Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Michael Jackson ~ Heal the World

Lagu “Heal the World” bercerita tentang harapan-harapan baik seseorang, untuk mewujudkan perubahan hidup yang damai dan hagia di kehidupan kita. Dikatakan pada lagu ini bahwa semua orang bisa mengubah dunia kearah lebih baik lagi, asalkan mereka punya cinta di dalam hati mereka, punya kepedulian, punya empati terhadap sesama, saling tolong menolong. Sehingga, jika sudah banyak orang-orang baik, maka dunia tempat kita hidup ini juga akan berubah jadi baik kedepanya.

Oke, agar semuanya menjadi lebih jelas, mari kita maknai keseluruhan lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Intro: Child
Think about the generations and say that we want to make it a better place for our children, and our children's children, so that they know it's a better world for them
Pikirkanlah tentang sebuah generasi dan katakan bahwa kita ingin menjadikannya tempat yang lebih baik untuk anak-anak kita, sehingga mereka tahu tentang dunia yang lebih baik bagi mereka
And think, if they can make the world a better place...
Dan pikirkan, jika mereka dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik ...
Lirik intro ini, ada dalam bagian video klip, yang dapat dimaknai sebagai harapan dari seseorang (penulis lagu) yang menginginkan dunia ini agar lebih baik lagi. dunia yang baik dan penuh hal positif tentunya akan bertahan lama dan bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak.

Verse 1
There's a place in your heart
Ada sebuah tempat di dalam hatimu
And I know that it is love
Dan aku tahu tempat itu adalah cinta
And this place could be much brighter than tomorrow
Dan tempat tersebut bisa jadi lebih cerah daripada esok
And if you really try
Dan jika kau benar-benar berusaha
You'll find there's no need to cry
Kau tak perlu lagi menangis
In this place you will feel there's no hurt or sorrow
Di tempat ini kau tak akan merasa sakit atau sedih lagi
Dalam verse pertama, penulis lagu berusaha membangkitkan ketidaksadaran bahwa setiap manusia itu memiliki hati. Selain itu, penulis lagu juga percaya bahwa di setiap hati manusia, ada cinta. Dengan menyisipkan kata “hati” dan “cinta” dalam lirik, penulis lagu seolah bisa menggetarkan hati pendengarnya. Kita tahu bahwa hati adalah simbol dari ketulusan seseorang, karena didalam hati ada sebuah cinta dan perasaan kasih sayang.

Dengan demikian, jika seseorang sudah punya perasaan cinta dan kasih sayang didalam hatinya, seseorang tersebut pasti akan jadi orang baik, yang bisa menolong sesama, dan menjadikan dunia ini lebih baik dan lebih cerah kedepanya..

Pre-Chorus 1:
There are ways to get there
Ada banyak cara tuk sampai ke sana
If you care enough for the living
Jika kau peduli pada kehidupan
Make a little space
Berilah ruang kecil
Make a better place
jadikanlah tempat yang lebih baik
Penlis lagu juga seolah mengatakan tak susah kok menjadi orang baik. Kita hanya perlu peka terhadap kehidupan di sekitar kita. Jika kita menyisipkan sedikit saja cinta dalam diri kita, kita pasti jadi orang baik yang peduli terhadap lingungan dan sesama. Ga ada yang gak mungkin untuk menjadikan dunia ini lebih baik, asal kita punya niat.

Chorus:
Heal the world
Menyembuhkan dunia
Make it a better place
Jadikan dunia ini tempat yang lebih baik
For you and for me and the entire human race
Untukmu dan untukku dan untuk seluruh manusia
There are people dying
Banyak orang sekarat
If you care enough for the living
Jika kau peduli pada kehidupan
Make a better place
Jadikan tempat yang lebih baik
For you and for me
Untukmu dan untukku
Pada baris chorus/reff, penulis lagu kembali menegaskan lagi tentang harapan-harapanya, agar dunia di masa depan berubah menjadi dunia yang lebih baik lagi. di lirik lagu ini penulis lagu juga seolah mengatakan bahwa dunia yang kita tinggali ini sudah sangat kejam, banyak orang sekarat mati karena mungkin kelaparan, peperangan, dan lain sebagainya. Namun, banyak orang tidak peduli dengan kondisi ini. Karena itu, penulis lagu seolah mengajak untuk membuat dunia kembali normal, mengajak kita untuk membuad dunia lebih damai dengan semua cinta dalam hati kita. Dunia yang damai akan menimbulkan kebahagiaan yang luar biasa dalam kehidupan. Bukan hanya untuk orang lain, tetapi juga untuk diri kita sendiri.

Verse 2:
If you want to know why
Jika kau ingin tahu alasannya
There's a love that cannot lie
Ada cinta yang tidak bisa bohong
Love is strong, it only cares for joyful giving
Cinta itu kuat, Ia hanya peduli pada pemberian yang ikhlas
If we try, we shall see
Jika kita, berusaha kita kan melihat
In this bliss we cannot feel
Di dalam kebahagiaan ini kita tak dapat merasakan
Fear or dread, we stop existing and start living
Ketakutan atau kengerian, Kita berhenti ada dan mulai hidup
Then it feels that always
Lalu selalu terasa
Love's enough for us growing
Cinta saja cukup bagi kita untuk tumbuh
Make a better world, make a better world
Jadikan dunia yang lebih baik
Verse kedua, penulis lagu kembali menekankan tentang mengapa cinta sangat penting dalam kehidupan manusia. Cinta itu kuat, berarti tidak mudah putus dan dapat memecahkan masalah yang sulit. Apalagi cinta juga tidak bisa berbohong. Dengan memberikan cinta, akan ada ketulusan, tidak berbohong, dan cinta hanya memberikan kebahagiaan dan kesenangan. Lirik ini seolah menegaskan bahwa kunci kebahagiaan manusia itu terlihat dari seberapa banyak ia memiliki cinta dan kasih sayang. Jika kita memiliki semua itu, dan berbagi semua cinta kita kepada semua manusia, percayalah hidup kita akan Bahagia, percayalah dunia ini akan lebih baik.

Bridge:
And the dream we were conceived in will reveal a joyful face
Dan mimpi yang kami bayangkan akan mengungkapkan wajah yang ceria
And the world we once believed in will shine again in grace
Dan dunia yang pernah kita percayai akan bersinar lagi dalam karunia kasih
Then why do we keep strangling life?
Lalu mengapa kita terus mencekik kehidupan?
Would this Earth crucify its soul?
Akankah Bumi ini menyalib jiwanya?
Though it's plain to see
Meskipun jelas untuk dilihat
This world is heavenly
Dunia adalah surgawi
Be God's glow
Jadilah kilau Tuhan
Bride adalah pertanyaan penulis lagu. Jika kita sudah punya cinta di dalam hati kita, punya kepedulian, punya empati terhadap sesama, saling tolong menolong, jangan biarkan lagi dunia hancur. Jangan biarkan lagi dunia berkorban dan menyalib dirinya. Dunia itu bagai surge jika diisi oleh orang yang penuh rasa kepedulian dan cinta, dan yang bisa mengubah semua itu adalah diri kita sendiri.

Verse 3:
We could fly so high
Kita bisa terbang sangat tinggi
Let our spirits never die
Jangan biarkan jiwa kita mati
In my heart I feel
Di hatiku kurasakan
You are all my brothers
Kalian semua adalah saudaraku
Create a world with no fear
Ciptakan dunia tanpa rasa takut
Together we'll cry happy tears
Bersama-sama kita kan menangis bahagia
See the nations turn their swords into plowshares
Melihat negara-negara mengganti pedang mereka dengan papan tulis
We could really get there
Kita bisa benar-benar sampai di sana
If you cared enough for the living
Jika kau peduli pada kehidupan
Make a little space to make a better place
Berilah ruang kecil tuk membuat tempat yang lebih baik
Oleh sebab itu di lirik terakhir ini, penulis lagu menyuruh kita untuk mempertahankan cinta yang ada dalam diri kita agar tak mati. Sekalipun raga kita sekarat, jangan biarkan cinta dalam hati kita mati. Kareana hanya cintalah yang bisa membuat seorang dengan seorang lain saling tolong menolong.

Kesimpulan:
Dunia yang kita tinggali ini sudah sangat kejam, banyak orang sekarat, mati, karena mungkin kelaparan, peperangan, dan lain sebagainya. Namun, banyak orang tidak peduli dengan kondisi ini. oleh sebab itu, lewat lagu ini penulis lagu ingin berangan-angan dan mengajak para pendengarnya untuk mewujudkan perubahan hidup yang damai dan hagia di kehidupan kita, di dunia yang kita tinggali ini. Dikatakan pada lagu ini bahwa semua orang bisa mengubah dunia kearah lebih baik lagi, asalkan mereka punya cinta di dalam hati mereka, punya kepedulian, punya empati terhadap sesama, saling tolong menolong. Sehingga, jika sudah banyak orang-orang baik, maka dunia tempat kita hidup ini juga akan berubah jadi baik kedepanya.

Penlis lagu juga seolah mengatakan bahwa menjadi orang baik itu tak susah kok. Kita hanya perlu peka terhadap kehidupan di sekitar kita. Jika kita menyisipkan sedikit saja cinta dalam diri kita, kita pasti jadi orang baik yang peduli terhadap lingungan dan sesama. Ga ada yang gak mungkin untuk menjadikan dunia ini lebih baik, asal kita punya niat.

Oleh sebab itu, penulis lagu menyuruh kita untuk mempertahankan cinta yang ada dalam diri kita agar tak mati. Sekalipun raga kita sekarat, jangan biarkan cinta dalam hati kita mati. Kareana cinta dalam hati kita adalah kunci kebahagiaan manusia, yang bisa membuat seorang dengan seorang lain saling tolong menolong, peduli, berempati, dan berkasih sayang. Jika kita memiliki semua itu, dan berbagi semua cinta kita kepada semua manusia, percayalah hidup kita akan Bahagia, percayalah dunia ini akan lebih baik.

Hal yang dapat kita pelajari dari lagunya:
Heal the World adalah lagu yang indah. Lagu ini seolah mengingatkan pada kita agar punya rasa cinta dalam hati kita, punya rasa empati, punya rasa saling peduli dengan orang-orang sekitar maupun lingkungan.  Lagu ini seolah menginspirasi kita untuk membantu siapa saja yang membutuhkan bantuan. tak peduli apa ras atau latar belakang seseorang, kita hanya ingin membantu dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, lebih hebat dan penuh kebahagiaan. Lagu ini juga seolah punya pesan tersirat bahwa jika kita memberikan cinta kasih pada seseorang pasti suatu saat juga kita akan diberi cinta kasih oleh orang lain. Pun jika kita punya rasa kepedulian terhadap orang lain pasti suatu saat kita juga dipedulikan oleh orang lain. Oleh sebab itu, jadilah orang yang baik yang bisa mengajak orang berbuat baik, agar dunia dipenuhi orang-orang baik dengan cinta dihati mereka. Semoga kamu bisa menjadi orang yang Michael Jackson maksud 😊







*Penulis lirik lagu Heal the World adalah Michael Jackson. Lagu ini rilis tahun 1991. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Michael Jackson ~ Heal the World "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel