Taylor Swift - Back to December | Makna dan Arti Lirik Lagu

Makna lagu Back to December menceritakan tentang permintaan maaf Swift karena ia telah menolak cinta seorang pria, tepat pada bulan Desember. Swift mu

Back to December adalah lagu yang ditulis sendiri oleh Taylor Swift dan masuk ke dalam album studio ketiganya Speak Now (2010).  Back to December menerima pujian dari para kritikus musik, karena lirik, melodi, dan vokalnya yang menawan. 

Lagu ini menikmati kesuksesan komersial, menduduki nomor enam di tangga lagu Billboard Hot 100, dan di nomor tujuh di tangga lagu Kanada. Jadi tak mengherankan, jika Swift seringkali membawakan lagu ini pada tia-tiap konser musiknya. Berikut merupakan makna dan terjemahan arti lirik lagu Back to December milik Taylor Swift.

Daftar Isi

Makna Lirik

Makna lagu Back to December menceritakan tentang permintaan maaf Swift karena ia telah menolak cinta seorang pria, tepat pada bulan Desember. Swift mungkin saja menolak pria tersebut dengan cara yang kurang baik, sehingga ia dihantui oleh rasa penyesalan. Andai saja Swift bisa memutar waktu "kembali ke bualan desember" pasti Swift akan memperbaiki semuanya.

Namun sayang waktu tak bisa diputar, sehingga satu-satunya hal yang dapat Swift lakukan hanyalah meminta maaf. Permintaan maaf tersebut di wujudkan dalam lirik lagu Back to December ini. Saat diwawancarai oleh majalah E! News Swift kemudian mengatakan;

"Ini adalah pertama kalinya aku meminta maaf pada seseorang lewat sebuah lagu. Orang yang ku tulis dalam liriknya pantas mendapatkannya. Ini tentang seseorang yang luar biasa bagiku, sempurna bagiku dalam suatu hubungan, dan aku benar-benar ceroboh dengannya."

Dari rumor yang berkembang, Taylor Swift menulis lirik lagu Back to Desember, untuk mengenang seorang pria bernama Taylor Lautner. Seperti yang kita ketahui, Swift dan Lautner memang pernah menjalin kedekatan bersama, mereka berdua adalah teman dekat. Kedekatan ini kemudian memunculkan benih-benih asmara. Namun, hubungan tersebut sepertinya tak berlanjut karena Swift menolak cinta dari Lautner di musim dingin, tepat dibulan Desember. Karena mungkin Lautner sakit hati atas penolakan tersebut, Swift pun akhirnya menciptakan lagu ini sebagai permintaan maaf.

Saat diwawancarai oleh televisi >Scream Queens Lautner kemudian mengakui kedekatan tersebut dengan mengatakan "Ya Swift melakukan itu (menulis lagu untuknya), judulnya adalah back to december"

Analisis Lirik (Per-bait)

Verse 1:
I'm so glad you made time to see me
(Aku senang kau meluangkan waktu untuk menemuiku)
How's life? Tell me how's your family?
(Bagaimana kabarmu? Ceritakan pada ku bagaimana kabar keluargamu?)
I haven't seen them in a while
(Aku sudah lama tak melihat mereka)
You've been good, busier than ever,
(Kau terlihat baik, lebih sibuk dari sebelumnya)
We small talk, work and the weather,
(Kita sedikit bicara, tentang pekerjaan dan cuaca)
Your guard is up and I know why
(Kau tampak berhati-hati dan aku tahu mengapa)

Makna lirik verse 1: Karena menyesal pernah menolak seorang pria tepat pada bulan December, Swift akhirnya mencari keberadaan pria tersebut untuk meminta maaf. Swift senang sekali karena setelah sekian lamanya drama penolakan itu berlalu, pria tersebut masih mau menemui Swift (I'm so glad you made time to see me / Aku senang kau meluangkan waktu untuk menemuiku).

Dalam pertemuan itu, mereka kemudian bercakap-cakap, saling menanyakan keadaan, saling menanyakan kehidupan masing-masing yang semuanya tampak baik-baik saja. Walau terlihat akrab, Swift menyadari bahwa sang pria sekarang lebih membatasi diri, berhati-hati dan lebih menjaga jarak (Your guard is up and I know why / Kau tampak berhati-hati dan aku tahu mengapa).

Pre-Chorus:
‘Cause the last time you saw me
(Karena terakhir kali kau melihatku)
Is still burned in the back of your mind
(Dibelakang pikiranmu masih membara)
You gave me roses and I left them there to die
(Kau memberiku seikat mawar dan aku membiarkan semuanya mati)

Makna lirik pre-chorus: Sang pria menjaga jarak, karena terakhir kali mereka bertemu, pria itu mengungkapkan rasa cintanya pada Swift, dengan membawa seikat bunga mawar. Namun segalanya tampak menyakitkan, karena Swift menolak cinta tersebut. Kejadian itu mungkin membuat sang pria trauma, atau malu pada Swift (You gave me roses and I left them there to die / Kau memberiku seikat mawar dan aku membiarkan semuanya mati).

Chorus/reff:
So this is me swallowing my pride
(Jadi sekarang aku menelan ludahku sendiri)
Standing in front of you, saying I'm sorry for that night
(Berdiri di depanmu, minta maaf untuk malam itu)
And I go back to December all the time
(Dan Aku kembali lagi ke bulan Desember, tiap waktu)
It turns out freedom ain't nothing but missing you
(Ternyata kebebasan tak pernah berarti jika harus merindukanmu)
Wishing I'd realized what I had when you were mine
(Berharap aku menyadari apa yang ku miliki ketika kau masih jadi milikku)
I go back to December, turn around and make it alright
(Aku kembali lagi ke bulan Desember, menoleh dan membuatnya baik-baik saja)
I go back to December, all the time
(Aku kembali lagi ke bulan Desember, tiap waktu)

Makna lirik chorus/reff: Sekarang Swift menyesali perbuatannya karena telah menolak cinta tulus seorang pria. Karena walau bagaimanapun, pria tersebut merupakan pria yang baik dan merupakan pria yang sangat mencintai Swift, namun swift malah menyia-nyiakannya. Andai waktu bisa diputar maka Swift akan menjilat ludahnya sediniri dengan meminta maaf dan menerima cinta sang pria (So this is me swallowing my pride / Jadi sekarang aku menelan ludahku sendiri).

Karena penolakan itu terjadi dibulan Desember, maka setiap kali bulan Desember datang Swift selalu mengingat sang pria, dan merindukan sang pria. Jadi bisa dikatakan bulan desember merupakan bulan yang sangat berarti bagi Swift (I go back to December, all the time / Aku kembali lagi ke bulan Desember, tiap waktu).

Bridge:
I Miss your tan skin, your sweet smile
(Aku rindu kulit sawo matangmu, senyum manismu)
So good to me, so right
(Begitu indah bagiku, begitu nyata)

Makna Lirik bridge: Lirik bride adalah representasi yang benar-benar jelas mengapa lagu ini bercerita tentang hubungan antara Taylor Swift dan Taylor Lautner. Seperti yang kita tahu, bahwa kulit Taylor Lautner tak seperti kulit orang barat lainya, karena ia memiliki kulit sawo matang. Jadi jelaslah bahwa (I miss your tan skin / Aku rindu kulit sawo matangmu) merujuk pada warna kulit Lautner.

Kesimpulan

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, maka jelaslah bahwa lagu Back to December menceritakan tentang permohonan maaf Taylor Swift karena telah menolak cinta seorang pria tepat pada bulan Desember.

Sepertinya Swift menolak cinta pria tersebut dengan cara yang tak baik, sehingga membuat hati pria itu terluka. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Swift kemudian menyesali perbuatannya. Oleh sebab itulah ia kemudian berusaha untuk meminta maaf pada pria tersebut.

Karena penolakan itu terjadi dibulan Desember, maka setiap kali bulan Desember datang Swift selalu mengingat sang pria, dan merindukan sang pria. Jadi bisa dikatakan bulan desember merupakan bulan yang sangat berarti bagi Swift.

Arti Lirik

Arti kata December merujuk pada kisah pribadi Swift, yang telah menolak cinta seorang pria tepat pada bulan Desember. Penolakan itu rupanya menorehkan luka yang begitu mendalam di hati sang pria, sehingga Swift kemudian meminta maaf atas perbuatannya itu.

Di berbagai belahan dunia, arti bulan Desember memang cukup dalam bagi sebagian orang. Desember adalah simbol dari kesenduan dan kesedihan, karena bulan ini identik dengan musim dingin. Desember juga merupakan simbol dari sebuah akhir karena bulan ini adalah bulan terakhir dalam setahun. Jadi tepatlah jika Swift menganggap bulan desember, merupakan bulan tersedih dalam hidupnya.

Verse 1:
I'm so glad you made time to see me
Aku senang kau meluangkan waktu untuk menemuiku
How's life? Tell me how's your family?
Bagaimana kabarmu? Ceritakan pada ku bagaimana kabar keluargamu?
I haven't seen them in a while
Aku sudah lama tak melihat mereka
You've been good, busier than ever,
Kau terlihat baik, lebih sibuk dari sebelumnya
We small talk, work and the weather,
Kita sedikit bicara, (mengenai) pekerjaan dan cuaca,
Your guard is up and I know why
Kau tampak berhati-hati dan aku tahu mengapa

Pre-Chorus:
‘Cause the last time you saw me
Karena terakhir kali kau melihatku
Is still burned in the back of your mind
Dibelakang pikiranmu masih membara
You gave me roses and I left them there to die
Kau memberiku seikat mawar dan aku membiarkan semuanya mati

Chorus:
So this is me swallowing my pride
Jadi sekarang aku menelan ludahku sendiri
Standing in front of you, saying I'm sorry for that night
Berdiri di depanmu, minta maaf untuk malam itu
And I go back to December all the time
Dan Aku kembali lagi ke bulan Desember, tiap waktu
It turns out freedom ain't nothing but missing you
Ternyata kebebasan tak pernah berarti jika harus merindukanmu
Wishing I'd realized what I had when you were mine
Berharap aku menyadari apa yang ku miliki ketika kau (masih jadi) milikku
I go back to December, turn around and make it alright
Aku kembali lagi ke bulan Desember, menoleh dan membuatnya baik-baik saja
I go back to December, all the time
Aku kembali lagi ke bulan Desember, tiap waktu

Verse 2:
These days, I haven't been sleeping
Belakangan ini, aku tak bisa tidur
Staying up, playing back myself leaving
Terjaga, membayangkan (tentang) bagaimana aku kepergi
When your birthday passed, and I didn't call
Di hari ulang tahunmu, dan aku tak menghubungimu
Then I think about summer, all the beautiful times
Lalu akau teringat tentang musim panas, (dimana) semuanya berjalan indah
I watched you laughing from the passenger side
Kulihat kau tertawa di bangku penumpang
And realized I loved you in the fall
Dan kusadari aku mencintaimu di musim gugur

Pre-Chorus 2:
And then the cold came, the dark days
Dan kemudian hawa dingin datang, (sebuah) hari yang gelap
When fear crept into my mind
Saat rasa takut merasuk pikiranku
You gave me all your love, and all I gave you was goodbye
Kau memberiku semua cintamu, namun aku malah meninggalkanmu

Chorus:
So this is me swallowing my pride
Jadi sekarang aku menelan ludahku sendiri
Standing in front of you, saying I'm sorry for that night
Berdiri di depanmu, minta maaf untuk malam itu
And I go back to December all the time
Dan Aku kembali lagi ke bulan Desember, tiap waktu
It turns out freedom ain't nothing but missing you
Ternyata kebebasan tak pernah berarti jika harus merindukanmu
Wishing I'd realized what I had when you were mine
Berharap aku menyadari apa yang ku miliki ketika kau (masih jadi) milikku
I go back to December, turn around and make it alright
Aku kembali lagi ke bulan Desember, menoleh dan membuatnya baik-baik saja
I go back to December, all the time
Aku kembali lagi ke bulan Desember, tiap waktu

Bridge:
miss your tan skin, your sweet smile
Aku rindu kulit sawo matangmu, senyum manismu
So good to me, so right
Begitu indah bagiku, begitu nyata
And how you held me in your arms that September night
Dan bagaimana kau memelukku di malam bulan September itu
The first time you ever saw me cry
Pertama kali kau lihat aku menangis
Maybe this is wishful thinking
Ini mungkin hanya harapan
Probably mindless dreaming
Mungkin sekedar mimpi
But if we loved again, I swear I'd love you right
Namun jika kita saling mencintai lagi, aku bersumpah akan mencintaimu seperti seharusnya
I'd go back in time and change it, but I can't
Aku mau kembali ke masa lalu dan mengubahnya, namun aku tak bisa
So if the chain is on your door, I understand
Maka jika rantai itu ada di pintumu, aku memahami

Chorus:
This is me swallowing my pride
Sekarang aku menelan ludahku sendiri
Standing in front of you, saying I'm sorry for that night
Berdiri di depanmu, minta maaf untuk malam itu
And I go back to December...
Aku kan kembali lagi ke bulan Desember,...
It turns out freedom ain't nothing but missing you
Ternyata kebebasan tak pernah berarti jika harus merindukanmu
Wishing I'd realized what I had when you were mine
Berharap aku menyadari apa yang ku miliki ketika kau (masih jadi) milikku
I go back to December, turn around and make it alright
Aku kembali lagi ke bulan Desember,, menoleh dan membuatnya baik-baik saja
I'd go back to December, turn around and change my own mind
Aku kan kembali lagi ke bulan Desember,, menoleh dan mengubah pikiran
I go back to December all the time
Aku kembali lagi ke bulan Desember, tiap waktu

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Back to December Taylor Swift Taylor Swift Speak Now (2010) 5 November 2010 Big Machine Pop, Country

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Makna dan terjemahan arti di lirik lagu Back to December yang tertuang dalam postingan ini, masih jauh dari kata sempurna, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.