Pencarian

Mengakui Kesalahan: Makna Dibalik Lagu Imagine Dragons ~ Bad Liar


Lagu “Bad Liar” pada dasarnya menceritakan tentang vokalis Imagine Dragons (Dan Reynold), yang secara lapang dada mengakui semua kesalahan yang ia lakukan pada kekasihnya. Dalam lirik lagunya sendiri, terlihat dengan jelas bahwa Reynold dengan lapang dada mengakui semua kesalahanya, mengaui bahwa ia adalah seorang pembohong, mengakui bahwa ia sering menimbulkan masalah dsb.

Dari rumor yang berkembang sih, kabarnya semua pengakuan Reynold yang tertulis di dalam lagu ini, untuk membujuk mantan istria Aja Volkman agar mereka berdua bisa rujuk kembali. Hmmhh lagu yang sangat menarik, karena walau bagaimanapun sebuah pengakuan tentang kesalahan itu menurutku sangat keren karena kebanyakan orang biasanya malu dan gengsi dalam mengakui kesalahan, apalagi jika itu menyangkut hubungan percintaan.

Oke untuk lebih jelasnya lagi tentang bagai mana makna detil dari lagu ini, mari kita interpretasi dan maknai secara keseluruhan seluruk lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan lagu ada di akri tulisan.

Verse 1:
Oh, hush, my dear, it's been a difficult year
Oh, hush, sayangku, ini tahun yang sulit
And terrors don’t prey on innocent victims
Dan teror tak memangsa korban tak berdosa
Trust me, darlin', trust me darlin'
Percayalah padaku, sayang, percayalah padaku
It’s been a loveless year
Ini adalah tahun tanpa cinta
I'm a man of three fears:
Aku lelaki yang terbentuk (dari) tiga rasa takut
Integrity, faith, and crocodile tears
Integritas, kesetiaan, dan air mata buaya
Trust me, darlin', trust me, darlin'
Percayalah padaku, sayang, percayalah padaku
Lirik “difficult year” mengacu pada tahun-tahun perceraian DanReynold dengan Aja Volkman, sehingga menjadikan tahun tersebut sebagai tahun yang sangat sulit bagi mereka berdua karena banyak konflik di dalamnya. Di lirik ini, Reynold  kemudian mengakui bahwa ia adalah pria yang sangat buruk karena ia punya sikap tak integritas, tak setia, dan selalu menampilkan air mata buaya (air mata palsu/air mata yang tak tulus dsb)

Pre-chorus:
So look me in the eyes (Eyes), tell me what you see (You see)
Maka tataplah mataku, katakan apa yang kau lihat
Perfect paradise (—Dise), tearin' at the seams (Seams)
Surga sempurna, kurobek bekas luka jahitannya
I wish I could escape it (Escape), I don't wanna fake it
Andai aku bisa lepas, aku tak ingin pura-pura
Wish I could erase it (Erase), make your heart believe
Andai aku bisa menghapusnya, membuat hatimu percaya
Andai saja Reynold berkata jujur dengan mengakui semua kesalahanya, mungkin ia takkan menyesal seperti sekarang ini. lirik “I don't wanna fake it” seolah menyiratkan bahwa Reynold berjanji untuk tak berpura-pura, untuk tak berbohong lagi, pada kekasihnya. karena kedepanya, ia hanya ingin menjadi seorang yang jujur mengatakan apa adanya, sehingga kekasihnya dapat mempercayainya lagi.

Chorus:
But I'm a bad liar, bad liar
Tapi aku pembohong yang buruk, pembohong yang buruk
Now you know, now you know
Kini kau tahu, kini kau tahu
I'm a bad liar, bad liar
Aku seorang pembohong yang buruk
Now you know, you’re free to go
Kini kau tahu, kau bebas pergi
Dengan mengakui semua kesalahan dan berusaha jujur pada kekasinya, membuat Reynold merasa bahwa ia adalah pembohong yang buruk. Pembohong yang baik adalah pembohong yang tak mengakui kebohonyanya, sedang pembohong yang buruk adalah pembohong yang mengakui segala kesalahanya, begitulah analogi tepatnya.

Verse 2:
Did all my dreams never mean one thing?
Apakah semua mimpiku tak pernah ada artinya?
Does happiness lie in a diamond ring?
Apakah kebahagiaan ada di cincin berlian?
Oh, I’ve been askin' for—
Oh, selama ini aku meminta
Oh, I’ve been askin' for problems, problems, problems
Oh, selama ini aku meminta masalah, masalah, masalah
I wage my war, on the world inside
Kulancarkan perangku, di dalam hati
I take my gun to the enemy's side
Kuarahkan senapanku ke sisi musuh
Oh, I've been askin’ for— (Trust me, darlin')
Oh, selama ini aku meminta (percayalah padaku, sayang)
Oh, I've been askin' for (Trust me, darlin') problems, problems, problems
Oh, selama ini aku meminta (percayalah padaku, sayang), masalah
Lirik “Cincin berlian” merupakan symbol dari pernikahan Reynold dan Aja Volkman. Disini dijelaskan bahwa sebuah cincin pernikahan taka da artinya karena Reynold seolah bersikap tak baik dengan menimbulakan masalah yang membuat mereka berdua bererai.

Bridge:
I can't breathe, I can't be
Aku tak bisa bernafas, aku tak bisa menjadi
I can't be what you want me to be
Aku tak bisa menjadi yang kau inginkan
Believe me, this one time
Percayalah, kali ini saja
Believe me
Percayalah padaku
Dengan mengakui segala kesalahan dan tingkahlaku burunya, Reynold merasa bahwa ia buakanlah pria yang Aja Volkman inginkan. Jadi Reynold hanya berharap bahwa pengakuan dan kejujuranya teersebut dapat dipercaya oleh Aja. “”Percayalah padaku, aku sudah jujur dan mengakui segala salahku, jadi percayalah padaku” begitulah analoginya.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa lagu “Bad Liar” pada dasarnya menceritakan tentang vokalis Imagine Dragons (Dan Reynold), yang secara lapang dada mengakui semua kesalahan yang ia lakukan pada kekasihnya. Dalam lirik lagunya sendiri, terlihat dengan jelas bahwa Reynold dengan lapang dada mengakui semua kesalahanya, mengakui bahwa ia sering menimbulkan masalah dsb.

Dengan mengakui semua kesalahan dan berusaha jujur pada kekasinya, membuat Reynold merasa bahwa ia adalah pembohong yang buruk. Pembohong yang baik adalah pembohong yang tak mengakui kebohonyanya, sedang pembohong yang buruk adalah pembohong yang mengakui segala kesalahanya, begitulah analogi tepatnya. Reynol dalam lagu ini juga berharap bahwa semua pengakuan dan kejujuranya dapat diterima oleh kekasihnya, dapat dipercayai oleh kekasihnya

Yang dapat kita pelajari dari lagunya:
Banyak orang tak mengakui kesalahanya karena termakan ego dan gengsi. Kita terlalu gengsi untuk minta maaf saat berbuat salah. Terlalu malu untuk mengakui diri ini punya kesalahan. Padahal orang lain kadang kala bisa lebih menghargai kita bila kita mau mengakui kesalahan daripada hanya pura-pura sempurna.

Lagu ini mengajarkan kita untuk mengakui semua kesalahan, berusaha jujur. Karena mengakui diri kita salah, bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Kita tak bisa memakai topeng dan pura-pura jadi pribadi yang paling sempurna. Padahal dalam kenyataannya kita punya banyak sekali kesalahan dan kekurangan dalam diri.

Jadi untukmu yang suka berbohong, suka berbuat salah pada kekasihnmu, akuilah semua kesalahan tersebut, sebelum kamu menyesal. Karena biasanya mengakui kesalahan lebih dihargai oleh kekasihmu daripada pura-pura menutupi kesalahan dengan berbohong





*Penulis lirik lagu Bad Liar adalah Aja Volkman & Dan Reynolds. Lagu ini rilis pada tahun 2018. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

6 Responses to "Mengakui Kesalahan: Makna Dibalik Lagu Imagine Dragons ~ Bad Liar "

  1. Mantul..jangan lupa baca blog gue juga..

    Http://penamodenisasi.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli domain napa. jelek kali blog mu pake embel2 blogspot. paling 100rb

      Delete
  2. Interesting and interesting information can be found on this topic here profile worth to see it. grossiste fleurs

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel