Pencarian

Makna Dibalik Lagu: I Don’t Love You ~ My Chemical Romance


Lagu “I don't love you” merupakan lagu terpilu yang pernah diciptakan MCR. Lagu ini berkisah tentang seorang pria (penulis lagu) yang tak mau lagi mempertahankan hubungan percintaanya. Tak jelas kenapa pria tersebut ingin sekali mengakhiri hubunganya, namun jika kita cermati liriknya, sepertinya ia dan pasanganya selalu bertengkar dan muak dengan semua itu. daripada putus nyambung, putus nyambung dan selalu menyakkiti, baiknya memang sebuah hubungan diakhiri saja. Dan jika sudah putus ya putus saja, jangan balikan lagi.

Oke, untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan

Verse 1:
Well, when you go
Saat kau pergi
Don't ever think I'll make you try to stay
Jangan pernah berpikir aku kan berusaha menahanmu
And maybe when you get back
Dan mungkin saat kau kembali
I'll be off to find another way
Aku sudah pergi mencari jalan lain
Pria dalam lagu ini, sudah tak cinta lagi dengan pasanganya. Hal tersebut tersirat dari lirik verse 1 ini, pria tersebut mempersilahkan pasanganya pergi meninggalkanya, ia tak akan menahanya. Pun jika kekasihnya tetap bertahan dan kembali, pria tersebut tetap ingin mencari jalan lain tuk meninggalkan pasanganya.

Pre-Chorus 1:
And after all this time that you still owe
Dan setelah sekian lama waktu yang kau masih belum kau balas
You're still the good-for-nothing I don't know
Kau tetap orang baik yang tak kukenal
So take your gloves and get out
Maka pakailah sarung tanganmu dan pergilah
Better get out
Lebih baik pergi
While you can
Selagi kau masih bisa
Pre-corus 1 menerangkan lebih lanjut, jika mungkin hubungan antara pria tersebut dengan pasanganya sudah tak harmonis lagi. jadi pria tersebut dalam lirik ini seolah menyuruh pasanganya “pergi” saja, daripada ada yang terluka lagi. pria tersebut menganggap pasanganya dalam lrik ini sebagai orang yang baik, jadi pria tersebut seolah tersirat tak mau menyakiti pasanganya tersebut

Chorus:
When you go
Saat kau pergi
Would you even turn to say
Akankah kau kan berbalik dan berkata
"I don't love you like I did Yesterday"
"Aku tak lagi mencintaimu seperti kemarin"
Pria tersebut sudah tak mencintai pasanganya, sehingga ia terus-terusan berharap pasanganya juga tak lagi mencintainya layaknya kemarin, ia berharap pasanganya pergi saja. Karena mungkin hubungan mereka sudah tak ada lagi yang dipertahanka. Entah kenapa si pria selalu menyuruh pasanganya pergi, mungkin pasanganya tersebut telah melukai hati si pria sehingga si pria sakit hati.

Verse 2:
Sometimes I cry so hard from pleading
Terkadang aku menangis sangat keras karena memohon
So sick and tired of all the needless beating
Sangat muak dan lelah dengan semua pertengkaran yang tak perlu ini
But baby when they knock you down and out
Namun kasih saat sesuatu membuatmu terjatuh
It's where you oughta stay
Di situlah kau harus tinggal
Verse 2 menerangkan kembali, jika mungkin hubungan antara pria tersebut dengan pasanganya sudah tak harmonis lagi. banyak pertengkaran yang terjadi, banyak tangis air mata yang terjadi, sehingga  si  pria sudah muak dengan pasanganya

Pre-chorus 2:
And after all the blood that you still owe
Dan setelah semua darah yang masih belum kau balas
Another dollar's just another blow
Uang tambahan hanya menjadi pukulan lain
So fix your eyes and get up
Maka obatilah matamu dan bangkitlah
Better get up
Lebih baik bangkit
While you can
Selagi kau bisa
Whoa, whooa
Hubungan yang tak harmonis memang tak layak untuk dipertahankan. Dengan berpisah, maka si pria dan pasanganya akan segera bangkit, dan tak selalu bertengkar terus lagi.

Kesimpulan:
Setelah kita nterpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, dapat di simpulkan bahwa lagu ini bercerita tentang seorang pria (penulis lagu) yang tak lagi mencintai pasanganya, sehingga ia menyuruh pasanganya untuk pergi saja, ia juga berharap pasanganya “tak mencintainya lagi”. sepertinya hubungan mereka sudah tak harmonis lagi, jadi sudah tak ada lagi yang dipertahanka. Entah kenapa si pria selalu menyuruh pasanganya pergi, mungkin pasanganya tersebut telah melukai hati si pria sehingga si pria sakit hati dan seolah membenci pasanganya tersebut.

Lagu ini seoalah menekankan pada kita jika kita sudah sakit hati, jika kita tak Bahagia lagi, jika kita sudah punya alasan kuat untuk pergi, maka jangan pernah ragu-ragu meninggalkan pasangan kita. Dari pada kita terus-terusan sakit kan, mending kita akhiri saja. Dan inget (khusunya pada pria) kalo udah putus ya putus saja, jangan pernah merengek kembali, pregang dan teguhlah pada prinsip layaknya pria di lagu ini.







*Penulis lirik lagu I Don’t Love You adalah My Chemical Romance. Lagu ini rilis tahun 2006. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.


3 Responses to "Makna Dibalik Lagu: I Don’t Love You ~ My Chemical Romance "

  1. Klo cewek gue yg putusin, udh pasti gue ga akan mau balikan lagi, beda cerita klo sebaliknya... Entah knp. Gue ga tegas mungkin.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel