Makna Dibalik Lagu: Pamungkas ~ Sorry

“Sorry” menceritakan tentang seorang pria (si penulis lagu) yang patah hati karena hubungan dengan kekasihnya harus kandas. Kandasnya hubungan tersebut sepertinya berawal dari miss komunikasi antar kedua pasangan tersebut. Kekasihnyta tersebut sepertinya menganggap bahwa si penulis lagu melakukan kesalahan, padahal si penulis lagu tak bermaksut membuat kesalahan sama sekali. Semua perasaan te
Lagu Pamungkas yang berjudul “Sorry” menceritakan tentang seorang pria (si penulis lagu) yang patah hati karena hubungan dengan kekasihnya harus kandas. Kandasnya hubungan tersebut sepertinya berawal dari miss komunikasi antar kedua pasangan tersebut. Kekasihnyta tersebut sepertinya menganggap bahwa si penulis lagu melakukan kesalahan, padahal si penulis lagu tak bermaksut membuat kesalahan sama sekali. Semua perasaan tersebut kemudian membuat si penulis lagu merasa bersalah dan menyesal sehingga ingin meminta maaf/sorry.

Oke, untuk lebih lengkapnya lagi, mari kita interpretasi saja keseluruhan makna dari lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Oh iya, jika kalian hanya ingin terjemahan dari lirik lagunya saja, klik www.artiliriklagu.com , karna terjemahan di postingan ini diambil dari blog tersebut.


Interpretasi Makna Lirik Lagu Sorry Pamungkas

Verse 1:
Sometimes I can't be my own
Terkadang aku tak bisa sendirian

Or else I'll think too much again
Kalau tidak, aku kan terlalu banyak berpikir lagi

And it's about what I did wrong
Tentang kesalahan yang telah kuperbuat

Times like this I wish you're here with me
Saat-saat seperti ini, aku berharap kau berada di sini bersamaku


Makna Lirik Verse 1: Diawali dengan kisah si penulis lagu yang merasa sendirian setelah hubunganya kandas. Sendirianya ia, kemudian malah menimbulkan rasa berjuta tanya, dan berpikir tentang sebuah kesalahan yang membuat hubunganya kandas dengan kekasihnya. ia hanya berharap kekasinya ada di sisinya untuk berbagi rasa.

Chorus:
For all the things I didn't do
Untuk semua hal yang tak kulakukan

And all the love that haven't got to you
Dan semua cinta yang tak sampai kepadamu

I'm sorry
Maafkan aku

I wish I could turn back the time
Kuharap aku dapat memutar kembali waktu

And let you know I never meant to hurt you
Dan membiarkanmu tahu bahwa aku tak pernah bermaksud untuk menyakitimu

I'm sorry, I'm sorry
Maafkan aku, maafkan aku


Makna Lirik Chorus: Semua perasaan tersebut kemudian membuat si penulis lagu merasa bersalah dan menyesal sehingga ingin meminta maaf/sorry. Penulis lagu hanya berharap, jika ia bisa memutar waktu, mungkingkin ia akan menjelaskan bahwa ia tak bermaksud menyakiti kekasihnya.

Verse 2:
I miss us when I'm on my own
Aku merindukan kita ketika aku sendirian

Or now I feel too much again?
Atau kini aku menjadi terlalu berperasa lagi?

It's plain and cold after you're gone
Semua menjadi biasa dan dingin setelah kau pergi

Times like this I wish you're here with me
Saat-saat seperti ini aku berharap kau berada di sini bersamaku

And hold me
Dan mendekapku

And hold me
Dan mendekapku


Makna Lirik Verse 2: Namun semuanya sudah terlambat. Karena kekasihnya telah meninggalkanya, daan ia sekarang sendirian. Semuanya menjadi dingin (sakit, pilu, galau) saat kekasihnya sudah tak bersamanya lagi. ia hanya berharap kekasinya ada di sisinya untuk berbagi rasa.

Outro:

For all the things I didn't say
Untuk semua hal yang tak dapat kukatakan
And all the times I wasn't there with you
Dan sepanjang waktu aku tak berada di sana bersamamu
I'm sorry
Maafkan aku
I know I couldn't turn back the time
Aku tahu aku tak dapat memutar kembali waktu
And let you know I never meant to hurt you
Dan membiarkanmu tahu bahwa aku tak pernah bermaksud untuk menyakitimu
So I'm sorry, I'm sorry
Maka maafkanlah aku, maafkan aku

Makna Lirik Outro: jadi ketika perbuatanmu jadi salah atau dianggap salah, walaupun kau tak pernah bermaksud berbuat salah, maka jalan satu-satunya adalah meminta maaf terlebih dahulu, baru menerangkan dengan baik-baik tentang akar dari masalahnya. Begitulah penggambaran dari lirik ini.


Kesimpulan Lirik Lagu Sorry:

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa lagu “Sorry” menceritakan tentang seorang pria (si penulis lagu) yang patah hati karena hubungan dengan kekasihnya harus kandas. Kandasnya hubungan tersebut sepertinya berawal dari miss komunikasi antar kedua pasangan tersebut. Kekasihnyta tersebut sepertinya menganggap bahwa si penulis lagu melakukan kesalahan, padahal si penulis lagu tak tak bermaksut membuat kesalahan sama sekali. Semua perasaan tersebut kemudian membuat si penulis lagu merasa bersalah dan menyesal sehingga ingin meminta maaf/sorry layaknya paragraph yang sudah dijelaskan diatas.

Dari lagu ini, kita seolah mendapat pelajaran bahwa apapun yang kita lakukan walaupun benar sekalipun, jika perbuatan itu dianggap salah, maka kita harus segera meminta maaf pada orang tersebut. Karena dipungkiri atau tidak, di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, tiap manusia pastilah punya kesalahan, Sayangnya kita tidak bisa memutar waktu untuk memperbaikinya. Jalan satu satunya untuk memperbaiki kesalahan dimasalalu tersebut adalah meminta maaf. Jadi meminta maaflah, walaupun semua itu sudah terlambar sekalipun..

*Penulis lirik lagu Sorry adalah pamungkas. Lagu ini rilis pada tahun 2018. sedangkan interpretasi pemaknaan di lirik lagu ini berdasarkan pendapat pribadi penulis bog.

Pamungkas ~ Sorry (Official Video)

Sometimes you just don't know the answer