Pencarian

Sebuah lagu patah hati: Makna Dibalik Lagu Coldplay ~ O (Fly On)


Lagu “O (Fly On)” Menceritakan tentang keadaan emosional seorang pria (si penulis lagu) karena mengalami putusnya hubungan percintaan.  Dalam patah hatinya tersebut, si penulis lagu kemudian merenung, berusaha mengiklaskan kepergian kekasihnya dan berusaha berdamai dengan hatinya sendiri. Dari renunganya tersebut ia kemudian mendapatkan suatu kesimpulan, bahwa sebuah cinta memang tidaklah abadi, cinta datang dan pergi, layaknya sekawanan burung mereka terus terbang (Fly on), sebentar hinggap dan sebentar pergi.

Oke untuk lebih jelasnya kita maknai saja keseluruhan liriknya. baca sampai habis, kesimpulan ada diakhir tulisan.

Verse 1:
A flock of birds
Sekawanan burung
Hovering above
Melayang di atas sana
Just a flock of birds
Hanya sekawanan burung
That's how you think of love
Begitulah pikiranmu tentang cinta
Verse 1, dimulai dengan kisa tentang seorang pria yang sedang melamun dan merenung karena sedang patah hati. dengan tatapan mata yang mengarah kelangit, ia kemudian menyaksikan sekumpulan burung terbang, dan mendapati kesimpulan bahwa cinta mungkin layaknya seperti burung-burung yang terbang, mereka selalu datang kemudian mereka pergi.

Chorus 1:
And I always, Look up to the sky
Dan aku selalu, Memandang ke langit
Pray before the dawn
Berdoa sebelum fajar
'Cause they fly always
Karena mereka selalu terbang
Sometimes they arrive
Kadang mereka sampai
Sometimes they are gone
Kadang mereka pergi
They fly on
Mereka terus terbang
Sekawanan burung kadang bermigrasi dan meninggalkan tempat kelahiranya ke tempat baru untuk mencari makan. Setelah beberapa waktu, beberapa burung kadang ada yang kembali lagi ketempat kelahiranya, kadang juga ada yang tak kembali. Sama seperti kisah para kawanan burung, kisah cinta si penulis lagu juga seperti itu. kekasihnya sekarang mungkin meninggalkanya, namun suatu saat mungkin ia akan kembali. Jadi si penulis lagu selalu berdoa sebelum fajar, supaya kekasihnya kembali.

Verse 2:
A flock of birds
Sekawanan burung
Hovering above
Melayang-layang di atas sana
Into smoke I'm turned
Aku menjelma jadi asap
And rise following them up
Dan terbang ikuti mereka
Layaknya sekawan burung yang melayang-layang terbang bebas bergitu gembiranya, penulis lagu kemudian ingin seperti mereka

Chorus 2:
Still I always
Masih saja aku selalu
Look up to the sky
Melihat ke langit
Pray before the dawn
Berdoa sebelum fajar
'Cause they fly away
Karena mereka terbang jauh
One minute they arrive
Semenit mereka sampai
Next you know they're gone
Selanjutnya kau tahu mereka pergi
They fly on
Mereka terus terbang
Fly on
Terus terbang
Dan walau hati si penulis lagu terus berdoa bahwa cintanya dapat kembali, Ia kemudian seolah sadar dan berfikir realistis bahwa seperti itulah kehidupan, seperti itulah cinta. Tak ada yang abadi di kehidupan ini, ada yang datang pasti ada yang pergi.

Outro:
So fly on
Maka teruslah terbang
Ride through
Teruslah berkendara
Maybe one day I'll fly next to you
Mungkin kelak aku kan terbang di sisimu
They fly on
Mereka terus terbang
Ride through
Terus berkendara
Maybe one day I come fly with you
Mungkin kelak aku kan terbang bersamamu
Fly on, Fly on, Fly on
Terus terbang
Jadi teruslah move on, teruslah terbang dan berkendara. Lihatlah sekawanan burung, walau mereka berpindah-pindah dari satu tempat ketempat lainya mereka masih saja terbang bebas dan ceria. Begitupun hati si penulis lagu, walau hatinya sudah ditinggalkan oleh oleh kekasinya, ia masih bisa kok menemukan hal baru lain yang kan membuat hatinya jadi Bahagia lagi.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, dapat disimpulkan bahwa lagu ini menceritakan tentang keadaan emosional seorang pria (si penulis lagu) karena mengalami putusnya hubungan percintaan.  Dalam galaunya tersebut, si penulis lagu kemudian merenung, berusaha mengiklaskan kepergian kekasihnya dan berusaha berdamai dengan hatinya sendiri. Dari renunganya tersebut ia kemudian mendapatkan suatu kesimpulan, bahwa cinta itu layaknya sekawanan burung.

Layaknya sekawanan burung yang datang dan pergi, cinta juga datang dan pergi. Cinta kadang akan datang sebentar untuk mencerahkan dunia kita, tetapi pada akhirnya cinta juga akan selalu terbang meninggalkan kita dan membuat hati kita sakit.

Layaknya sekawanan burung, lagu ini juga menasihati kita. sekawanan burung, walau mereka berpindah-pindah dari satu tempat ketempat lainya mereka masih saja terbang bebas dan ceria. Begitupun hati dengan hati kita, walau hati kita sakit karna ditinggalkan oleh kekasih, kita masih bisa kok menemukan hal baru lain yang kan membuat hati kita Bahagia.






*Penulis lirik lagu Every Teardrop Is a Waterfall adalah Will Champion, Moses Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman & Chris Martin. Lagu ini rilis tahun 2011. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.


0 Response to "Sebuah lagu patah hati: Makna Dibalik Lagu Coldplay ~ O (Fly On) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel