Coldplay - Daddy | Makna dan Arti Lirik Lagu

Kata Daddy artinya adalah ayah, kata ini merujuk pada kesedihan seorang anak kecil yang kehilangan ayahnya, sehingga anak itu kemudian begitu merinduk

Daddy adalah lagu yang diciptakan oleh Coldplay dan masuk dalam album studio mereka yang berjudul Everyday Life. Banyak orang menganggap bahwa lirik lagu ini begitu menyayat hati, karena berhubungan dengan sosok keluarga terpenting kita yaitu ayah. Lagu ini merupakan lagu tersedih di dalam album Everyday Life. Berikut merupakan makna dan arti lirik lagu Daddy milik Coldplay.

Makna Lirik

Makna lagu Daddy milik Coldplay, mengisahkan tentang seorang anak kecil yang sangat-sangat merindukan ayahnya. Tak jelas diterangkan dalam lagunya apakan ayahnya meninggal, atau hanya pergi meninggalkanya. Yang jelas, lirik dibagian verse 2 yang berbunyi (And Daddy, it's my birthday / Dan Ayah, ini hari ulang tahunku) menerangkan kalau anak kecil dalam lirik lagu ini, sedang merayakan hari ulang tahunnya. dan satu-satunya permintaan anak kecil tersebut dihari ulang tahunnya adalah ingin bertemu dengan ayahnya, yang telah pergi meninggalkannya. Berikut merupakan interpretasi dan pemaknaan dari bait-bait liriknya;

Makna Lirik Verse 1: Lagu 'Daddy' sendiri mengisahkan bagaimana rasa kehilangan dan kerinduan seorang anak pada ayahnya. Lirik verse 1 yang berbunyi (Daddy, are you out there? Daddy, won't you come and play? Daddy, do you not care?) menjelaskan kalau anak kecil tersebut seolah bertanya-tanya, kemanakah ayahnya pergi? Kenapa ayahnya tak kembali saja dan bermain denganya? Semua lirik ini sangat-sangat memilukan.

Makna Lirik Pre-Chorus: Lirik (I know, You're hurting, too / Aku tahu kau juga terluka) seolah mengatakan dengan tegas bahwa ayah dari anak kecil tersebut tak meninggalkan nya secara sengaja dan tak melepas tanggung jawab pada buah hatinya. Mereka mungkin berpisah karena keadaan, sehingga kedua belah pihak baik sang anak maupun sang ayah akan merasa sakit karena mereka harus terpaksa terpisah.

Makna Lirik Reff/Chorus: Ketika seorang ayah pergi, seorang anak akan merasa jauh dari ayahnya karena ayahnya tak bisa tergapai, Oleh sebab itulah lirik (You're so far away / Kau begitu jauh) disisipkan. Namun semua perpisahan tersebut lambat laun akan diterima dengan iklas oleh sang anak. sehingga dikehidupan yang akan datang, sang anak terpaksa harus berkata baik-baik saja (That's okay, that's okay, I'm okay / Tak apa, tak apa aku kan baik-baik saja) karena mau gimana lagi. takdir mereka memang harus terpisah. Yaaa, takdir selalu berbicara, dan ketika takdir telah berbicara semua kadang tak dapat diubah.

Makna Lirik Verse 2: Tumbuh dan berkembang tanpa sosok seorang ayah merupakan pengalaman yang begitu menyakitkan, namun mau gimana, hidup toh kan terus berlanjut. Di lirik ini, alasan mengapa si anak dalam lagu ini bersedih juga terjawab, lewat lirik (And Daddy, it's my birthday / Dan Ayah, ini hari ulang tahunku) sang anak berusaha memberi tahu bahwa hari dimana ia sangat merindukan ayahnya adalam hari dimana ia berulang tahun. Menyedihkan bukan, andai hari ulang tahun mu sendiri tak dihadiri oleh orangtuamu, andai tumbuh kembangmu tak diawasi oleh orang tuamu.

Makna Lirik Outro: Anak di lirik lagu ini hanya rindu, bagaimanapun ia sangat ridu dengan ayahnya. Tapi kenyataannya, ayahnya memang pergi meninggalkannya dan ia harus ikhlas. Seiring bertambahnya usia anak tersebut semakin banyak pula pengalaman hidup, ia dengan berat hati menerima ayahnya pergi, dan memaafkan menghilangnya ayahnya yang tiba-tiba. Seraya berdoa pada sang kuasa agar kelak suatu hari ayahnya akan datang menemuinya, walau hanya sehari (Won't you come and won't you stay? One day, just one day / Tidakkah kau datang dan tidakkah kau tinggal? Sehari saja, hanya sehari).

Lagu Daddy dengan sempurna mengusung tema tentang rasa sakit anak-anak kecil yang ditinggalkan oleh orang tuanya. Album Everyday Life (2019), menurutku cerita liriknya sangat sangatlah sedih, karena kebanyakan tema lagunya sendiri menceritakan tentang anak-anak kecil yang harus merasakan sakit dan Pilu, diusia mereka yang masih muda.

Lagu Daddy juga seolah ingin menyampaikan pesan pada para orang tua untuk terus menjaga dan mencintai anaknya. Dilain pihak, lagu ini juga seolah menyuruh para anak-anak untuk menyayangi orang tuanya selagi mereka masih ada.

Saat diwawancarai oleh channel berita Audacy Music Chris Martin (vokalis Coldplay) menjelaskan bahwa inspirasi penulisan lagu ini, didasari oleh kerinduannya pada sang ayah. Dalam wawancara itu, ia lantas mengatakan;

"This song is partly how I feel about my dad. It’s a lot to do with certain people in my life, their dads have either left or are not really engaged / Lagu ini menceritakan tentang perasaanku terhadap ayahku. Ini banyak hubungannya dengan orang-orang tertentu dalam hidup saya, ayah mereka sudah pergi atau benar-benar sibuk"

Arti Lirik

Kata Daddy artinya adalah ayah, kata ini merujuk pada kesedihan seorang anak kecil yang kehilangan ayahnya, sehingga anak itu kemudian begitu merindukan sosok ayahnya. Lagu ini, sungguh menyayat hati karena tak ada seorang anak pun didunia ini yang akan rela kehilangan sosok seperti seorang ayah.

Verse 1:
Daddy, are you out there?
Ayah, apakah kau di luar sana?
Daddy, won't you come and play?
Ayah, maukah kau datang dan bermain?
Daddy, do you not care?
Ayah, apakah kau tak peduli?
Is there nothing that you want to say?
Apakah tak ada yang ingin kau katakan?

Pre-Chorus:
I know
Aku tahu
You're hurting, too
Kau juga terluka
But I need you, I do
Tapi aku membutuhkanmu
Daddy, if you're out there
Ayah, jika kau di luar sana
Daddy, all I want to say
Ayah, yang ingin ku katakan adalah

Chorus:
You're so far away
Kau begitu jauh
Oh, you're so far away
Oh, kau begitu jauh
That's okay, that's okay
Tak apa, tak apa
I'm okay
Aku kan baik-baik saja

Verse 2:
Daddy, are you out there?
Ayah, apakah kau di luar sana?
Daddy, why'd you run away?
Ayah, kenapa kau pergi?
Daddy, are you okay?
Ayah, apakah kau baik-baik saja?
Look Dad, we got the same hair
Lihat Ayah, kita punya rambut yang sama denganmu
And Daddy, it's my birthday
Dan Ayah, ini hari ulang tahunku
And all I want to say
Dan yang ingin ku katakan adalah

Chorus:
Is you're so far away
Mengapa kau begitu jauh
Oh, and you're so far away
Oh, dan kau begitu jauh
That's okay, that's okay
Tak apa, tak apa
I'm okay
Aku kan baik-baik saja

Bridge:
Ooh, ooh, ooh, ooh
(Ooh, ooh, ooh, ooh) You're so far away
Oh kau begitu jauh

Outro:
Won't you come and won't you stay?
Maukah kau datang dan maukah kau tetap disini?
Please stay, oh, please stay
Kumohon tetaplah disini, kumohon tetaplah disini
Won't you come and won't you stay?
Maukah kau datang dan maukah kau tetap disini?
One day, just one day
Satu hari saja

Informasi Lirik

*Penulis lirik lagu Daddy adalah Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman, Will Champion. Lagu Daddy rilis pada tanggal 20 November tahun 2019. Lagu Daddy masuk ke dalam album Everyday Life (2019). Sedangkan interpretasi terjemahan arti pada lirik lagu Daddy berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Coldplay - Daddy (Official Music Video)

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahan di lirik lagu dady milik coldplay ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu dady milik coldplay ini, terserah kalian ingin memaknainya, dan menerjemahkannya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu dady milik coldplay ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.