Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Say Something ~ A Great Big World Ft. Christina Aguilera


"Say Something" adalah lagu dari band indie A Great Big World. Lagu itu menjadi hit setelah Christina Aguilera menyanyikanya di acara The Voice. Dari situlah akhirnya lagu ini mencapai tangga ke 4 di Billboard Hot 100 A.S dan menjadi pemenang Grammy dalam kategori Penampilan Pop / Grup Terbaik pada tahun 2015.

Secara sederhana lagu "Say Something" menceritakan tentang perjuangan si penulis lagu yang tak pernah menyerah dalam mempertahankan hubungan dengan kekasihnya, walaupun hubungan tersebut sudah berada pada akhir perpisahan. 

Penulis lagu dalam liriknya, selalu menawarkan perkataan “katakanlah sesuatu, apa yang harus kuperbuat untuk mempertahankan hubungan ini?” hhmmhh sangat menyayat hati, kapan ya punya cowo yang sikapnya kaya gini.. hehehe

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Intro:
Say something, I'm giving up on you
Katakanlah sesuatu, aku kan berhenti berharap padamu
I'll be the one, if you want me to
Aku kan jadi kekasihmu, jika itu yang kau mau
Anywhere, I would've followed you
Kemanapun, aku pasti kan ikutimu
Say something, I'm giving up on you
Katakanlah sesuatu, aku kan berhenti berharap padamu
A Great Big World dengan sempurna menangkap kegelisahan dan frustrasi cinta tak terbalas dalam lagu ini, dan paduan suara melakukannya dengan baik.
Dalam lirik ini, si penulis ingin orang yang ia sayangi mengatakan sesuatu tentang perasaanya. Penulis lagu dalam liriknya, selalu menawarkan perkataan “katakanlah sesuatu, apa yang harus kuperbuat untuk mempertahankan hubungan ini?” jika saja orang yang ia sayang dapat mengatakan sesuatu,  si penulis lagu akan melakukan apa saja untuk orang yang ia sayangi tersebut. Sedih

Verse 1:
And I am feeling so small
Dan aku merasa begitu kecil
It was over my head
Semua itu jauh dari jangkauanku
I know nothing at all
Aku tak tahu apa-apa
Penulis lagu pada kenyataanya sangat mencintai kekasinya. Namun ia tak memdapat reaksi sama sekali oleh kekasihnya, jadi dia merasa seperti dia diabaikan yang membuatnya putus asa dan bahkan mungkin marah.
Makna lain dari lirik ini adalah penuli8s lagu merasa marah karena ia mungkin pernah melakukan kesalahan terhadap kekasihnya tersebut, sehingga ia sangat menyesal dan membenci dirinya sendiri dengan mengatakan “aku merasa begitu kecil”

Verse 2:
And I will stumble and fall
Dan aku kan tersandung dan terjatuh
I'm still learning to love
Aku masih belajar mencintai
Just starting to crawl
Baru mulai merangkak
Semua kesalahan tersebut, mungkin disebabkan karena penulis lagu  masih belum berpengalaman dalam cinta. dia seperti anak kecil yang bahkan tidak tahu cara merangkak. Kepolosan semacam itu menghambat hubungan mereka.

Chorus:
Say something, I'm giving up on you
Katakanlah sesuatu, aku kan berhenti berharap padamu
I'm sorry that I couldn't get to you
Maafkan aku yang tak bisa mendekatimu
Anywhere, I would've followed you
Kemanapun, aku pasti kan ikutimu
Say something, I'm giving up on you
Katakanlah sesuatu, aku kan berhenti berharap padamu
Lirik reff ini menurutku adalah puncak lagu. Si penulis lagu seolah perlahan perlahan menyerah. ia sangat mencintai kekasinya dengan berkata “katakana apa yang kau mau” namun kata-kata tersebut seolah tak mendapat balasan dari kekasihnya. penulis lagu hanya berharap kekasihnya mencintainya lagi, namun ia malah tak bisa mendekatinya, seolah-olah ada yang gagal dalam usaha tersebut. Jika saja kekasihnya membalas perkataan si penulis lagu. Namun kenyataanya kekasihnya tak merespon, dan penulis lagu sepertiunya tak bisa menunggu dan berhenti berharap. Sedih..

Verse 3:
And I will swallow my pride
Dan kan kubuang gengsiku
You're the one that I love
Kaulah orang yang kucinta
And I'm saying goodbye
Dan kan kuucap selamat tinggal
.padahal si penulis lagu telah membuang harga dirinya, gengsinya demi kekasihnya yang ia cintai. Namun semua itu terasa sangat percuma karena kekasihnya pun tak pernah meresponya, ia akhirnya berucap selamat tinggal

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa lagu “Say Something" menceritakan tentang perjuangan si penulis lagu yang tak pernah menyerah dalam mempertahankan hubungan dengan kekasihnya, walaupun hubungan tersebut sudah berada pada akhir perpisahan. Penulis lagu dalam liriknya, selalu menawarkan perkataan “katakanlah sesuatu, apa yang harus kuperbuat untuk mempertahankan hubungan ini?” jika saja orang yang ia sayang dapat mengatakan sesuatu,  si penulis lagu akan melakukan apa saja untuk orang yang ia sayangi tersebut.

Mungkin dalam hubungan percintaan dengan kekasihnya dulu, si penulis lagu telah membuat kesalahan besar pada kekasihnya. sehingga ia sangat menyesal dan membenci dirinya sendiri dengan mengatakan “aku merasa begitu kecil.” Semua kesalahan tersebutlah yang kemudian membuat keksihnya tidak merespon semua perjuangan yang penulis lagu lakuakan dengan mengorbankan seluruh hargadirinya agar bisa membuat kekasihnya kembali. semua itu terasa sangat percuma karena kekasihnya pun lagi-lagi tak pernah meresponya. Penulis lagu pun dengan berat hati akhirnya berucap selamat tinggal pada lirik terakhir. Sedih..

Lagu ini menurut saya sangat menyayat hati. Lagu ini seolah memberikan gambaran pada kita untuk tetap berjuang mempertahankan sebuah hubungan, mempertahankan sebuh cinta yang kita yakini, sekalipun usaha kita ditolak, sekalipun semua itu berakhir dengan menyakitkan. Perjuangkanlah, sipa tahu takdir mu baik. Jikapun takdir tersebut berujung sakit, kita tak perlu bertanya-tanya lagi, karena kita telah berjuang.





*Penulis lirik lagu A Great Big World adalah Mike Campbell, Chad King & Ian Axel. Lagu ini rilis pada tahun 2014.

Say Something ~ A Great Big World Ft. Christina Aguilera (Official Video)

Cyntia Maharani Menulis dari hati, walau hanya sebuah asumsi pribadi.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Say Something ~ A Great Big World Ft. Christina Aguilera"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel