Pencarian

Makna Dibalik lagu Coldplay ~ Orphans

Lagu “Orphans”, secara langsung mengisahkan tentang pemboman 2018 di Damaskus, ibukota Suriah. Yang dilakukan oleh AS, Inggris, dan Prancis. Negara-negara adikuasa tersebut melancarkan serangkaian serangan militer, yang melibatkan pesawat berawak dan peluru misil kendali, terhadap pemerintah suriah tanpa alasan yang kuat.

Pemboman brutal tersebut kemudian menyebabkan beberapa korban, di antaranya, seorang gadis bernama Rosaleen dan Baba-nya (ayahnya Rosaleen). Jadi lagu Orphans mengisahkan tentang mereka berdua, mereka berdua adalah orang-orang baik dan orang-orang tak bersalah yang harus mati karena kebiadaban dan keangkuhan negara-negara yang gemar untuk berperang.

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Intro:
I want to know when I can go
Back and get drunk with my friends
Boom boom kah, boom de kah
Boom boom kah, boom de kah
Boom boom kah, boom de kah
Kata “Boom boom ka” dalam lirik into ini, kedengarannya sangat menyenangkan, namun ternyata memiliki makna yang lebih dalam dan gelap. “Boom” pada dasarnya adalah metafora tentang suara bom, ledakan, atau rudal pada saat perang di timur tengah.  Lirik intro terdengar sangat sederhana, namun sebenarnya lirik ini adalah rangkuman dari tema keseluruhan lagu yang berfokus pada tema perang yang menimbulkan kesengsaraan.

Verse 1:
Rosaleen of the Damascene
Rosaleen dari damaskus
Yes, she had eyes like the moon
Ya, dia memiliki mata layaknya bulan
Would have been on the silver screen
Seharusnya ia berada di layar film
But for the missile monsoon
Namun bom misil kemudian menghujani
She went, "Woo woo, woo woo oo-oo-oo"
Diapun pergi, “woo woo wooo oo-oo-oo”
Indigo go up to heaven today
Indigo naik ke surga hari ini
Woo woo, woo woo oo-oo-oo
Woo woo wooo oo-oo-oo
With bombs going boom ba-boom-boom
Dengan ledakan bom, bam boom-boom
She say
Ia kemudian berkata
Didalam verse 1 lirik lagu, digambarkan tentang seorang gadis bernama Rosaleen yang tingggal di kota damaskus. Ia anak yang cantik dan baik, matanya digambarkan seperti bulan. Namun semua keindahan tersebut musnah ketika bom-bom mulai menghujani kota damaskus dan membunuhnya. Lirik ini menyimpan berubu makna yang sanga-sangat menyedihkan jika kita amat.

Chorus:
I want to know when I can go
Aku hanya ingin tahu kapan aku bisa pergi
Back and get drunk with my friends
Kembali dan bisa bersenang-senang dengan teman-temanku lagi
I want to know when I can go
Aku hanya ingin tahu kapan aku bisa pergi
Back and be young again
Kembali dan bisa menjdai anak-anak lagi
Dalam sekaratnya tersebut, ia Rosaleen memikirkan tentang masa-masa kecil masa dimana semuanya membahagiakan. Dan satu-satunya yang dapat mengembalikan masa-masa indah tersebut ketika ia bisa masuk surga, dan karena ia anak baik dan tak bersalah, ia pasti masuk surga.
Lirik chorus seolah juga menggambarkan harapan para pengungsi-pengungsi perang layaknya Rosaleen. Mereka tentu ingin keluar dari peperangan, ingin peperangan segera berakhir, sehingga mereka bisa kembali lagi ke masa muda dan bermain bersama teman-teman. Seperti kehidupan manusia pada umumnya.

Verse 2:
Baba would go where the flowers grow
ayahku akan pergi ke tempat bunga-bunga tumbuh
Almond and peach trees in bloom
Ketempat dimana pohon almond dan persik mekar
And he would know just when and what to sow
Dan dia akan tahu kapan dan apa yang harus ditanam
So golden and opportune
Dia sangat baik dan layak
He went, "Woo woo, woo woo oo-oo-oo"
Diapun pergi, Woo woo, woo woo oo-oo-oo
Tulips the colour of honey today
Bunga tulip punya warna kasishsayang hari ini
It's true true, woo woo oo-oo-oo
Semua itu memang benar, woo woo oo-oo-oo
With bombs going boom ba-boom-boom
Dengan ledakan bom, bam boom-boom
He say
Diapun berkata
Dalam verse 2 lirik lagu, cerita lagu kemudian mengarah pada Baba (ayah Rosaleen). Ayah Rosaleen adalah seorang petani almond dan buah persik, yang tahu kapan musim tanam datang. Baba adalah orang yang baik dan tak bersalah yang kemudian harus terbunuh karena bom-bom perang tersebut.
Di verse 2 ini kita seolah digambarkan tentang kehidupan indah dan sederhana Rosaleen dan ayahnya yang seorang petani sebelum pengeboman terjadi di damaskus. pohon Almond, pohon persik, tulip, dan madu adalah ungkapan keindahan negerinya sebelum peperangan.

Bridge:
Cherub seraphim soon
Malaikat bersayap segeralah
Come sailing us home by the light of the moon
Ayo berangkat, kita pulang dengan cahaya bulan
Dalam lirik digambarkan bahwa dalam sekaratnya mereka berdua dijemput oleh Cherub seraphim (malaikat bersayap) yang menandakan bahwa Rosaleen dan si baba adalah orang baik yang akan masuk surga karena pemboman tersebut.
Cherub dan Seraphim, menurut kepercayaan adalah dua malaikat yang dipercaya membawa manusia ke alam yang baru setelah mati.

Outro:
Woo woo, woo woo oo-oo-oo
I guess we'll be raised on our own then
ku kira kita akan dibangkitkan sesudah ini
Woo woo, woo woo oo-oo-oo
I want to be with you 'til the world ends
Aku ingin bersamamu sampai dunia berakhir
I want to be with you 'til the whole world ends
Aku ingin bersamamu sampai seluruh dunia berakhir
Boom boom ka, buba de ka
Boom boom ka, buba de ka
Boom boom ka, buba de ka
Boom boom ka, buba de ka
Boom
Di bagian outro kembali terdengar kata “Boom”. Jika dikulik lagi, lirik di bagian outro seolah menggambarkan ungkapan hati para anak-anak di negara yang sedang konflik.
Ketika semua orang baik terbunuh, ketika anak-anak terbunuh akibat perang yang kejam, mereka kemudian akan berharap saat mereka masuk surga nati mereka bisa bertemu bersama-sama lagi dan hidup dengan Bahagia, layaknya kehidupan Bahagia sebelum perang. Lagu yang sangat menyedihkan.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, dapat disimpulkan bahwa Lagu Orphans, secara langsung mengisahkan tentang pemboman 2018 di Damaskus, ibukota Suriah. Yang dilakukan oleh AS, Inggris, dan Prancis. Negara-negara adikuasa tersebut melancarkan serangkaian serangan militer, yang melibatkan pesawat berawak dan peluru misil kendali, terhadap pemerintah suriah tanpa alasan yang kuat.

Pemboman brutal tersebut kemudian menyebabkan beberapa korban, di antaranya, seorang gadis bernama Rosaleen dan Baba-nya (ayahnya Rosaleen). Jadi lagu Orphans mengisahkan tentang mereka berdua, mereka berdua adalah orang-orang baik dan orang-orang tak bersalah yang harus mati karena kebiadaban dan keangkuhan negara-negara yang gemar untuk berperang.

Didalam verse 1 lirik lagu, digambarkan tentang seorang gadis bernama Rosaleen yang tingggal di kota damaskus. Ia anak yang cantik dan baik, matanya digambarkan seperti bulan. Namun semua keindahan tersebut musnah ketika bom-bom mulai menghujani kota dan membunuhnya. Dalam sekaratnya tersebut, ia kemudian memikirkan tentang masa-masa kecil masa dimana semuanya membahagiakan. Dan satu-satunya yang dapat mengembalikan masa-masa indah tersebut ketika ia bisa masuk surga, dan karena ia anak baik dan tak bersalah, ia pasti masuk surga.

Dalam verse 2 lirik lagu, cerita lagu kemudian mengarah pada Baba (ayah Rosaleen). Ayah Rosaleen adalah seorang petani yang baik dan tak bersalah yang kemudian harus mat karena bom-bom tersebut. Dalam lirik digambarkan bahwa dalam sekaratnya ia dijemput oleh Cherub seraphim (malaikat bersayap) yang menandakan bahwa si baba adalah orang baik yang akan masuk surga karena pemboman tersebut.

Lagu ini ditutup oleh lirik outro yang seolah menggambarkan ungkapan hati para anak-anak di negara yang sedang konflik. Ketika semua orang baik terbunuh, ketika anak-anak terbunuh akibat perang yang kejam, mereka kemudian akan berharap saat mereka masuk surga nati mereka bisa bertemu bersama-sama lagi dan hidup dengan bahagia, layaknya kehidupan bahagia sebelum perang. Lagu yang sangat menyedihkan.

Lagu yang sangat lur biasa, lagu yang seolah ceria namun menimbulkan sejuta makna tentang kepedihan anak-anak korban perang dan orang tuanya.

Yang dapat kita pelajari dari lagunya:
Perang hanya menimbulkan kesengsaraan dan kepedihan, itulah yang ingin disampaikan lebih dalam oleh Coldplay. Lirik-lirik didalam lagu Orphans juga mengomentari keindahan yang melekat dari kota Damaskus dan budaya Arab, dan bagaimana semuanya hilang setelah perang. Lagu yang sangat memilukan.

Penutup:
kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. jada, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah 😊





*Penulis lirik lagu Orphans adalah Will Champion, Moses Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman & Chris Martin. Lagu ini rilis tahun 2019. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Coldplay ~ Orphans (Official Video)

4 Responses to "Makna Dibalik lagu Coldplay ~ Orphans "

  1. Makasih penjelasannya kak, kami juga bikin artikel tentang ini dan sedianya bisa blogwalking. Kami juga mereferensikan blog kakak di artikel kami :) makna lagu Orphans Coldplay

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel