Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Billie Eilish ~ No Time To Die


Lagu "No Time to Die" milik Billie Eilish merupakan salah satu theme song dari film James Bond yang berjudul JAMES BOND 007: No Time to Die. Jadi judul lagu ini, dengan judul film nya sama. Lagu ini mengeksplorasi tema pengkhianatan romantis, sejalan dengan petunjuk trailer film-nya. Dikisahkan dalam filmnya, bahwa Dr. Madeleine Swann.diselamatkan oleh James Bond, setelah itu Bond meyakinkan Medeleine untuk membantunya memberi informasi tentang agen L'American. Di tengah misi berbahaya yang melibatkan keduanya, Madeleine akhirnya dibuat tergila-gila oleh Bond. Disituasi seperti itulah rahasia-rahasia gelap muncul.

Menurut Billie Eilish,sendiri,  lagu "No Time to Die” menceritakan tentang sebuah penghianatan dan rahasia yang nampak tak berujung dan terungkap. Jika dihubungkan dengan filmnya, kata “penghianat” disini mengacu pada Bond yang tak mau mengungkapkan rahasia-rahasia misinya pada pujaan hatinya. Bond hanya takut, ia mencintai ditengah-tengah konflik sehingga ia cemas akan keadaan kekasihnya. sikap Bond inilah yang membuat kekasihnya (representasi dari Billie Eilish) menjadi merasa terhianati.

Oke, untuk lebih lengkapnya lagi, mari kita interpretasi saja keseluruhan makna dari lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
I should have known
Seharusnya aku tahu
I'd leave alone
aku akan pergi sendiri
Just goes to show
Hanya ingin menunjukan
That the blood you bleed is just the blood you owe
Bahwa darah yang kau kucurkan, adalah darahmu sendiri
We were a pair
Kita adalah pasangan
But I saw you there, too much to bear
Namun aku melihatmu disana, terlalu banyak menanggung beban
You were my life, but life is far away from fair
Kau adalah hidupku, namun hidup jauh dari kata adil
Was I stupid to love you?
Apa aku terlalu bodoh mencintaimu?
Was I reckless to help?
Apa aku terlalu gegabah dalam membantu?
Was it obvious to everybody else?
Apakah sudah jelas bagi orang lain?
Mencintai pria dengan pekerjaan yang berhubungan dengan rahasia layaknya Bond, membuat Billie Eilish tahu dan paham akan konsekuensinya. Ia harus berjuang sendiri, jikapun ada darah dan luka itu juga merupakan suatu konsekuensi. Mencintai pria layaknya bond kemudian membuat billie berfikir bahwa semua ini tak adil dan bertanya tanya apakah cintanya selama ini salah?

Chorus:
That I'd fallen for a lie
Bahwa aku jatuh cinta pada kebohongan
You were never on my side
Kau tak pernah disampingku
Fool me once, fool me twice
Membohongiku sekali dan kedua kalinya
Are you death or paradise?
Apa kau kan mati atau surga?
Now you'll never see me cry
Sekarang kau takan pernah melihatku menangis
There's just no time to die
Tidak ada waktu untuk mati
Bait ref ini, menunjukan jika kita jatuh cinta pada seseorang yang penuh dengan sikap kerahasiaan layaknya James Bond, kita akan merasa mencintai orang dengan penuh kebohongan. Ia selalu membohongi kita, sekali dua kali, pria tersebut kebanyakan bohong jadi lirik ini seolah mengatakan akankah orang yang penuh kebohongan akan masuk surga?
Lirik “There's just no time to die” belum jelas maknanya apa, sepertinya ini adalah sebuah harapan dari billie agar kekasihnya tak mati?

Verse 2:
I let it burn
Ku biarkan (semua) ini terbakar
You’re no longer my concern, mmm
Kau bukan lagi urusanku
Faces from my past return
Menghadapi kembali masa laluku
Another lesson yet to learn
Pelajaran lain yang belum dipelajari
Munkin ini adalah sikap dari Billie yang berusaha acuh terhadap kekasihnya.

Refrain
No time to die, mmm
Tidak ada waktu untuk mati
No time to die, ooh
Tidak ada waktu untuk mati
. Lirik “no time to die” belum jelas maknanya apa, sepertinya ini adalah sebuah harapan dari billie agar kekasihnya tak mati?

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa lagu "No Time to Die” menceritakan tentang sebuah penghianatan dan rahasia yang nampak tak berujung dan terungkap. Jika dihubungkan dengan filmnya, kata “penghianat” disini mengacu pada Bond yang tak mau mengungkapkan rahasia-rahasia misinya pada pujaan hatinya. Bond hanya takut, ia mencintai ditengah-tengah konflik sehingga ia cemas akan keadaan kekasihnya.
sikap Bond diatas lah yang membuat kekasihnya (representasi dari Billie Eilish) menjadi merasa terhianati. Sebagai  theme song dari film James Bond yang berjudul JAMES BOND 007: No Time to Die, alur liriknya, sama dengan tema filmnya, pengkhianatan dan tidak mengetahui siapa teman atau musuh seseorang. Jadi di lagu ini Billie hanya merasa terhianati, oleh kekasihnya sendiri.

Dalam sebuah wawancara, Billie mengungkapkan kata-kata dari pepatah “Fool me once, shame on you; fool me twice, shame on me.” Ungkapan pepatah yang selalu diucapkan berabad-abad oleh seseorang tersebut kemudian dijadikan lirik dalam lagu ini yang memunculkan artian bahwa seseorang yang sering berbohong, adalah seseorang yang berhianat! ".








*Penulis lirik lagu No Time To Die adalah Billie Eilish Stephen Lipson & FINNEAS. Lagu ini rilis pada tahun 2019.

Cyntia Maharani Menulis dari hati, walau hanya sebuah asumsi pribadi.

2 Responses to "Makna Dibalik Lagu: Billie Eilish ~ No Time To Die "

  1. Lagu bored ka dari billie eilish bahas juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. hay kak, udah aku bikin artikelnya,, smg bermanfaat ya hehe

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel