Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Everyday life ~ Coldplay

Lagu “Everyday life” mengisahkan tentang kehidupan kita sehari-hari yang harus kita jalani. Dikisahkan dalam lirik, bahwa kita kadang harus mengalami hidup yang sangat berat, kita kadang menangis, kita kadang berkonflik, kita kadang berbohong, kita kadang bermimpi namun ragu-ragu untuk mewujudkanya, dan semua itu membuat hati kita sangat sakit.

Dari semua rasa sakit itu, lagu ini seolah ingin menasihati kita agar tetap tangguh, agar tetap tersenyum dalam kesulitan, agar tetap menari walau dalam kesusahan, dan yang paling penting adalah selalu ingat tuhan layaknya lirik terakhir lagu.

Oke, untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
What in the world are we going to do?
Apa yang bisa kita lakukan di dunia ini?
Look at what everybody's going through
Lihatlah apa yang dialami semua orang
What kind of world do you want it to be?
Dunia seperti apa yang Kau inginkan?
Am I the future or the history?
Apakah aku kan jadi masa depan atau jadi sejarah?
Verse 1 menjelaskan tentang keadaan dunia yang kita tinggali sekarang, dimana semua orang sepertinya mengalami rasa sakit. Namun sesulit apapun hidup, jika kita bisa menyikapinya semua itu bisa kita lewati, jadi tergantung kita ingin menjadi manusia yang bersikap lebih baik (masa depan) atau hanya jadi sekedar sejarah atau masalalu yang dilupakan?

Chorus:
'Cause everyone hurts
Karena semua orang merasa sakit
Everyone cries
Semua orang menangis
Everyone tells each other all kinds of lies
Semua orang saling menceritakan kebohongan
Everyone falls
Semua orang jatuh
Everybody dreams and doubts
Semua orang bermimpi dan ragu-ragu
Got to keep dancing when the lights go out
teruslah menari ketika lampu padam
Seperti apa yang sudah disampaikan pada paragraph awal, lirik Chorus/reff, mengisahkan tentang kehidupan kita sehari-hari yang harus kita jalani. Dikisahkan dalam lirik, bahwa kita kadang harus mengalami hidup yang sangat berat, kita kadang menangis, kita kadang berbohong, kita kadang bermimpi namun ragu-ragu untuk mewujudkanya, dan semua itu membuat hati kita sangat sakit. Dilirik ini juga dijelaskan bahwa “semua orang” pernah mengalami sakit, aku pernah mengalaminya, kamu pernah mengalaminya, merekapun pernah mengalaminya, sehingga Baris-baris ini menyampaikan pesan kepada semua manusia bahwa kita tidak sendirian dan bahwa kita semua memiliki perasaan yang sama dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi lirik ini meminta kita untuk tak meratapi semua kesedihan karena bukan kita saja yang merasa sedih, namun semua orang pernah merasa sedih, jadilah Tangguh!

Verse 2:
How in the world I am going to see?
Bagaimana caraku melihat dunia ini?
You as my brother
Kau adalah saudara ku
...Not my enemy?
Bukan musuhku?
Verse 2 menjelaskan lebih lanjut bahwa dunia yang kita tempati ini penuh  dengan permusuhan dan konflik. Sehingga lirik ini seolah ingin mengajarkan pada kita bahwa bermusuhan itu tak baik, berkonflik itu tak baik. Karena semua manusia itu sama, hidup akan damai jika semua manusia selalu berbuat baik dan saling menganggap bahwa manusia lain itu adalah saudaranya.

Chorus 2:
Cause everyone hurts
Karena semua orang merasa sakit
Everyone cries
Semua orang menangis
Everyone sees the colour in each other's eyes
Semua orang melihat warna di matanya masing-masing
Everyone loves
Semua orang mencintai
Everybody gets their hearts ripped out
Semua orang mendapati hati mereka terkoyak
Got to keep dancing when the lights go out
teruslah menari ketika lampu padam
Gonna keep dancing when the lights go out
teruslah menari ketika lampu padam
Hold tight for everyday life
Pegang erat-erat untuk kehidupan sehari-hari
Hold tight for everyday life
Pegang erat-erat untuk kehidupan sehari-hari
Chorus 2/reff2, intinya sama dengan chorus pertama diatas tadi, tentang bagaimana orang-orang didunia ini mengalami rasa sakit.

Outro:
At first light
Pada cahaya pertama
Throw my arms out open wide
Kubuka tanganku lebar-lebar
Hallelujah
Hallelujah
Hallelu-halle-hallelujah
Hallelujah
Hallelujah
Hallelu-halle-hallelujah
Yes
Lirik outro atau lirik penutup menurut saya merupkan lirik yang paling penting. Lirik ini seolah menjelaskan pada kita dalam menjalani hidup sulit nan pelik kita itu harus selalu mengingat tuhan.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, dapat disimpukan bahwa lagu Everyday life mengisahkan tentang kehidupan kita sehari-hari yang harus kita jalani. Dikisahkan dalam lirik, bahwa kita kadang harus mengalami hidup yang sangat berat, kita kadang menangis, kita kadang berkonflik, kita kadang berbohong, kita kadang bermimpi namun ragu-ragu untuk mewujudkanya, dan semua itu membuat hati kita sangat sakit. Dari semua rasa sakit itu, lagu ini seolah ingin menasihati kita agar tetap tangguh, agar tetap tersenyum dalam kesulitan, agar tetap menari walau dalam kesusahan, dan yang paling penting adalah selalu ingat tuhan layaknya lirik terakhir lagu.

Lagu ini disebagian liriknya juga menjelaskan bahwa “semua orang” didunia ini pernah mengalami rasa sakit, aku pernah mengalaminya, kamu pernah mengalaminya, merekapun pernah mengalaminya. sehingga lagu ini seolah ingin menyampaikan pesan kepada semua manusia bahwa kita tidak sendirian dan bahwa kita semua memiliki perasaan yang sama dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi lagu ini juga meminta kita untuk tak meratapi semua kesedihan karena bukan kita saja yang merasa sedih, namun semua orang juga pernah merasa sedih.

jadilah Tangguh! karena sesulit apapun hidup, jika kita bisa menyikapinya, percaya saja semua itu bisa kita lewati. jadi tergantung kita ingin menjadi manusia yang bersikap lebih baik (masa depan) atau hanya jadi sekedar sejarah atau masalalu yang selalu saja dilupakan. Lagu yang luar biasa.





*Penulis lirik Everyday Life adalah Jonny Buckland, Guy Berryman, John Metcalfe, Will Champion & Chris Martin. Lagu ini rilis tahun 2019. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Everyday life ~ Coldplay (Official Video)

4 Responses to "Makna Dibalik Lagu: Everyday life ~ Coldplay"

  1. Lagu lagu coldplay memang selalu menginspirasi,,, thanks makna dan terjemahanya btw ��

    ReplyDelete
  2. Kalo haleluya itu artinya apa ya? Yg when i need a friend jg diulas maknanya dunk..

    ReplyDelete
  3. Lagu yang jenius, lirik jenius, band jenius. Nggak salah kalo Coldplay jadi salah satu band favorit

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel