Billie Eilish ft. Khalid ~ Lovely | Makna Terjemahan Arti Lirik Lagu

Makna lagu lovely menceritakan tentang dua orang (Billie Eilish & Khalid) yang terjebak dalam sebuah depresi.

Makna Singkat Lirik Lagu Billie Eilish ~ Lovely Ft. Khalid

Makna lagu lovely menceritakan tentang dua orang (Billie Eilish & Khalid) yang terjebak dalam sebuah depresi. Kita tahu, bahwa depresi adalah penyakit mental yang ditandai dengan perasaan sedih yang intens, merasa tak berdaya, merasa sendirian, putus asa, dan tidak berharga. Jadi lagu ini merupakan lagu yang sangat menyedihkan.

Diceritakan dalam lirik lagunya Billie Eilish & Khalid sebenarnya telah menemukan jalan untuk mengobati depresinya. Namun yang namanya depresi, kadang sembuh kadang juga tiba-tiba kembali. Dalam lirik lagu, juga diterangkan bahwa depresi yang diderita Billie Eilish & Khalid bagaikan sebuah belenggu yang memenjarakan mereka, sehingga mereka terus-menerus ingin keluar dari rasa itu walau harus ribuan tahun lamanya.

Lagu ini disebut "lovely/indah" karena berkisah menyedihkan. Loh kok bisa gitu? Ya bisa lah, karena Blllie kan penyuka kesedihan, jadi menurut dia, seseoatu yang indah itu ya seseuatu yang menyedihkan.

Berikut merupakan interpretasi makna dari lirik lagunya;
Makna Lirik Verse 1: Lagu Lovely menceritakan Eilish & Khalid yang ingin keluar dari penyakit mental berupa depresi. Lirik verse 1 yang berbunyi (Thought I found a way / Kukira tlah temukan jalan) menggambarkan kalau mereka mengira bisa menemukan jalan keluar untuk mengobati rasa depresi tersebut. Namun namanya penyakit mental, depresi sebenarnya susah sembuh, mereka tak bisa pergi begitu saja (But you never go away / Tapi kau tak pernah pergi). Daripada terus melawan perasaan depresi tersebut, akhirnya mereka menyerah dan menerima bahwa depresi mereka akan selalu menjadi bagian dari diri mereka (So I guess I gotta stay now / Jadi, kurasa aku harus tetap di sini).

Makna Lirik Pre-Chorus 1: Depresi yang diderita Eilish & Khalid bagaikan sebuah belenggu yang memenjarakan mereka. Sehingga mereka terus-menerus ingin keluar dari rasa itu, walau harus ribuan tahun lamanya (But I know someday I'll make it out of here, Even if it takes all night or a hundred years / Tapi kutahu kelak aku pasti bisa pergi dari sini, Meski butuh waktu semalaman atau ribuan tahun). 

Lewat lirik (Outside I can't fight my fear / di luar aku tak bisa melawan rasa takutku) Billie dan Khalid juga ingin mendeskripsikan kalau mereka punya ketakutan yang sangat berlebih. Seperti yang kita ketahui, perasaan sedih yang mendalam, perasaan cemas, dan perasaan takut yang berlebih, adalah efek dari depresi.

Makna Lirik Chorus/reff: Lagu ini disebut "lovely/indah" karena berkisah menyedihkan. Loh kok bisa gitu? Iya, kan Billie penyuka kesedihan. Bagi Billie, sesuatu yang indah adalah sesuatu yang menyedihkan.  Namun secara umum, lovely sebenarnya adalah kata yang bersifat sarkastik atau sindiran “indah sekali, sepenuhnya sendirian” padahal makna yang sesungguhnya adalah “begitu menyedihkan, aku sangat depresi dan merasa sendiri” 

Makna Lirik Verse 2: Depresi selalu membuat Billie sedih, dan membuat kepala Billie dipenuhi oleh perasaan-perasaan takut (Always in my head space / Selalu di ruang kepalaku). Sehingga Billie seolah ingin mencari tempat berlindung, ingin mencar ruang dimana tak ada depresi didalamnya.

Makna Lirik Pre-chorus 2: Salah satu pertanyaan besar Eilish & Khalid di lirik ini adalah, Apakah depresi bisa disembuhkan? Tidak, depresi tidaklah akan pernah sembuh walau seribu tahun lamanya. Namun setidaknya, Billie dan Khalid tahu kalau depresi bisa dikelola dan bisa benar-benar hilang dalam waktu yang sangat-sangat lama (But I know someday I'll make it out of here / Tapi kutahu kelak aku pasti bisa pergi dari sini).

Oke mungin itu saja makna lirik lagu Lovely milik Billie Eilish. Berikut merupakan terjemahan, dan arti dari lirik Lovely milik Billie Eilish, kedalam Bahasa Indonesia. Untuk menghayati lirik terjemahan-nya, putar video klip lagu Lovely milik Billie Eilish yang link-nya sudah admin cantumkan dibawah postingan. Namun jika kamu ingin mendengarkan lagu Lovely milik Billie Eilish di aplikasi pemutar musik lainnya, silahkan dengarkan di JOOX, Spotify, Apple Musik, iTunes, Google Play Music, Youtube Music, instagram story, facebook story atau TikTok.

Terjemahan & Arti Lirik Lagu Billie Eilish ~ Lovely Ft. Khalid

Verse 1: Billie Eilish & Khalid
Thought I found a way
Kukira tlah temukan jalan
Thought I found a way out (found)
Kukira tlah temukan jalan keluar
But you never go away (never go away)
Tapi kau tak pernah pergi
So I guess I gotta stay now
Jadi, kurasa aku harus tetap di sini

Pre-Chorus 1: Billie Eilish & Khalid
Oh, I hope some day I'll make it out of here
Oh, kuharap kelak aku bisa pergi dari sini
Even if it takes all night or a hundred years
Meski jika butuh waktu semalaman atau ribuan tahun
Need a place to hide, but I can't find one near
Butuh tempat sembunyi, tapi tak kutemukan satu tempat yang dekat
Wanna feel alive, outside I can't fight my fear
Ingin rasakan hidup, di luar aku tak bisa melawan rasa takutku

Chorus: Billie Eilish with Khalid
Isn't it lovely, all alone
Bukankah indah, sepenuhnya sendiri
Heart made of glass, my mind of stone
Hati terbuat dari kaca, pikiranku dari batu
Tear me to pieces, skin to bone
Hancur leburkan aku, kulit hingga tulang
Hello, welcome home
Halo, selamat datang di rumah

Verse 2: Khalid with Billie Eilish
Walking out of time
Berjalan di waktu yang salah
Looking for a better place (looking for a better place)
Mencari tempat yang lebih baik
Something's on my mind
Ada sesuatu di benakku
Always in my head space
Selalu di ruang kepalaku

Pre-Chorus 2: Billie Eilish & Khalid
But I know someday I'll make it out of here
Tapi kutahu kelak aku pasti bisa pergi dari sini
Even if it takes all night or a hundred years
Meski jika butuh waktu semalaman atau ribuan tahun
Need a place to hide, but I can't find one near
Butuh tempat sembunyi, tapi tak kutemukan satu tempat yang dekat
Wanna feel alive outside I can't fight my fear
Ingin rasakan hidup, di luar aku tak bisa melawan rasa takutku

Chorus: Billie Eilish with Khalid
Isn't it lovely, all alone
Bukankah indah, sepenuhnya sendiri
Heart made of glass, my mind of stone
Hati terbuat dari kaca, pikiranku dari batu
Tear me to pieces, skin to bone
Hancur leburkan aku, kulit hingga tulang
Hello, welcome home
Halo, selamat datang di rumah

Outro: Khalid, Billie Eilish, Khalid & Billie Eilish
Woah, yeah
Yeah, ah
Woah, woah
Hello, welcome home
Halo, selamat datang di rumah

Informasi Lirik Lagu Lovely

Itulah sepenggal terjemahan arti dari lirik lagu lovely milik Billie Eilish dan Khalid. Setelah dirilis, lagu Lovely menerima ulasan positif dari kritikus musik. Lagu ini mencapai nomor 64 di tangga lagu Billboard Hot 100 AS dan memuncak dalam 40 besar di beberapa negara lain. Lagu Lovely telah dianugerahi beberapa sertifikasi, termasuk enam kali platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Australia (ARIA). Lagu lovely mendapat kesuksesan besar di industri musik, lagu ini viral di youtube dengan mendapatkan 1.5 milyar tampilan youtube ditahun 2022, serta viral di tiktok. Lagu lovely disertai dengan video klip musi,k yang dirilis pada 26 April 2018. Video musiknya menggambarkan Eilish dan Khalid yang berjalan di sekitar kotak kaca, berinteraksi satu sama lain, dan mencoba mengatasi depresi mereka.

*Penulis lirik lagu Lovely adalah FINNEAS, Billie Eilish dan Khalid. Lagu Lovely rilis pada tanggal 19 April tahun 2017. Lagu Lovely masuk ke dalam Album dont smile at me (2017). Sedangkan interpretasi terjemahan arti pada lirik lagu Lovely berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahan di lirik lagu Lovely milik Billie Eilish dan Khalid berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Lovely milik Billie Eilish dan Khalid, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu Lovely milik Billie Eilish dan Khalid jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Billie Eilish ft. Khalid ~ Lovely (Official Music Video)