Makna Dibalik Lagu Avril Lavigne ~ When You’re Gone: Merindukan itu menyakitkan

“When You’re Gone” adalah lagu yang menceritakan tentang perasaan rindu yang penuls lagu alami kepada orang yang ia cintai, yang tlah pergi meninggalkanya. Lagu ini menyiratkan bahwa kehadiran orang yang kita sayangi akan sangat-sangat terasa berarti, jika kita sudah kehilanganya.

When You’re Gone” adalah apa yang digambarkan pada video klipnya. Tentang seorang kakek yang di tinggal istrinya untuk selama-lamanya, tentang seorang istri yang ditinggal suaminya untuk berperang, atau tentang seorang remaja yang harus pergi meninggalkan kekasihnya karena ia dilarang orang tuanya untuk pacaran.

Dari semua kisah tersebut, lagu “When You’re Gone” seolah-olah ingin menarasikan bahwa momen yang paling memilukan dalam sebuah hubungan percintaa adalah ketika kita ditinggal oleh orang yang kita cintai dan Saat itu pula kita mulai merindukanya.

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.

Verse 1:
I always needed time on my own
Dulu aku selalu butuh waktu agar bisa sendirian
I never thought I'd need you there when I cry
Aku tak pernah berpikir akan membutuhkan ketika aku menangis
And the days feel like years when I'm alone
Dan hari-hariku terasa seperti bertahun-tahun ketika aku tlah sendirian
And the bed where you lie is made up on your side
Dan ranjang tempatmu berbaring telah rapi di sisimu
Verse 1 menceritakan tentang bagaimana penulis lagu, yang kadang-kadang menyepelekan orang yang ia cintai ketika orang tersebut masih bersama dirinya.

Pre-Chorus:
When you walk away I count the steps that you take
Saat kau berlalu pergi kuhitung langkah yang kau ambil
Do you see how much I need you right now?
Tahukah kau betapa aku sangat membutuhkanmu saat ini?
Penulis lagu baru sadar, bahwa orang yang ia cintai sebenarnya sangat berarti bagi dirinya ketika orang yang ia cintai tersebut tlah pergi meninggalkan dirinya.

Chorus:
When you're gone
Ketika kau pergi
The pieces of my heart are missing you
Serpihan hatiku merindukanmu
When you're gone
Ketika kau pergi
The face I came to know is missing too
Wajah yang kukenal juga menghilang
When you're gone
Saat kau pergi
The words I need to hear To always get me through the day And make it okay
Kata-kata yang perlu kudengar tuk buatku mampu lalui hari dan tetap baik baik saja adalah
I miss you
Kata “aku merindukanmu”
Faktanya, orang yang ia cintai tersebut telah pergi dari hidupnya.  Sehingga kejadiantersebut terus membekas di ingatanya. Lirik chorus menegaskan bahwa penulis lagu sangat-sangat merindukan orang yang ia cintai. Dan satu-satunya hal yang bisa membuatnya tenang adalah dengan berucap “I miss you” pada kekasihnya. Chorus/reff juga seolah menegaskan bahwa merindukan seseorang adalah hal yang kadang bisa menyakiti hati kita, kita dibuat galau terhadapnya.

Verse 2:
I've never felt this way before
Tak pernah kumerasa seperti ini sebelumnya
Everything that I do reminds me of you
Segala yang kulakukan mengingatkanku padamu
And the clothes you left, they lie on the floor
Dan baju yang kau tinggalkan, semua tergeletak di lantai
And they smell just like you, I love the things that you do
Dan baunya sepertimu, aku suka semua yang kau lakukan
Masih saama dengan tema lagunya, lirik ini masih menggambarkan kerinduan penulis lagu. Bahwa apa-apa yang dilakukan oleh kekaihnya dulu, sekarang sangat membekas dan jadi kenangan ketika kekasihnya pergi meninggalkanya.

Bridge:
We were made for each other
Kita diciptakan untuk saling melengkapi
Out here forever
Di sini selamanya
I know we were, yeah
Aku tahu memang demikian, yeah
All I ever wanted was for you to know
Yang kuinginkan adalah agar kau tahu
Everything I'd do, I'd give my heart and soul
Segalanya rela kulakukan, rela kuberikan hati dan jiwaku
I can hardly breathe I need to feel you here with me, yeah
Aku sulit bernafas, aku memutuhkanmu di sini bersamaku, yeah
Bridge, adalah inti dari lagu ini. lirik ini seolah menegaskan bahwa sejauh apapun orang yang kita cintai pergi, jika takdir tuhan menyatakan bahwa kita bisa bersama denganya lagi, maka kita akan tetap bersama. Takdir tersebut juga harus diiringi oleh usaha dan keyakinan kita dengan melakukan segalanya demi hubungan tersebut.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya. Jelaslah bahwa “When You’re Gone” adalah lagu yang menceritakan tentang perasaan rindu yang penuls lagu alami kepada orang yang ia cintai, yang tlah pergi meninggalkanya. Lagu ini menyiratkan bahwa kehadiran orang yang kita sayangi akan sangat-sangat terasa berarti, jika kita sudah kehilanganya.

Lagu ini juga seolah menganggap bahwa perpaduan yang menyakitkan dalam hidup kita adalah ketika kita merindukan seseorang, tetapi yang bisa kita lakukan hanyalah berucap “I miss you” dan tak bisa melakukan apapun untuk membuat orang yang kita cintai kembali. Meskipun begitu, kita tetap masih punya harapan kok. Jika takdir tuhan menyatakan bahwa kita bisa bersama denganya lagi, maka kita akan tetap bersama. Takdir tersebut juga harus diiringi oleh usaha dan keyakinan kita dengan melakukan segalanya demi hubungan tersebut
                





*Penulis lirik lagu When You’re Gone adalah Avril Lavigne. Lagu ini rilis pada tahun 2007. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog


Avril Lavigne ~ When You’re Gone (Official Video)