Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Ali Gatie ~ It’s You

Lagu “It's you” mengisahkan tentang kisah masalalu sang penulis lagu (Ali Gatie) yang mencintai seseorang namun cintanya bertepuk sebelah tangan. Kejadian yang menyakitkan tersebut kemudian  membuatnya trauma, sehingga ketika ia akhirnya bertemu dengan pujaan hati yang baru, ia selalu menekankan pada pujaan hatinya  untuk tak menjadi orang yang pernah menyakiti hatinya.

Ali Gatie dalam lagu ini, sangat berharap bahwa sejarah pahit kisah percintaanya yang dulu takkan pernah terulang pada kisah cintanya yang sekarang. Dalam wawancaranya dengan majalah Billboard, Ali Gatie menjelaskan “Everyone heartbroken knows the insecurities and fears that come with a new love," dengan kata lain ia seolah menerangkan bahwa seseorang yang dulunya pernah terluka, kadangkala merasa was-was jika menemui cinta baru lagi, karena takut jika kisah cinta yang baru akan sama saja dengan kisah-kisah sebelumnya yang menyakiti.

Kata “It's you” dipakai sebagai judul lagu karena analoginya simple. yang punya pengertrian bahwa Ali trauma dengan masalalunya sehingga ia susah untuk jatuh cinta kembali, namun karena dia menemukan sosok wanita baru dalam hidupnya ia ingin mencoba mencintai lagi. alasanya, yak arena wanita itu, It's you

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Chorus:
It's you, it's always you
Kamu, selalu dirimu
If I'm ever gonna fall in love I know it's gon' be you
Kalau aku jatuh cinta, pastinya hanya kepadamu
It's you, it's always you
Kamu, Selalu dirimu
Met a lot of people, but nobody feels like you
(aku) Bertemu banyak orang, namun tak ada yang sepertimu
So, please, don't break my heart
Jadi, tolong, jangan hancurkan hatiku
Don't tear me apart
Jangan berpisah dariku
I know how it starts
Aku tahu bagaimana ini dimulai
Trust me, I've been broken before
Sebelumnya hatiku pernah hancur
Don't break me again
Jangan hancurkan lagi
I am delicate
Hatiku begitu lembut
Please, don't break my heart
Tolong, jangan hancurkan hatiku
Trust me, I've been broken before
Percaya padaku, Sebelumnya hatiku pernah hancur
Lirik reff/chorus langsung membuka walan lagu, lirik ini diulang sebanyak 3 kali pada lagu. Dalam lirik lini, Ali mengungkapkan bahwa ia sangat trauma dengan kisah cinta yang lalu dimana ia pada masalalu pernah disakiti oleh seseorang. Ia kemudian bertemu banyak orang, yang sifatnya sama saja, hanya sering menyakiti. Hingga suatu waktu, akhirnya ia menemukan pujaan hatinya, yang seolah berbeda dari orang lain, yang bisa mengobati hatinya, yang bisa menyebuhkan rasa traumanya. Jadi, Ali berharap bahwa kekasihnya yang baru ini tak seperti mantan kekasihnya yang dulu.

Verse 1:
I've been broken
Aku pernah hancur
Yeah I know how it feels
Ya aku tahu rasanya
To be open, And then find out your love isn't real
Untuk terbuka, Dan menyadari kalau cintamu palsu
I'm still hurting, Yeah I'm hurting inside
Aku masih merasakan sakit, Sakit di dalam hatiku
I'm so scared to fall in love
Aku begitu takut tuk jatuh cinta
But if it's you then I'll try
Tapi kalau itu kamu, maka akan ku coba
Verse 1, temanya sama dengan reff/chorus lagu. Di lirik ini Ali ini mengisyaratkan gagasan bahwa Ali pernah jatuh cinta dengan seseorang, tetapi kemudian akhirnya menyadari bahwa "cinta" yang ia alami, akhirnya malah tidak nyata sama sekali. Menyadari hal ini, Ali menjadi sangat terluka secara emosional dan membuatnya takut untuk jatuh cinta lagi, karena dia takut akan bekas luka seperti itu lagi.
Namun, dalam lirik selanjutnya Ali mengatakan "But if it's you then I'll try" mengisyaratkan bahwa dia mau jatuh cinta lagi dengan seseorang wanita baru. Karena wanita itulah akhirnya hati Ali terbuka lagi.

Verse 2:
I know I'm not the best at choosing lovers
Aku sadar aku tak pandai memilih pendamping hidup
We both know my past speaks for itself, for itself
Kita berdua tahu masa laluku hanya untuk dirinya, untuk dirinya
If you don't think that we're right for each other (baby, no)
Kalau kau tak berpikir kita cocok satu sama lain
Then, please, don't let history repeat itself
Maka, tolong, jangan ulangi lagi kisahku yang dulu
'Cause I want you yeah, I want you yeah
Karena aku menginginkan dirimu
There's nothing else I want
Tak ada yang lain yang aku mau
'Cause I want you yeah, I want you yeah
Karena aku menginginkanmu
And you're the only thing I want
Dan hanya dirimu yang aku mau
Dia bersedia untuk jatuh cinta, menjalani sebuah kisah baru dengan wanita lain yang ia cintai.  Karena wanita itulah, Ali rela berkorban/ mengambil risiko tergores lagi, Meskipun hatinya hancur sebelumnya, Ali seolah yakin bahwa wanita tersebut adalah wanita yang tepat untuknya, wanita yang takmungkin menyakitinya seperti kisah masalalu.

Outro:
Baby, I want you, baby I want you
Sayang, aku menginginkanmu
Baby, I want you, baby I want you
Sayang, aku menginginkanmu
Baby, I want you, you, you
Sayang, aku menginginkanmu
Setelah masa trauma nanpahit, Akhirnya Ali menemukan wanita baru yang ia idam-idamkan dan ia inginkan.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa lagu “It's you” mengisahkan tentang kisah masalalu sang penulis lagu (Ali Gatie) yang mencintai seseorang namun cintanya bertepuk sebelah tangan. Kejadian yang menyakitkan tersebut kemudian membuatnya trauma, sehingga ketika ia akhirnya bertemu dengan pujaan hati yang baru, ia selalu menekankan pada pujaan hatinya untuk tak menjadi orang yang pernah menyakiti hatinya.

Dalam lirik lagunya, Ali mengungkapkan bahwa ia sangat trauma dengan kisah cinta yang lalu dimana ia pada masalalu pernah disakiti oleh seseorang. Hingga suatu waktu, akhirnya ia menemukan pujaan hatinya, yang seolah berbeda dari orang lain, yang bisa mengobati hatinya, yang bisa menyebuhkan rasa traumanya.

Karena wanita itulah, Ali bersedia untuk jatuh cinta lagi, menjalani sebuah kisah baru dengan wanitayang ia cintai.  Karena wanita itulah, Ali rela berkorban/ mengambil risiko tergores lagi, Meskipun hatinya hancur sebelumnya, Ali seolah yakin bahwa wanita tersebut adalah wanita yang tepat untuknya, wanita yang tak mungkin menyakitinya seperti kisah masalalu.

Pelajaran berharga dari lagunya:
Pesan yang ingin disampaikan dalam lagu ini cukup dalalm. Lagu ini seolah ingin mengajarkan kita bahwa kisah percintaan dimasa lalu yang pernah kita alami, mungin akan membuat diri kita sakit dan trauma. Namun dari rasa sakit dan trauma tersebut, kita  bisa belajar untuk bisa menemukan cinta sejati. lagu yang luar biasa.

Oke mungkin itu saja pemaknaan saya terhadap lagu ini. pemaknaan dilagu ini jauh dari kata sempurna, jadi jika ada yang ingin berpendapat silahkan tulis di kolom komentar.




*Penulis lirik lagu It's you adalah Ali Gatie. Lagu ini rilis pada tahun 2019. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Ali Gatie ~ It’s You"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel