Pencarian

Makna Dibalik Lagu Christina Perri ~ Jar of Hearts: Jangan Kembali Pada Dia yang Pernah Menyakiti


Apa yang kan kamu lakukan, ketika Dia yang sempat pergi meninggalkanmu, meluluhlantakkan hatimu, dan membuat hatimu teramat sangat sakit, tiba-tiba datang dikehidupanmu lalu mengajakmu kembali bersama? Apakah kamu masih bisa menerimanya kembali? Yakinkah dirimu untuk mengulang cerita lama, dengan orang yang sama yang pernah membuat hatimu terluka? Tegaslah, lalu katakana tidak! Seperti apa yang tertulis dalam lirik lagu ini.

Yap, Pada dasarnya, lagu “Jar of Hearts” mengisahkan tentang keteguhan hati seorang wanita (Christina Perri) yang dengan tegas mengatakan bahwa dia tidak ingin kembali lagi menjalin hubungan dengan pria yang telah melukai hatinya. Entah apa yang melatarbelakangi keputusan Perri, namun yang jelas pria tersebut telah sangat melukai hatinya. kemungkinan pria tersebut menyelingkuhi perri, hal tersebut didukung dari judul lagunya sendri yang jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti “toples hati.” Seperti yang kita tahu toples bisanya kita gunakan sebagai alat untuk mengoleksi barang/benda, dan dalam konteks di lagiu ini, toples digunakan pria tersebut untuk mengoleksi hati-hati waniita/berselingkuh.

Untuk lebih lengkap bagaimana kisah lagunya, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya, baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.

Verse 1:
You know, I can't take one more step, towards you
Kau tahu, aku tak bisa lagi melangkah, mendekatimu
Cause all that's waiting is regret
Karena yang menantiku hanyalah penyesalan
And don't you know I'm not your ghost anymore
Dan tak tahukah kau aku bukan hantumu lagi
I lost the love, I loved the most
Aku tlah kehilangan cinta dari orang yang paling kucinta
Perri dalam lirik verse 1 ini mengatakan bahwa ia tak bisa “melangkah” bersama pria yang ia cintai lagi. karena jika ia melangkah dan kembali dalam pelukan si pria lagi, ujung-ujungnya yang ia dapatkan pasti sebuah penyesalan karena pria tersebut pasti kan melukai hatinya lagi. “berpisah adalah pilihan terbaik, daripada terus terluka” seperti itulah inti liriknya.

Pre-Chorus:
I learned to live, half alive
Aku belajar hidup, setengah mati
And now you want me one more time
Dan kini kau inginkan aku sekali lagi
Pria tersebut sepertinya telah meninggalkan banyak luka dihati perri. setelah berpisah, perri akhirnya belajar setengah mati menyembuhkan lukanya. Setelah luka itu hampir sembuh, tiba-tiba pria tersebut datang lagi dalam kehidupan perri dan ngajak balikan? Kebayang ga sih gimana keselnya hati perri?

Chorus:
And who do you think you are?
Dan kau kira siapa dirimu?
Running round leaving scars
Ke sana kemari meninggalkan luka
Collecting your jar of hearts
Mengoleksi toples hatimu
And tearing love apart
Dan memecakanya jadi kepingan cinta
You're gonna catch a cold
Kau akan terserang demam
From the ice inside your soul
Dari dingin dalam jiwamu
So don't come back for me
Maka janganlah kau kembali padaku
Who do you think you are?
Kau kira siapa dirimu?
Setelah menyakiti, melukai, menghianati, dengan entengnya pria tersebut kembali lalu meminta maaf lalu minta balikan. Kamu pikir kamu itu siapa? Mungkin itulah gambaran isi hati perri dilihat dari lirik lagunya. Lirik “Collecting your jar of hearts” sepertinya menegaskan bahwa pria tersebut sepertinya telah berhianat pada perri, ia berseingkuh “mengoleksi” hati wanita lain.” perri juga mengatakan bahwa pria tersebut memiliki jiwa yang dingin layaknya lirik “From the ice inside your soul” yang bermakna bahwa pria tersebut adalah orang jahat.

Verse 2:
I hear you're asking all around
Kudengar kau bertanya ke mana-mana
If I am anywhere to be found
Tentang keberadaanku
But I have grown too strong
Namun kini aku tlah terlalu tangguh
To ever fall back in your arms
Untuk jatuh lagi dalam pelukmu
Dalam verse 2, perri seolah ingin mengatakan pada pria tersebut untuk tak perlu repot-repot mencoba mencari nya lagi. karena apapun yang pria itu lakukan, perri tetep teguh pada pendirian hatinya untuk meninggalkan pria tersebut.

Bridge:
Dear, it took so long, just to feel alright
Kasih, butuh waktu lama untuk merasa baik
Remember how you put back the light in my eyes
Ingat bagaimana kau nyalakan kembali cahaya di mataku
I wish, that I had missed the first time that we kissed
Andai kulewatkan saat pertama kita berciuman
Cause you broke all your promises
Karna kau ingkari janjimu
And now you're back
Dan kini kau kembali
You don't get to get me back
Kau tak bisa mendapatkanku lagi
Bridge temanya hampir sama dengan lirik Pre-Chorus, yaitu tentang bagaimana perri berusaha setengah mati menyembuhkan luka akibat sakit hati yang dibikin si pria. Namun ketika hati perri mulai sembuh, pria tersebut malah datang dan mengingatkan akan kisah lama mereka. Perri dalam lirik ini hanya mempertegas mau bagaimanapun, atau apapun, hati perri sudah teguh dan tak bisa berubah untuk tetap meninggalkan pria tersebut. Kau pikir kau siapa heeyy pria yang selalu menyakitiku?  

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, dapat disimpulkan bahwa lagu "Jar of Hearts" mengisahkan tentang keteguhan hati seorang wanita (Christina Perri) yang dengan tegas mengatakan bahwa dia tidak ingin kembali lagi menjalin hubungan dengan pria yang telah melukai hatinya.

Dikisahkan dalam lirik lagunya, Christina Perri diajak balikan lagi oleh pria yang telah menghianati dan melukai hatinya. Perri mengatakan bahwa ia tak bisa “melangkah” bersama pria tersebut lagi. karena jika ia melangkah dan kembali dalam pelukan si pria lagi, ujung-ujungnya yang ia dapatkan pasti sebuah penyesalan karena pria tersebut pasti kan melukai hatinya lagi. Setelah menyakiti, melukai, menghianati, dengan entengnya pria tersebut kembali lalu meminta maaf lalu minta balikan. “Kamu pikir kamu itu siapa?” Mungkin itulah gambaran isi hati perri. Jadi untuk alasan apapun, dan bagaimanapun, hati dan jiwa perri sudah teguh dan tak bisa berubah untuk tetap meninggalkan pria tersebut.

Hal yang dapat kita pelajari dari lagunya
Jangan kembali pada dia yang pernah menyakiti. Kadang, kamu memang lebih baik sendiri. Ya.. menurut lagu ini kamu memang disuruh setegas itu. lagu ini secara tegas menyatakan untuk tak kembali lagi pada dia yang telah menghianati, dan menyakiti perasaanmu. Karena jika dia diberi kesempatan kedua, dia biasanya akan menyakiti hati kita lagi dan terus-terusan menyakiti hati kita lagi. jadi untuk tak sakit lagi, ya tegaskan secara permanen untuk tak kembali lagi dengan dia.

Kamu bukan keledai, ketika jatuh ke lubang yang sama, kamu tak bisa menggunakan otakmu yang kurang mampu berpikir sebagai pembelaannya. Kamu seharusnya memahami bahwa menjalin hubungan dengan dia yang pernah menorehkan luka memberikan banyak pelajaran berharga. Watak diri sendiri pun sanggup terbaca secara sempurna. Selain itu, kamu mendapat pelajaran lainnya. Kamu jadi memahami karakter pria atau wanita seperti apa yang sanggup menjadi pasangan sepadan untukmu di masa depan. Jadi ketika kamu punya semua alasan untuk meninggalkan, maka beranilah untuk meninggalkan, daripada terus-terusan sakit. Lagu yang luar biasa.







*Penulis lirik lagu Jar of Hearts adalah Christina Perri. Lagu ini rilis tahun 2010. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Christina Perri ~ Jar of Hearts: Jangan Kembali Pada Dia yang Pernah Menyakiti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel