Makna Dibalik Lagu: Pamungkas ~ I Love You But I'm Letting Go

Lagu “I Love You But I'm Letting Go” menceritakan tentang kegalauan hati seorang pria, kepada wanita pujaanya. Kurang begitu jelas apa yang membuat pria dalam lirik lagu begitu galau, bisa jadi hubungan percintaannya dengan wanita tersebut putus, atau bisa jadi cintanya ditolak oleh wanita itu, yang jelas ia patah h
Lagu “I Love You But I'm Letting Go” menceritakan tentang kegalauan hati seorang pria, kepada wanita pujaanya. Kurang begitu jelas apa yang membuat pria dalam lirik lagu begitu galau, bisa jadi hubungan percintaannya dengan wanita tersebut putus, atau bisa jadi cintanya ditolak oleh wanita itu. yang jelas ia patah hati lah karena tak bisa mendapatkan cinta dari wanita pujaanya.

Kegalauan diatas diperparah karena pada faktanya, pria tersebut masih sangat mencintai wanita pujaanya. Jadi kata “I love you but I'm letting go” dapat bermakna bahwa pria tersebut masih sangat mencintai wanita pujaanya, namun harus merelakan wanita itu pergi dari hidupnya. Karena begitulah cinta, kamu bisa sangat terluka dibuatnya, kamu seolah mengiklaskanya pergi, namun secara bersamaan dalam lubuk hatimu masih ada kata “sayang” sehingga rasa tersebut berjalan seirama.

Iklas, pelan-pelan, sabar, karena cinta kadang juga butuh waktu. Mungkin sekarang orang yang kamu sayang memutuskanmu, menolakmu, mengacuhkanmu, namun selama ada kesabaran dan cinta dalam hatimu, mungkin suatu saat orang yang kamu sayangi akan kembali lagi padamu. Oke, untuk lebih lengkapnya lagi, mari kita interpretasi saja keseluruhan makna dari lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Oh iya, jika kalian hanya ingin terjemahan dari lirik lagunya saja, klik www.artiliriklagu.com, karna terjemahan di postingan ini diambil dari blog tersebut.

Verse 1:
Sunday night after a rainy day
Minggu malam setelah hujan
I delete all your pictures
Kuhapus semua fotomu
I walked away from you
Kumenjauh darimu
Nights are the hardest
Malam-malam terasa berat

But I'll be okay
Tapi aku kan baik-baik saja

If we are meant to be
Jika kita memang ditakdirkan

We'll find our way
Kita kan bersatu
But now let it be
Tapi kini biarkanlah


Verse 1: Verse satu dibuka dengan cerita kegalauan si penuls lagu. Kegalauan tersebut rupanya tak membuat si penulis lagu terpuruk, ia baik-baik saja dan seolah-olah iklas dengan keadaan tersebut. Penulis lagu dalam lirik ini juga menganggap bahwa tuhan telah menakdirkan apa-apa yang sudah ditakdirkan. Kalaupun pujaan hatinya pergi, mungkin itu sudah takdirnya, begitupun sebaliknya, jika pujaan hatinya masih mencintainya, ia pasti akan kembali.

Pre-chorus:
'Cause you know what they say
Karena kau tahu apa yang mereka katakan

If you love somebody
Jika kau mencintai seseorang

Gotta set them free
Kau harus membiarkannya bebas


Pre-chorus: Di lirik ini, penulis lagu menganggap Jika kita mencintai seseorang, kita harus merelakannya pergi. Jika dia kembali, dia kan jadi milikmu selamanya. Jika dia tidak kembali, dia tak pernah menjadi milik kita. Karena sekali lagi, semua-semua sudah digariskan dan ditakdirkan tuhan.

Chorus:
I love you but I'm letting go
AKu mencintaimu namun harus melepasmu

I love you but I'm letting go
AKu mencintaimu namun harus melepasmu

I love you and I'm letting go
AKu mencintaimu namun harus melepasmu

I love you but I'm letting go
AKu mencintaimu namun harus melepasmu


Chorus: Reff adalah inti lagunya. Penulis lagu terlihat masih sangat mencintai wanita pujaanya, namun harus merelakan wanita itu pergi dari hidupnya. Karena begitulah cinta, kamu bisa sangat terluka dibuatnya, kamu seolah mengiklaskanya pergi, namun secara bersamaan dalam lubuk hatimu masih ada kata “sayang” sehingga rasa tersebut berjalan seirama dan bagian-bagian indah dalam mencintai seseorang

Verse 2:
Little did I know love is easy
Yang kutahu cinta itu mudah

But why was it so hard ?
Tapi mengapa ini terasa begitu sulit ?

It was like never enough
Rasanya seperti tak pernah cukup

I gave you all still you want more
Telah kuberikan semuanya, dan kau masih menginginkan lebih

Can't you see, can't you see
Tak bisakah kau lihat, tak bisakah kau lihat

That you want someone that I'm not
Bahwa aku bukanlah yang kau inginkan

Yes I love but I can't
Ya aku cinta tapi aku tak bisa

So I am letting you go now
Maka dari itu kini aku melepasmu


Verse 2: Padahal, si penulis lagu sudah mempertahankan wanita pujaanya dengan sekuat tenaga. Namun, wanita tersebut tetap meninggalkanya, sehingga tak mungkin bagi penulis lagu untuk berlaku egois dengan mempertahankanya. Dan satu-satunya cara untuk dapat mencintai wanita tersebut, harus lah dengan cara melepasnya. Karena jika wanita pujaanya masih mencintai si penulis lagu, pasti suatu saat ia akan kembali

Bridge:
And baby one day
Dan kasih, suatu hari nanti

When you finally found what you want
Ketika kau telah temukan apa yang kau inginkan

And you're ready to open your heart to anyone
Dan kau sudah siap tuk membuka hatimu kepada siapapun

Don't push people away again
Jangan usir orang-orang lagi

Easier I know but it's also very lonely
Kutahu itu lebih mudah tapi akan kesepian juga


Bridge: Dan jika wanita pujaanya akhirnya tak kembali pada pelukanya, penulis lagu hanya berharap wanita pujaanya untuk tak menyakiti pria lain seperti sakit yang si penulis lagu rasakan.

Outro:
And from now on I will hold my own hand
Dan mulai sekarang aku kan menggenggam tanganku sendiri

Until one day you'll hold my lonely hand
Hingga suatu hari nanti kau kan menggenggam tanganku yang kesepian


Outro: Pada akhirnya si penulis lagu iklas akan rasa sakitnya. Mungkin sekarang orang yang ia sayang memutuskannya, menolaknya, mengacuhkanya, namun selama ada kesabaran dan cinta dalam hati, mungkin suatu saat orang yang kita sayangi akan kembali lagi pada kita, untuk menggenggam tangan kita lagi.

Kesimpulan Makna Lirik Lagu I Love You But I'm Letting Go:

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa lagu “I Love You But I'm Letting Go” menceritakan tentang kegalauan hati penulis lagu karna mungkin hubungan percintaannya dengan wanita pujaanya putus, atau bisa jadi cintanya ditolak oleh wanita pujaanya. Kegalauan diatas diperparah karena pada faktanya, pria tersebut masih sangat mencintai wanita pujaanya. Jadi kata “I love you but I'm letting go” dapat bermakna bahwa pria tersebut masih sangat mencintai wanita pujaanya, namun harus merelakan wanita itu pergi dari hidupnya. Karena begitulah cinta, kamu bisa sangat terluka dibuatnya, kamu seolah mengiklaskanya pergi, namun secara bersamaan dalam lubuk hatimu masih ada kata “sayang” sehingga rasa tersebut berjalan seirama dan mr4njadikan bagian-bagian indah dalam mencintai seseorang.

Dalam lirik lagunya, penulis lagu mengatakan bahwa Jika kita mencintai seseorang, kita harus merelakannya pergi. Kita tak boleh egois dengan terus menggenggam dan mempertahankanya, kita harus membuatnya bebas. Karena Jika dia kembali, dia kan jadi milikmu selamanya. Jika dia tidak kembali, dia tak pernah menjadi milik kita. Karena sekali lagi, semua-semua sudah digariskan dan ditakdirkan tuhan. Mungkin sekarang orang yang kamu sayang memutuskanmu, menolakmu, mengacuhkanmu, namun selama ada kesabaran dan cinta dalam hatimu, mungkin suatu saat orang yang kamu sayangi akan kembali lagi padamu, dan menggenggam tanganmu lagi. sabar, karena cinta kadang juga butuh waktu.


Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahn di lirik lagu I Love You But I'm Letting Go berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu I Love You But I'm Letting Goini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

*Penulis lirik lagu I Love You But I'm Letting Go adalah pamungkas. Lagu ini rilis pada tahun 2018. sedangkan interpretasi pemaknaan dan terjemahan di lirik lagu ini berdsarkan pendapat pribadi penuli blog

Pamungkas ~ I Love You But I'm Letting Go (Official Video)