Coldplay - Everyday life | Makna dan Arti Lirik Lagu

Makna lagu Everyday Life bercerita tentang kehidupan sehari-hari kita yang kadang penuh dengan kesedihan dan rasa sakit.

Everyday Life adalah salah satu lagu terhebat yang pernah ditulis oleh Coldplay. Lagu ini masuk ke dalam album Coldplay yang berjudul Everyday Life (2019). Jadi judul lagu dan albumnya sama, karena lagu ini adalah ringkasan cerita dari albumnya. Berikut merupakan makna dan arti dari lirik lagu Everyday life milik Coldplay.

Daftar Isi

Makna Lirik

Makna lagu Everyday Life bercerita tentang kehidupan sehari-hari kita yang kadang penuh dengan kesedihan dan rasa sakit. Dijelaskan dalam lirik lagunya, tiap-tiap orang yang menjalani hidup pastilah punya rasa sakit. Dalam hidup, kita kadang menangis, kita kadang kecewa, kita kadang berkonflik, kita kadang berbohong, kadang kita punya mimpi yang tak terwujud, dan semua itu membuat hati kita sangat sakit.

Saat diwawancarai oleh radio BBC 1 vokalis utama Coldply, Chris Martin kemudian menjelaskan secara tersirat tentang pemaknaan liriknya;

"It's all about just being human. Every day is great and every day is terrible and there is a lot of trouble, but there's also so much positivity and so much great life happening"

Lewat wawancara ini, Chris Martin seolah ingin menerangkan bahwa kita ini hanyalah manusia biasa yang tak pernah sempurna. Kita kadang menjalani hari-hari yang baik, namun juga bisa dihadapkan pada hal buruk, dan ada banyak masalah yang membuat hati kita bersedih.

Walaupun begitu, lagu Everyday Life seolah ingin menasihati kita agar tetap tangguh, agar tetap tersenyum dalam kesulitan, agar tetap menari walau dalam kesusahan, dan yang paling penting adalah kita diminta untuk selalu berfikir positif dan ingat dengan tuhan.

Analisis Lirik (Per-bait)

Lirik 1:
What in the world are we going to do?
(Didunia ini apa hal yang bisa engkau lakukan?)
Look at what everybody's going through
(Lihatlah apa yang dialami semua orang)
What kind of world do you want it to be?
(Dunia seperti apa yang engkau inginkan?)
Am I the future or the history?
(Apakah aku kan jadi masa depan atau kan jadi sejarah?)

Makna lirik 1: Coldplay lewat lirik lagu Everyday Life ini, berusaha menjelaskan pada kita jika kehidupan yang kita jalani ini, penuh dengan rasa sakit. Dan semua orang sepertinya pernah mengalami rasa sakit itu. Namun sesulit apapun hidup, selama kita bisa menyikapi-nya, semua itu bisa kita lewati. Jadi tergantung kita ingin menjadi manusia yang bersikap lebih baik untuk masa depan, atau hanya kan jadi manusia yang pasrah dan terlupakan oleh sejarah? (Am I the future or the history? / Apakah aku kan jadi masa depan atau jadi sejarah?).

Lirik 2:
How in the world I am going to see?
(Bagaimanakah caraku melihat dunia ini?)
You as my brother
(Kau adalah saudara ku)
...Not my enemy?
(Bukan musuhku?)

Makna lirik 2: Kehidupan ini penuh dengan rasa sakit. Oleh sebab itu, kita sebagai manusia haruslah saling membantu, saling tolong menolong. Bukan berkonflik dan menciptakan masalah baru yang lebih berat. Sebagai manusia, kita ini sodara, kita ini setara, dan bukankan akan indah kalau kita bisa dipersatukan?

Lirik 3 (reff):
'Cause everyone hurts
(Karena semua orang merasa sakit)
Everyone cries
(Semua orang menangis)
Everyone tells each other all kinds of lies
(Semua orang saling menceritakan kebohongan)
Everyone falls
(Semua orang jatuh)
Everybody dreams and doubts
(Semua orang bermimpi dan ragu-ragu)
Got to keep dancing when the lights go out
(Maka teruslah menari ketika lampu mulai padam)

Makna lirik 3 (reff): Sebagai manusia biasa yang tak pernah sempurna. Kita kadang menjalani hari-hari yang baik, namun juga bisa dihadapkan pada hal buruk. Kita juga bisa melakukan kesalahan, kita bisa gagal, bisa kecewa dan bisa menangis sejadi-jadinya.

Dari semua rasa sakit itu, kemudian kita disuruh oleh Coldplay untuk tetap tangguh, untuk tetap menari walau hidup kita suram (Got to keep dancing when the lights go out / Teruslah menari ketika lampu padam). Karena dibalik segala rasa sakit itulah, kita akhirnya bisa mendapatkan pelajaran yang berharga, untuk kehidupan kita dimasa depan.

Lirik 4:
At first light
(Saat cahaya pertama datang)
Throw my arms out open wide
(Kubuka tanganku lebar-lebar)
Hallelujah
(Haleluyaa)

Makna lirik 4: Ini adalah lirik penutup lagu. Dalam lirik ini kita diminta untuk selalu berfikir positif, selalu mengambil hikmah (bagai cahaya) dalam menghadapi kehidupan kita sehari-hari yang teramat sulit. Karena sejatinya, kehidupan sulit tersebut selalu bisa untuk kita rubah, asalkan kita selalu bersikap posituf dan selalu ingat Tuhan.

Arti Lirik

Arti kata Everyday life kehidupan sehari-hari. Lewat kata ini Coldplay berusaha memberitahu bahwa hidup ini tak konstan. Kita kadang menjalani hari-hari dengan kebahagiaan namun tiba-biba hari-hari kita berupah jadi hari-hari yang sulit. Seperti itulah kehidupan sehari-hari yang terus dijalani oleh manusia.

Verse 1:
What in the world are we going to do?
Didunia ini apa hal yang bisa engkau lakukan?
Look at what everybody's going through
Lihatlah apa yang dialami semua orang
What kind of world do you want it to be?
Dunia seperti apa yang engkau inginkan?
Am I the future or the history?
Apakah aku kan jadi masa depan atau kan jadi sejarah?

Chorus:
'Cause everyone hurts
Karena semua orang merasa sakit
Everyone cries
Semua orang menangis
Everyone tells each other all kinds of lies
Semua orang saling menceritakan kebohongan
Everyone falls
Semua orang jatuh
Everybody dreams and doubts
Semua orang bermimpi dan ragu (tuk mewujudkan)
Got to keep dancing when the lights go out
Maka teruslah menari ketika lampu mulai padam

Verse 2:
How in the world I am going to see?
Bagaimanakah caraku melihat dunia ini?
You as my brother
Kau adalah saudara ku
...Not my enemy?
Bukan musuhku?

Chorus 2:
Cause everyone hurts
Karena semua orang merasa sakit
Everyone cries
Semua orang menangis
Everyone sees the colour in each other's eyes
Semua orang melihat warna di matanya masing-masing
Everyone loves
Semua orang mencintai
Everybody gets their hearts ripped out
Semua orang mendapati hati mereka terkoyak
Got to keep dancing when the lights go out
Maka teruslah menari ketika lampu mulai padam
Gonna keep dancing when the lights go out
Teruslah menari ketika lampu mulai padam
Hold tight for everyday life
Berpeganglaherat-erat pada kehidupan sehari-hari
Hold tight for everyday life
Berpeganglah erat-erat pada kehidupan sehari-hari

Outro:
At first light
Saat cahaya muncul
Throw my arms out open wide
Kubuka tanganku lebar-lebar
Hallelujah
Halleluya
Hallelu-halle-hallelujah
Halleluya

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Everyday life Coldplay Chris Martin, Will Champion, Guy Berryman, Jonny Buckland Everyday life (2019) 3 November 2019 Parlophone Pop, Soft rock

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Everyday life milik Coldplay ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Oleh sebab itulah postingan di blog ini, masih jauh dari kata sempurna, maka jika kalian punya pemikiran lain dari lagu ini, mohon untuk menuliskan komentar dibawah.