Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Lady Gaga ~ Always Remember Us This Way

Always Remember Us This Way” adalah lagu ke-8 yang ditampilkan dalam soundtrack film A Star is Born. Makna lirik lagunya sendiri, secara sederhana bercerita tentang seseorang (Lady Gaga) yang bersedih hati karena mengenang mantan terindahnya yang telah pergi dari hidupnya. Sehingga dalam suasana tersebut, ia kemudian mengingat masa-masa atau momen-momen indah yang ia lewati bersama mantan nya  dulu, yang membuatnya kemudian galau dan menangis.

Kata “Always Remember Us This Way” yang juga dijadikan judul lagu, seolah menerangkan bahwa ketika suatu hal tampak tidak berjalan seperti “dulu” lagi dalam suatu hubungan, kita itu bisa kok, mengingat momen-momen indaah yang kita miliki untuk sekedar menenangkan hati kita. merenungkan lagi, mengingat lagi momen-momen indah “di sepanjang perjalanan kita mencintai orang tersebut,

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1
That Arizona sky
Langit Arizona
burning in your eyes
menyala di matamu
You look at me and,
(Saat )Kau menatapku,
babe, I wanna catch on fire
sayang, (semua itu) buatku ingin terbakar
It's buried in my soul
Semua itu terkubur dalam jiwaku
Like California gold
Layaknya kemilau emas California
You found the light in me that I couldn't find
Ku temukan cahaya dalam diriku yang tak dapat aku temukan
Di lirik verse 1, Lady Gaga berusaha menggambarkan mantan nya seperti langit Arizona. Punya tatapan kuning terbakar bagai indahnya mata sang mantan. semua momen itu terkenang erat dalam belnak Gaga.
Dalam lirik ini, Gaga juga berusaha menjelaskan bahwa mantan nya tersebut sebagai seseorang yang menemukan bakatnya, menemukan dirinya saat semuanya terasa tak berarti (keterangan ini berdasarkan film A Star is Born

Chorus:
So when I’m all choked up And I can’t find the words
Ketika kurasakan semuanya jadi buntu dan aku tak bisa temukan kata
Every time we say goodbye, baby, it hurts
Kita seringkali berucap selamat tinggal, sayang, itu menyakitkan
When the sun goes down
Ketika mentari terbenam
And the band won’t play
Dan band berhenti memaikan (musiknya)
I’ll always remember us this way
Aku akan selalu mengingat diri kita dengan cara (seperti) ini
Dalam hubungan dengan mantanya tersebut, Gaga berusaha menjelaskan bahwa hubungan mereka penuh pertengkaran. Mereka sering berucap kata selamat tinggal. Dalam film A Star is Born yang menjadikan lagu ini swebagai soundtrack nya, jelas diceritakan bahwa mantan gaga adalah seorang penyany. Sehingga jika Gaga mendengarkan suara band dinyanyikan, semua rasa benci itu luntur karena ia ingat momen indah bersama mantanya tersebut.

Verse 2:
Lovers in the night
Pecinta malam hari
Poets trying to write
Penyair yang mencoba menulis
We don't know how to rhyme, but damn, we try
Kita tak tahu bagaimana iramanya, sial, setidaknya kita mencoba
But all I really know
Namun aku sepenuhnya paham
You’re where I wanna go
Kau adalah tujuan kemana aku ingin pergi
The part of me that’s you will never die
Kau jadi bagian dari diriku yang tak akan pernah hilang
Gagadi lirik ini kembali mendeskripsikan mantan nya lagi. mantanya menurut film A Star is Born mantan nya memang seorang penyanyi, dan penulis lagu yang handal. Mantan nya lah yang menemukan Gaga dengan bakat terpendam berupa suara yang bagus. Kenangan itulah selalu yang diingat gaga terus menerus.

Bridge:
Oh yeah
I don't wanna be just a memory, baby, yeah
Aku hanya tak ingin menjadi sebuah kenangan, sayang
Hoo, hoo, hoo, hoo, hoo, hoo
Hoo, hoo, hoo, hoo, hoo, hoo
Hoo, hoo, hoo, hoo, hoo hoo hooooooooo
Jadi, gaga hanya tak ingin kekasihnya pergi meninggalkannya, dan seolah ingin mempertahankan hubungan tersebut. Gaga hanya tak ingin momen indahnya bersama mantan nya hanya menjadi sebuah kenangan

Outro:
When you look at me and the whole world fades
Ketika kau menatapku dan seluruh dunia memudar
I'll always remember us this way
Aku akan selalu mengingat diri kita dengan cara (seperti) ini
Dan walaupun mantan nya mungkin takkan kembali, gaga hanya tak ingin membiarkan masa lalu itu hilang. Ia memilih terus menyimpannya kenangan indah sepanjang jalan ia mencintai mantanya, kenangan yang tak pernah bisa ia lupakan

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, dapat disimpulkan bahwa lagu “Always Remember Us This Way” menceritakan tentang seseorang (Lady Gaga) yang bersedih hati karena mengenang mantan terindahnya yang telah pergi dari hidupnya. Sehingga dalam suasana tersebut, ia kemudian mengingat masa-masa atau momen-momen indah yang ia lewati bersama mantan nya  dulu, yang membuatnya kemudian galau dan menangis.

Di liriklirik lagunya, Lady Gaga berusaha menggambarkan mantan nya seperti langit Arizona. Punya tatapan kuning terbakar bagai indahnya mata sang mantan. menjelaskan bahwa mantan nya tersebut sebagai seseorang yang menemukan bakatnya, menemukan dirinya saat semuanya terasa tak berarti.

Walaupun dalam hubungan tersebut ia juga sering kali bertengkar, namun jika ia ingat kenangan indahnya bersama sang mantan, hatinya pun luluh. gaga hanya tak ingin kekasihnya pergi meninggalkannya, dan seolah ingin mempertahankan hubungan tersebut. Gaga hanya tak ingin momen indahnya bersama mantan nya hanya menjadi sebuah kenangan belaka.

Dan walaupun mantan nya mungkin takkan kembali, gaga hanya tak ingin membiarkan masa lalu itu hilang. Ia memilih terus menyimpannya kenangan indah sepanjang jalan ia mencintai mantanya (all this way), kenangan yang tak pernah bisa ia lupakan dan akan selalu ia ingat (remember)

Penutup:
kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. jadi, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah 😊





*Penulis lirik lagu Always Remember Us This Way adalah Lori McKenna, Hillary Lindsey, Natalie Hemby & Lady Gaga. Lagu ini rilis pada tahun 2018.  Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Lady Gaga ~ Always Remember Us This Way (Official Video)

2 Responses to "Makna Dibalik Lagu: Lady Gaga ~ Always Remember Us This Way"

  1. Replies
    1. terimakasih banyak ka. makasih banyak juga udah mau menyempatkan diri untuk berkomentar :)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel