Makna Dibalik Lagu: I Don’t Love You ~ My Chemical Romance

Lagu “I don't love you” merupakan lagu terpilu yang pernah diciptakan MCR. Lagu ini berkisah tentang seorang pria (penulis lagu) yang tak mau lagi mempertahankan hubungan percintaanya. Tak jelas kenapa pria tersebut ingin sekali mengakhiri hubunganya, namun jika kita cermati liriknya, sepertinya ia dan pasanganya selalu bertengkar dan muak dengan semua itu. daripada putus nyambung, putus nyambung dan

Secara singkat, makna lagu I Don’t Love You bercerita tentang seorang pria yang sudah tak mencintai kekasihnya lagi. Sehingga ia menyuruh kekasihnya untuk pergi saja dari hidupnya dan menyuruh kekasihnya untuk tak mencintainya lagi.

Tak jelas kenapa pria tersebut ingin sekali mengakhiri hubungan-nya. Namun jika kita cermati liriknya, sepertinya ia dan kekasihnya selalu bertengkar, dan muak dengan semua pertengkaran itu. Daripada pertengkaran itu terus berlanjut, pria dilirik lagu ini pun berkomitmen untuk pergi dari hidup kekasihnya.  Baca Juga: Terjemahan Arti Lirik Lagu I Don’t Love You

Oke, untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu  I Don’t Love You secara detil, mari kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan

Verse 1:
Well, when you go
(Saat kau pergi)
Don't ever think I'll make you try to stay
(Jangan pernah berpikir aku kan berusaha menahanmu)
And maybe when you get back
(Dan mungkin saat kau kembali)
I'll be off to find another way
(Aku sudah pergi mencari jalan lain)

Makna lirik verse 1: Lagu dibuka dengan cerita tentang pertengkaran antara seorang Pria dengan kekasihnya. Karena muak dengan pertengkaran, Pria itu pun seolah berjanji kalau ia takkan menahan kepergian dari sang kekasih, dan mempersilahkan sang kekasih untuk pergi meninggalkanya (Well when you go, Don't ever think I'll make you try to stay / Saat kau pergi, Jangan pernah berpikir aku kan berusaha menahanmu). Pun jika kekasihnya tetap bertahan dan kembali, pria tersebut tetap ingin mencari jalan lain tuk meninggalkan kekasihnya.

Pre-Chorus 1:
And after all this time that you still owe
(Dan setelah sekian lama waktu yang masih belum kau balas)
You're still the good-for-nothing I don't know
(Kau tetap orang baik yang tak kukenal)
So take your gloves and get out
(Maka pakailah sarung tanganmu dan pergilah)
Better get out
(Lebih baik pergi)
While you can
(Selagi kau masih bisa)


Makna Lirik Pre-corus 1: Kenyataanya, hubungan antara pria tersebut dengan kekasihnya memang sudah tak harmonis lagi, karena mereka selalu bertengkar. Jadi pria tersebut seolah menyuruh pasanganya “pergi” saja, daripada hubungan itu terus dilanjutkan, maka ujung-ujungnya pasti ada pertengkaran lagi, dan pasti ada yang terluka lagi. Jadi lebih baik pergi saja selagi masih bisa.

Chorus/Reff:
When you go
(Saat kau pergi)
Would you even turn to say
(Akankah kau kan berbalik dan berkata)
"I don't love you, like I did Yesterday"
("Aku tak lagi mencintaimu, seperti kemarin")


Makna Lirik Chorus/Reff: Pria tersebut sudah tak mencintai kekasihnya lagi, sehingga ia terus-terusan berharap kalau kekasihnya juga tak lagi mencintainya. Karena mungkin hubungan mereka sudah tak ada lagi yang perlu dipertahankan. 

Verse 2:
Sometimes I cry so hard from pleading
(Terkadang aku menangis sangat keras karena memohon)
So sick and tired of all the needless beating
(Sangat muak dan lelah dengan semua pertengkaran yang tak perlu ini)
But baby when they knock you down and out
(Namun kasih saat sesuatu membuatmu terjatuh)
It's where you oughta stay
(Di situlah kau harus tinggal)


Makna Lirik Verse 2: Berbagai cara telah dilakukan pria tersebut untuk dapat mempertahankan cintanya, termasuk menangis, memohon dan mengemis agar hubungan itu jadi baik-baik saja (Sometimes I cry so hard from pleading / Terkadang aku menangis sangat keras karena memohon). Namun yang ia dapatkan hanyalah rasa sakit, lelah dan muak karena lagi-lagi ia harus bertengkar dengan kekasihnya (So sick and tired of all the needless beating / Sangat muak dan lelah dengan semua pertengkaran yang tak perlu ini)

Pre-chorus 2:
And after all the blood that you still owe
(Dan setelah semua darah yang masih belum kau balas)
Another dollar's just another blow
(Uang tambahan hanya menjadi pukulan lain)
So fix your eyes and get up
(Maka obatilah matamu dan bangkitlah)
Better get up
(Lebih baik bangkit)
While you can
(Selagi kau bisa)


Makna Lirik Pre-chorus 2: Setelah semua pertengkaran, setelah luka teramat dalam, setelah sakit berdarah-darah, maka sudah tak bisa dipungkiri lagi kalau seharusnyalah hubungan mereka berakhir (And after all the blood that you still owe / Dan setelah semua darah yang masih belum kau balas). Hubungan itu memang tak layak untuk dipertahankan dan berpisah mungkin adalah cara terbaik untuk menghapus luka dan airmata.

Kesimpulan Makna Lirik Lagu I Don’t Love You:

Setelah kita nterpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, makna lagu I Don’t Love You bercerita tentang seorang pria yang sudah tak mencintai kekasihnya lagi. Sehingga ia menyuruh kekasihnya untuk pergi saja dari hidupnya dan menyuruh kekasihnya untuk tak mencintainya lagi. Walaupun kekasihnya tetap bertahan, pria tersebut tetap ingin mencari jalan lain tuk meninggalkan kekasihnya.

Alasan pria tersebut ingin sekali mengakhiri hubungan-nya, karena hubungan antara ia dan kekasihnya sudah tak harmonis lagi. Mereka sering bertengkar, dan dari pertengkaran itu timbul rasa sakit yang teramat dalam. Jika hubungan itu terus dilanjutkan, maka ujung-ujungnya pasti ada pertengkaran lagi, dan pasti ada yang terluka lagi. Jadi lebih baik pergi saja selagi masih bisa.

Berbagai cara telah dilakukan pria tersebut untuk dapat mempertahankan cintanya, termasuk menangis, memohon dan mengemis agar hubungan itu jadi baik-baik saja. Namun yang ia dapatkan hanyalah rasa sakit, lelah dan muak karena lagi-lagi ia harus bertengkar dengan kekasihnya. Maka tak bisa dipungkiri lagi, sudah seharusnyalah hubungan mereka pantas untuk diakhiri.

Pesan Moral Lirik Lagu I Don’t Love You

Lagu I don't love you merupakan lagu terpilu yang pernah diciptakan MCR, jadi lirik lagu ini punya pesan moral yang cukup menyentuh hati. Lagu  I Don’t Love You seolah mengajarkan pada kita untuk tak mempertahankan cinta yang hanya menyakiti. Jika kita sudah sakit hati, jika kita sudah tak bahagia lagi, dan jika kita sudah punya alasan kuat untuk pergi, maka jangan pernah ragu-ragu meninggalkan pasangan yang adanya hanya menyakiti hati kita.

Demi bahagiamu, meninggalkan pasangan yang selalu menyakiti, adalah suatu pilihan. Karena bertahan dalam hubungan yang menyakitkan hanya akan membuatmu merasa makin sakit, kecewa bahkan trauma dan hilang kepercayaan terhadap orang-orang lain di sekitarmu.

Informasi Lirik Lagu I Don’t Love You

*Penulis lirik lagu I Don’t Love You adalah Bob Bryar, Ray Toro, Mikey Way, Frank Iero dan Gerard Way. Lagu I Don’t Love You rilis pada tanggal 23 Oktober 2006. Lagu I Don’t Love You masuk ke dalam album The Black Parade (2006). Sedangkan interpretasi terjemahan arti pada lirik lagu I Don’t Love You berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi arti dan terjemahan di lirik lagu I Don’t Love You milik My Chemical Romance ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi makna pada lagu I Don’t Love You milik My Chemical Romance ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi makna di lirik lagu I Don’t Love You milik My Chemical Romance ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

I Don’t Love You ~  My Chemical Romance (Official Music Video)