Pencarian

Memaknai hidup yang sulit: Makna Dibalik Lagu Coldplay ~ Every Teardrop Is a Waterfall


Jika kita perhatikan secara seksama, lagu “Every Teardrop Is a Waterfall” punya kemirikan tema dengan lagu Paradise-nya colplay, Yaitu mencoba mengubah hal-hal buruk menjadi hal-hal yang baik. Lagu ini juga seolah menekankan bahwa sesulit apapun hidup yang kita jalani, tetaplah kita harus bersyukur, kita harus ceria, dan tidak bersedih dalam menyikapinya.

Kata “Teardrop Is a Waterfall” (dalam Bahasa Indonesia berarti “tiap tetes air mata adalah air terjun”) punya beberapa makna yang berbeda. Ada yang memaknai, bahwa setiap kesedihan yang menimpa kita (Teardrop), kita itu tak boleh bersedih karena dari kesedihan tersebut lah kita akhirnya bisa belajar dan menemukan berbagai kebahagiaan layanya keindahan air terjun (waterfall). Atau bisa juga dimaknai sebagai sebuah kesedihan yang ada dalam hidup kita (teardrop), harus kita ubah kearah yang lebih membahagiakan (waterfall).

Oke untuk lebih jelasnya kita maknai saja keseluruhan liriknya. baca sampai habis, kesimpulan ada diakhir tulisan.

Verse 1:
I turn the music up, I got my records on
Kukeraskan musiknya, kuputar rekaman-rekamanku
I shut the world outside until the lights come on
Kututup diri dari dunia luar hingga terang tiba
Maybe the streets alight, maybe the trees are gone
Mungkin jalanan benderang, mungkin pepohonan tlah hilang
I feel my heart start beating to my favorite song
Kurasakan jantungku mulai berdetak seiring lagu kesukaanku
And all the kids they dance, all the kids all night
Dan anak-anak pun menari, anak-anak sepanjang malam
Until monday morning feels another life
Hingga senin pagi terasa seperti hidup yang lain
I turn the music up
Kukeraskan musiknya
I'm on a roll this time
Aku sedang beruntung kali ini
And heaven is in sight
Dan surga terlihat
Verse 1, diawali dengan cerita tentang kesedihan yang dialami oleh si penulis lagu. Dilirk ini secara tersirat digambarkan bahwa jika kita sedang mengalami kesulitan hidup, maka jangan terus-terusan terlarut dengan kesedihan, buatlah hati kita gembira dengan hal-hal seperti mendengarkan musik kesukaan kita. Disini penulis lagu berusaha menghibur kesedihanya dengan memutar musik agar moodnya kembali membaik.

Verse 2:
I turn the music up, I got my records on
Kukeraskan musiknya, kuputar rekaman-rekamanku
From underneath the rubble sing a rebel song
Dari bawah puing-puing terdengar lagu pemberontakan
Don't want to see another generation drop
Tak ingin kulihat satu generasi lagi jatuh
I'd rather be a comma than a full stop
Aku memilih jadi “koma” daripada “titik”
Maybe I'm in the black, maybe I'm on my knees
Mungkin aku gelap, mungkin aku berlutut
Maybe I'm in the gap between the two trapezes
Mungkin aku berada di celah antara dua batang besi senam
But my heart is beating and my pulses start
Tapi jantungku berdetak dan denyutku hidup
Cathedrals in my heart
Katedral ada di hatiku
Lirik yang menarik di verse 2 dalah lirik “I'd rather be a comma than a full stop” yang dapat dimaknai bahwa dalam menjalani hidup ini memang banyak rintangan yang harus kita hadapi, boleh saja kita bersedih dan berhenti sejenak layaknya (koma), namun jangan sampai kita berhenti dan menyerah layaknaya (titik)

Pre-Chorus:
As we saw, oh, this light
Seperti yang kita lihat, oh, cahaya ini
I swear you, emerge blinking into
Aku bersumpah padamu, (cahaya) muncul berkedip
To tell me it's alright
Seolah memberitahuku bahwa semua baik-baik saja
As we soar walls
Saat kita lompati dinding,
Every siren is a symphony
tiap sirine adalah simponi
Karena dalam setiap kesedihan itu pasti selalu memunculkan “cahaya” (jalan keluar), jika kita terus-terusan berusaha. Lirik “As we soar walls/every siren is a symphony” menggambarkan tentang seseorang yang melarikan diri melompati pagar, namun ketahuan sehingga sirine berbunyi, bukanya malah takut seseorang tersebut malah menganggap sirine tersebut sebagai sebuah Simponi music yang indah. Lirik tersebut jika kita maknai lebih dalam dapat berarti bahwa kita itu harus berusaha sekeras mungkin untuk keluar dari keedihan hidup (bagai melompati tembok), tak peduli apa kata orang (sirine) tetap saja berusaha sekuat mungkin.

Chorus:
And every tear's a waterfall
Dan tiap tetes air mata adalah air terjun
Is a waterfall, oh
Adalah air terjun
Is a waterfall, oh-oh-oh
Adalah air terjun
Is a, is a waterfall
Adalah air terjun
Every tear Is a waterfall, oh-oh-oh
tiap tetes air mata adalah air terjun
Yap, karena di setiap kesedihan yang menimpa kita (Teardrop), kita itu tak boleh bersedih karena dari kesedihan tersebut lah kita akhirnya bisa belajar dan menemukan berbagai kebahagiaan layanya keindahan air terjun (waterfall).

Bridge:
So you can hurt, hurt me bad
Jadi kau bisa sangat menyakitiku
But still I'll raise the flag
Tapi tetap saja kan kukibarkan bendera ini
Walau mungkin hidup kita sulit, walau mungkin banyak orang yang menykiti kita, kita tak boleh menyerah, kita harus mengibarkan bendera perlawanan. Kita gak boleh menyerah terhadap satu orang yang menyakiti kita.

Kesimpulan:
Seetelah kita maknai keseluruhan liriknya, lagu Every Teardrop Is a Waterfall mengisahkan seorang pria (penulis lagu) yang punya kehidupan yang sangat sulit. untuk membuatnya tak sedih dalam menghadapi hidupnya, ia pun mendengarkan musik dengan keras-keras sebagai pelipur lara. Dilirk ini secara tersirat digambarkan bahwa jika kita sedang mengalami kesulitan hidup, maka jangan terus-terusan terlarut dengan kesedihan, buatlah hati kita gembira dengan hal-hal seperti mendengarkan musik kesukaan kita. Karena seperti itulah hidup, banyak susahnya dibanding senangnya. dalam menjalani hidup ini memang banyak rintangan yang harus kita hadapi, boleh saja kita bersedih dan berhenti sejenak layaknya (koma), namun jangan sampai kita berhenti dan menyerah layaknaya (titik). Kita harus tetap berusaha, karena jika kita terus berusaha kita pasti menemukan jalan keluar.

mencoba mengubah hal-hal buruk menjadi hal-hal yang baik, mencoba tersenyum walau hidup ini pahit, dan terus-terusan mencoba tanpa kenal menyerah, mungkin itulah inti dari lagu ini. kesedihan layaknya setetes air mata yang jatuh, selalu membuat kita terus-terusan belajar agar bisa menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya layaknya keindahan air terjun. Lagu yang luar biasa.







*Penulis lirik lagu Every Teardrop Is a Waterfall adalah Will Champion, Moses Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman & Chris Martin. Lagu ini rilis tahun 2011. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.


0 Response to "Memaknai hidup yang sulit: Makna Dibalik Lagu Coldplay ~ Every Teardrop Is a Waterfall"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel