Billie Eilish ~ Lovely Ft Khalid | Terjemahan, Arti & Makna Lirik Lagu


Makna Singkat Lirik Lagu Billie Eilish ~ Lovely Ft. Khalid

Lagu “lovely” mengisahkan tentang dua orang (Billie Eilish & Khalid) yang terjebak dalam sebuah depresi. Kita tahu, bahwa depresi adalah penyakit mental yang ditandai dengan perasaan sedih yang intens, merasa tak berdaya, merasa sendirian, putus asa, dan tidak berharga. Jadi lagu ini merupakan lagu yang sangat menyedihkan.

Diceritakan dalam lirik lagunya Billie Eilish & Khalid sebenarnya telah menemukan jalan untu mengobati depresinya. Namun yang namanya depresi, kadang sembuh kadang juga tiba-tiba kembali. Dalam lirik lagu, juga diterangkan bahwa depresi yang diderita Billie Eilish & Khalid bagaikan sebuah belenggu yang memenjarakan mereka, sehingga mereka terus-menerus ingin keluar dari rasa itu walau harus ribuan tahun lamanya.

Lagu ini disebut "lovely/indah" karena berkisah menyedihkan. Loh kok bisa gitu? Ya bisa lah, karena Blllie kan penyuka kesedihan, jadi menurut dia, seseoatu yang indah itu ya seseuatu yang menyedihkan.

Berikut merupakan terjemahan bahasa indonesia lagu lovely. Baca sampai habis ya, interpretasi, pemaknaan dan kesimpulan lirik lagu lovely ada di akhir terjemahan.

Terjemahan & Arti Lirik Lagu Billie Eilish ~ Lovely Ft. Khalid

Verse 1: Billie Eilish & Khalid
Thought I found a way
Kukira tlah temukan jalan
Thought I found a way out (found)
Kukira tlah temukan jalan keluar
But you never go away (never go away)
Tapi kau tak pernah pergi
So I guess I gotta stay now
Jadi, kurasa aku harus tetap di sini

Pre-Chorus 1: Billie Eilish & Khalid
Oh, I hope some day I'll make it out of here
Oh, kuharap kelak aku bisa pergi dari sini
Even if it takes all night or a hundred years
Meski jika butuh waktu semalaman atau ribuan tahun
Need a place to hide, but I can't find one near
Butuh tempat sembunyi, tapi tak kutemukan satu tempat yang dekat
Wanna feel alive, outside I can't fight my fear
Ingin rasakan hidup, di luar aku tak bisa melawan rasa takutku

Chorus: Billie Eilish with Khalid
Isn't it lovely, all alone
Bukankah indah, sepenuhnya sendiri
Heart made of glass, my mind of stone
Hati terbuat dari kaca, pikiranku dari batu
Tear me to pieces, skin to bone
Hancur leburkan aku, kulit hingga tulang
Hello, welcome home
Halo, selamat datang di rumah

Verse 2: Khalid with Billie Eilish
Walking out of time
Berjalan di waktu yang salah
Looking for a better place (looking for a better place)
Mencari tempat yang lebih baik
Something's on my mind
Ada sesuatu di benakku
Always in my head space
Selalu di ruang kepalaku

Pre-Chorus 2: Billie Eilish & Khalid
But I know someday I'll make it out of here
Tapi kutahu kelak aku pasti bisa pergi dari sini
Even if it takes all night or a hundred years
Meski jika butuh waktu semalaman atau ribuan tahun
Need a place to hide, but I can't find one near
Butuh tempat sembunyi, tapi tak kutemukan satu tempat yang dekat
Wanna feel alive outside I can't fight my fear
Ingin rasakan hidup, di luar aku tak bisa melawan rasa takutku

Chorus: Billie Eilish with Khalid
Isn't it lovely, all alone
Bukankah indah, sepenuhnya sendiri
Heart made of glass, my mind of stone
Hati terbuat dari kaca, pikiranku dari batu
Tear me to pieces, skin to bone
Hancur leburkan aku, kulit hingga tulang
Hello, welcome home
Halo, selamat datang di rumah

Outro: Khalid, Billie Eilish, Khalid & Billie Eilish
Woah, yeah
Yeah, ah
Woah, woah
Hello, welcome home
Halo, selamat datang di rumah

Interpretasi dan Pemaknaan Lirik Lagu Billie Eilish ~ lovely

Lirik Verse 1: Lagu ini menceritakan Eilish & Khalid yang ingin keluar dari penyakit mental berupa depresi. mereka sebenarnya telah menemukan jalan keluar untuk mengobati rasa depresi tersebut. Namun namanya penyakit mental, depresi sebenarnya susah sembuh, mereka tak bisa pergi begitu saja. Daripada terus melawan perasaan depresi tersebut, akhirnya mereka menyerah dan menerima bahwa depresi mereka akan selalu menjadi bagian dari diri mereka.

Lirik Pre-Chorus 1: Depresi yang diderita Eilish & Khalid bagaikan sebuah belenggu yang memenjarakan mereka, sehingga mereka terus-menerus ingin keluar dari rasa itu walau harus ribuan tahun lamanya. Kita tahu bahwa depresi adalah gangguan suasana hati atau mood, yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan rasa tidak peduli. Ini adalah penyakit mental yang tidak bisa begitusaja diobati, karena secara umum depresi tidak benar-benar bisa disembuhkan.

Chorus/reff:
Lagu ini disebut "lovely/indah" karena berkisah menyedihkan. Secara umum, lovely merupakan kata sarkastik atau sindiran “indah sekali, sepenuhnya sendirian” padahal makna yang sesungguhnya adalah “begitu menyedihkan, aku sangat depresi dan merasa sendiri” Depresi bukanlah sesuatu yang pantas untuk diremehkan. Sakit mental ini beratnya sama dengan sakit fisik, atau bahkan bisa jauh lebih berat. Depresi bisa sangat menghancurkan, terutama bila kita sering mengalaminya. Berjuang untuk mempertahankan hubungan dengan kecemasan dapat melumpuhkan secara emosional, kepedulian kita, empati kita yang lama kelamaan menjadi kera bagai Batu.

Lirik Verse 2: Depresi selalu membuat Billie sedih, dan membuat hidup Billie selalu tak bahagia. sehingga Billie seolah selalu kehabisan waktu untuk menikmati hidup yang indah, karena waktunya terus tersita untuk depresi. Ia berjalan diwaktu yang salah

Lirik Pre-chorus 2: Salah satu pertanyaan besar Eilish & Khalid di lirik ini adalah, Apakah depresi bisa disembuhkan? Dan apakah depresi bisa benar-benar bisa disembuhkan? Tidak, depresi tidaklah akan pernah sembuh walau seribu tahun lamanya. Namun setidaknya, depresi bisa dikelola dan bisa benar-benar hilang dalam waktu yang sangat-sangat lama dan ada kemungkinan bisa kembali lagi.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, dapat disimpulkan bahwa lagu “lovely” mengisahkan tentang dua orang (Billie Eilish & Khalid) yang terjebak dalam sebuah depresi. mereka sebenarnya telah menemukan jalan keluar untuk mengobati rasa depresi tersebut. Namun namanya penyakit mental, depresi sebenarnya susah sembuh, mereka tak bisa pergi begitu saja. Daripada terus melawan perasaan depresi tersebut, akhirnya mereka menyerah dan menerima bahwa depresi mereka akan selalu menjadi bagian dari diri mereka.

Depresi yang diderita Eilish & Khalid bagaikan sebuah belenggu yang memenjarakan mereka, sehingga mereka terus-menerus ingin keluar dari rasa itu walau harus ribuan tahun lamanya. Kita tahu, bahwa depresi adalah penyakit mental yang ditandai dengan perasaan sedih yang intens, merasa tak berdaya, merasa sendirian, putus asa, dan tidak berharga. Ini adalah penyakit mental yang tidak bisa begitusaja diobati, karena secara umum depresi tidak benar-benar bisa disembuhkan. lagu yang sangat menyedihkan.

*Penulis lirik lagu lovely adalah FINNEAS & Billie Eilish. Lagu ini rilis tahun 2018. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

13 Responses to "Billie Eilish ~ Lovely Ft Khalid | Terjemahan, Arti & Makna Lirik Lagu"

  1. Menarik, masuk akal, gampang difaham dan jadi lebih tau maksud dari lagu itu. Req lagi lagu lagu Billie yang lain hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banget kaaakkk, bikin aku tambah semangat nulis :)

      Delete
  2. Bakal sering sering ke blog ini sih suka dan gampang di pahamin juga❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih banget kah makasi hehe. seneng rasanya bias membantu kaka

      Delete
  3. Bagus sekali penjelasan interpretasi lagunya min. Sangat masuk ke dalam imajinasi. Boleh request lagunya neng Billie yg i love you gak? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak kakaa...
      oohh,, udah ku tulis kak, coba deh di cari di kolom pencarian :)

      Delete
  4. aku ijin save, copy juga ya, aku gak lupa kok kasih link ini

    ReplyDelete
  5. Terimakasih kak sukses terus . Jadi makin sad kalau denger lagunya setelah tau arti sebenarnya.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. terimakasih bgt ya author nya, kak cyntia ya? makasih ya kak cyntia semangat terus nulis nya, bagus kok mudah dipahami banget dan pas juga walaupun aku baru liat yg ini sih hehe. Terus berkarya ya ! dan ini ngeinspirasi juga buat aku mau nulis mirip kayak gini aku udah punya ide nya dari lama tapi bingung mau cari contoh yg mirip eh ketemu punya kak cyntia, aku izin nyuri dikit ilmu konsep nya yaa jgn marah ya kak hee

    ReplyDelete
  8. Penjelasannya bagus banget ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

    ReplyDelete
  9. Ingin hidup layaknya manusia normal pada umumnya. Bahagia dan sedih sewajarnya. Tp selalu stak saat hati dan pikiran tidak sinkron. Saat dirasa menemukan jalan keluar..trnyata bukan itu jalannya. Karena masih merasakan stak lg. Berulang-ulang begitu seterusnya. Mulai menerima kenyataan yg ada pd dirinya dg segala kruwetan hati dan pikiran nya. Tp di satu sisi masih berharap "suatu" hari akan bs hidup damai.

    Biar harapan bs jd kenyataan.. Mulailah brsyukur dg nikmat-Nya
    Stidaknya mulailah dg brsyukur.
    Titip pesan ke Billy ya dan krang yg sama :)

    ReplyDelete
  10. ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

    ReplyDelete