Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Calum Scott ~ You Are The Reason

Lagu “You Are the Reason” bercerita tentang seorang pria (penulis lagu), yang merasa menyesal karena telah menyakiti hati kekasihnya dan menyebabkan hubungan percintaanya hancur.

Dalam lagu dijelaskan bahwa si penulis lagu sepenuhnya sadar akan arti penting kehadiran kekasihnya dalam hidupnya.karena kekasihnya adalah alasan kenapa hatinya bersedih, dan alasan kenapa hatinya bisa bahagia. karena semua alasan tersebut, akhirnya penulis lagu meminta maaf lewat lagu ini pada kekasihnya dan berharap kekasihnya kembali lagi padanya.

Lagu You Are the Reason atau jika di bahasa Indonesia kan berarti “kau lah alasanya” adalah lagu yang sangat menyentuh bagi sebagian pendengarnya. Lagu ini seolah memberikan gambaran singkat pada kita tentang konsep penyesalah setelah kehilangan. Ya, suatu (entah apapun itu) biasanya akan sangat terasa berharga, apabila kita sudah tidak memilikinya lagi, atau apapila kita sudah kehilangan. Sayangnya kita tidak bisa memutar waktu untuk bisa memperbaiki semua penyesalan kita tersebut. Dan jalan satu-satunya untuk memperbaiki kesalahan tersebut adalah dengan meminta maaf.

Untuk lebih lengkap bagaimana makna keseluruhan dari lagu You Are the Reason, mari kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1
There goes my heart beating
Jantungku berdegub
'Cause you are the reason
Karena kaulah alasannya
I'm losing my sleep
Aku tak bisa tertidur
Please come back now
Kumohon kembali sekarang
And there goes my mind racing
Dan pikiran ku berpacu
And you are the reason
Dan kaulah alasannya
That I'm still breathing
Aku masih bernafas
I'm hopeless now
Aku putus asa sekarang
seringkali cinta datang dengan penuh kejutan. Sosok yang seringnya membuat kita marah, kesal terkadang justru membuat hati kita jatuh cinta. Di verse 1 ini, penulis lagu seolah memunculkan gagasan seperti itu. ia seolah baru saja bertengkar berlalut-larut dengan kekasihnya. namun setelah pertengkaran tersebut, sipenulis lagu seolah sadar bahwa sesakit dan sesulit apapun kejadianya, ia tetap ingin mempertahankan hubungan tersebut. Alasanya apa? Ya karna haya kekasihnya;ah yang ia cintai, hanya kekasihnya lah yang bisa membuat hatinya berdegub. Hanya itulah alasanya. Hhhhmmmm.. cinta memang harusnya sesimpel itu

Chorus:
I'd climb every mountain
 Kan ku daki semua gunung
And swim every ocean
Dan berenang di semua lautan
Just to be with you
Demi untuk bersamamu
And fix what I've broken
Dan perbaiki yang telah kulakukan
Oh, cause I need you to see
Oh, karena kuingin kau melihatnya
That you are the reason
Bahwa kaulah alasannya
Lirik “every mountain, every ocean” adalah metafora yang menggambarkan tentang sulinya likaliku hubungan percintaan mereka. Jadi disini, penulis lagu seolah bersumpah, bahwa sesulit apapun hubungan mereka kedepanya, penulis lagu akan berjaji pada kekasihnya untuk selalu bersama kekasinya sampai kapanpun. Karena hanya kekasihnya lah yang ada dalam hatinya. Itulah mengapa lagu ini sering kali menjadi tema dari acara pernikahan. Manis sekali.

Verse 2:
There goes my hands shaking
Tanganku gemetaran
And you are the reason
Dan kaulah alasannya
My heart keeps bleeding
Hatiku terus terluka
And I need you now
Dan aku membutuhkanmu
If I could turn back the clock
Andai aku bisa memutar waktu
I'd make sure the light defeated the dark
Kan kupastikan cahaya kalahkan kegelapan
I'd spend every hour, of every day
Kan kuhabiskan seluruh waktu, setiap hari
Keeping you safe
Menjagamu agar tetap aman
Dari likaliku perjalanan cinta dengan kekasihnya, penulis lagu sadar bahwa kekasihnya lah alasan yang selalu menguatkanya. Kekasihnyalah yang memberikan kekuatan saat ia menggenggam tangan si penulis lagu, hingga jika akhirnya genggaman tangan kekasihnya lepas, tangan si penulis lagu akan gemetar karena tak punya kekuatan.
lirik my heart keeps bleeding” juga memberikan makna bahwa si penulis lagu telah melakukan apapun, bertemu hal seindah apapun, namun hatinya masih saja sakit. kenapa? Karena obat dari sakit hatinya, adalah kekasinya senidiri.
Jadi di lirik ini, penulis lagu seolah berujar untuk terus menjaga kekasihnya sampai kapanpun, mengingat begitu penting arti kekasinya dalam kehidupanya.

Bridge:
I don't wanna fight no more
Aku tak ingin bertengkar lagi
I don't wanna hide no more
Aku tak ingin sembunyi lagi
I don't wanna cry no more
Aku tak ingin menangis lagi
Come back I need you to hold me
Kembalilah, kuingin kau memelukku
(You are the reason)
(Kaulah alasannya)
Come a little closer now
Mendekatlah perlahan sekarang
Just a little closer now
Mendekatlah perlahan
Come a little closer
Mendekatlah perlahan
I need you to hold me tonight
Aku ingin kau memelukku malam ini
Bridge, adalah lirik penutup. Disini penulis lagu seolah sangat-sangat berjanji pada kekasihnya untuk tak mau bertengkar lagi, tak mau diam dan bersembunyi lagi. ia hanya rindu kehadiran kakasinya, rindu akan pelunya, sebuah rasa yang ingin ia miliki bersama kekasihnya.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik nya, jelaslah bahwa lagu “You Are the Reason” bercerita tentang seorang pria (penulis lagu), yang merasa menyesal karena telah menyakiti hati kekasihnya dan menyebabkan hubungan percintaanya hancur.  Lagu ini seolah memberikan gambaran singkat pada kita tentang konsep penyesalah setelah kehilangan. hal tersebut dapat kita lihat pada sebagian liriknya, ia seolah baru saja bertengkar berlalut-larut dengan kekasihnya. namun setelah pertengkaran tersebut, sipenulis lagu seolah sadar bahwa sesakit dan sesulit apapun kejadianya, ia tetap ingin mempertahankan hubungan tersebut. Alasanya apa? Ya karna haya kekasihnyalah yang ia cintai, hanya kekasihnya lah yang bisa membuat hatinya berdegub

Disebagian liriknya juga dijelaskan bahwa Dari likaliku perjalanan cinta dengan kekasihnya, penulis lagu sadar bahwa kekasihnya lah alasan yang selalu menguatkanya. Kekasihnyalah yang memberikan kekuatan saat ia menggenggam tangan si penulis lagu, kekasihnyalah yang bisa mengobati semua luka yang ada dalam hatinya, dan yang terpenting adalah bahwa kekasinya adalah satu-satunya alasan yang bisa membuat hidupnya bahagia.

Jadi dilagu ini, penulis lagu seolah bersumpah, bahwa sesulit apapun hubungan mereka kedepanya, penulis lagu akan berjaji pada kekasihnya untuk selalu bersama kekasinya sampai kapanpun. Itulah mengapa lagu ini sering kali menjadi tema dari acara pernikahan. Manis sekali.








*penulis lirik lagu You Are the Reason adalah Calum Scott. Lagu ini rilis pada tahun 2017.

2 Responses to "Makna Dibalik Lagu: Calum Scott ~ You Are The Reason"

  1. ohhh jadi itu arti dan maksud si penulis dalam menciptakan lagu ini... terima kasih atas segalanya... jadi nambah pengetahuan juga buat saya... sangat membantu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay kak, terimaksih banyak kembali. trimakasih juga sudah menyempatkan diri untuk berkomentar :)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel