Pencarian

Makna Dibalik Lagu : Alan Walker ~ Darkside

Dark Side" adalah lagu yang menceritakan tentang seseorang, yang ingin mencoba berbagai tantangan kehidupan, termasuk tantangan untuk mencoba hal-hal yang gelap (hal negatif) agar ia merasakan pengalaman hidup. Lagu ini seolah memfokuskan tema pada kehidupan remaja, yang ingin mencoba beberapa hal termasuk mencoba untuk hidup nakal, untuk hidup hura-hura misal, agar mendapatkan pengalaman hidup selagi masih muda.
Lagu ini seolah ingin menekankan pada kita bahwa manusia itu tak ada yang sempurna. Sebagian manusia kadang melakukan hal-hal yang negative layakn kegelapan (darkside), namun sebagianya lagi kadang melakukan hal-hal baik layaknya cahaya (the light). Namun orang yang berbuat hal negatif, bukan berarti kedepanya tak bisa berubah. Sehingga, beberapa orang kadang takut mencoba hal gelap/negatif, padahal dari kehidupan yang gelap/negatif, dari kehidupan yang buruk, kadang kita juga bisa belajar untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi.
Oke, untuk lebih jelas dan lebih lengkapnya lagi, mari kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
We're not in love
Kita tak saling jatuh cinta
We share no stories
Kita tak saling berbagi cerita
Just something in your eyes
Ada sesuatu di dalam matamu
Don't be afraid              
Jangan takut
The shadows know me
Bayangan itu mengenaliku
Let's leave the world behind
Mari kita tinggalkan dunia
Lagu, diawali dengan lirik “We're not in love” yang mengandung makna bahwa ini bukan lagu tentang cinta. Jika kita melihat video klip dari lagu ini, memang lirik tersebut agak sedikit nyambung, karena dalam videonya, alan walker seolah bergabung dengan suatu kelompok/komunitas/pertemanan berbaju gelap.

Dalam video klip dijelaskan secara tersirat komunitas baju hitam tersebut bisa jadi bernama “darkside” yang seolah berperang dengan komunitas berbaju putih. Jika digabung antara video klip lagunya dengan lirik di verse 1 ini, dapat disimpulkan bahwa Alan walker seolah ingin menasihati komunitas berbaju gelap (darkside) untuk tak takut dengan komuitas berbaju putih.

Komunitas berbaju hitam (darkside) melambangkan hal-hal negative, melambangkan kesalahan, dsb. Sementara komunitas berbaju putih (the light) melambangkan kebaikan. Jadi lirik ini juga seolah memunculkan makna bahwa kita itu tak perlu takut untuk berbuat salah, tak perlu takut akan persepsi dunia, tinggalkan saja. cobalah semua hal, termasuh hal tergelap sekalipun, agar kita tahu arti kehidupan, agar kita bisa membedakan hal baik dan hal benar kedepanya nanti.

Chorus:
Take me through the night
Bawa aku lewati malam
Fall into the darkside
Jatuh ke dalam sisi gelap
We don't need the light
Kita tak butuh cahaya
We'll live on the darkside
Kita akan tinggal di sisi gelap
I see it, let's feel it
Aku melihatnya, mari kita rasakan
While we're still young and fearless
Selagi kita masih muda dan tak kenal takut
Let go of the light
Lepaskanlah cahaya
Fall into the darkside
Jatuh ke dalam sisi gelap
Fall into the darkside
Jatu ke dalam sisi gelap
Give into the darkside
Serahkanlah diri pada sisi gelap
Let go of the light
Lepaskanlah cahaya
Fall into the darkside
Jatuh ke dalam sisi gelap
Dalam reff/chorus lagu, tertulis  While we're still young and fearless, Let go of the light, Fall into the darkside” lirik ini punya makna bahwa selagi kita masih muda, maka cobalah semua hal, termasuh hal tergelap sekalipun, agar kita tahu arti kehidupan ketika kita telah tua nanti. beberapa orang kadang takut mencoba hal gelap/negatif, padahal dari kehidupan yang gelap/negatif, dari kehidupan yang buruk, kadang kita juga bisa belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Verse 2:
Beneath the sky
Di bawah langit
As black as diamonds
Hitam seperti berlian
We're running out of time (Time, time)
Kita kehabisan waktu (waktu)
Don't wait for truth
Jangan menunggu kebenaran
To come and blind us
Datang dan membutakan kita
Let's just believe their lies
Mari kita percayai saja kebohongan mereka
Lirik “Let's just believe their lies” menerangkan secara lanjut, bahwa sesuatu yang terlihat gelap, yang terlihat negatif, belum tentu terlihat salah. Begitupun sebaliknya, yang terlihat putih, yang terlihat baik, juga belum tentu benar.

Pre-Chorus:
Believe it, I see it
Percayalah, aku tlah melihatnya       
I know that you can feel it
Aku tahu kau bisa merasakannya
No secrets worth keeping
Tak ada rahasia yang layak tuk disimpan
So fool me like I'm dreaming
Maka tipulah aku seakan aku sedang bermimpi
Lirik “Believe it, I see it” memberi kita saran lebih lanjut bahwa kita bisa menjadi apa yang kita inginkan, menjadi unik, walau berbeda dengan orang lain, setidaknya kita menjadi diri sendiri, walau kadang dianggap salah oleh orang lain.

Kesimpulan:
“Dark Side" adalah lagu yang menceritakan tentang seseorang, yang ingin mencoba berbagai tantangan kehidupan, termasuk tantangan untuk mencoba hal-hal yang gelap (hal negatif) agar ia merasakan pengalaman hidup. Lagu ini seolah memfokuskan tema pada kehidupan remaja, yang ingin mencoba beberapa hal termasuk mencoba untuk hidup nakal, untuk hidup hura-hura misal, agar mendapatkan pengalaman hidup selagi masih muda.

Lagu ini seolah ingin menekankan pada kita bahwa manusia itu tak ada yang sempurna. Sebagian manusia kadang melakukan hal-hal yang negative layakn kegelapan (darkside), namun sebagianya lagi kadang melakukan hal-hal baik layaknya cahaya (the light). Namun orang yang berbuat hal negatif, bukan berarti kedepanya tak bisa berubah. Sehingga, beberapa orang kadang takut mencoba hal gelap/negatif, padahal dari kehidupan yang gelap/negatif, dari kehidupan yang buruk, kadang kita juga bisa belajar untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi.

selagi kita masih muda, maka cobalah semua hal, termasuh hal tergelap sekalipun, agar kita tahu arti kehidupan ketika kita telah tua nanti. beberapa orang kadang takut mencoba hal gelap/negatif, padahal dari kehidupan yang gelap/negatif, dari kehidupan yang buruk, kadang kita juga bisa belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Ingat, bahwa sesuatu yang terlihat gelap, yang terlihat negatif, belum tentu terlihat salah. Begitupun sebaliknya, yang terlihat putih, yang terlihat baik, juga belum tentu benar. Jadi, kita bisa menjadi apa yang kita inginkan kok. menjadi unik, walau berbeda dengan orang lain, setidaknya kita menjadi DIRI SENDIRTI. Walaupun kita kadang dianggap salah, dianggap negatif, dianggap gelap, oleh orang lain.

*lagu yang luar biasa, sebenarnya penulis blog ingin menulis banyak hal di lagu ini namun tak dapat tertulis karena mungkin terbawa emosi lagunya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah ya…






*Penulis lirik lagu Dark Side adalah Mood Melodies, Gunnar Greve Pettersen, Alan Walker, Lars Kristian Rosness, Marcus Arnbekk, Fredrik Borch Olsen, James Njie, Jesper Borgen, Tommy La Verdi, Atle Pettersen, William Larsen, Au/Ra & Andrew Frampton. Lagu ini rilis pada tahun 2018. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Alan Walker ~ Darkside (Official Video)

0 Response to "Makna Dibalik Lagu : Alan Walker ~ Darkside"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel