti itu bukanlah gambaran dari hidupnya yang selalu dipenuhi dengan kesederhanaan. Dan atu-satunya yang membuatnya nyaman berada di pesta itu adalah karena orang yang ia sayangi ada bersamanya.

Yang bisa kita pelajari dari lagunya
Dari lagu ini, kita seolah belajar bahwa hidup memang akan terasa gampang dengan mempunyai banyak materi dan kemewahan. Namun ingat, materi dan segala kemewahanya juga bukan segalanya. Akan menjadi percumah jika punya materi namun tak punya cinta, punya materi namun seolah hidup sendiri. Gaya hidup seperti itu kadang tak membuat kita jadi bahagia.

Lagu ini juga seolah menekankan pada kita bahwa kita gak papa kok hidup sederhana dengan apa adanya, yang penting kita nyaman, yang penting hidup kita mempunyai cinta. Di lirik lagu digambarkan bahwa Ed mempunyai orang yang ia sayangi untuk dapat hidup bahagia, jadi ia seolah mengesampingkan materi dan kemewahan. Luar biasa.






*Penulis lirik lagu Beautiful People adalah Khalid & Ed Sheeran. Lagu ini rilis tahun 2019, Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.