Pencarian

Makna Dibalik Lagu Alan Walker ~ Faded: Pilu, antara perpisahan dan penyesalan

Kamu pasti sering mendengar kata-kata "setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan”. Jika kamu memiliki orang yang kamu sayang suatu saat pasti kamu akan dipertemukan pada titik dimana kamu harus bertengkar, kehilangannya, bahkan putus denganya.

Lagu "faded", menceritakan tentang itu semua. Lagu ini bercerita tentang seseorang (Alan Walker), yang merasakan kesedihan yang begitu mendalam karena hubungan percintaan dengan wanita pujaanya kandas. Kandasnya hubungan tersebut membuat Alan Walker menyesal, karena ia menganggap bahwa kekasinya sangat berarti baginya, bagai cahaya yang selalu menyinari hari harinya. Namun semua cahaya tersebut akhirnya “memudar/faded” karena kekasihnya pergi meninggalkanya begitu saja.

Oke untuk memperjelas kisah dibalik lagunya, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya, baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan dan ada pembahasan tentang Dajjal di lagu ini juga, diakhir tulisan.

Verse 1:
You were the shadow to my light
Engkau adalah bayangan terangku
Did you feel us?
Apa kau merasakan diri kita?
Another star
Satu bintang lagi
You fade away
Dirimu, memudar
Afraid our aim is out of sight
Takut tujuan kita tak terlihat
Wanna see us
Ingin melihat kita
Alight
Menyala
Dalam verse 1, Alan walker menganggap wanita pujaanya sangat berarti bagi hidupnya, wanita tersebut diandaikan sebagai bayangan cahaya yang selalu menerangi dirinya. Cahaya diperlukan untuk menciptakan bayangan; bayangan tidak bisa dibuat ada tanpa cahaya. Walker menggunakan ini sebagai metafora yang bermakna bahwa walker tak bisa hidup tanpa kekasihnya bagai bayangan dan cahaya yang saling ketergantungan.
Namun sayang seribu sayang, nyatanya hubungan alan Walker dengan kekasihnya harus kandas, sehingga sehingga cinta dan cahaya dari kekasihnya pun perlahan juga memudar.

Pre-Chorus:
Where are you now?
Dimana kini kau berada?
Where are you now?
Dimana kini kau berada?
Where are you now?
Dimana kini kau berada?
Was it all in my fantasy?
Apakah semua ini dalam fantasiku?
Where are you now?
Dimana kini kau berada?
Were you only imaginary?
Apakah kau hanya khayalan?
Pre-corus dan beberapa lirik lain, Alan Walker selalu mengatakan “Where are you now?”. Kata tersebut bermakna bahwa Alan walker sangat sedih, sangat galau, sangat menyesal, karena ia ditinggal oleh kekasihnya, ia ingin kekasihnya kembali lagi ke pelukanya. Jadi Alan walker seolah berusaha memanggil dan menciari kekasihnya tersebut lewat teriakan “dimana kau berada sayang, dimana?”

Chorus:
Where are you now?
Dimana kini kau berada?
Atlantis
Atlantis
Under the sea
Di bawah laut
Under the sea
Di bawah laut
Where are you now?
Dimana kini kau berada?
Another dream
Satu mimpi lagi
The monster's running wild inside of me
Monster menggila di dalam diriku
I'm faded
Aku memudar
I'm faded
Aku memudar
So lost, I'm faded
Sirna, aku memudar
I'm faded
Aku memudar
So lost, I'm faded
Sirna, aku memudar
Nyatanya, kisah asmara Alan walker dan kekasihnya telah usai. dari perpisahan tersebut, kekasihnya akhirnya menghilang dari kehidupan Alan. Alan yang terus menyesali perpisahan tersebut pun akhirnya terus mencari keberadaan dari kekasihnya namun tak pernah ketemu. Kekasihnya seolah pergi dan lenyap dari hudupnya bagai kota atlantis yang hilang.
Lirik “atlantis” juga bisa dimaknai sebaga kisah hubungan percintaan alan walker dan kekasihnya yang begitu indah bagai kota atlantis, namun semua kisah tersebut akhirnya sirnya bagai kota atlantis pula yang tenggelam dalam lautan.
*satu lagi, lirik “monster” bukan dimaknai sebagai apa-apa ya. Monster adalah sebuah metafora tentang sebuah rasa emosi deidalam diri alan walker karena tak bisa menemukan keberadaan kekasihnya.

Verse 2:
These shallow waters never met what I needed
Air dangkal ini tak pernah penuhi yang kubutuhkan
I'm letting go a deeper dive
Aku menyelam lebih dalam
Eternal silence of the sea. I'm breathing alive
Keheningan abadi di lautan, aku bernafas
Lirik “air dangkal” punya makna bahwa cerita percintaan alan dengan kekasihnya sangat pendek/dangkal sehingga alan tak puas dengan cerita cinta tersebut. Oleh sebab itu, alan terus berusaha mencari kekasihnya lagi, mengajaknya balikan mungkin, bagai menyelam kedalam lautan dalam

Bridge:
Where are you now?
Dimana kini kau berada?
Where are you now?
Dimana kini kau berada?
Under the bright but faded lights
Di bawah terang tapi cahaya yang memudar
You've set my heart on fire
Kau tlah membakar hatiku
Where are you now?
Dimana kini kau berada?
Where are you now?
Dimana kini kau berada?
Jadi Alan walker masih terus berusaha memanggil dan menciari kekasihnya tersebut lewat teriakan “dimana kau berada sayang, dimana, Kau tlah membakar hatiku karena cintamu, dimana kau berada?”

Kesimpulan lagunya:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelas lah bahwa lagu Faded mengisahkan tentang hubungan percintaan antara Alan Walker dan kekasihnya yang harus kandas. Kandasnya hubungan tersebut membuat Alan Walker menyesal, karena ia menganggap bahwa kekasinya sangat berarti baginya, bagai cahaya yang selalu menyinari hari harinya. Namun semua cahaya tersebut akhirnya “memudar/faded” karena kekasihnya pergi meninggalkanya begitu saja.

Dari perpisahan tersebut, kekasihnya juga akhirnya menghilang dari kehidupan Alan. Alan yang terus menyesali perpisahan tersebut pun akhirnya terus mencari keberadaan dari kekasihnya, dengan memanggil “dimana kau berada” namun kekasihnya tak pernah ketemu. Kekasihnya seolah pergi dan lenyap dari hudupnya bagai kota atlantis yang hilang.

Yang dapat kita pelajari dari lagunya:
Lagu ini menyuguhkan kita pada gambaran Alan walker yang begitu menyesal karena hubungan percintaanya harus kandas. Jadi dari lagu ini, kita seolah bisa belajar bahwa mempertahankan cinta itu sangat sulit, kita harus menjaga dengan baik-baik agar hubungan kita selalu berjalan dengan harmonis. Jadi jaga kisa cintamu dengan kekasihnmu dengan baik-baik, kalau tidak kau kan kehilanganya dan menyesalinya jika “dia” benar-benar pergi dari hidupmu untuk selamanya. Lagu yang luar biasa.

Apakah lagu Faded mengandung unsur Dajjal?
Layaknya lagu lily, lagu Faded juga dikaitkaitkan sebagai lagu dengan lirik yang berkisah tentang Dajjal, benarkah demikian? Mari kita bahas:
Lirik “The monster's running wild inside of me oleh “penganut teori tentang dajjal dimaknai bahwa alan walker punya dajjal didalam dirinya, atau bisa dimaknai bahwa didalam diri alan walker ada dajjal. Pemaknaan tersebut benar-benar tak nyambung jika lirik tersebut digabungkan dengan keseluruhan lirik lagu, masak tema lagunya tentang orang yang sedih kehilangan cinta bagai cahaya yang memudar terus tiba-tiba bahas dajjal? lirik “monster” menurut saya bukan dimaknai sebagai apa-apa ya. Monster adalah sebuah metafora tentang sebuah rasa emosi deidalam diri alan walker karena tak bisa menemukan keberadaan kekasihnya.

Lirik “Where are you now? Atlantisditafsirkan oleh penganut teori dajjal bahwa alan walker sedangn mencari dajjal di atlantis. Pemaknaan tersebut benar-benar tidak nyambung kenapa? Karena dalam sebuah hadis Rasulullah berkata “Ketahuilah! Ad-Dajjal berada di dekat samudera pada pulau di suatu tempat di timur (timur Madinah)”.

Keterangan “timur Madinah” mengacu pada Samudra hindia, mengacu pada sebuah pulau bernama pulau Socotra. “timur Madinah” yang diterangkan oleh nabi tak mengacu pada negara Yunani dmana legenda kota atlantis berada. Lagian pula, kisah atlantis itu hanya legenda, bukan sebuah kota yang benar-benar nyata.

Oke mungkin itu saja pembahasan kita pada lagu ini, perlu diingan bahwa semua yang tertulis hanya pendapat pribadi saya saja. Saya memaknai lagu ini dari sisi positifnya saja, yang positif-positif aja yang diambil hehehe…






*Penulis lirik lagu Faded adalah Mood Melodies, Alan Walker, Jesper Borgen & Gunnar Greve Pettersen. Lagu ini rilis pada tahun 2018. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Alan Walker ~ Faded (Official Video)


5 Responses to "Makna Dibalik Lagu Alan Walker ~ Faded: Pilu, antara perpisahan dan penyesalan"

  1. Sama"pengikut dajjal ya
    makanya diambil dari sisi positifnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang langsung menuduh pengikut dajjal, apakah jangan2 anda juga pengikut dajjal?
      Ga boleh lo asal tuduh itu :)

      Delete
  2. Saya gak snngup dgrn lama2 lagunyaa sangatt sedihh soalny kklo lebih dalam mmhami arti lagu ini...wlau b.inggris sya belepotann.wwkwkwkwkkkkk..😭🤗

    ReplyDelete
  3. Membahas lagu² a7x juga tidak lu gan.
    Pembahasan lu menarik, jd gua harap lu juga bahas lagu² a7x meskipun gua juga udah tau. Menarik aja baca pemikiran lu. Aku tunggu

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel