Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Coldplay ~ Daddy

Lagu “Daddy” milik Coldplay, mengisahkan tentang seorang anak kecil yang sangat-sangat merindukan ayahnya. Tak jelas diterangkan dalam lagunya apakan ayahnya meninggal, atau hanya pergi meninggalkanya. Diterangkan dalam lirik lagunya, anak kecil dalam lirik lagu sedang merayakan hari ulangtahunya, dan satu-satunya permintaan anak kecil tersebut dihari ulangtahunya adalah ingin bertemu dengan ayahnya yang sangat-sangat ia rindukan dan cintai.

Lagu “Daddy” sedikit banyak mempunyai kemiripan dengan lagu Orphans yang rilis beberapa waktu lalu. Kedua lagu ini menurut saya sangat sangatlah sedih, karena tema lagunya sendiri menceritakan tentang anak-anak kecil yang harus merasakan sakit dan Pilu, diusia mereka yang masih dini

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
Daddy, are you out there?
Ayah, apakah kau di luar sana?
Daddy, won't you come and play?
Ayah, maukah kau datang dan bermain?
Daddy, do you not care?
Ayah, apakah kau tak peduli?
Is there nothing that you want to say?
Apakah tak ada yang ingin kau katakan?
Lagu 'Daddy' sendiri mengisahkan bagaimana rasa kehilangan dan kerinduan seorang anak pada ayahnya. Dalam verse 1 ini diterangkan, bahwa anak kecil tersebut seolah bertanya-tanya, kemanakah ayahnya pergi? Kenapa ayahnya tak kembali saja dan bermain denganya? Semua lirik ini sangat-sangat memilukan.

Pre-Chorus:
I know
aku tahu
You're hurting, too
Kau juga terluka
But I need you, I do
Tapi aku membutuhkanmu
Daddy, if you're out there
Ayah, jika kau di luar sana
Daddy, all I want to say
Ayah, yang ingin ku katakan adalah
Lirik “I know, You're hurting, too” seolah mengatakan dengan tegas bahwa ayah dari anak kecil tersebut tak meninggalkan nya secara sengaja dan tak melepas tanggung jawab pada buah hatinya.
Mereka mungkin berpisah karna keadaan, sehingga kedua belah pihak baik sang anak maupun sang ayah akan merasa sakit karena mereka harus terpisah.

Chorus:
You're so far away
Kau begitu jauh
Oh, you're so far away
Oh, kau begitu jauh
That's okay, that's okay
Tak apa, tak apa
I'm okay
Aku kan baik-baik saja
Ketika seorang ayahpergi meeeninggalkanya, seorang anak akan merasa jauh dari ayahnya karena ayahnya tak bisa tergapai. Namun semua perpisahan tersebut lambat laun akan diterima dengan iklas oleh sang anak, karena takdir mereka memang harus terpisah. Yaaa, takdir selalu berbicara.

Verse 2:
Daddy, are you out there?
Ayah, apakah kau di luar sana?
Daddy, why'd you run away?
Ayah, kenapa kau pergi?
Daddy, are you okay?
Ayah, apakah kau baik-baik saja?
Look Dad, we got the same hair
Lihat Ayah, kita punya rambut yang sama
And Daddy, it's my birthday
Dan Ayah, ini hari ulang tahunku
And all I want to say
Dan yang ingin ku katakan adalah
Layaknya verse 1, lirik di verse 2 menyiratkan bahwa anak tersebut tumbuh dan berkembang  dan menghabiskan waktu berlalu, tanpa ayahnya.
Lirik "why'd you run away? are you okay?" menyiratkan lebih lanjut bahwa anak tersebut lambat laun menjadi dewasa ia kemudian melontarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut pada ayahnya

Outro:
Won't you come and won't you stay?
Tidakkah kau datang dan tidakkah kau tinggal?
Please stay, oh, please stay
Kumohon tinggalah, kumohon tinggalah
Won't you come and won't you stay?
Tidakkah kau datang dan tidakkah kau tinggal?
One day, just one day
Sehari saja, hanya sehari
Anak itu hanya rindu, bagaimanapun ia sangat ridu dengan ayanya. Tapi kenyataanya, ayahnya memang pergi meninggalkanya dan ia harus iklas. Seiring bertambahnya usia anak tersebut semakin banyak pula pengalaman hidup, ia dengan berat hati menerima ayahnya pergi, dan memaafkan menghilangnya ayahnya yang tiba-tiba.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, dapat disimpulkan bahwa lagu “Daddy” milik Coldplay, mengisahkan tentang seorang anak kecil yang sangat-sangat merindukan ayahnya. Tak jelas diterangkan dalam lagunya apakan ayahnya meninggal, atau hanya pergi meninggalkanya. Diterangkan dalam lirik lagunya, anak kecil dalam lirik lagu sedang merayakan hari ulangtahunya, dan satu-satunya permintaan anak kecil tersebut dihari ulangtahunya adalah ingin bertemu dengan ayahnya yang sangat-sangat ia rindukan dan cintai.

Diterangkan dalam liriknya, bahwa seiring bertambahnya usia, anak kecil tersebut seolah bertanya-tanya, kemanakah ayahnya pergi? Kenapa ayahnya tak kembali saja dan bermain denganya? Semua lirik ini sangat-sangat memilukan. Lebih lanjut, lirik “I know, You're hurting, too” seolah mengatakan dengan tegas bahwa ayah dari anak kecil tersebut tak meninggalkan nya secara sengaja dan tak melepas tanggung jawab pada buah hatinya begitu saja. Mereka mungkin berpisah karna keadaan, sehingga kedua belah pihak baik sang anak maupun sang  akan merasa sakit karena mereka harus terpisah.

Tapi pada kenyataanya, ayahnya memang pergi meninggalkanya dan ia harus iklas. Seiring bertambahnya usia anak tersebut semakin banyak pula pengalaman hidup, ia dengan berat hati ia seolah menerima ayahnya pergi, dan memaafkan menghilangnya ayahnya yang tiba-tiba. Ia akan baik baik saja, ya ia akan baik-baik saja walaupun ayahnya pergi meninggalkanya layaknya lirik “That's okay, that's okay I'm okay

Yang dapat kita pelajari dari lagunya:
Lagu “Daddy” sedikit banyak mempunyai kemiripan dengan lagu Orphans yang rilis beberapa waktu lalu. Kedua lagu ini menurut saya sangat sangatlah sedih, karena tema lagunya sendiri menceritakan tentang anak-anak kecil yang harus merasakan sakit dan Pilu, diusia mereka yang masih dini

Lagu ini seolah menyampaikan pesan pada para orang tua untuk terus menjaga dan mencintai anaknya. Dilain pihak lagu ini juga seolah menyuruh para anak-anak untuk menyayangi oran tuanya selagi mereka masih ada. Terbaik.

Fakta tema lagunya:
Dalam sebuah wawancara bulan November 2019 dengan ENTERCOM, Chris Martin berbicara tentang tiga ide utama dari lagu tersebut; “Daddy” is partly about how I feel about myself as a dad, how I’m a bit too absent when I’m touring. Jadi jelas lah bawa lagu ini seolah bercerita tentang perasaan anak Chris martin (vokalis Coldplay) yang terus merindukan ayahnya, karena ayahnya terus bekerja tour music kesana kemari. jadi di lagu ini Chris martin seolah merasa bersalah pada anaknya.

Penutup:
kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. jada, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah 😊





*Penulis lirik lagu Daddy adalah Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman & Will Champion. Lagu ini rilis tahun 2019. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Coldplay ~ Daddy (Official Video)

1 Response to "Makna Dibalik Lagu: Coldplay ~ Daddy"

  1. Aku suka lagu ini, spt biasa Coldplay selalu menunjukkan kelasnya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel