Pencarian

Mencintai dalam diam: Makna Dibalik Lagu Pamungkas ~ One Only


Kamu pernah mencintai seseorang dalam diam? Jika pernah, mungkin kamu perlu banyak-banyak dengar lagu ini. lagu ini sepertinya mengisahkan tentang Pamungkas (si penulis lagu) yang secara diam-diam mencintai wanita pujaanya. Lagu ini seolah ingin mengungkapkan bahwa mencintai secara diam-diam itu merupakan sebuah kebahagiaan, dan tentunya rasa cinta tersebut harus selalu diperjuangkan dong agar suatu saat bisa diungkapkan.

Hhhmmhh seperti itukah kisah yang tersebunyi dari lagu ini? untuk lebih jelasnya kita maknai dan interpretasi saja keseluruhan liriknya. baca sampai habis yaa.. kesimpulan ada di akhir tulisan. Oh iya, jika kalian hanya ingin terjemahan dari lirik lagunya saja, klik www.artiliriklagu.com. karna terjemahan di postingan ini diambil dari blog tersebut.

Verse 1:
Oo, There you are
Disana kau rupanya
Sittin' still all stripes and lonely
Terduduk diam dan sendirian
Hidin', wishin', waitin'
Bersembunyi, berharap, menunggu
While I'm, Here I am
Sementara aku, aku masih saja disini
Standin' still stare at you only
Masih berdiri hanya menatapmu
Everythin' gets blurry
Segalanya menjadi buram
siapa bilang menyukai seseorang diam-diam itu bikin nyesek? Tak selamanya keengganan mengungkapkan perasaan itu bikin sesak dada, banyak hal positif yang bisa membuatmu bahagia dan nyaman mencintai dalam keheningan layakna di lirik ini. yap, orang yang mencintai dengan diam biasanya akan sangat gembira jika melihat wanita/pria yang kita cintai, walau dari jauh, walau tak tergapai, kita masih saja ingin bertahan untuk terus memandanginya.

Pre-chorus:
All I want is just to stay
Yang ku ingin hanyalah terus bertahan
You can't shake me
Kau takkan bisa menggoyahkanku
I would never dare Let go
Aku takkan pernah mampu melepasmu
Through the talkin' and the walkin'
sepanjang pembicaraan dan perjalanan
I will give you all my lovin'
kan kuberikan padamu seluruh cintaku
Lirik selanjutnya ingin menarasikan bahwa orang yang mencintai dalam diam itu harus konsisiten. Konsisiten terhadap perasaanya, untuk perlahan-lagai mulai mengunggkapkan, konsisiten menunggu seseorang yang kita cintai dalam diam untuk menyambut kita.

Chorus:
Start countin' all the days
Mulai menghitung hari-hari
Forever I will stay with you
Selamanya aku kan bersamamu
With you one only you
Denganmu, satu, hanya kamu
Go far and roam about
(kau) pergi jauh dan berkelana
Comeback and callin' out to me
(jadi) kembalilah dan panggil namaku
To me one only me
padakuku, satu, hanya aku
Chorus/reef adalah tindaklanjut dari perasaan terpendam penulis lagu. Untuk kemudian perlahan-lahan mulai mengungkapkan rasanya tersebut pada wanita pujaanya. Perlahan-lahan hari demi hari.

Verse 2:
Oh I’m in love
Oh Aku sedang jatuh cinta
What did i do to deserve you
Apa yang harus ku lakukan agar pantas untukmu
You tell me what did i do
Katakanlah apa yang harus kulakukan
To be with you love
Agar bisa bersamamu, kasih
To be the one you runnin’ into
Untuk jadi satu-satunya yang kamu tuju
When the days do come through
ketika hari-hari tersebut tiba
Rasa takut bukanlah alasan utama seseorang memendam perasaannya. Lirik ini seolah ingin memberi gambaran pada kita bahwa memendam sebuah cinta itu perlu, karena kita harus mepelajari dulu pribadi orang yang kita sayangi, karena kita harus mengukur apakah kita pantas mendampingi seseorang yang kita cintai tersebut. Jika belum pantas, maka berusahalah memantaskan diri….

Bridge:
Well I’m luckiest
Aku sngat beruntung
To be the one
Menjadi seseorang
Be the one
Menjadi seseorang
To get you, to get you now
Yang mendapatkanmu, mendapatkanmu sekarang
Well I’m happiest
Aku sangat bahagia
To found the one
Menemukan seseorang
Found the one
Menemukan seseorang
Found the one only kinda love
Menemukan seseorang yang selalu kucintai
Lirik ini adalah klimaks dari kisah di lirik lagunya. Dimana sepertinya cinta terpendam si penulis lagu akhirnya terbalas dan penulis lagu sangat Bahagia. hhhmmhh

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, lagu One Only mengisahkan kisah percintaan pamungkas (si penulis lagu) yang memendam perasaan cintanya secara diam-diam kepada wanita yang ia cintai. Agu ini memandang bahwa mencintai dalam diam, mengagumi dalam diam, adalah suatu kebahagiaan yang luar biasa. Jangankan mengobrol dengannya, memandangnya dari kejauhan saja sudah bahagia. Melihat si dia tersenyum dari jauh saja sudah cukup membuat kita bahagia. Bahkan kita selalu bersyukur setiap ia tersenyum. Kita juga belajar ikhlas dan tulus ikut berbahagia tatkala ia berbahagia meski si dia tersenyum bukan karena kita.

Lagu ini juga memandang bahwa rasa takut bukanlah alasan utama seseorang memendam perasaan cintanya. Lagu ini seolah ingin memberi gambaran pada kita bahwa memendam sebuah cinta itu perlu, karena kita harus mepelajari dulu pribadi orang yang kita sayangi, karena kita harus mengukur apakah kita pantas mendampingi seseorang yang kita cintai tersebut. Jika belum pantas, maka berusahalah memantaskan diri…. Dan setelah sudah pantas maka ungkapkanlah rasa cinta tersebut secara perlahan.

Yang dapat kita pelajari dari lagunya:
Jodoh ada di tangan Tuhan. Tak ada seorang pun yang tahu dengan siapa jodoh kita. Siapapun boleh berencana namun Tuhan lah yang punya kehendak. Ada kalanya kehendak Tuhan dan keinginan seorang hamba berbeda. Pun jua bisa jadi kehendak Tuhan dan kemauan seorang hamba malah sama. Ranah perjuangan manusia ialah berusaha dan berproses.

Mencintai dengan diam pun adalah sebuah proses dan usaha. Mereka yang memilih cara ini biasanya lebih fokus mengembangkan potensi diri. Karena mereka sadar bahwa untuk meraih masa depan nan membahagiakan tidak cukup dengan perasaan cinta semata. Semua butuh proses perjuangan dengan perlahan-lahan. Hmmhh lagu yang luar biasa…





*Penulis lirik lagu One Only adalah Rizky Pamungkas. Lagu ini rilis tahun 2018. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.
Pamungkas ~ One Only (Official Video)


2 Responses to "Mencintai dalam diam: Makna Dibalik Lagu Pamungkas ~ One Only"

  1. Mantap. Simak juga sumber/referensi dari terjemahan lagu One Only tersebut selengkapnya di www.artiliriklagu.com

    ReplyDelete
  2. Katanya one only malah sorryy , yah gajelas nih artikel wkwkwk

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel