Makna Dibalik Lagu Adele ~ Rolling in the Deep

Makna lagu Rolling in the Deep bercerita tentang kemarahan Adele, karena ia terus-terusan diremehkan oleh kepada kekasihnya.

Makna lagu Rolling in the Deep bercerita tentang kemarahan Adele, karena ia terus-terusan diremehkan oleh kepada kekasihnya. Kekasihnya selalu mengatakan pada adele bahwa jika adele tidak bersama dirinya, maka hidup adele akan membosakan, kesepian, dsb. Oleh karena alasan itulah adele menciptakan lagu ini, sebagai ungkapan rasa tersinggungnya karena selalu diremehkan.

Dalam puncak emosinya itu, Adele kemudian gelap mata, pikirannya berputar-putar layaknya kata “Rolling in the Deep/Berputar pada kedalaman

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tlisan.

Verse 1:
There's a fire starting in my heart
(Ada bara api yang membakar hatiku)
Reaching a fever pitch and it's bringing me out the dark
(Mencapai puncak terpanas dan membawaku keluar dari kegelapan)
Finally, I can see you crystal clear
(Akhirnya, aku bisa melihatmu sejernih kristal)
Go head and sell me out and I'll lay your ship bare
(Teruslah permainkan diriku dan kan kutunjukkan bahteramu)
See how I'll leave with every piece of you
(Lihatlah bagaimana aku kan pergi membawa tiap bagian dari dirimu)
Don't underestimate the things that I will do
(Jangan remehkan hal-hal yang akan kulakukan)
There's a fire starting in my heart
(Ada bara api yang membakar hatiku)
Reaching a fever pitch and it's bringing me out the dark
(Mencapai puncak terpanas dan membawaku keluar dari kegelapan)


Makna Lirik Verse 1: Kesal karena selalu diremehkan oleh kekasihnya, Adele pun kemudian emosi sejadi-jadinya. Emosi itu, layaknya api yang membakar hatinya. Namun lewat emosi/api itulah Adele kemudian bisa mengetahui sebuah kebenaran. Lewat emosi/api itulah kemudian Adele bisa keluar dari kegelapan. Karena ia menyadari kalau kekasihnya selama ini hanya mempermainkannya saja.

Pre-Chorus:
The scars of your love remind me of us
(Bekas luka karena cintamu mengingatkanku pada kisah kita)
They keep me thinking that we almost had it all
(Semua itu membuatku terus berpikir bahwa kita hampir lewati semua itu)
The scars of your love, they leave me breathless
(Bekas luka cintamu, membuatku terengah-engah)
I can't help feeling
(Tak bisa lagi kutahan perasaan ini)

Makna Lirik Pre-Chorus: Padahal, hubungan adele dengan kekasihnya bisa saja berlangsung baik-baik saja dan indah. Namun melihat kenyataan kalau  kekasihnya terus menyakiti adele, adele kemudian menyerah dan tak sanggup lagi mempertahankan kisah percintaan mereka. Luka itu terlalu perih bagi adele.

Chorus:
We could have had it all
(Kita bisa memiliki semuanya)
(You're gonna wish you – never had met me)
(Kau akan berharap tak pernah bertemu denganku)
Rolling in the deep
(Berputar pada kedalaman)
(Tears are gonna fall, rolling in the deep)
(Airmata akan jatuh, Berputar pada kedalaman)
You had my heart inside of your hand
(Hatiku ada dalam cengkramanmu)
(You're gonna wish you – never had met me)
(Kau akan berharap tak pernah bertemu denganku)
And you played it to the beat
(Dan kau memainkannya sesuai irama)
(Tears are gonna fall, rolling in the deep)
(Airmata akan jatuh, Berputar pada kedalaman)


Makna Lirik Chorus/Reff:  Hubungan antara adele dan kekasihnya punya potensi kebahagiaan yang luar biasa. Tapi kekasihnya sendirlah yang menghancurkan hubungan itu yang membuat adele emosi. Ketika adele sudah emosi, adele juga bisa menyakiti hati kekasihnya, jadi adele memperingatkan pada kekasihnya utuk tak bertemu lagi denganya.

Adele memaknai kata “Rolling in the Deep” dalam lirik ini, sebagai kata “persetan kamu.” kata ini adalah pengandaian dari puncak emosi adele. Kita tahu jika kita telah amat emosi pada suatu hal, pikiran kita selalu tergulung/berputar (gelap mata), dan biasanya perasaan tersebut disertai umpatan layaknya umpatan “persetan” atau umpatan kotor lainya. Adele hanya emosi, adele hanya lelah, karena terus dikekang/dicengkram, dan dipermainkan perasaanya oleh keksinya bagai permainan irama.

Verse 2:
Baby, I have no story to be told
(Kasih, aku tak punya cerita untuk dikisahkan)
But I've heard one of you and I'm gonna make your head burn
(Namun tlah kudengar ceritamu dan aku kan membuat bahteramu terbakar)
Think of me in the depths of your despair
(Memikirkanku dalam putus asamu)
Making a home down there, as mine sure won't be shared
(Membuat rumah sendiri, karena rumahku tentu takkan kubagi)


Makna Lirik Verse 2: Pada dasarnya, adele dalam lirik ini menginginkan perpisahan, dan berharap perpisahan tersebut dapat menyakiti hati kekasihnya. Adele tak mau lagi mengasihi hati kekasihnya karena hati adele taakan bisa dibagi lagi.

Bridge:
Throw your soul through every open door
(Lemparkan jiwamu lalui setiap pintu yang terbuka)
Count your blessings to find what you look for
(Menghitung kebaikanmu tuk temukan apa yang kau cari)
Turn my sorrow into treasured gold
(Mengubah deritaku menjadi emas berharga)
You pay me back in kind and reap just what you sow
(Kau balas aku dengan cara sempurna dan menuai yang kau tabur)


Makna Lirik Bridge: Lirik “Throw your soul through every open door / Lemparkan jiwamu lalui setiap pintu yang terbuka” dapat dimaknai bahwa adele menginginkan kekasihnya pergi dari hidupnya dan menemukan hal lain (kata pintu bisa dimaknai sebagai pengalaman baru). Adele juga menganggap bahwa cinta dari kekasihnya tak pernah tulus karena selalu menghitung kebaikan. Dan semua rasa sakit, derita yang adele alami membuat adele sadar dan mengabil semua pelajaran bagai emas yang berharga. Adele hanya menganggap bahwa kekasihnya telah menyakiti adele dengancara yang sempurna, dan sekarang kekasihnya meuai apa yang ia lakukan, karena akhirnya adele akan pergi dari hidupnya.

Kesimpulan Lirik Lagu Rolling in the Deep

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, dapat disimpulan bahwa lagu Rolling in the Deep mencerikatan tentang kemarahan membara yang adele rasakan pada kekasihnya. Dalam lagu ini adele menganggap bahwa kekasinya selalu meremehkanya, selalu menyakiti hatinya, dan selalu mempermainkanya. Dari semua masalah tersebut, adele kemudian punya tekad yang bulat untuk berpisah dengan kekasihnya dan berharap perpisahan tersebut dapat menyakiti hati kekasihnya. Adele tak mau lagi mengasihi hati kekasihnya, karena hati adele taakan bisa dibagi lagi, biarlah semua rasa sakit yang adele alami menjadi sebuah pelajran berharga dalam hidupnya.

Rolling in the Deep, sejara sederhana mengajarkan pada kita untuk menghargai arti penting seseorang, terutama kekasih. Ya, dalam hubungan percintaan sudah seharusnyalah kita saling menghargai satu sama lain. Jangan pernah menyesal jika orang yang kita cintai pergi dalam hidup kita hanya karena kita selalu tak menghargainya dan meremehkan hatinya. Lagu yang luar biasa.

Informasi Lirik Lagu Rolling in the Deep

*Penulis lirik lagu Don't You Remember adalah Paul Epworth dan Adele. Lagu Rolling in the Deep rilis pada tanggal 29 November 2010. Lagu Rolling in the Deep masuk ke dalam album 21 (2011). Sedangkan interpretasi dan pemaknaan pada lirik lagu Rolling in the Deep berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya.  Makna dan interpretasi di lirik lagu Rolling in the Deep milik Adele ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Rolling in the Deep milik Adele ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Makna dan interpretasi di lirik lagu Rolling in the Deep milik Adele ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Adele ~ Rolling in the Deep (Official Music Video)