Makna Dibalik Lagu: Billie Eilish ~ No Time To Die

lagu "No Time to Die” menceritakan tentang sebuah penghianatan dan rahasia yang nampak tak berujung dan terungkap. Jika dihubungkan dengan filmnya, kata “penghianat” disini mengacu pada Bond yang tak mau mengungkapkan rahasia-rahasia misinya pada pujaan hatinya. Bond hanya takut, ia mencintai ditengah-tengah konflik sehingga ia cemas akan keadaan kekasihnya. sikap Bond inilah yang membuat kekasihnya (representasi dari Billie Eilish) menjadi merasa terhianati.
Lagu "No Time to Die" milik Billie Eilish merupakan salah satu theme song dari film James Bond yang berjudul JAMES BOND 007: No Time to Die. Jadi judul lagu ini, dengan judul film nya sama. Lagu ini mengeksplorasi tema pengkhianatan romantis, sejalan dengan petunjuk trailer film-nya. Dikisahkan dalam filmnya, bahwa Dr. Madeleine Swann, diselamatkan oleh James Bond, setelah itu Bond meyakinkan Medeleine untuk membantunya memberi informasi tentang agen L'American. Di tengah misi berbahaya yang melibatkan keduanya, Madeleine akhirnya dibuat tergila-gila oleh Bond. Disituasi seperti itulah rahasia-rahasia gelap muncul.

Menurut Billie Eilish,sendiri, lagu "No Time to Die” menceritakan tentang sebuah penghianatan dan rahasia yang nampak tak berujung dan terungkap. Jika dihubungkan dengan filmnya, kata “penghianat” disini mengacu pada Bond yang tak mau mengungkapkan rahasia-rahasia misinya pada pujaan hatinya. Bond hanya takut, ia mencintai ditengah-tengah konflik sehingga ia cemas akan keadaan kekasihnya. sikap Bond inilah yang membuat kekasihnya (representasi dari Billie Eilish) menjadi merasa terhianati.

Oke, untuk lebih lengkapnya lagi, mari kita interpretasi saja keseluruhan makna dari lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Interpretasi Makna Lirik Lagu No Time To Die 

Verse 1:
I should have known
Seharusnya aku tahu
I'd leave alone
aku akan pergi sendiri

Just goes to show
Hanya ingin menunjukan

That the blood you bleed is just the blood you owe
Bahwa darah yang kau kucurkan, adalah darahmu sendiri

We were a pair
Kita adalah pasangan

But I saw you there, too much to bear
Namun aku melihatmu disana, terlalu banyak menanggung beban

You were my life, but life is far away from fair
Kau adalah hidupku, namun hidup jauh dari kata adil

Was I stupid to love you?
Apa aku terlalu bodoh mencintaimu?

Was I reckless to help?
Apa aku terlalu gegabah dalam membantu?

Was it obvious to everybody else?
Apakah sudah jelas bagi orang lain?


Makna Lirik Verse 1: Mencintai pria dengan pekerjaan yang berhubungan dengan rahasia layaknya Bond, membuat Billie Eilish tahu dan paham akan konsekuensinya. Ia harus berjuang sendiri, jikapun ada darah dan luka itu juga merupakan suatu konsekuensi. Mencintai pria layaknya bond kemudian membuat billie berfikir bahwa semua ini tak adil dan bertanya tanya apakah cintanya selama ini salah?

Chorus:

That I'd fallen for a lie
Bahwa aku jatuh cinta pada kebohongan

You were never on my side
Kau tak pernah disampingku

Fool me once, fool me twice
Membohongiku sekali dan kedua kalinya

Are you death or paradise?
Apa kau kan mati atau surga?

Now you'll never see me cry
Sekarang kau takan pernah melihatku menangis

There's just no time to die
Tidak ada waktu untuk mati


Makna Lirik Reff/Chorus: Bait ref ini, menunjukan jika kita jatuh cinta pada seseorang yang penuh dengan sikap kerahasiaan layaknya James Bond, kita akan merasa mencintai orang dengan penuh kebohongan. Ia selalu membohongi kita, sekali dua kali, pria tersebut kebanyakan bohong jadi lirik ini seolah mengatakan akankah orang yang penuh kebohongan akan masuk surga?

Lirik “There's just no time to die” belum jelas maknanya apa, sepertinya ini adalah sebuah harapan dari billie agar kekasihnya tak mati?

Verse 2:
I let it burn
Ku biarkan (semua) ini terbakar

You’re no longer my concern, mmm
Kau bukan lagi urusanku
Faces from my past return
Menghadapi kembali masa laluku

Another lesson yet to learn
Pelajaran lain yang belum dipelajari


Makna Lirik Verse 2: Mungkin ini adalah sikap dari Billie yang berusaha acuh terhadap kekasihnya.

Refrain:
No time to die, mmm
Tidak ada waktu untuk mati

No time to die, ooh
Tidak ada waktu untuk mati


Makna Lirik Refrain: Lirik “no time to die” belum jelas maknanya apa, sepertinya ini adalah sebuah harapan dari billie agar kekasihnya tak mati?


Kesimpulan Lirik Lagu No Time To Die :

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa lagu "No Time to Die” menceritakan tentang sebuah penghianatan dan rahasia yang nampak tak berujung dan terungkap. Jika dihubungkan dengan filmnya, kata “penghianat” disini mengacu pada Bond yang tak mau mengungkapkan rahasia-rahasia misinya pada pujaan hatinya. Bond hanya takut, ia mencintai ditengah-tengah konflik sehingga ia cemas akan keadaan kekasihnya.

sikap Bond diatas lah yang membuat kekasihnya (representasi dari Billie Eilish) menjadi merasa terhianati. Sebagai theme song dari film James Bond yang berjudul JAMES BOND 007: No Time to Die, alur liriknya, sama dengan tema filmnya, pengkhianatan dan tidak mengetahui siapa teman atau musuh seseorang. Jadi di lagu ini Billie hanya merasa terhianati, oleh kekasihnya sendiri.

Dalam sebuah wawancara, Billie mengungkapkan kata-kata dari pepatah “Fool me once, shame on you; fool me twice, shame on me.” Ungkapan pepatah yang selalu diucapkan berabad-abad oleh seseorang tersebut kemudian dijadikan lirik dalam lagu ini yang memunculkan artian bahwa seseorang yang sering berbohong, adalah seseorang yang berhianat! ".


Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahn di lirik lagu No Time To Die berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu No Time To Die  ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

*Penulis lirik lagu No Time To Die adalah Billie Eilish Stephen Lipson & FINNEAS. Lagu ini rilis pada tahun 2019.


 Billie Eilish ~ No Time To Die (Official video)

Sometimes you just don't know the answer