Makna Dibalik Lagu: Billie Eilish ~ ​Everything i wanted

Lagu “Everything i wanted” menceritakan tentang keluh kesah Billie Eilish yang mengalami beberapa mimpi buruk. Diceritakan dalam liriknya, Billie pernah bermimpi ia bunuh diri diatas jembatan dan parahnya tidak ada seorangpun yang peduli baik fans maupun temanya. untungnya, saat Billie mengalami periode mimpi buruk tersebut, ia selalu tidur ditemani oleh kakak laki-lakinya sehingga billie tenang. Jadi keseluruhan lagu ini sebenarnya berc
Lagu “Everything i wanted” menceritakan tentang keluh kesah Billie Eilish yang mengalami beberapa mimpi buruk. Diceritakan dalam liriknya, Billie pernah bermimpi ia bunuh diri diatas jembatan dan parahnya tidak ada seorangpun yang peduli baik fans maupun temanya. untungnya, saat Billie mengalami periode mimpi buruk tersebut, ia selalu tidur ditemani oleh kakak laki-lakinya sehingga billie tenang. Jadi keseluruhan lagu ini sebenarnya bercerita tentang kakak billie eilish yang selalu ada dalam kehidupnya baik senang atau susah.

Dari rumor yang berkembang, katanya semua mimpi buruk yang dialami Billie tersebut dipicu oleh stress yang Billie alami karena kebanyakan tour dan konser. Untunglah dalam periode tersebut kakak kandungnya selalu menemani Billie dalam keadaan susah. Kita tahu bahwa kakak kandung Billie, Fineas, merupakan orang yang sangat berjasa dalam karier billie selama ini. fineas adalah orang yang menciptakan banyak lagu untuk Billie Eilish nyanyikan.

Untuk lebih jelasnya, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
I had a dream
Aku bermimpi

I got everything I wanted
mendapatkan semua yang kuinginkan

Not what you'd think
Tak seperti dugaanmu

And if I'm bein' honest It might've been a nightmare
Dan jika aku mau berkata jujur, mungkin saja itu mimpi yang buruk

To anyone who might care
Bagi siapa pun yang mungkin peduli

Thought I could fly (Fly)
Kupikir aku bisa terbang
So I stepped off the Golden, mm
Makanya aku melompat dari jembatan Golden Gate

Nobody cried (Cried, cried, cried, cried)
(Namun) tak ada yang menangis
Nobody even noticed
Tak ada yang memperhatikan

I saw them standing right there
Aku melihat mereka berdiri di sana

Kinda thought they might care (Might care, might care)
Sekilas ku berpikir mereka mungkin peduli (Mungkin peduli, mungkin peduli)


Makna Lirik Verse 1: dalam verse 1, Billie berharap akan bermimpi indah, bisa terbang dsb. Eh ketika tidur dia malah mimpi bunuh diri diatas jembatan. dan parahnya tidak ada seorangpun yang peduli dan menyelamatkanya.

Pre-Chorus:
I had a dream
Aku bermimpi

I got everything I wanted
Aku mendapatkan semua yang kuinginkan

But when I wake up, I see you with me
Tapi saat aku terbangun, aku melihatmu bersamaku


Makna LirikPre-Chorus: Pada lirik Pre-Chorus juga diterangkan, ketika Billie akhirnya mendapat mimpi indah, ia pun tiba-tiba terbangun disamping kakaknya. Mimpi ia mendapatkan hal yang diinginkan dan terbangun bersama kakanya, adalah simbul dari akurnya hubungan mereka.

Chorus:
And you say,
Dan kau berkata,

“As long as I’m here, no one can hurt you
“Selama aku ada di sini, tidak ada yang bisa menyakitimu

You don’t wanna lie here, but you can learn to
Kau tak mau berbaring di sini, tapi kau bias mencobanya

If I could change the way that you see yourself
Seandainya aku bisa mengubah caramu memandang diri sendiri

You wouldn’t wonder why you’re here
Kau takkan jadi bertanya-tanya mengapa kau berada di sini

They don’t deserve you”
Mereka tidak pantas mendapatkanmu”


Makna Lirik Chorus: Bagi Billie, kakanya adalah sosok penolong bagi dirinya. Dalam lirik Chorus/reff digambarkan bahwa kakanya selalu ada dalam hidupnya, selalu menemaninya, selalu jadi guru bagi eilish belajar. Lirik “You wouldn’t wonder why you’re here” seolah mengatakan bahwa tanpa kakanya, Eilish bukanlah siapa-siapa. Karena kakanyalah orang yang menciptakan semua lagu-lagu hits Billie.

Verse 2:
I tried to scream
Kucoba untuk berteriak

But my head was under water
Tapi kepalaku berada di bawah air

They called me weak
Mereka menyebutku lemah

Like I’m not just somebody’s daughter
Seolah-olah aku ini bukan anak perempuan

Coulda been a nightmare
Bisa saja itu mimpi yang buruk

But it felt like they were right there
Tapi rasanya seperti mereka benar-benar ada di sana

And it feels like yesterday was a year ago
Dan rasanya seolah-olah kemarin adalah setahun yang lalu

But I don’t wanna let anybody know
Tapi aku tak mau memberi tahu siapa pun

Cause everybody wants something from me now
Karena semua orang menginginkan sesuatu dari diriku sekarang

And I don’t wanna let ‘em down
Dan aku tak ingin mengecewakan mereka


Makna Lirik Verse 2: Ini menceritakan tentang masa-masa sulit yang Billie alami. Ia mengalami periode tersulit bagai tenggelam dibawah air, dah hanya kakaknya lah yang bisa membangkitkanya.

Outro:
If I knew it all then, would I do it again?
Seandainya aku mengetahui semuanya saat itu, apakah aku akan mau melakukannya lagi?

Would I do it again?
Apakah aku akan mau melakukannya lagi?
If they knew what they said would go straight to my head, what would they say instead?
Seandainya mereka tahu apa yang mereka ucapkan itu langsung masuk ke dalam kepalaku, apa yang bakal mereka katakan sebagai gantinya?
If I knew it all then, would I do it again?
Seandainya aku mengetahui semuanya saat itu, apakah aku akan mau melakukannya lagi?

Would I do it again?
Apakah aku akan mau melakukannya lagi?

If they knew what they said would go straight to my head, what would they say instead?
Seandainya mereka tahu apa yang mereka ucapkan itu langsung masuk ke dalam kepalaku, apa yang bakal mereka katakan sebagai gantinya?

Makna Lirik Outro: Lirik outro, mungkin lebih mengarah ke alam mimpi yang Billie alami, tentang mimpi bunuh diri dari atas jembatan. mungkin saja jika dari awal Billie mengerti akan adanya kakanya yang selalu support dia, mungkin bisa saja dia tidak berpikir untuk bunuh diri. kemudian, pada lirik “If they knew what they said would go straight to my head, what would they say instead?” mungkin itu membahas tentang orang-orang yang hanya "diam" melihat Billie bunuh diri. lebih lengkapnya baca kolom komentar 😊

Kesimpulan:

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa lagu “Everything i wanted” menceritakan tentang peran dari kakak kandung Billie Eilish yang selalu ada untuknya dalam keadaan apapun. Diceritakan bahwa Billie mengalami mimpi buruk, susahnya hidup dsb, dan yang membuat Billie tenang adalah kakahnya selalu setia membantunya.

Dalam sebuah wawancara, Billie sendiri mengakui bahwa lagu ini memang bercerita tentang arti penting kakanya, ia mengatakan; “lagu adalah tentang hubungan aku dan Finneas sebagai saudara kandung. Kami mulai menulisnya karena saya benar-benar bermimpi bahwa saya bunuh diri dan tidak ada yang peduli. Jadi jelaslah bahwa pesan dibalik lagu ini adalah tentang kakak ku, yang ku anggap sebagai sahabatku sendiri. Aku punya mimpi-mimpi, dan ia mewujudkany, dan tak peduli apapun yang terjadi, dia akan selalu ada untukknu”

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahn di lirik lagu Everything i wanted berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu Everything i wanted ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

*Penulis lirik lagu everything i wanted adalah FINNEAS & Billie Eilish. Lagu ini rilis tahun 2019. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Billie Eilish ~ ​Everything i wanted (Official Video)