Pencarian

Makna Dibalik Lagu Ed Sheeran Ft. Yebba ~ Best Part of Me: Cinta sejati itu adalah tentang bagaimana kita saling melengkapi kekurangan


Lagu Best Part of Me menceritakan tentang dialog yang dilakukan oleh dua orang kekasih (kita andaikan Ed Sheeran dan Yebba). Dalam dialog tersebut, mereka saling terbuka dan menceritakan kelemahanya masing-masing, sehingga mereka dapat saling melengkapi satu sama lain.

Lagu ini seolah menekankan bahwa bagian terbaik dalam sebuah kisah cinta, adalah tentang bagaimana pasangan itu saling menerima dan saling menutupi kekurangan yang ada. Sadarilah bawha tak ada manusia yang sempurna. sehingga, tak menuntut kesempurnaan dari pasangan adalah suatu hal yang sangat bijak.

Oke, ntuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.

Verse 1, Ed Sheeran:
My lungs are black, my heart is pure
Paru-paruku menghitam, hatiku murni
My hands are scarred from nights before
tanganku terluka dari malam sebelumnya
And my hair is thin and falling out of all the wrong places
Dan rambutku rontok tak pada tempatnya
I am a little insecure
Aku merasa tak percaya diri
My eyes are crossed, but they're still blue
Mataku juling, tapi masih biru
I bite my nails and tell the truth
Aku menggigit kuku dan mengatakan yang sebenarnya
I go from thin to overweight day to day it fluctuates
Aku berubah dari kurus ke gemuk, dari hari-ke hari, berfluktuasi
My skin is inked, but faded
Kulitku bertato, namun pudar
Verse 1, Ed Sheeran seolah menerangkan pada kekasihnya bahwa fisiknya itu tak sempurna. Ia punya bekas luka ditanganya, rambutnya mudah rontok, matanya juling, badanya gendut, kulitnya bertato (ed memang punya tato) sehingga ia merasa tak pernah percaya diri. Namun ia tetap berterus terang pada kekasihnya dan menceritakan keadaannya denga apa adanya

Pre-Chorus Ed Sheeran:
But she loves me, she loves me
Namun ia mencintaiku, ia mencintaiku
Why the hell she love me
Mengapa ia mencintaiku?
When she could have anyone else?
Saat ia bisa memiliki orang lain?
Oh, you love me, you love me
Oh, kau mencintaiku, kau mencintaiku
Why the hell do you love me?
Mengapa kau mencintaiku
'Cause I don't even love myself
Karena aku bahkan tak mencintai diriku sendiri
Jadi pada pre-chorus, Ed seolah bertanya pada kekasihnya kenapa kekasihnya mau mencintainya padahal fisiknya tak sempurna? Padahal banyak lelaki yang lebih sempurna dibanding Ed, tapi kekasihnya itu malah memilihnya? Padahal Ed juga tak PD dengan dirinya sendiri, namun kekasihnya masih juga mencintainya.

Chorus Ed Sheeran:
Baby, the best part of me is you
Kasih, bagian terbaik dari diriku adalah dirimu
And lately, everything's making sense, too
Dan akhir-akhir ini, semuanya masuk akal juga
Oh, baby, I'm so in love with you
Oh, kasih, aku sangat mencintaimu
Karena cinta kekasihnya yang tulus tersebut, Ed seolah bersukur di lirik Chorus ini. Ia menganggap di cintai oleh wanita yang memandang ia apa adanya dan menerima segala kekuranganya adalah bagian terindah yang pernah ia rasakan. Jadi di lirik ini Ed Sheeran seolah ingin berkomitmen untuk mencintai kekasihnya.

Verse 2, Yebba:
I overthink and still forgive
Aku terlalu banyak berpikir dan tetap memaafkan
I lose my phone and place my bets
Aku kehilangan ponsel dan bertaruh
And I never catch the train on time
Always 30 minutes behind
Dan aku tak pernah naik kereta tepat waktu Selalu teralambat 30 menit
Your worries ain't seen nothin' yet
Kekhawatiranmu belum ada apa-apanya
Versi, 2 dan seterusnya, lirik dinyanyikan oleh Yebba. Di lagu ini Yebba seolah berperan sebagai kekasih Ed. Di verse 2 ini, Yebba seolah membalas keluh kesah kekasihnya, Ed Sheeran. Yebba mengatakan bahwa sama seperti Ed, ia adalah manusia yang tak sempurna juga, ia punya sikap yang buruk, ia selalu telat dalam berfikir, hidupnya juga tak teratur karena sering terlambat dan mengabaikan waktu. Jadi Yebba seolah mengatakan bahwa kekawatiran Ed tentang segala kekuranganya belum apa-apa dibanding kekurangan yang dimiliki Yebba,

Pre-Chorus2, yebba:
But you love me, you love me
Namun kau mencintaiku, kau mencintaiku
Why the hell you love me so
Mengapa kau mencintaiku?
When you could have anyone else?
Saat ia bisa memiliki orang lain?
Yeah, yeah, he loves me, he loves me
Yeah, yeah, kau mencintaiku, kau mencintaiku
And I bet he never lets me go
Dan aku yakin kau takan bernah melepasku
And shows me how to love myself
Dan menunjukan padauk cara mencintai diri sendiri
Jadi pada pre-chorus 2, yebba juga seolah bertanya pada Ed kenapa Ed mau mencintainya juga? padahal sifatnya tak sempurna? Padahal banyak wanita yang lebih sempurna dibanding Yebba, tapi Ed itu malah memilihnya?  Ed seolah dapat mengajarkanya akan pentingnya mencintai diri sendiri. Sangat romantis

Chorus 2, Ed Sheeran & Yebba :
Baby, the best part of me is you
Kasih, bagian terbaik dari diriku adalah dirimu
And lately, everything's making sense, too
Dan akhir-akhir ini, semuanya masuk akal juga
Oh, baby, I'm so in love with you
Oh, kasih, aku sangat mencintaimu
Ed Sheeran punya kekurangan, Yebba pun punya kekurangan, mereka pun saling mengisi kekurangan masing-masing dengan tulus. Mereka berdua di lirik ini pun seolah bersukur. Mereka seolah menganggap di cintai oleh orang yang memandang kita apa adanya dan menerima segala kekuranganya adalah bagian terindah yang pernah mereka rasakan. Jadi di lirik ini mereka berdua seolah ingin berkomitmen untuk saling mencintai.

Kesimpulan:
Oke setelah kita interperatasi dan maknai keseluruhan liriknya, jelas lah bahwa lagu Best Part of Me menceritakan tentang dialog yang dilakukan oleh dua orang kekasih (kita andaikan Ed Sheeran dan Yebba). Dalam dialog tersebut, Ed seolah menyampaikan dengan apa adanya pada Yebba bahwa ia bukanlah orang yang sempurnya, ia punya semua kekurangan fisik yang membuatnya tak percaya diri untuk mencintai Yebba.

Namun keluh kesah Ed tersebut seolah dibalas oleh yebba dengan mengatakan bahwa Yebba juga mempunyai kekurangan, khususnya pada sifatnya yang buruk, Jadi Yebba seolah mengatakan bahwa kekawatiran Ed tentang segala kekuranganya belum apa-apa dibanding kekurangan yang dimiliki Yebba,

Jadi dititik dialog itulah mereka akhirnya saling sepaham. Ed Sheeran punya kekurangan, Yebba pun punya kekurangan, mereka pun saling mengisi kekurangan masing-masing dengan tulus. Mereka berdua di lagu ini pun seolah bersukur. Mereka seolah menganggap di cintai oleh orang yang memandang kita apa adanya dan menerima segala kekuranganya adalah bagian terindah yang pernah mereka rasakan. Over all, Keseluruhan lirik lagu ini seolah memperingatkan kita bahwa cinta sejati itu bukan tercipta dari pasangan yang sama-sama sempurna. Karena pada hakikatnya manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna. Lagu yang benar-benar romantis.

Hal yang dapat kita pelajari dari lagunya
Lirik lagu Best Part of Me sangat menyentuh hati saya terutama tentang bagaimana lagunya bisa menjelaskan apa arti cinta yang sebenarnya. Lagu ini seolah menekankan bahwa cinta Sejati Itu adalah tentang Saling Melengkapi Kekurangan, Bukan Menuntut Kesempurnaan dari setiap pasangan. Dari kesimpulan tersebut, saya seolah mendapat beberapa hal yang berharga tentang lagu ini, diantaranya:

Pertama, setiap orang punya ketidak sempurnaan. Sebelum menuntut kesempurnaan pada pasangan, kita itu harus berkaca terlebih dahulu karena diri kita sendiri juga tidak sempurna dan masih banyak kekurangan yang ada pada diri kita. Lagu ini seolah mengajarkan kita untuk jangan sekali-kali menuntut kesempurnaan karena sampai kapanpun kita tidak akan menemukan pasangan sesempurna yang kita idam-idamkan.

Dua, saling menerima kekurangan pasangan. Kita memiliki banyak kekurangan, dan tentunya pasangan kita juga memiliki kekurangan, jadi saling menerima kekurangan adalah hal yang sangat bijak. Yang namanya kekurangan tentu tidak mungkin kita sukai, hanya saja kamu harus tahu diri bahwa seseorang yang mencintai dengan tulus itu menerima semua yang ada pasangannya, kelebihannya sekaligus kekurangannya.

Yang terakhir dan yang paling utama, bahwa cinta sejati itu adalah tentang menerima kekurangan. Keseluruhan lirik lagu memperingatkan kita bahwa cinta sejati itu bukan tercipta dari pasangan yang sama-sama sempurna. Karena pada hakikatnya manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna. Cinta sejati itu tercipta dari pasangan yang memiliki banyak kekurangan namun saling menerima sehingga pada akhirnya saling menyempurnakan.







*Penulis lirik lagu Best Part of Me adalah Ed Sheeran. Lagu ini rilis tahun 2019, Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Ed Sheeran Ft. Yebba ~ Best Part of Me: Cinta sejati itu adalah tentang bagaimana kita saling melengkapi kekurangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel