Makna Dibalik Lagu: Hey Jude ~ The Beatles

Hey Jude, adalah salah satu lagu The Beatles yang paling terkenal, yang telah menginspirasi banyak orang selama beberapa dekade. Lagu ini ditulis oleh Paul McCartney (pemain bass The Beatles) dan ditujukan kusus pada putra John Lennon Julian. Kita tahu bahwa pada masa itu, Julian terus-terusan bersedih karena melihat ayanya Jhon Lennon dan ibunya Cynthia yang harus bercerai.

Dalam bukunya yang berjudul An Intimate Life of Paul McCartney, Paul McCartney mengungkapka "Saya mulai dengan ide ‘Hey Jules’, yaitu Julian, don’t make it bad, take a sad song and make it better [bagian lirik lagu ‘Hey Jude’],” 

Jadi jelaslah kalau makna kata "jude" adalah plesetan dari "Julian" yang merupakan nama dari anak Jhon Lenon. Lewat lagu ini Paul McCartney ingin menghibur julian yang sedang bersedih kerena perceraian dengan kedua orangtuanya untuk bangkit, untuk menatap masa depan, karena semuanya akan baik-baik saja.

Lagu ini tak bermakna tentang julian saja tentunya, melainkan untuk semua pendengar setia The Beatles yang pernah merasakan hidup yang sulit layaknya julian. Lagu "Hey Jude" seolah ingin menyampaikan pesan pada pendengarnya untuk tetap tangguh, untuk tetap ceria, untuk tetap bersikap positif lah tentunya, dalam menghadapi hidup yang sangat pelik.

Meski begitu, makna “Hey Jude” sempat disalahartikan dan menimbulkan gejolak. Pada tahun 1968, seorang karyawan di toko ritel milik THe Beatles di Baker Street London bernama Apple Boutique, pernah menuliskan kata-kata  “Jude” yang dalam bahasa jerman dapat berarti Yahudi. Maka itu, lagu ini juga sempat menyinggung orang-orang Yahudi.

Oke untuk lebih jelasnya, kita maknai saja lirik lagunya bait-demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.

Verse 1:
Hey Jude, don't make it bad
(Hei jude, jangan perburuk keadaan)
Take a sad song and make it better
(Nyanyikanlah lagu sedih dan perbaikilah keadaan)
Remember to let her into your heart
(Ingatlah tuk biarkan dia masuk ke dalam hatimu)
Then you can start to make it better
(Lalu kau bisa mulai memperbaiki semuanya)


Makna lirik verse 1: Julian adalah putra pertama dari vokalis The Beatles, John Lennon dengan istri pertamanya Cynthia. Pasangan tersebut kemudian bercerai karena Jhon Lennon berselingkuh dengan Yoko ono. Julian yang mengetahui fakta tersebut kemudian terus-terusan bersedih. Oleh sebab itulah Paul McCartney menulis lagu ini sebagai lagu hiburan untuk julian.

Lirik “Remember to let her into your heart / Ingatlah tuk biarkan dia masuk ke dalam hatimu” bisa merujuk pada nasihat Paul McCartney kepada Julian, untuk memberi Yoko kesempatan sebagai ibu tirinya. Karena dengan menerima fakta, dan iklas atas semua kejadian tersebut, paul seolah menganggap julian bisa mulai memperbaiki semuanya

Verse 2:
Hey Jude, don't be afraid
(Hei jude, jangan takut)
You were made to go out and get her
(Kau tercipta tuk mengejar dan mendapatkannya)
The minute you let her under your skin
(Sebentar saja kau memeluknya)
Then you begin to make it better
(Lalu kau mulai memperbaiki semuanya)


Makna lirik verse 2: di lirik "Hey Jude, don't be afraid / Hei jude, jangan takut" Paul juga berusaha menasihati Juian untuk tidak menakuti Yoko Ono. Ya bagaimana lagi semuanya sudah terjadi, buat saja lebih mudah dengan memaafkan semuanya, sehingga hidup julian tenang kemudian bisa memperbaiki hidupnya lagi

Bridge 1:
And anytime you feel the pain
(Dan tiap kali kau rasakan sakit)
Hey Jude refrain
(Hei jude bertahanlah)
don't carry the world upon your shoulders
(Jangan pikul dunia di pundakmu)
For well you know that it's a fool
(Karena kau tahu yang demikian itu hanya orang bodoh)
who plays it cool
(Yang sok keren)
By making his world a little colder
(Dengan membuat dunianya lebih dingin)
Na na na na na
na na na na


Makna lirik bridge 1: Membendung emosi atau mencoba melakukan hal-hal sepenuhnya sendirian adalah hal yang sangat sulit. Akibatnya bisa sangat berbahaya bagi kesehatan, pikiran, dan jiwa kita. Jude harus menghindari semua itu. Lirik "don't carry the world upon your shoulders / Jangan pikul dunia di pundakmu" menjelaskan kalau Paul McCartney berusaha menasihati Jude / Julian untuk mengatakan kesedihan yang ia rasa kepada Paul. Jadi jangan coba-coba memikul beban sakit itu sendirian, karna jika dipikul sendiri julian pastilah takkan kuat.

Verse 3:
Hey Jude don't let me down
Hei jude, jangan kecewakan aku

You have found her, now go and get her
Kau tlah temukan dia, kini kejar dan dapatkanlah dia

Remember to let her into your heart
Ingat biarkanlah dia masuk ke dalam hatimu

Then you can start to make it better
Lalu kau bisa mulai memperbaiki semuanya


Makna lirik verse 3: Pada verse 3, Paul McCartney berusaha untuk memperingatkan julian untuk tak mengecewakanya, dan belajar dari semua petuah yang diberikan paul layaknya di lirik-lirik awal tadi.

Bridge 2:
So let it out and let it in
Maka hembuskanlah dan hiruplah

Hey Jude begin
Hei Jude mulailah

You're waiting for someone to perform with
Kau menunggu seseorang tuk tampil bersama

And don't you know that it's just you
Dan tak tahukah kau bahwa hanya ada dirimu

Hey Jude, you'll do
Hei Jude, kau kan melakukannya

The movement you need is on your shoulder
Gerakan yang kau butuhkan ada di pundakmu

Na na na na na na na na na yeah
Na na na na nana na na na yeah

Makna lirik bridge 2: Kalimat “Na na na na na” yang terus diucap pada kebanyakan bagian lagu, menyiratkan makna sebuah kegembiraan, yang berarti dalam hidup ini kita diminta The Beates untuk ceria seperti nada lagu nananana, walau hidup kita kadang pahit.


Kesimpulan Makna Dari Lirik Lagu Hey Jude:

Setelah kita maknai keseluruhan lirik lagunya, dapat disimpulkan bahwa lagu “hey jude” adalah lagu khusus yang sengaja dibuat Paul McCartney (pemain bass The Beatles), untuk menyemangati putra John Lennon yang bernama Julian. Kita tahu bahwa pada masa itu, Julian terus-terusan bersedih karena melihat ayanya Jhon Lennon dan ibunya Cynthia yang harus bercerai. Jadi lewat lagu ini Paul McCartney ingin menghibur julian yang sedang bersedih kerena perceraian dengan kedua orangtuanya untuk bangkit, untuk menatap masa depan, karena semuanya akan baik-baik saja.

Meski faktanya lagu ini bercerita tentang julian anak john lennon, Lagu ini tak juga harus bermakna tentang julian saja tentunya, melainkan untuk semua pendengar setia The Beatles yang pernah merasakan hidup yang sulit layaknya julian. 

Lagu "Hey Jude" seolah ingin menyampaikan pesan pada pendengarnya untuk tetap tangguh, untuk tetap ceria, untuk tetap bersikap positif lah tentunya, dalam menghadapi hidup yang sangat pelik. Karena sebuah masalah layaknya hidup yang sulit, jika terus-terus diratapi hanya akan membuat hati kita sakit. jadi lagu ini seolah juga menyuruh kita untuk Bahagia, hadapi dengan senyuman semua masalah tersebut, jangan terlalu dipikirkan, yakinlah semuanya akan baik-baik saja. Ingatlah, bahwa sebuah masalah kadang merupakan pintu gerbang bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bijak. Lagu yang keren.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahn di lirik lagu Hey Jude berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu Hey Jude ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

*Penulis lirik lagu Hey Jude adalah Paul McCartney. Lagu ini rilis tahun. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Hey Jude ~ The Beatles (Official Video)

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Hey Jude ~ The Beatles"

Posting Komentar