Pencarian

Makna Dibalik Lagu Billie Eilish ~ Six Feet Under: Mencintai meski disakiti


Lagu “Six Feet Under” bercerita tentang perasaan Billie Eilish yang merindukan mantan kekasihnya dan ingin mantan kekasihnya kembali dalam hidupnya, walaupun ia sepenuhnya sadar bahwa mantanya tersebut selalu menyakitinya. Jika kita melihat judulnya, ungkapan Six Feet Under merujuk pada hubungan percintaan mereka yang telah mati dan terkubur. Jadi lewat lagu ini, Billie seolah ingin mengatakan apakah hubungan percintaan dengan kekasihnya bisa bersemi dan dihidupkan kembali bagai berseminya mawar yang tersiram air hujan.

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.



Verse 1
Help, I lost myself again
Bantu aku, aku kehilangan diriku lagi
But I remember you
Namun aku tetap mengingatmu
Don't come back, it won't end well
Jangan kembali, karna semua ini tak kan berakhir dengan baik
But I wish you'd tell me to
Ku harap kau juga akan berkata seperti itu padaku
Lirik ini berkisah tentang Billie yang tak bisa melupakan mantanya. Bahkan ketika Billie kehilangan dirinya sendiri, dia masih tetap mengingat mantanya. Ia hanya merindukan mantanya, walau kadang ia juga ragu apakah jika mantanya kembali semua perasaanya akan kembali jadi baik-baik saja. Ia hanya berharap kekasihnya juga tak mencintainya agar semuanya gamblang



Chorus:
Our love is six feet under
Cinta kita berada enam kaki di bawah tanah
I can't help but wonder
Aku tidak bisa melakukan apapun selain bertanya-tanya.
If our grave was watered by the rain
Jika kuburan kita disiram oleh hujan
Would roses bloom?
Akankah bunga mawar bermekaran?
Could roses bloom
Bisakah bunga mawar bermekaran
Again?
Lagi?
Billie hanya tak bisa memungkiri bahwa ia sebenarnya masih mencintai mantanya, dan berharap cintanya bersemi kembali. Lirik “Our love is six feet under” mejelaskan bahwa sebenarnya cinta mereka telah mati terkubur. Jadi lewat lirik ini, Billie seolah ingin mengatakan apakah hubungan percintaan dengan kekasihnya bisa bersemi dan dihidupkan kembali bagai berseminya mawar yang tersiram air hujan?

*plissss… lirik ini jangan dikait-kaitkan dengan hal goib, segitiga dan semacamnya plissssssssssss… hehehe



Verse 2:
Retrace my lips
Menarik kembali bibirku
Erase your touch
Menghapus sentuhan mu
It's all too much for me
Semua Ini terlalu berat bagiku
Blow away
Melayang-layang
Like smoke in air
layaknya asap di udara
How can you die carelessly?
Bagaimana bisa tanggung jawabmu mati?
Mencintai, walau tersakiti, perasaan itu sangat berat bagi Billie, ia hanya mempertanyakan kenapa mantanya bersikap seperti itu seolah-olah melepas tanggung jawab menjda perasaanya. mungkin itulah poin dari lirik ini



Bridge:
They're playing our sound
Mereka memainkan suara
Laying us down tonight
Membaringkan kita malam ini
And all of these clouds
dengan semua awan
Crying us back to life
Meratapi kembali kehidupan
But you're cold as a knife
Kau dingin layaknya pisau
Namun, pada kenyataanya, hubungan Billie dengan mantanya mungkin kan sulit bersemi kembali. Billie hanya takut tersakiti, Bahkan ia dalam lirik ini menggambarkan mantan  sebagai pisau yang dingin yang bisa saja melukai hatinya.



Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya. jelaslah bahwa lagu Six Feet Under bercerita tentang perasaan Billie Eilish yang merindukan mantan kekasihnya dan ingin mantan kekasihnya kembali dalam hidupnya. walaupun ia sepenuhnya sadar bahwa mantanya tersebut selalu menyakitinya bagai dinginya pisau, walau ia juga ragu apakah jika mantanya kembali semua perasaanya akan kembali jadi baik-baik saja. Billie hanya tak bisa memungkiri bahwa ia sebenarnya masih mencintai mantanya, dan berharap cintanya bersemi kembali. Lirik “Our love is six feet under” mejelaskan bahwa sebenarnya cinta mereka telah mati terkubur. Jadi lewat lagu ini, Billie seolah ingin mengatakan apakah hubungan percintaan dengan kekasihnya bisa bersemi dan dihidupkan kembali bagai berseminya mawar yang tersiram air hujan? Entahlah, Billie sepertinya ragu.

Six Feet Under sangat menyentuh hati saya terutama tentang bagaimana lirik lagunya ingin menarasikan pada kita tentang “cinta” yang sebenarnya punya dua sisi mata uang. Disatu sisi kita masih mencintainya, di sisi lain kita selalu tersakiti, kita terjebak dalam kedua sisi itu dan merasa bimbang. Kamu pernah mengalami hal seperti itu? Mencintai tapi tersakiti? Selalu ingat bahwa cinta itu sebuah resiko. Jika kamu yakin, pertahankan dia, jika kamu tak yakin biarkan dia pergi.






*Penulis lirik lagu Six Feet Under adalah Billie Eilish & Finneas. Lagu ini rilis pada tahun 2016. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog





0 Response to "Makna Dibalik Lagu Billie Eilish ~ Six Feet Under: Mencintai meski disakiti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel