Mengakui Kesalahan: Makna Dibalik Lagu Imagine Dragons ~ Bad Liar

Lagu “Bad Liar” pada dasarnya menceritakan tentang vokalis Imagine Dragons (Dan Reynold), yang secara lapang dada mengakui semua kesalahan yang ia lakukan pada kekasihnya. Dalam lirik lagunya sendiri, terlihat dengan jelas bahwa Reynold dengan lapang dada mengakui semua kesalahanya, mengaui bahwa ia adalah seorang pembohong, mengakui bahwa ia sering menimbulkan masalah dsb.
Bad Liar adalah lagu dari band pop rock Amerika, Imagine Dragons. Sejak awal perilisan-nya lagu bad liar begitu menggauma karna banyak para penggemarnya menyukai makna lirik dan kualitas musik lagunya. 

Lagu bad liar memuncak di nomor 56 di tangga lagu Amerika, Billboard Hot 100. Lagu ini juga menduduki puncak tangga lagu di Republik Ceko dan Latvia, dan mencapai 10 besar di Belgia, Finlandia, Slovakia, dan Swiss; serta 20 besar di Australia, Austria, Jerman, Italia, Selandia Baru, Norwegia, Polandia, Singapura, dan Swedia. Lagu ini juga telah ditonton sebanyak 366 tampilan youtube tahun 2022, dan viral di tiktok.

Ditulis sendiri oleh vokalis Imagine Dragons, Dan Reynold dan dibantu oleh istri-nya Aja Volkman, lirik lagunya sebenarnya ditujukan untuk menyelamatkan hubungan pernikahan mereka. Namun setelah lagu ini dirilis, mereka berdua tetap saja bercerai. Hal ini membuat para pendengar lagu bad liar seolah bertanya-tanya sebenarnya apa makna sebenarnya dari lirik lagu ini. Oleh sebab itulah aku disini akan menginterpretasikan, memaknai, dan menerjemahkan lirik lagu Bad Liar dengan begitu lengkap disertai data yang akurat. simak sampai habis ya :)

Daftar isi:
  • Sebenarnya, Apa Makna Lirik Lagu Bad Liar
  • Meng-interpretasikan dan Memaknai Lirik Lagu Bad Liar Per-bait
  • Kesimpulan Interpretasi Makna Lirik Lagu Bad Liar 
  • Pesan Moral Di Lagu Bad Liar  


Sebenarnya, Apa Makna Lirik Lagu Bad Liar

Lagu Bad Liar pada dasarnya menceritakan tentang vokalis Imagine Dragons (Dan Reynold), yang secara lapang dada mengakui semua kesalahan yang ia lakukan pada kekasihnya. Dalam lirik lagunya sendiri, terlihat dengan jelas bahwa Reynold dengan lapang dada mengakui semua kesalahanya, mengaui bahwa ia adalah seorang pembohong, mengakui bahwa ia sering menimbulkan masalah dsb.

Dari rumor yang berkembang sih, kabarnya semua pengakuan Reynold yang tertulis di dalam lagu ini, untuk membujuk mantan istria Aja Volkman agar mereka berdua bisa rujuk kembali. Hmmhh lagu yang sangat menarik, karena walau bagaimanapun sebuah pengakuan tentang kesalahan itu menurutku sangat keren karena kebanyakan orang biasanya malu dan gengsi dalam mengakui kesalahan, apalagi jika itu menyangkut hubungan percintaan.

Oke untuk lebih jelasnya lagi tentang bagaimana makna detil dari lagu ini, mari kita interpretasi dan maknai secara keseluruhan seluruk lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan lagu ada di akri tulisan.

Meng-interpretasikan dan Memaknai Lirik Lagu Bad Liar Per-bait

Verse 1:
Oh, hush, my dear, it's been a difficult year
Oh, hush, sayangku, ini tahun yang sulit
And terrors don’t prey on innocent victims
Dan teror tak memangsa korban tak berdosa
Trust me, darlin', trust me darlin'
Percayalah padaku, sayang, percayalah padaku

It’s been a loveless year
Ini adalah tahun tanpa cinta

I'm a man of three fears:
Aku lelaki yang terbentuk (dari) tiga rasa takut

Integrity, faith, and crocodile tears
Integritas, kesetiaan, dan air mata buaya

Trust me, darlin', trust me, darlin'
Percayalah padaku, sayang, percayalah padaku


Interpretasi Makna Lirik Verse 1: Lirik “difficult year” mengacu pada tahun-tahun perceraian DanReynold dengan Aja Volkman, sehingga menjadikan tahun tersebut sebagai tahun yang sangat sulit bagi mereka berdua karena banyak konflik di dalamnya. Di lirik ini, Reynold kemudian mengakui bahwa ia adalah pria yang sangat buruk karena ia punya sikap tak integritas, tak setia, dan selalu menampilkan air mata buaya (air mata palsu/air mata yang tak tulus dsb)

Pre-chorus:
So look me in the eyes (Eyes), tell me what you see (You see)
Maka tataplah mataku, katakan apa yang kau lihat
Perfect paradise (—Dise), tearin' at the seams (Seams)
Surga sempurna, kurobek bekas luka jahitannya
I wish I could escape it (Escape), I don't wanna fake it
Andai aku bisa lepas, aku tak ingin pura-pura
Wish I could erase it (Erase), make your heart believe
Andai aku bisa menghapusnya, membuat hatimu percaya

Interpretasi Makna Lirik Pre-chorus: Andai saja Reynold berkata jujur dengan mengakui semua kesalahanya, mungkin ia takkan menyesal seperti sekarang ini. lirik “I don't wanna fake it” seolah menyiratkan bahwa Reynold berjanji untuk tak berpura-pura, untuk tak berbohong lagi, pada kekasihnya. karena kedepanya, ia hanya ingin menjadi seorang yang jujur mengatakan apa adanya, sehingga kekasihnya dapat mempercayainya lagi.

Chorus:
But I'm a bad liar, bad liar
Tapi aku pembohong yang buruk, pembohong yang buruk

Now you know, now you know
Kini kau tahu, kini kau tahu
I'm a bad liar, bad liar
Aku seorang pembohong yang buruk
Now you know, you’re free to go
Kini kau tahu, kau bebas pergi

Interpretasi Makna Lirik Chorus: Dengan mengakui semua kesalahan dan berusaha jujur pada kekasinya, membuat Reynold merasa bahwa ia adalah pembohong yang buruk. Pembohong yang baik adalah pembohong yang tak mengakui kebohonyanya, sedang pembohong yang buruk adalah pembohong yang mengakui segala kesalahanya, begitulah analogi tepatnya.

Verse 2:
Did all my dreams never mean one thing?
Apakah semua mimpiku tak pernah ada artinya?

Does happiness lie in a diamond ring?
Apakah kebahagiaan ada di cincin berlian?

Oh, I’ve been askin' for—
Oh, selama ini aku meminta

Oh, I’ve been askin' for problems, problems, problems
Oh, selama ini aku meminta masalah, masalah, masalah
I wage my war, on the world inside
Kulancarkan perangku, di dalam hati
I take my gun to the enemy's side
Kuarahkan senapanku ke sisi musuh
Oh, I've been askin’ for— (Trust me, darlin')
Oh, selama ini aku meminta (percayalah padaku, sayang)
Oh, I've been askin' for (Trust me, darlin') problems, problems, problems
Oh, selama ini aku meminta (percayalah padaku, sayang), masalah

Interpretasi Makna Lirik Verse 2: Lirik “Cincin berlian” merupakan symbol dari pernikahan Reynold dan Aja Volkman. Disini dijelaskan bahwa sebuah cincin pernikahan taka da artinya karena Reynold seolah bersikap tak baik dengan menimbulakan masalah yang membuat mereka berdua bererai.

Bridge:
I can't breathe, I can't be
Aku tak bisa bernafas, aku tak bisa menjadi
I can't be what you want me to be
Aku tak bisa menjadi yang kau inginkan
Believe me, this one time
Percayalah, kali ini saja
Believe me
Percayalah padaku

Interpretasi Makna Lirik Bridge: Dengan mengakui segala kesalahan dan tingkahlaku burunya, Reynold merasa bahwa ia buakanlah pria yang Aja Volkman inginkan. Jadi Reynold hanya berharap bahwa pengakuan dan kejujuranya teersebut dapat dipercaya oleh Aja. “”Percayalah padaku, aku sudah jujur dan mengakui segala salahku, jadi percayalah padaku” begitulah analoginya.

Kesimpulan Interpretasi Makna Lirik Lagu Bad Liar:

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa lagu “Bad Liar” pada dasarnya menceritakan tentang vokalis Imagine Dragons (Dan Reynold), yang secara lapang dada mengakui semua kesalahan yang ia lakukan pada kekasihnya. Dalam lirik lagunya sendiri, terlihat dengan jelas bahwa Reynold dengan lapang dada mengakui semua kesalahanya, mengakui bahwa ia sering menimbulkan masalah dsb.

Dengan mengakui semua kesalahan dan berusaha jujur pada kekasinya, membuat Reynold merasa bahwa ia adalah pembohong yang buruk. Pembohong yang baik adalah pembohong yang tak mengakui kebohonyanya, sedang pembohong yang buruk adalah pembohong yang mengakui segala kesalahanya, begitulah analogi tepatnya. Reynol dalam lagu ini juga berharap bahwa semua pengakuan dan kejujuranya dapat diterima oleh kekasihnya, dapat dipercayai oleh kekasihnya


Pesan Moral Di Lagu Bad Liar:

Banyak orang tak mengakui kesalahanya karena termakan ego dan gengsi. Kita terlalu gengsi untuk minta maaf saat berbuat salah. Terlalu malu untuk mengakui diri ini punya kesalahan. Padahal orang lain kadang kala bisa lebih menghargai kita bila kita mau mengakui kesalahan daripada hanya pura-pura sempurna.

Lagu bad liar punya pesan moral yang sangat menyentuh, lirik lagu bad liar seolah mengajarkan kita untuk mengakui semua kesalahan, berusaha jujur. Karena mengakui diri kita salah, bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Kita tak bisa memakai topeng dan pura-pura jadi pribadi yang paling sempurna. Padahal dalam kenyataannya kita punya banyak sekali kesalahan dan kekurangan dalam diri.

Jadi untukmu yang suka berbohong, suka berbuat salah pada kekasihnmu, akuilah semua kesalahan tersebut, sebelum kamu menyesal. Karena biasanya mengakui kesalahan lebih dihargai oleh kekasihmu daripada pura-pura menutupi kesalahan dengan berbohong.

Informasi Lirik Lagu Bad Liar

Bad Liar adalah lagu dari band pop rock Amerika, Imagine Dragons. Lagu ini dirilis melalui rekaman Interscope dan Kidinakorner pada 6 November 2018 sebagai single keempat dari album studio keempat mereka, Origins (2018). Bad Liar ditulis oleh Imagine Dragons, Aja Volkman dan Jorgen Odegard, dan diproduksi oleh Odegard.

Bad Liar memuncak di nomor 56 di Billboard Hot 100 AS. Lagu ini menduduki puncak tangga lagu di Republik Ceko dan Latvia, dan mencapai 10 besar di Belgia, Finlandia, Slovakia dan Swiss; serta 20 besar di Australia, Austria, Jerman, Italia, Selandia Baru, Norwegia, Polandia, Singapura, dan Swedia.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahn di lirik lagu Bad Liar berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu Bad Liar ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

*Penulis lirik lagu Bad Liar adalah Aja Volkman & Dan Reynolds. Lagu ini rilis pada tahun 2018. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

Imagine Dragons ~ Bad Liar (Official video)