Mencintai dalam diam: Makna Dibalik Lagu Pamungkas ~ One Only

Makna lagu One Only bercerita tentang Pamungkas, yang secara diam-diam jatuh cinta pada seorang wanita. Lirik (Oh I’m in love, what did i do to deserve you? / Oh Aku sedang jatuh cinta, apa yang harus ku lakukan agar pantas untukmu) menjelaskan kalau Pamungkas terpaksa harus memendam perasaan cintanya, karena ia berfikir kalau dirinya tak begitu pantas jika harus bersanding dengan wanita itu.

Meski banyak orang mudah mengungkapkan rasa cinta kepada orang lain, lagu One Only seolah ingin mengungkapkan kalau ada juga kok orang yang memilih untuk memendam rasa cintannya jauh di dalam hati. Tidak mengharapkan untuk diketahui bahkan tidak mengharapkan untuk memiliki, hanya karena faktor keminderan diri. 

Seperti itukah kisah yang tersebunyi dari lagu ini? untuk lebih jelasnya kita maknai dan interpretasi saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan. Oh iya, jika kalian hanya ingin terjemahan dari lirik lagunya saja, klik blog artiliriklagu.com karena terjemahan di postingan ini diambil dari blog tersebut.

Verse 1:
Oo, There you are
(Disana kau rupanya)
Sittin' still all stripes and lonely
(Terduduk diam dan sendirian)
Hidin', wishin', waitin'
(Bersembunyi, berharap, menunggu)
While I'm, Here I am
(Sementara aku, aku masih saja disini)
Standin' still stare at you only
(Masih berdiri hanya menatapmu)
Everythin' gets blurry
(Segalanya menjadi buram)

Makna lirik verse 1: Lirik lagu One Only bercerita tentang Pamungkas, yang secara diam-diam jatuh cinta pada seorang wanita. Lirik (While I'm, Here I am / Sementara aku, aku masih saja disini) menjelaskan kalau Pamungkas sedang mengamati wanita yang ia taksir. Pamungkas dari kejauhan melihat wanita itu duduk sendirian, namun ia tak mampu untuk mendekati wanita itu. Cinta yang tak mampu diungkapkan itupun serasa buram, karena semuanya serasa tak jelas.

Pre-chorus:
All I want is just to stay
(Yang ku ingin hanyalah terus bertahan)
You can't shake me
(Kau takkan bisa menggoyahkanku)
I would never dare Let go
(Aku takkan pernah mampu melepasmu)
Through the talkin' and the walkin'
(Sepanjang pembicaraan dan perjalanan)
I will give you all my lovin'
(Kan kuberikan padamu seluruh cintaku)

Makna lirik pre-chorus: Mencintai dalam diam, adalah sebuah perasaan yang serba salah. Ingin mempertahankan rasa cinta, tapi tak mampu tuk mengungkapkan. Ingin melepaskan, tapi sudah terlanjur sayang. Namun, lirik (You can't shake me / Kau takkan bisa menggoyahkanku) seolah menarasikan kalau Pamungkas ingin mempertahankan rasa yang ia pendam tersebut. Lewat lirik ini pula,  Pamungkas seolah berpendapat kalau orang yang mencintai dalam diam itu harus konsisiten dan tak boleh goyah dalam mempertahankan rasa cintannya. Karena hanya dengan konsisten, menunggu waktu yang tepat, dan tak goyah terhadap hal apapun itulah kita bisa menahlukkan hati seorang wanita.

Chorus/reff:
Start countin' all the days
(Mulai menghitung hari-hari)
Forever I will stay with you
(Selamanya aku kan bersamamu)
With you one only you
(Denganmu, satu, hanya kamu)
Go far and roam about
(Pergi dan berkelanalah
Comeback and callin' out to me
(lalu kembalilah dan panggil aku)
To me one only me
(padakuku, satu, hanya aku)

Makna lirik chorus/reef: Perlahan-lahan hari demi hari, Pamungkas pun akhirnya berusaha muntuk mengungkapkan rasa cintanya pada wanita yang ia taksir tersebut (Start countin' all the days / Mulai menghitung hari-hari). Wanita itu boleh saja pergi dan berkelana kesegala arah (Go far and roam about / Pergi dan berkelanalah), namun saat momennya tiba dan keadaanya memungkinkan, Pamungkas pasti akan mengungkapkan semua rasa cintannya. 

Verse 2:
Oh I’m in love
(Oh Aku sedang jatuh cinta)
What did i do to deserve you
(Apa yang harus ku lakukan agar pantas untukmu)
You tell me what did i do
(Katakanlah apa yang harus kulakukan)
To be with you love
(Agar bisa bersamamu, kasih)
To be the one you runnin’ into
(Untuk jadi satu-satunya yang kau tuju)
When the days do come through
(ketika hari-hari tersebut tiba)


Makna lirik verse 2: Salah satu alasan kenapa Pamungkas memendam rasa cintanya, adalah karena ia minder dengan wanita tersebut. Ia seolah berfikir kalau dirinya tak begitu pantas jika harus bersanding dengan wanita tersebut (Oh I’m in love, what did i do to deserve you? / Oh Aku sedang jatuh cinta, apa yang harus ku lakukan agar pantas untukmu). Oleh sebab itu, Pamungkas kemudian berusaha memantaskan diri dengan mempelajari dulu pribadi wanita itu. 

Bridge:
Well I’m luckiest
(Aku sngat beruntung)
To be the one
(Menjadi seseorang)
Be the one
(Menjadi seseorang)
To get you, to get you now
(Yang mendapatkanmu, mendapatkanmu sekarang)
Well I’m happiest
(Aku sangat bahagia)
To found the one
(Menemukan seseorang)
Found the one
(Menemukan seseorang)
Found the one only kinda love
(Menemukan seseorang yang selalu kucintai)

Makna lirik bridge: Lirik ini adalah klimaks dari kisah di lirik lagu One Only. Dimana sepertinya cinta terpendam Pamungkas sudah ia ungkapkan pada wanita yang ia taksir tersebut, dan akhirnya terbalas. Tentunya pengungkapan rasa cinta itu selalu dibarengi dengan usaha yang berproses, sehingga Pamungkas merasa kalau ia adalah pria beruntung didunia karena ia berhasil menuntaskan rasa cintanya yang ia pendam dalam-dalam sejak lama.

Kesimpulan Makna dari Lirik Lagu One Only Milik Pamungkas

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, maka jelaslah kalau makna lagu One Only bercerita tentang Pamungkas, yang secara diam-diam jatuh cinta pada seorang wanita. Namun Pamungkas terpaksa harus memendam perasaan cintanya, karena ia berfikir kalau dirinya tak begitu pantas jika harus bersanding dengan wanita itu.

Bagi Pamungkas, mencintai dalam diam, adalah sebuah perasaan yang serba salah. Ingin mempertahankan rasa cinta, tapi tak mampu tuk mengungkapkan. Ingin melepaskan, tapi sudah terlanjur sayang. Oleh sebab itu, Pamungkas kemudian memantapkan hatinya untuk terus memperjuangkan perasaan itu. 

Perlahan-lahan hari demi hari, sambil berusaha untuk memantaskan diri, Pamungkas pun akhirnya menemukan momen yang tepat, dan kemudian langsung mengungkapkan rasa cintanya. Gayung pun bersambut, wanita itu membalas cinta dari Pamungkas. 

Tentunya pengungkapan rasa cinta itu selalu dibarengi dengan usaha yang berproses, sehingga Pamungkas merasa kalau ia adalah pria beruntung didunia karena ia berhasil menuntaskan rasa cintanya yang ia pendam dalam-dalam sejak lama.

Pesan Moral Lirik Lagu One Only Milik Pamungkas

Tak semua orang punya keberanian yang sama untuk menyampaikan isi perasaan saat jatuh cinta. Sebagian ada yang memilih untuk memendamnya sendiri dan mencintai dalam diam.Ada banyak alasan kenapa seseorang memilih untuk diam dan memendam perasaan. Mulai dari takut ditolak kalau menyatakan cintanya, merasa tidak pantas, hingga pribadinya yang memang pemalu dan pasif.

Lagu One Only punya pesan moral yang begitu inspiratif, bagi kamu yang sedang memendam cinta pada seseorang. Lagu ini menganggap kalau mengungkapkan cinta yang terpendam itu butuh proses dan usaha. Bagi kamu yang minder, berusahalah untuk memantaskan diri sebelum mengungkapkan rasa cinta. Bagi kamu yang pemalu, berusahalah untuk belajar bicara. Gak ada yang gak mungkin kalau kita berusaha. Kalau ditolak? ya usaha lagi, hehehe

Informasi Lirik Lagu One Only

*Penulis lirik lagu One Only adalah Rizky Pamungkas. Lagu One Only rilis pada tanggal 15 Juli tahun 2018. Lagu One Only masuk ke dalam album Walk the Talk (2018). Sedangkan interpretasi makna terjemahan arti pada lirik lagu One Only berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi dan makna pada lirik lagu One Only milik Pamungkas ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu One Only milik Pamungkas ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu One Only milik Pamungkas ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Pamungkas ~ One Only (Official Music Video)

3 Responses to "Mencintai dalam diam: Makna Dibalik Lagu Pamungkas ~ One Only"

  1. Mantap. Simak juga sumber/referensi dari terjemahan lagu One Only tersebut selengkapnya di www.artiliriklagu.com

    BalasHapus
  2. Katanya one only malah sorryy , yah gajelas nih artikel wkwkwk

    BalasHapus
  3. bagus deskripsinya ,benar benar menggabarkan apa arti dari lagu tersebut

    BalasHapus