Pencarian

Makna Dibalik lagu Billie Eilish ~ ​Hostage: Terobsesi berlebihan pada cinta itu tak baik


Lagu “hostage“ berkisah  tentang perasaan Billie Eilish yang terlalu cinta pada pria pujaanya, atau simplenya Billie cinta mati sama pria pujaanya tersebut.  Perasaan terlalu cinta tersebut, kemudian membuat hati Billie terobsesi, untuk “menyandera” hati pria pujaanya, untuk memiliki seluruh hati pria pujaanya, agar hati pria pujaanya hanya untuk dia saja, tak untuk orang lain. Namun semua yang dilakukan Billie untuk mempertahankan pria pujaanya sepertinya gagal, karena pria pujaanya seolah menjauhinya.

Perasaan Billie yang terlalu cinta pada pria pujaanya, juga tergambar dalam video klip lagunya. Dalam video digambarkan Billie selalu menari dan teropsesi untuk mengejar, memeluk, pria pujaanya. Namun pria pujaanya seolah selalu menolaknya, selalu menghindarinya lewat Gerakan-gerakan tarian yang sempurna.,

Seperti itukah makna dibalik lagu ini? untuk lebih jelasnya lagi, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
I wanna be alone
Aku ingin sendiri
Alone with you, does that make sense?
Sendirian bersamamu, apa itu masuk akal?
I wanna steal your soul
Aku ingin mencuri jiwamu
And hide you in my treasure chest
Dan menyembunyikanmu kedalam kotak perhiasanku
Didalam verse 1, atau bahkan dikeseluruhan lagu, Billie selalu mengekspresikan cintanya yang begitu besar kepada pria pujaanya. Di lirik ini, bllie mengatakan bahwa ia ingin sendirian bersama kekasihnya, dan tak mau ada orang lain yang bisa mengganggunya. Dan jika bisa, Billie bahkan terobsesi untuk menculik pria pujaanya dan kemasukkan kedalam kotak perhiasanya

Verse 2:
I don't know what to do
Aku tak tahu harus bagaimana
To do with your kiss on my neck
Bermain dengan ciumanmu dileherku
I don't know what feels true
Aku tak tahu apa yang benar-benar kurasakan
But this feels right, so stay a sec
Namun perasaan ini benar adanya, jadi tinggallah sebentar
Yeah, you feel right, so stay a sec
Ya, perasaanmu benar adanya, jadi tinggallah sebentar
Billie sepenuhnya meyakini bahwa ia sangat mencintai pria pujaanya, jadi ia seolah mengejar dan meminta pria tersebut untuk tinggal bersamanya, dan menetap dihatinya

Chorus:
And let me crawl inside your veins
Dan biarkanku merayapr ke dalam nadimu
I'll build a wall, give you a ball and chain
Aku akan membangun dinding, memberimu bola dan rantai
It's not like me to be so mean
Bukannya aku begitu kejam
You're all I wanted
Kaulah yang kuinginkan
Just let me hold you
Biarkan aku memelukmu
Like a hostage
Seperti seorang sandera
Billie cinta mati dengan pria pujaanya, dan perasaan cinta mati tersebut kemudian menimbulkan obsesi. Bille dalam lirik ini, beropsesi untuk merayap dalam nadi pujaanya, jika ia sudah menyatu dengan pria pujaanya, otomatis pria pujaanya takkan meninggalkanya. Obsesi lain dari Billie tergambar lewat lirik “I'll build a wall, give you a ball and chain” yang dapat dimaknai Billie terobsesi, untuk “menyandera” hati pria pujaanya dengan dinding beton dan rantai, agar hati pria pujaanya hanya untuk dia saja, tak untuk orang lain.

Verse 3:
Gold on your fingertips
Emas di ujung jarimu
Fingertips against my cheek
Ujung jari yang menempel di pipiku
Gold leaf across your lips
Lapisan emas di bibirmu
Kiss me until I can't speak
Ciumi aku hingga tak mampu berkata-kata
Emas sering dianggap sebagai salah satu mineral paling berharga di bumi. Billie berusaha menyampaikan pesan pada verse ke 2 ini,  bahwa pria pujaanya bagaikan emas. Ujung jari pria pujaanya seperti emas, bibirnya layaknya emas, dan semua yang pria pujaanya punya seolah sangat berharga layaknya emas.

Verse 4:
Gold chain beneath your shirt
Rantai emas di dalam bajumu
The shirt that you let me wear home
Bajumu yang slalu kupakai di rumah
Gold's fake and real love hurts
Emas palsu dan cinta yang nyata itu menyakitkan
And nothing hurts when I'm alone
Dan tak ada yang terluka saat aku sendiri
When you're with me and we're alone
Saat kau bersamaku dan kita merasa sendiri
Verse 4 adalah akhir dari cerita cintanya. semua yang dilakukan Billie pada lirik-lirik diatas untuk mempertahankan pria pujaanya, sepertinya gagal jika kita melihat lirik ini, pria pujaanya seolah menjauhinya. Yap, Billie terlalu opsesi dan terlalu cinta pada pria pujaanya, sehingga tanpa disadari  obsesi tersebut malah mengekang pria tersebut.
Yap, Billie terlalu opsesi dan terlalu cinta pada pria pujaanya, padahal kenyataanya pria tersebut tak mencintai Billie dan itu sangat menyakitkan. Pria yang selama ini dianggap billie layaknya emas, rupanya hanya emas yang palsu.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, dapat disimpulkan bahwa lagu “hostage“ berkisah  tentang perasaan Billie Eilish yang terlalu cinta pada pria pujaanya, atau simplenya Billie cinta mati sama pria pujaanya tersebut.  Perasaan terlalu cinta tersebut, kemudian membuat hati Billie terobsesi, untuk “menyandera” hati pria pujaanya, untuk memiliki seluruh hati pria pujaanya, agar hati pria pujaanya hanya untuk dia saja, tak untuk orang lain.

dikeseluruhan lagu, Billie selalu mengekspresikan cintanya yang begitu besar kepada pria pujaanya. Billie menganggap bahwa bahwa pria pujaanya bagaikan emas yang seolah mendeskrepsikan sebagai harta paling berharga dalam hidupnya. Namun semua yang dilakukan Billie untuk mempertahankan pria pujaanya sepertinya gagal, karena pria pujaanya seolah menjauhinya.

Lewat lagu ini, Billie seolah ingin mengajarkan pada kita bahwa terlalu terobsesi pada sebuah cinta itu tak baik. Karena jika obsesi kita itu tak sesuai dengan kenyataan, semua itu akan menyakiti kita. Digambarkan dalam lirik jika Billie sangat cinta mati pada kekasihnya dan ingin memiliki kekasihnya, padahal kenyataanya pria pujaanya tak mencintainya, malahan pria tersebut merasa terkekang karena Billie yang terlalu beropsesi.






*Penulis lirik lagu hostage adalah FINNEAS & Billie Eilish. Lagu ini rilis tahun 2018. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.


0 Response to "Makna Dibalik lagu Billie Eilish ~ ​Hostage: Terobsesi berlebihan pada cinta itu tak baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel