Pencarian

Makna Dibalik Lagu blink-182 ~ Happy Days: Mencari hakikat kebahagiaan

Lagu Happy Days nya Blink 182, berusaha menceritakan tentang seseorang (kita andaikan sebagai si penulis lagu) yang mempunyai masalah dalam kehidupanya. Dalam frustasi akan masalahnya tersebut, ia kemudian berfikir untuk mengubah hari-harinya menjadi bahagia, atau simpelnya bersikap bahagia ditengah hidup yang sulit.

Lagu ini seolah ingin menekankan pada kita bahwa sesulit dan sepelik apapun hidup yang kita jalani, jangan terus meratapi dan menangisinya. Bergembiralah, hadapi semua itu dengan senyuman. Siapatahu dengan sikap seperti itu beban dalam pikiran kita bisa berkurang sehingga kita dapat dengan mudah mengatasi semua masalahnya.

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.

Verse 1:
Hey, kid, don't quit your daydream yet
Hei nak, jangan hentikan lamunanmu
I know you feel locked out in the cold
Aku tahu kau merasa terkunci dalam kedinginan
Seems like you’re lost and alone
Tampaknya kau juga tersesat dan kesepian
Hey, kid, don't listen to your head
Hey nak, jangan dengarkan kepalamu
It only fills you with dread and with doubt
Itu hanya akan membuatmu takut dan ragu
Left looking for an easy way out
Pergilah mencari jalan keluar yang mudah
Verse 1, dimulai dengan dialog batin antara si penulis lagu dengan dirinya sendiri. Lewat lirik “Hey, kid, don't quit your daydream yet,” penulis lagu seolah menasihati dirinya sendiri untuk tak menghapus harapan dan mimpi-mimpi didalam hidupnya. Verse 1 juga menerangkan bahwa sesulit apapun hidup yang kita jalani, kita itu harus berkepala dingin agar bisa meselesaikan dan mencari jalan keluar sebuh permasalahan dengan mudah.

Pre-Chorus:
I know you don't know
Aku tahu apa yang tak kau ketahui
Oh no, you don’t know
Apa yang tak kau ketahui
Orang yang paling mengetahui perasaan kita adalah diri sendiri. Begitupun pengandaian di lirik ini.

Chorus:
I wanna feel happy days, happy days
Aku ingin merasakan hari-hari bahagia, hari-hari bahagia
Happy days, happy days
Hari-hari bahagia, Hari-hari bahagia
Walls of isolation inside of my pain
Dinding pengasingan dalam rasa sakitku
And I don't know if I'm ready to change
Dan aku tak tahu apa aku siap tuk berubah
I wanna feel happy days, happy days
Aku ingin merasakan hari-hari bahagia, hari-hari bahagia
Happy days, happy days
Hari-hari Bahagia, hari-hari bahagia
All of this frustration inside of my brain
Semua kekecewaan menyelimuti otakku
And I don't know if I'm ready to change
Dan aku tak tahu apakah aku siap tuk berubah
Hari yang Bahagia, hidup yang Bahagia, begitulah yang ingin orang harapkan. Lirik ini seolah mengatakan pada kita sesulit apapun hidup yang kita jalani, kita itu harus tetap merasa Bahagia dihari-hari kita. Lirik ini sangat menyentuh hati saya terutama tentang bagaimana blink mendefinisikan tentang kata kebahagiaan. Ya, Bahagia itu bukan tentang kita punya apa, bukan tentang materi atau apapun. Bahagia itu adalah tentang perasaan yang kita buat sendiri. Sebaik apapun hidup, jika kita tak merasa Bahagia kita tak akan Bahagia. Bahagia adalah perasaan yang diciptakan oleh kita sendiri.

Verse 2:
Some nights you call for the jaws of life
dibeberapa malam kau memanggil rahang kehidupan
To pull you out of the crash
Untuk menarikmu keluar dari kehancuran
A forgotten ghost from your past
Hantu yang terlupakan dari masa lalumu
When enough doesn't cut it
Ketika cukup, tak bisa mengurangi semua itu
When you're backed up against a wall
Saat kau bersandar di dinding
Is it the life that you wanted
Apakah ini kehidupan yang kau inginkan
When you could never have it all
Saat kau tak pernah bisa memilikinya
Lirik “Some nights you call for the jaws of life” dapat dimaknai bahwa penulis lagu menginginkan seseorang untung menasihatinya. Rahang adalah symbol bicara, dan bicara biasanya berisi sebuah nasihat.

Bridge:
Face down in the deep end
Tertunduk di ujung jalan
Face down every weekend
Tertunduk setiap akhir pekan
Face down and I’m bleeding
Tertunduk dan aku berdarah
There's no sound when you're leaving
Tak ada suara saat kau pergi
We faced all of our demons
Kita menghadapi semua iblis
We chased all of our dreams and
Kita mengejar semua mimpi-mimpi dan
Don't know where it leads us
Tak tahu ke mana semua itu menuntun kita
We don’t care at all
Kita tak peduli sama sekali
Bridge adalah evaluasi dari si penulis lagu tentang hidupnya. Selama ini ia merasa hidupnya tak Bahagia, jadi ia terus merasa tak Bahagia. lewat lirik ini penulis lagu seolah ingin membenahi lagi semua rasa itu, menjadikan rasa tak Bahagia dalam pikirannya menjadi rasa yang Bahagia seperti yang sudah dijelaskan pada reff/chorus lagu.

Outro:
I wanna feel happy days
Aku hanya ingin merasakan hari-hari bahagia
Yap, penulis lagu hanya ingin hidupnya penuh Bahagia.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, dapat kita simpulkan bahwa Lagu Happy Days nya Blink 182, berusaha menceritakan tentang seseorang (kita andaikan sebagai si penulis lagu) yang mempunyai masalah dalam kehidupanya. Dalam frustasi akan masalahnya tersebut, ia kemudian berfikir untuk mengubah hari-harinya menjadi bahagia, atau simpelnya bersikap bahagia ditengah hidup yang sulit.

Lagu ini seolah mengatakan pada kita sesulit apapun hidup yang kita jalani, kita itu harus tetap merasa Bahagia dihari-hari kita. Lagu ini sangat menyentuh hati saya terutama tentang bagaimana blink mendefinisikan tentang kata kebahagiaan. Ya, Bahagia itu bukan tentang kita punya apa, bukan tentang materi atau apapun. Bahagia itu adalah tentang perasaan yang kita buat sendiri. Sebaik apapun hidup, jika kita tak merasa Bahagia kita tak akan Bahagia. Bahagia adalah perasaan yang diciptakan oleh kita sendiri.

Yang dapat kita pelajari dari lagunya:
Lagu ini seolah ingin menekankan pada kita bahwa sesulit dan sepelik apapun hidup yang kita jalani, jangan terus meratapi dan menangisinya. Bergembiralah, hadapi semua itu dengan senyuman. Siapatahu dengan sikap seperti itu beban dalam pikiran kita bisa berkurang, sehingga kita dapat dengan mudah mengatasi semua masalahnya.

Ingatlah satu hal, kebahagiaan tidak selalu berada pada orang yang hidupnya penuh dengan kemudahan tanpa masalah, tetapi kebahagiaan seringkali dirasakan oleh orang yang selalu berhasil dalam mengatasi berbagai permasalahan hidup. Jadi ketika kapu punya masalah, jangan buru-buru bersedih, melainkan hadapi masalah tersebut dengan kepala dingin sehingga jika masalah tersebut bisa selesai kamu akan merasa Bahagia. Bahagia itu simple kok, tinggal kita saja menyikapinya bagaimana.









*Penulis lirik lagu Happy Days adalah Sam Hollander, Tim Pagnotta, Matt Skiba, Travis Barker & Mark Hoppus. Lagu ini rilis pada tahun 2019. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu blink-182 ~ Happy Days: Mencari hakikat kebahagiaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel