Pencarian

Karena Move On Itu Tak pernah mudah: Makna Dibalik Lagu Lewis Capaldi ~ Someone You Loved


Capaldi mengatakan kepada majalah The Courier, bahwa lagu ini adalah lagu paling menyedihkan yang pernah ia tulis. Dia menjelaskan bahwa lagunya tentang "perasaan ketika kita mulai mengenal seseorang dan segala sesuatunya berjalan dengan sangat baik, tetapi kita enggan untuk bersikap terbuka akan kisah kita di masa lalu karna mungkin kita susah untuk melupakan"
.
Keterangan lain dari Capaldi tentang lagu "Someone You Loved" juga tertuang saat dia di wawancarai media NME. kepada NME Capaldi mengatakan “this song reflecting on the end of a relationship and family bereavements, in particular my grandmother” dalam artian bahwa lagu ini punya dua makna sekaligus, bisa bermakna tentang percintaan Capaldi, bisa juga bermakna tentang kehilangan seorang keluarga khususnya neneknya. Dalam wawancara ini Capaldi seolah menerangkan bahwa Capaldi susah move on, dari neneknya sang sangat ia cintai.
.
Sementara saat wawancara dengan media Genius.com, Capaldi juga menerangkan bahwa lagu "Someone You Loved", adalah lagu tentang kisah hubungan masa lalunya. Dengan sangat detil ia mengungkapkan makna lagunya pada wawancara dengan Genius.com, yang intinya bahwa lagu ini tentang kisah percintaan masa lalunya, tentang bagaimana ia memperjuangkan hubungan itu, tentang bagaimana akhirnya hubungan itu putus, dan tentang bagai mana ia tak bisa melupakan kisah itu bertahun-tahun. Berikut adalah petikan wawancaranya  Someone You Loved basically a lot of my album was completely written about an old relationship that I’d had, and by this point two years after, three years actually after it had happened I didn’t really care, not that I didn’t care about it anymore do you know what I mean, but I’d written everything I could want to write about that relationship and how it broke up.
.
Hhhhmmhhh… sebenarnya saya sangat susah dalam menginterpretasikan lagu ini, karna lagunya sendiri memang sangat multi tafsir. Namun setidaknya, setelah kita membaca sekilas wawancara Lewis Capaldi, dengan beberapa media diatas, kita seolah bisa menarik kesimpulan bahwa Lagu “Someone You Loved” menceritakan tentang Lewis Capaldi, yang selalu susah Move On dengan semua kisah masalalunya, terutama kisah percintaanya dengan mantan.
.
Jadi jelaslah, bahwa Lewis Capaldi menulis lagu “Someone You Loved” untuk mantan-nya yang hingga saat ini masih ia rindukan. Capaldi mengatakan dalam lirik lagunya, ia sangat mencintai mantan-nya tersebut dan telah memberikan segalanya, agar hubungan itu tetap berjalan, namun mantan-nya tetap saja meninggalkanya. Dan karena ia masih terus merindukan mantanya hingga sekarang, dia hanya ingin menemukan seorang wanita yang mirip seperi mantanya dulu.
.......
Oke untuk lebih jelasnya, kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.
.........
Verse 1:
I'm going under, and this time, I fear there's no one to save me
Aku tenggelam, dan kali ini, aku takut tak ada seorangpun yang menyelamatkanku
This all or nothing really got a way of driving me crazy
 Situasi tak pasti ini embuatku gila
I need somebody to heal, somebody to know
Aku butuh seseorang tuk menyembuhkan, seseorang tuk memahami
Somebody to have, somebody to hold
Seseorang tuk dimiliki, seseorang tuk dipeluk
It's easy to say, but it's never the same
Mudah tuk diucapkan, tapi tak pernah sama
I guess I kinda liked the way you numbed all the pain
Aku kira, aku lumayan suka caramu menghilangkan rasa sakit
Verse 1, berbicara tentang perasaan Lewis Capaldi yang hancur karena ditinggal mantan-nya. Mantan-nya tersebut bagi Capaldi adalah orang yang bisa menyelamatkanya, bisa memahaminya, dsb. Namun, Setelah mantan-nya pergi dari hidupnya siapa yang bisa menyelamatknya lagi? Oleh sebab itu Capaldi butuh seseorang wanita yang seperti mantan-nya tersebut agar bisa mengobati rasa sakitnya.

Chorus:
Now the day bleeds into nightfall
Kini hariku penuh luka hingga malam tiba
And you're not here to get me through it all
Dan kau tak di sini untuk membantuku melalui ini semua
I let my guard down and then you pulled the rug
Aku lengah dan kemudian kau tiba-tiba meninggalkanku
I was getting kinda used to being someone you loved
Aku mulai terbiasa menjadi orang yang kau cintai
Patah hati karena ditinggal mantan, membuat Capaldi larut dalam kesedihan sehari-hari. Dan dalam periode tersebut, ia hanya ingin mantan-nya kembali padanya. Namun sekali lagi, mantanya tak pernah ada untuknya lagi saat ia merasa dalam kesusahan.
Lrik “I let my guard down and then you pulled the rug”, menjabarkan bahwa Capaldi memang tak selalu menjaga kekasihnya karena konsep cinta sendiri adalah membebaskan tiap pasangan, namun ketika ia terlalu membebaskan dan lengah tak menjaga mantannya, mantan-nya pun tiba-tiba pergi meninggalkanya. Padahal Capaldi masih cinta-cintanya dan sudah terbiasa dicintai mantan-nya, tapi mantan-nya malah pergi.

Verse 2:
I'm going under, and this time, I fear there's no one to turn to
Aku tenggelam, dan kali ini aku takut tak ada seseorang yang bisa ku dituju
This all or nothing way of loving got me sleeping without you
Cinta tak pasti ini membuatku tidur tanpamu
Now, I need somebody to know, somebody to heal
Sekarang aku butuh seseorang tuk memahami, seseorang tuk menyembuhkan
Somebody to have just to know how it feels
Seseorang tuk dimiliki hanya tuk tahu bagaimana rasanya
It's easy to say, but it's never the same
Mudah tuk diucapkan, tapi tak pernah sama
I guess I kinda like the way you help me escape
Ku kira, aku suka caramu membantuku keluar dari semua ini
Verse 2, ceritanya hampir sama seperti verse 1, yang berbicara tentang perasaan Lewis Capaldi yang hancur karena ditinggal mantan-nya. Mantan-nya tersebut bagi Capaldi diandaikan sebagai tempat yang bisa hatinya tuju, bisa memahaminya, dsb. Namun, Setelah mantan-nya pergi dari hidupnya siapa yang bisa ia tuju lagi? Oleh sebab itu Capaldi butuh seseorang wanita yang seperti mantan-nya tersebut agar bisa mengobati rasa sakitnya

Bridge:
And I tend to close my eyes when it hurts sometimes
Dan aku cenderung memejamkan mataku saat semua ini terasa menyakitkan terkadang
I fall into your arms
Aku jatuh dalam pelukanmu
I'll be safe in your sound till I come back around
Aku akan aman dalam suaramu sampai aku pulang
Lirik ini menjabarkan bahwa ketika Capaldi merasakan sakit karena ia ditinggal mantan-nya, ia pun kemudian memejamkan mata. Dalam pejaman mata tersebut, ia melihat bayangan kekasihnya memeluknya, ia mendengarkan suara dari mantanya, dan semua itu membuat dirinya merasa lebih baik. Hhmmhh..

Kesimpulan:
Setelah klta interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa lagu "Someone You Loved" bercerita tentang mantan Lewis Capaldi, yang masih terus-terusan ia rindukan. jika kita melihat keseluruhan lirik lagunya. ia sangat mencintai mantan-nya. digambarkan dalam lirik bahwa mantan-nya tersebut bagai seseorang yang bisa menyelamatkanya, bisa memahaminya dan ia pun mengandaikan bahwa mantanya tersebut bagai suatu tempat yang bisa ia tuju. jadi jelas bahwa mantanya tersebut adalah orang yang sangat-sangat berarti dalam hidupnya. Namun sayang seribu sayang, walau Lewis Capaldi telah memberikan segalanya agar hubungan itu tetap berjalan, namun mantan-nya tetap saja meninggalkanya. Dan karena ia masih terus merindukan atau tak bisa move on dari mantan-nya hingga sekarang, dia hanya ingin menemukan seorang wanita yang mirip seperi mantanya dulu.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari lagunya:
Bagi saya, lagu ini secara keseluruhan punya dua makna yang sangat mendalam;
Pertama, lagu ini disebagian lriknya mengajarkan bahwa takdir itu nyata. Digambarkan dalam lirik bahwa Capaldi sangat mencintai mantanya dan berusaha mempertahankan hubungan tersebut namun akhirnya hubungan itu tetap kandas. Yah.. begitulah jika takdir sudah berbicara, karena sekuat apapun kamu mempertahankan suatu hubungan jika takdirnya hubungan tersebut digariskan berakhir maka ya akan berakhir.
Kedua, lagu ini mengajarkan bahwa move on itu tak mudah. Ya, idak pernah mudah move on pada mantan yang paling kita cinta,i terutama jika perpisahan diwarnai dengan catatan pahit. Perpisahan dengan mantan kekasih jadi salah satu fase berat dalam hidup, layaknya apa yang digambarkan lagu ini. jadi, kamu pernah seperti Capaldi tidak? Yang kadang masih merindukan mantan? Yang kadang mencari pacar baru dengan kriteria mirip mantan? Hihihih.. jadi kangen mantan.

Penutup:
kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. jada, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah ๐Ÿ˜Š





*Penulis lirik lagu Someone You Loved adalah Lewis Capaldi. Lagu ini rilis pada tahun 2019. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog


 Lewis Capaldi ~ Someone You Loved (Official Video)

13 Responses to "Karena Move On Itu Tak pernah mudah: Makna Dibalik Lagu Lewis Capaldi ~ Someone You Loved "

  1. Wah saya salah pengertian dong wkwkw. Dari arti liriknya saya kira menggambarkan seorang mengharapkan datangnya cinta. Jadi untuk orang jomblo seperti saya can relate banget lagu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hay kak, saya menginterpretasikan lagu ini menurut pendapat pribadi saya. lagu ini tersirat, punya makna berbeda-beda, jadi bebas menginterpretasikanya seperti apa. cuma masuk akal juga sih jika lagunya di interpretasikan untuk menggambarkan seorang mengharapkan datangnya cinta, walau pun ia susah move on dari kisah masalalunya yang dulu. terimakasih sudah berkomentar kak,, hehe

      Delete
  2. Menarik sekali, thanks

    ReplyDelete
  3. Lagune bikin namges

    ReplyDelete
  4. Jujur ni lagu aku suka banget tapi setelah itu kekasihku yg ngalaminnya, sedih tapi ya takdir gak bisa kita sendiri yg bikin scenarionya, kalo jodoh gak bisa dipaksakan, gak bisa dipaksa untuk bersatu ๐Ÿ˜ข kasihan sekali. Apa aku salah? Apa aku jahat? Kita hanya ingin yg terbaik jika tidak bisa bersatu dari sinilah kita harus belajar untuk lebih bersabar & ikhtiar lagi ๐Ÿ™ keep strong ๐Ÿ’ช

    ReplyDelete
    Replies
    1. turut bersedih, mungkin memang belum jodohnya kaa :(

      Delete
  5. Gasalah memang, milih berkunjung kemari. 

    ReplyDelete
    Replies
    1. hay kaakkk… trimakasih banyak. aku masi belajar nulis, dan denger komen kaya gini buat aku tamba semangat hehe

      Delete
  6. Makna nya Emang dalem banget, thanks ya

    ReplyDelete
  7. Pertama kali denger lagu ini langsung sedih, nggk tau kenapa. Akhirnya aku cari makna lagunya disini, dan ternyata memang benar aku sedang dalam posisi dimakna lagu ini;(

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel